Tersertifikasi Oleh
5 min read

Meningkatkan Nilai Bisnis dengan Customer Service

Diperbarui
Di tulis oleh: Mekari Jurnal Santoso Wirawan

Customer service adalah pelayanan produk non-fisik yang dirasakan oleh pelanggan, dan ini menjadi elemen krusial dalam total penawaran perusahaan.

Definisi ini juga dapat bermula dari pemikiran Philip Kotler (1967) yang menyebutkan service merupakan kegiatan atau manfaat yang dapat diberikan suatu pihak kepada pihak lainnya yang pada dasarnya tidak berwujud dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.

Simak penjelasan dan pengaplikasian customer service di blog Mekari Jurnal berikut ini.

Pengertian Customer Service

Pengertian customer service

Customer service adalah sebuah dukungan yang Anda tawarkan kepada pelanggan, baik sebelum, selama maupun setelah mereka membeli atau menggunakan produk yang Anda tawarkan untuk membantu mereka mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan efektif.

Sederhananya, customer service adalah serangkaian aktivitas yang dirancang untuk memastikan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang.

Customer service bukan hanya tentang menjawab pertanyaan atau mengatasi keluhan, tetapi juga mencakup:

  • Memberikan informasi yang akurat dan jelas.
  • Membantu pelanggan memilih produk yang tepat.
  • Menangani masalah dan keluhan dengan cepat dan efisien.
  • Memberikan dukungan teknis dan panduan penggunaan produk.
  • Mengumpulkan masukan dan umpan balik untuk perbaikan.

Baca juga: Customer Support: Pengertian, Fungsi, Tugas, dan Dampaknya pada Bisnis

Pentingnya Customer Service bagi Bisnis

Penting Customer Service bagi Bisnis

Customer service tidak hanya membangun loyalitas pelanggan, tetapi juga dapat berdampak langsung terhadap reputasi pelanggan.

Dengan mengedepankan kebutuhan pelanggan, customer service mampu menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan efektif.
Berikut adalah alasan mengapa customer service penting bagi bisnis:

  • Membangun Loyalitas Pelanggan: Melalui customer service, pelanggan akan memberikan pendapat terkait keluhan atau kebutuhan yang mereka butuhkan secara langsung dengan pihak penjual. Cara ini menunjukkan bahwa pelanggan didengar pendapat yang mereka sampaikan dan dapat meningkatkan hubungan pelanggan dan bisnis.
  • Menjadi Ciri Khas Bisnis: Di era bisnis yang kompetitif, sebaiknya bisnis memiliki ciri tersendiri yang berguna sebagai unique selling point. Customer service yang ramah dan interaktif menjadi daya tarik pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa dan meningkatkan ciri yang membedakan dengan kompetitor lain.
  • Menarik Pelanggan Baru dan Mendorong Penjualan: Selain itu, customer service juga dapat meningkatkan penjualan. Dengan memberikan support terbaik, pelanggan akan tertarik membeli produk/jasa yang mereka butuhkan karena pain points dapat terjawab melalui layanan pelanggan.

Bagaimana Mengaplikasikan Customer Service yang Baik?

Bagaimana cara mengaplikasikan customer service?

Customer service bukan hanya sekadar menjawab pertanyaan pelanggan, tetapi perlu juga menjawab kebutuhan mereka.

Berikut adalah beberapa cara mengaplikasikan pelaynana pelanggan yang disukai pelanggan:

  • Dengarkan pelanggan dan pahami kebutuhannya.
  • Berikan respons yang cepat dan tepat kepada pelanggan.
  • Tunjukkan empati dan profesionalisme.
  • Memberikan solusi yang tepat.
  • Melakukan follow-up terkait permasalahan pelanggan.

Metrik Menghitung Customer Service

Metrik menghitung customer service

Customer service juga memiliki metrik yang digunakan dalam menghitung tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan.

Ada beberapa metrik yang berfungsi untuk menilai kepuasan pelanggan.

Berikut adalah beberapa metrik yang umum digunakan dalam mengevaluasi dan mengukur keberhasilan pelayanan pelanggan:

1. Customer Satisfaction Score (CSAT)

CSAT berfungsi untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan terhadap interaksi atau pengalaman tertentu, seperti setelah menyelesaikan masalah atau setelah pembelian. Cara mengukur metrik ini adalah menggunakan survei singkat dengan pertanyaan seperti, “Seberapa puaskah Anda dengan layanan yang diberikan?” dengan skala jawaban dari “Sangat Tidak Puas” hingga “Sangat Puas”.

2. First Contact Resolution (FCR)

Metrik ini berguna untuk mengukur persentase masalah pelanggan yang berhasil diselesaikan pada interaksi pertama (baik melalui telepon, email, atau chat) tanpa perlu adanya tindak lanjut. Indikator terpenting untuk mengukur metrik ini adalah kepuasan pelanggan dan efisiensi operasional.

3. Net Promoter Score (NPS)

Selanjutnya, metrik untuk mengukur pelayanan pelanggan adalah NPS. Metrik ini digunakan untuk mengukur loyalitas pelanggan dan seberapa besar kemungkinan mereka akan merekomendasikan perusahaan Anda. Caranya, yaitu menghitung berdasarkan pertanyaan, “Seberapa besar kemungkinan Anda akan merekomendasikan kami kepada teman atau kolega?” (skala 0-10). Skor dihitung dengan mengurangi persentase Detractor (skor 0-6) dari persentase Promoter (skor 9-10).

Data dari metrik tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi untuk mengidentifikasi kekurangan yang ada pada pelayanan pelanggan. Selain itu, data tersebut juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki pelayanan pelanggan agar lebih baik lagi.

Baca juga: Service Marketing: Pengertian, Karakteristik, & Cara Implementasi

Adaptasi Customer Service dengan Teknologi

Di era modern ini, customer service telah mengalami berbagai perubahan yang signifikan. Teknologi terdepan untuk pelayanan pelanggan adalah omnichannel.

Omnichannel digunakan perusahaan atau bisnis untuk berbagai keperluan digital, seperti live chat, media sosial, aplikasi pesan instan, dan email marketing.

Dengan omnichannel, pelayanan pelanggan dapat dilakukan melalui satu dashboard yang terintegrasi sehingga memudahkan komunikasi.

Kesimpulan

Customer service menjadi tonggak penting bagi pelayanan pelanggan dan meningkatkan kualitas bisnis. Dengan menciptakan pelayan pelanggan yang bernilai dan membantu pelanggan, maka bisnis dapat lebih dipercaya oleh pelanggan.

Selain pelayanan, bisnis juga perlu diintegrasikan bersama dengan software manajemen misalnya akuntansi.

Dengan mengintegrasikan software akuntansi seperti Mekari Jurnal, tim pelayanan pelanggan bisa mendapatkan informasi finansial secara real-time dan akurat. Dan juga, memungkinkan mereka untuk:

  • Memberikan Jawaban Cepat: Langsung menjawab pertanyaan pelanggan mengenai tagihan atau pembayaran.
  • Menyelesaikan Masalah di Tempat: Memperbaiki kesalahan tagihan atau mengirim ulang faktur tanpa perlu eskalasi ke departemen lain.

Untuk mengoptimalkan manajemen keuangan dan meningkatkan performa pelayanan pelanggan secara maksimal, Anda dapat mencoba demo gratis software akuntansi Mekari Jurnal.

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami