Daftar Isi
7 min read

10 Alasan Trade Show Wajib Anda Ikuti, Yakin Deh!

Tayang 04 Jun 2025
Highlights
  • Trade show adalah ajang pameran bisnis untuk memperkenalkan produk atau layanan. Peluang besar untuk membangun relasi dan menarik calon pelanggan.
  • Partisipasi dalam trade show dapat meningkatkan eksposur merek secara langsung. Cocok untuk memperkuat citra dan kredibilitas perusahaan.
  • Desain booth yang menarik di trade show akan menggaet lebih banyak pengunjung. Visual yang kuat bantu meninggalkan kesan mendalam.
  • Interaksi langsung di trade show mempercepat proses penjualan dan negosiasi. Komunikasi tatap muka lebih efektif daripada digital.
  • Evaluasi hasil trade show itu penting untuk strategi pemasaran selanjutnya. Gunakan data leads dan feedback untuk pengembangan bisnis.

Dalam MICE, Trade show adalah suatu event atau kegiatan yang diselenggarakan oleh asosiasi industri tertentu dengan mengikutsertakan pelaku bisnis tertentu.

Trade show sendiri sebenarnya memiliki banyak istilah seperti trade fair atau (business-to-business) B2B exhibition. Event B2B ini biasanya diselenggarakan sekali hingga dua kali dalam setahun.

Trade show disebut sebagai B2B exhibition karena peserta dan juga pengunjungnya diikuti oleh para pebisnis, bukan konsumen langsung.

Para pebisnis biasanya mencari rekan bisnis potensial di dalam event ini.

Namun, banyak pelaku usaha yang sepertinya masih tidak tahu tentang trade show bahkan enggan untuk mengikuti event tersebut.

Padahal, mengikuti trade show bisa menjadi kesempatan bagi para pengusaha untuk brand-nya lebih dikenal oleh audience yang tepat.

Oleh karena itu, Mekari Jurnal akan memberikan 10 alasan kenapa bisnis Anda wajib diikutsertakan dalam sebuah trade show.

1. Meningkatkan Visibilitas

Salah satu cara membangun kepercayaan kepada rekan bisnis atau konsumen adalah meningkatkan visibilitas produk Anda.

Pada dasarnya pameran B2B memberikan kesempatan bagi Anda untuk membawa dan memamerkan produk andalan Anda.

Calon konsumen dapat merasakan dan mendapatkan informasi secara langsung produk Anda melalui pameran.

Pameran juga menjadi kesempatan bagi Anda untuk memperkenalkan produk yang sebenarnya memiliki keunggulan namun tidak mendapat exposure dari konsumen.

Selain visibilitas produk, Anda juga dapat meningkatkan visibilitas dan citra bisnis melalui pameran.

Baca Juga: 7 Penyebab Produk Tidak Laku Dijual dan Cara Mengatasinya

2. Meningkatkan Brand Anda

Brand adalah elemen penting yang harus ada pada bisnis. Tanpa brand, konsumen akan sulit mengenal bisnis Anda.

Meskipun banyak cara untuk meningkatkan brand awareness, melalui trade show brand Anda akan lebih dilihat oleh konsumen yang tepat, dan sesuai dengan target pasar Anda secara langsung.

Bahkan bukan hanya untuk konsumen, brand Anda juga memiliki kemungkinan besar untuk bisa dilirik oleh investor.

Karena sejatinya, trade show bukan hanya dihadiri atau diikuti oleh pelaku bisnis yang mencari konsumen saja, namun pelaku bisnis yang mencari investasi.

Baca juga: Mengoptimalkan Strategi Pemasaran B2B oleh Coffeeland

3. Mendapatkan Leads yang Tepat Sasaran dan Efektif

Jika Anda melakukan marketing secara acak misalnya melalui direct mail, melakukan kunjungan, atau telemarketing dimana target konsumen biasanya merasa terganggu dan bahkan mengabaikan penawaran Anda.

Berbeda jika Anda mengikuti trade show, calon konsumen datang dengan motivasi dan tujuan.

Pertama, biasanya tiket masuk ke dalam trade show memiliki harga yang cukup tinggi sehingga hanya orang-orang yang memiliki niat untuk melakukan konversi yang hadir pada pameran.

Singkatnya, pemasaran melalui trade show lebih efektif dibanding mencari calon konsumen melalui makelar atau pemasaran tradisional lainnya.

4. Waktu yang Tepat untuk Melihat Kompetitor Anda

Dalam pameran B2B, kesempatan bagi Anda untuk dapat melihat bagaimana kompetitor Anda menjalankan bisnis.

Apa kelebihan mereka dan apa yang tidak dimiliki kompetitor Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengukur seberapa baik usaha Anda di mata konsumen.

Anda juga dapat belajar dan mendapatkan inspirasi untuk bisnis Anda dengan mengikuti trade show.

Caranya, Anda bisa berpura-pura menjadi pengunjung dan melakukan interaksi dengan kompetitor Anda.

Tips lainnya Anda bisa melihat, booth mana yang paling banyak dikunjungi, amati apa yang bisa membuat booth tersebut ramai dikunjungi.

5. Meningkatkan Penjualan

Jika Anda melakukan trade show, ini juga bisa dibilang sebagai salah satu ajang promosi yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan.

Dengan mengikuti trade show, brand Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan, dan kegiatan penjualan pun bisa semakin gencar dilakukan.

Baca Juga: Konsep Consumer Insight untuk Meningkatkan Penjualan

6. Ajang Peluncuran Produk Baru

Ajang peluncuran produk sering kali menjadi momen sakral bagi sebuah perusahaan, apalagi terkhusus untuk tim produk dan marketing.

Karena sejatinya momen ini perlu mendapatkan perhatian secara luas, agar dapat menarik antusias pelanggan agar bisa segera menggunakan produk tersebut.

Oleh karena itu, trade show juga bisa menjadi momen yang paling tepat bagi perusahaan Anda memamerkan produk terbaru, sehingga pelanggan dapat merasakannya secara langsung.

Baca Juga: 4 Cara Membangun Branding Produk Anti Gagal

7. Mendapatkan Insight Pasar dan Tren Terkini

Dengan mengikuti trade show, Anda juga akan mengenal berbagai macam jenis produk yang ditampilkan oleh bisnis lain.

Oleh karena itu, pemahaman akan tren terkini justru bisa semakin luas, terlebih lagi terkait insight pasar yang sedang berkembang di industri bisnis Anda.

Sudah coba cari tahu trade show di sekitar lokasi bisnis Anda belum?

8. Memperluas Relasi

Ketika sedang berbisnis, produk bukanlah satu-satunya faktor yang bisa mempengaruhi laris atau tidaknya sebuah penjualan.

Perlu dicatat bahwa relasi juga memiliki peranan penting dalam sebuah bisnis, bahkan sangat disarankan untuk bisnis yang masih rintisan.

Dengan semakin banyaknya relasi yang Anda kenal, kemungkinan untuk kerjasama hingga kolaborasi juga akan terbuka lebar.

Dengan begitu, brand Anda akan mudah diterima dan diminati dengan cakupan pelanggan yang lebih luas.

9. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Dalam era serba modern seperti hari ini yang bisa menjual barang melalui e-commerce, kepercayaan pelanggan adalah barang mahal yang wajib Anda cari dan pertahankan.

Mereka yang senang belanja online tentu tidak tahu bagaimana kualitas produk yang Anda jual, setidaknya sampai produk tersebut sampai ke tangan mereka sendiri.

Maka dengan mengikuti trade show, hal ini akan membuka peluang bagi bisnis Anda untuk semakin dipecaya oleh banyak orang.

Mereka akan paham bahwa ternyata produk Anda bisa ditemui dan dilihat di trade show, atau paling tidak mereka jadi tahu bahwa brand Anda memang benar-benar nyata.

10. Peluang Kolaborasi

Kemudian satu hal lain yang tadi sempat disinggung sedikit, yaitu peluang untuk berkolaborasi dengan brand di industri yang berbeda.

Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan beberapa bentuk kolaborasi yang cukup populer saat ini, seperti industri F&B dengan fashion, ataupun jenis lainnya.

Baca Juga: 7 Cara Bisnis agar Sukses dalam Bidang Fashion

Tips Mengikuti Trade Show

Bagi Anda yang ingin mengikuti trade show, Mekari Jurnal punya beberapa tips agar pameran yang diikuti bisa benar-benar memiliki dampak baik pada usaha Anda.

Yuk simak sejumlah tipsnya!

1. Lihat Rekam Jejak dan Reputasi Penyelenggara

Meskipun diselenggarakan oleh asosiasi, reputasi dan rekam jejak penyelenggara atau event organizer juga menjadi penting.

Beberapa perusahaan blue chip atau perusahaan besar bahkan hanya memilih untuk mengikuti event organizer tertentu.

Anda juga bisa melihat seberapa besar relasi event organizer tersebut dengan asosiasi, seberapa sukses event-event yang telah diselenggarakan sebelumnya, dan juga yang terpenting adalah affordable untuk budget bisnis Anda.

2. Tentukan Strategi

Mengikuti pameran bukan tanpa strategi, Anda harus menentukan goals apa yang bisa diraih selama melakukan pameran, delegasikan karyawan terbaik Anda yang memahami produk usaha Anda ke dalam lantai pameran.

Hal ini menjadi kunci bagaimana usaha Anda profesional dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, buatlah jurnal atau catatan setiap kali Anda berinteraksi dengan peserta pameran lainnya atau konsumen yang datang kepada Anda. Hal ini dilakukan sebagai bahan evaluasi pasca-pameran.

3. Lokasi Menentukan Kesuksesan Anda

Tips lainnya adalah Anda harus mempertimbangkan lokasi dan ukuran booth. Lokasi booth yang baik berada di tengah-tengah exhibition hall.

Kedua, upayakan lokasi booth berdekatan dekat perusahaan besar.

Berdekatan dengan perusahaan besar tidak akan membuat booth Anda sepi. Namun sebaliknya, booth Anda berpotensi dilirik lebih banyak oleh pengunjung bahkan dilirik oleh perusahaan besar tersebut.

Baca Juga: 4 Faktor Salah Pilih Lokasi, Bikin Bisnis Gigit Jari

4. Buat Menarik

Desain booth juga perlu dipertimbangkan dalam melakukan trade show, semakin unik dan menarik booth Anda, maka akan semakin tertarik juga bagi orang yang melihatnya.

Desainlah booth semenarik mungkin dan buat program pada booth Anda untuk menarik perhatian pengunjung.

Misalnya simulasi penggunaan produk, kuis, mini workshop, dan juga menawarkan giveaway kepada pengunjung.

5. Bangun Promosi Saat Pre-Show

Satu hal lagi adalah biasanya penyelenggara trade show melakukan pre-show dengan seminar atau konferensi.

Usahakan jika Anda memiliki budget lebih untuk berpartisipasi sebagai pengisi acara. Tentu Anda akan mendapatkan coverage yang lebih besar dari para tamu atau pengunjung.

Kelola Budget Pemasaran Bisnis Pakai Mekari Jurnal

Itulah tadi 10 alasan kenapa Anda harus berpartisipasi dalam trade show. Sampai kapanpun, pameran atau event akan terus menjadi media pemasaran bisnis yang sangat efektif.

Oleh karena itu persiapkan budget bisnis Anda untuk dialokasikan mengikuti pameran.

Anda bisa coba kelola laporan keuangan untuk budget pemasaran ataupun trade show Anda pakai Mekari Jurnal.

Cek selengkapnya terkait software akuntansi online Mekari Jurnal melalui website dan media sosial, yuk!

Jurnal Pay

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami