Mengelola utang dan piutang perusahaan secara bersamaan mungkin akan menjadi tugas yang sedikit merepotkan. Karena penting untuk melacak pembelian dan penjualan kredit yang mengandung risiko tinggi seperti penunggakan pembayaran piutang ataupun kesalahan pelunasan utang perusahaan. Departemen utang dan piutang bisnis bertanggung jawab untuk melacak uang masuk dari pelunasan piutang dan uang keluar untuk pelunasan utang bisnis atau perusahaan Anda. Agar kedua departemen ini berjalan secara efektif, berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk mengelola transaksi utang dan piutag bisnis Anda

 

Atur Transaksi Kredit Bisnis Anda

Atur penerimaan dan pengiriman faktur segera setelah transaksi utang-piutang selesai. Khusus departemen piutang ketika barang dijual secara kredit, kirim faktur ketika jatuh tempo. Mungkin sulit untuk mengingat semua transaksi yang pembayaran dan penerimaannya dilakukan pada saat jatuh tempo. Dan untuk departemen utang, pastikan mereka menyimpan setiap faktur dengan telaten.

 

Pastikan bahwa akuntan Anda secara efektif mengatur semua transaksi utang-piutang bisnis Anda agar tercegah dari pembuatan faktur yang salah baik itu kesalahan teknis seperti salah kirim faktur atau salah pencatatan nominal transaksi. Untuk bisnis yang memiliki banyak transaksi setiap harinya, pasti sulit untuk melacak berbagai detail transaksi utang-piutang dari vendor atau pelanggan yang berbeda-beda. Disarankan Anda menggunakan software akuntansi online yang komprehensif.

 

Menetapkan Timeline Jadwal Secara Tepat

Ketika Anda mengirimkan faktur untuk penjualan kredit, perjelas persyaratan seperti biaya bunga, denda keterlambatan, dan tenggat waktu pelunasan untuk akun piutang. Ini tidak hanya untuk memastikan bahwa debitur Anda membayar tepat waktu, tetapi juga mencegah terjadinya kredit macet. Saat menetapkan timeline, sebisa mungkin jaga dan atur waktu penagihan yang singkat. Tujuan utamanya adalah menyelesaikan transaksi sedini mungkin. Pada saat yang sama, menetapkan timeline secara jelas juga akan memastikan bahwa Anda membayar utang tepat waktu. Kondisi keuangan Anda akan terlihat lebih siap ketika jatuh tempo pelunasan utang tiba.

 

Membuat Kebijakan Kredit

Saat Anda mempertimbangkan untuk membuat kebijakan kredit untuk perusahaan Anda, ingatlah faktor-faktor berikut ini:

a. Siapa debitur perusahaan Anda. Periksa track record debitur dari database debitur perusahaan untuk melihat siapa saja debitur yang tertib dan yang suka menunggak pembayaran piutang.

b. Berapa plafon kredit yang diberikan. Hal ini bergantung pada seberapa baik kinerja modal kerja Anda.

c. Berapa lama jangka waktu kredit. Buat daftar umur piutang mulai dari 15 hari. Anda dapat memutuskan untuk memperpanjangnya berdasarkan standar perusahaan dan hubungan dengan debitur Anda.

 

Gunakan Software yang Mengotomatisasi Transaksi Utang-Piutang

Pelacakan transaksi utang-piutang bisa jadi sangat merepotkan terutama ketika Anda melakukannya secara manual. Untuk proses sistematis pelacakan transaksi khususnya utang-piutang harian Anda, gunakan software akuntansi yang bisa mengotomatisasi transaksi. Transaksi Anda akan dicatat secara realtime dan ini akan memungkinkan Anda untuk menghindari berbagai kesalahan atau gangguan teknis. Melacak dan mengelola piutang dan utang sangat penting karena tidak hanya untuk menilai efektivitas tetapi juga untuk membantu manajemen membuat keputusan keuangan yang lebih cermat.

Mengelola utang dan piutang perusahaan atau bisnis Anda mungkin bisa menjadi pekerjaan yang menantang terutama ketika bisnis Anda sedang berkembang. Transaksi utang-piutang Anda akan semakin termudahkan dengan menggunakan software akuntansi yang mumpuni. Sebagai opsi, Anda bisa menggunakan Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online berbasis cloud yang menyediakan berbagai fitur terkait akuntansi, salah satunya pengelolaan utang-piutang. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola utang-piutang dengan mudah, mulai dari menentukan batas maksimal utang-piutang, menentukan syarat pembayaran, pengingat piutang dan utang, dan masih banyak lagi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, silahkan cek di sini.

Author