4 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Jasa Titip Barang

 

Bisnis jasa titip berawal dari kebiasaan sebagian orang untuk menitip barang ketika ada teman yang hendak bepergian ke luar negeri. Alasannya, karena harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli di Indonesia. Karena peminatnya semakin banyak, kebiasaan ini pun kemudian berkembang menjadi ladang bisnis. Tidak hanya barang produksi luar negeri, tapi juga dalam negeri. Tidak hanya brand terkenal berharga mahal, tapi juga produk lokal atau barang berdiskon besar.

 

Meskipun terkesan biasa, bisnis jasa titip ini ternyata cukup menggiurkan. Keuntungan yang didapatkan memang kelihatannya kecil, hanya sekitar Rp15.000  sampai Rp25.000 per item. Tapi, jika jumlah titipan yang diterima dalam sebulan mencapai ratusan buah, Anda bisa menghitung sendiri berapa laba yang diperoleh. Agar Anda dapat meraih omzet yang besar, lakukan persiapan terlebih dulu saat akan membuka bisnis jasa titip ini. Di bawah ini adalah beberapa persiapan yang harus Anda lakukan sebelum membuka jasa titip barang ini.

 

Tentukan Jenis Barang

Karena bisnis jasa titip ini membuat Anda harus berkeliling untuk memperoleh barang tersebut, maka buatlah katalog jenis barang yang spesifik atau terfokus. Jangan menjual semua jenis barang sekaligus karena akan membuat Anda lelah mengunjungi beberapa tempat penjualan barang untuk memenuhi semua permintaan konsumen. Anda bisa memilih fokus pada barang yang bisa Anda dapatkan dalam satu tempat, misalnya produk dapur dan pecah belah, atau produk fashion dan aksesoris. Dengan memiliki fokus untuk barang-barang tertentu, selain Anda menghemat energi, tentu saja juga menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi sehingga makin banyak keuntungan yang bisa Anda sisihkan dari bisnis jasa titip tersebut.

 

Lakukan Riset Sebelum Mulai Menawarkan

Sebuah riset akan sangat diperlukan untuk menentukan target pasar yang sesuai. Cobalah mengunjungi beberapa mall atau pusat perbelanjaan. Amati apa saja jenis barang yang kira-kira menarik untuk ditawarkan dan mudah didapatkan. Catat juga mall mana yang sering mengadakan event sale atau brand apa yang sering memberikan diskon besar. Melalui keberadaan sebuah riset, Anda akan tahu jenis barang apa yang paling baik untuk ditawarkan dan tempat belanja dengan harga kompetitif untuk barang tersebut.

 

Selain melakukan riset untuk barang dan tempat pembelian, Anda juga harus mengetahui sistem kerja mall, toko, atau outlet yang menjadi sasaran. Misalnya, jadwal masuknya produk baru, berapa banyak dan apa saja kategorinya, jadwal sale, dan lainnya. Pahami juga aturan yang mereka tetapkan, seperti apakah Anda diperbolehkan untuk memotret barang-barang yang berada di-display atau tidak. Hal ini penting diketahui, agar tidak tidak timbul masalah di kemudian hari, mengingat beberapa toko atau store menerapkan larangan untuk melakukan pemotretan.

 

Rajin Berburu Event Potensial

Meskipun namanya jasa titip, tidak berarti Anda cukup duduk menunggu konsumen. Anda harus aktif mencari informasi dan mendatangi event-event menarik yang sesuai dengan target market yang sudah dipilih. Misalnya, rajin mendatangi mall yang sedang mengadakan sale besar-besaran, pameran barang-barang langka dan unik yang jarang di selenggarakan, dan lain sebagainya.

 

Gunakan Sistem Bayar di Muka

Pada awalnya, banyak calon pembeli yang merasa perlu melakukan pemesanan barang begitu melihat banyaknya jenis katalog barang menarik yang Anda tawarkan. Namun begitu menerima tagihan dengan angka nominal yang besar, mereka terkejut dan secara tiba tiba membatalkan pesanan.  Untuk melihat kesungguhan konsumen, dan menghindari pembatalan pemesanan secara sepihak, Anda bisa meminta konsumen untuk melakukan pembayaran di awal sebelum Anda melakukan pembelian barang. Dengan adanya pembayaran di muka, selain Anda akan terbebas dari masalah pembatalan, di sisi lain Anda akan terbantu dari masalah keterbatasan modal yang Anda miliki.

 

Jika dijalankan dengan baik dan penuh ketekunan, maka bisnis jasa titip ini bukan tidak mungkin akan mampu memberi pemasukan yang sangat besar bagi keuangan keluarga. Namun yang perlu diingat, jika pemasukan Anda mulai teratur dan banyak dari bisnis jasa titip ini, jangan lupa untuk melakukan pengelolaan dan pencatatan keuangan dengan baik dan benar.

 

Jurnal software akuntansi online, sebagai platform penyedia jasa akuntansi dan pengelolaan keuangan secara online, dapat membantu Anda sebagai solusi pencatatan keuangan dengan baik dan mudah. Kini dengan varian harga terjangkau dan fasilitas yang lengkap Anda bisa mengandalkan Jurnal sebagai partner bisnis tepercaya. Dapatkan semua informasi Jurnal di sini.


PUBLISHED19 Jun 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: