Pencatatan keuangan atau akuntansi telah dilakukan secara manual sampai tahun 1980an. Ketika muncul teknologi komputer dan perangkat lunak yang mudah digunakan, akurat dan dapat diandalkan, perlahan-lahan penulisan keuangan dengan sistem manual mulai ditinggalkan.

 

Komputerisasi akuntansi melibatkan penggunaan komputer dan perangkat lunak akuntansi untuk mencatat, menyimpan, dan menganalisis data keuangan. Sistem akuntansi terkomputerisasi membawa banyak keuntungan yang tidak tersedia untuk sistem akuntansi analog. Di bawah ini akan kami jelaskan 9 keuntungan  komputerisasi akuntansi yang harus Anda ketahui.

 

Akurasi

Sistem akuntansi ini dirancang agar sesuai dengan detail terkecil. Begitu data dimasukkan ke dalam sistem, semua perhitungan, termasuk penambahan dan pengurangan dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak sehingga menjamin keakuratan angka karena tidak ada yang diproses dan dicatat dua kali. Semua data didapat dari awal pencatatan.

 

Otomatisasi

Karena semua perhitungan ditangani oleh perangkat lunak, akuntansi terkomputerisasi menghilangkan banyak proses yang memakan waktu terkait dengan akuntansi manual. Misalnya, sekali stok barang dikeluarkan dan tercatat, maka faktur akan diproses secara otomatis membuat  pencatatan akuntansi lebih efisien.

 

Akses Data

Dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi, semakin mudah bagi individu yang berbeda untuk mengakses data akuntansi di luar kantor, dengan aman. Hal ini terutama berlaku jika solusi akuntansi online digunakan.

 

Keandalan atau Reliabilitas

Karena perhitungannya sangat akurat, laporan keuangan yang disiapkan oleh komputer sangat andal dan bisa diakses dengan cepat karena menggunakan alat perhitungan yang sudah tersistem.

 

Memiliki Skala Perhitungan  

Bila perusahaan Anda tumbuh, jumlah akuntansi yang diperlukan tidak hanya meningkat tapi menjadi lebih kompleks. Dengan komputerisasi, segala sesuatunya tetap terjaga karena memilah-milah data menggunakan komputerisasi akuntansi  lebih mudah daripada menyaring sejumlah dokumen satu persatu.

 

Kecepatan

Dengan menggunakan komputerisasi akuntansi, keseluruhan proses pembuatan akun menjadi lebih cepat. Begitu data di-input maka berbagai laporan dapat dihasilkan secara langsung semudah menekan tombol yang diinginkan. Seorang manajer tidak perlu menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari untuk menyerahkan laporan pada pihak internal perusahaan yang membutuhkan.

 

Keamanan

Data dapat disimpan secara online sehingga aman dari bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, banjir. Jika terjadi bencana, sistem bisa cepat dipulihkan pada komputer lain di lokasi lain pula, sehingga tidak khawatir rusak atau hilang.

 

Hemat biaya

Karena menggunakan akuntansi terkomputerisasi lebih efisien daripada akuntansi berbasis kertas. Pekerjaan akan dilakukan lebih cepat dan disimpan saat itu juga.  Efisiensi waktu adalah harga murah yang didapat dari sistem komputerisasi ini.

 

Visual

Melihat akun menggunakan komputer memungkinkan Anda mengambil keuntungan dari opsi untuk melihat data dalam format yang berbeda. Anda dapat melihat data dalam tabel dan menggunakan berbagai jenis grafik. Ini juga keuntungan yang Anda dapat dari komputerisasi akuntansi.

 

Tidak dapat dipungkiri lagi, komputerisasi akuntansi adalah suatu kemajuan teknologi di bidang akuntansi yang sangat dibutuhkan untuk mempermudah pembuatan laporan keuangan perusahaan. Jurnal adalah penyedia jasa software akuntansi online. Dengan Jurnal, Anda akan mendapatkan kebebasan dalam mengelola keuangan bisnis dengan mudah, cepat, aman, dan nyaman. Jurnal akan menyediakan laporan keuangan secara instan sesuai dengan yang perusahaan Anda butuhkan. Untuk info lebih lanjut tentang Jurnal ataupun fitur yang bisa Anda dapatkan dengan Jurnal, bisa Anda lihat di sini.