3 min read

4 Strategi Komunikasi Efektif yang Wajib Dimiliki Seorang Akuntan

Diperbarui
Di tulis oleh: Mekari Jurnal Bivisyani

Komunikasi efektif adalah pertukaran informasi, ide, atau perasaan yang dapat memengaruhi sikap penerima pesan dan membangun hubungan baik antara pihak yang terlibat. Efektivitas komunikasi dapat diukur dari tercapainya tujuan si pengirim pesan.

Bagi seorang akuntan, kemampuan komunikasi yang baik sangat penting untuk menjalin hubungan yang harmonis dengan rekan kerja, manajemen, serta pihak eksternal seperti vendor dan klien.

Pekerjaan akuntan, mulai dari persiapan laporan anggaran, pembayaran tagihan, penggajian, hingga pencatatan pendapatan, harus dipresentasikan dengan jelas agar angka-angka tersebut memiliki arti, bukan sekadar deretan data.

Berikut empat strategi komunikasi efektif yang wajib dimiliki seorang akuntan:

1. Bersikap Ramah dan Efektif

Penting untuk menjadi orang yang menyenangkan saat berbicara dengan rekan kerja.

Tapi mengingat laporan keuangan adalah masalah penting dan orang-orang yang Anda hadapi adalah orang penting, maka cobalah berbicara langsung ke titik permasalahan tanpa membuang waktu.

Cari tahu apa yang perlu Anda katakan dan selesaikan pembicaraan dengan jelas.

Pastikan bahwa semua pihak yang berkepentingan dengan masalah laporan keuangan tersebut memahami semua laporan dan berikan sebuah presentasi laporan yang penuh kepastian.

2. Beri Jeda dan Kesempatan Bertanya

Ketika Anda sudah menyelesaikan sebuah presentasi dan akan melanjutkan ke presentasi berikutnya, tidak ada salahnya Anda memberi sedikit jeda agar pihak-pihak yang berkepentingan dengan contoh laporan keuangan tersebut, benar-benar telah memahami apa yang Anda sampaikan dan menyiapkan diri untuk bertanya jika ada beberapa hal yang belum mereka pahami.

Tergesa-gesa dalam melakukan presentasi akan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman yang justru akan menambah panjang waktu untuk memberi penjelasan kembali.

3. Buat Perencanaan yang Matang

strategi komunikasi efektif

Buatlah perencanaan untuk mengomunikasikan startegi komunikasi yang efektif.

4. Gunakan Contoh Nyata

Penggunaan data akuntansi yang paling penting adalah untuk mengomunikasikan informasi angka menjadi sebuah bahasa yang menunjukkan posisi keuangan perusahaan.

Memungkinkan manajemen membuat keputusan yang baik. Informasi akuntansi harus masuk akal dan dipahami.

Mengubah deretan angka menjadi sebuah kata-kata terkadang tidaklah mudah. Jika Anda tidak yakin bagaimana mengungkapkan apa yang ingin dikatakan.

Anda bisa mengambil  sebuah cerita sebagai contoh untuk membantu sesorang memiliki persepsi yang sama tentang apa yang Anda sampaikan.

Itulah keempat strategi komunikasi efektif yang bisa Anda ikuti dan wajib dimiliki oleh seorang akuntan yang  ingin melakukan sebuah presentasi laporan keuangan.

Untuk pihak-pihak yang berkepentingan misalnya Investor, pihak Bank, maupun pemerintah dengan baik dan nyaman.

Untuk membantu membuat presentasi laporan keuangan secara efektif. seorang akuntan juga membutuhkan sistem akuntansi handal yang mampu mendukung dan menyediakan data secara realtime dan dapat diakses kapan pun dan di mana pun.

Mekari Jurnal software akuntansi online yang dapat membantu seorang akuntan maupun pemilik bisnis dalam membuat dan memonitor laporan keuangan secara realtime, di mana saja dan kapan saja.

Mekari Jurnal sebagai aplikasi akuntansi android juga menyediakan sebuah analisis grafik data yang memudahkan Anda dalam mengetahui kondisi keuangan terkini dari setiap bukti transaksi.

Akuntansi seperti peningkatan atau penurunan penjualan, aktiva, ketersediaan barang dan keuntungan.

Kategori : Other

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami