Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Perhitungan Biaya Keagenan (Agency Cost)

Tayang 25 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Penjelasan pengertian hingga contoh cara perhitungan biaya keagenan atau agency cost adalah sebagai berikut.

Hubungan keagenan merupakan suatu kontrak di mana satu atau lebih orang (prinsipal) memerintah orang lain (agen) untuk melakukan suatu jasa atas nama prinsipal serta memberi wewenang kepada agen membuat keputusan yang terbaik bagi prinsipal.

Jika kedua belah pihak tersebut mempunyai tujuan yang sama untuk memaksimumkan nilai perusahaan, maka diyakini agen akan bertindak dengan cara yang sesuai dengan kepentingan prinsipal.

Masalah keagenan potensial terjadi apabila bagian kepemilikan manajer atas saham perusahaan kurang dari seratus persen (Masdupi, 2005).

Dengan proporsi kepemilikan yang hanya sebagian dari perusahaan membuat manajer cenderung bertindak untuk kepentingan pribadi dan bukan untuk memaksimumkan perusahaan.

Inilah yang nantinya akan menyebabkan biaya keagenan (agency cost).

Jensen dan Meckling (1976) mendefinisikan agency cost sebagai jumlah dari biaya yang dikeluarkan prinsipal untuk melakukan pengawasan terhadap agen.

Hampir mustahil bagi perusahaan untuk memiliki zero agency cost dalam rangka menjamin manajer akan mengambil keputusan yang optimal dari pandangan shareholders karena adanya perbedaan kepentingan yang besar diantara mereka.

Contoh Biaya Keagenan Atau Agency Cost Adalah Sebagai Berikut

Biaya yang ditanggung oleh pemegang saham pemilik (principal), ketika manajemen perusahaan (agen) membeli perusahaan lain untuk memperluas kekuasaannya, atau menghabiskan uang pada proyek-proyek yang lebih disukai bukannya memaksimalkan nilai perusahaan.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Beberapa Contoh Jenis Agency Cost Atau Biaya Keagenan Adalah?

Michael J dan William M (1976) mengatakan setidaknya ada 3 jenis agency cost, yaitu:

  • Biaya yang dikeluarkan untuk mengawasi aktivitas manajerial, contohnya biaya audit.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk membatasi  tindakan manajemen yang tidak diinginkan. Contohnya menunjuk anggota dari luar untuk dewan direksi atau hierarki manajemen.
  • Biaya peluang (opportunity cost) ketika suara pemegang saham dibatasi.

Pengaturan pengeluaran biaya agen harus diatur agar tidak berlebihan.

sebagai contoh, biaya keagenan atau agency cost adalah sebuah hal yang tidak boleh “besar pasak daripada tiang”, dimana mengeluarkan banyak biaya hanya untuk pengawasan namun dengan output yang tidak sebanding dengan biaya yang dikeluarkan.

Sedangkan Jensen and Meckling [1976] membagi jenis biaya agensi ini menjadi 3 jenis yaitu:

  • Monitoring cost. Biaya yang muncul untuk mengawasi, mengukur, mengamati dan mengontrol perilaku agen.
  • Bonding cost. Biaya yang justru ditanggung oleh manajemen (agen) untuk bisa mematuhi dan menetapkan mekanisme yang ingin menunjukkan bahwa agen telah berperilaku sesuai dengan kepentingan prinsipal.
  • Residual loss. Biaya yang berupa menurunnya kesejahteraan prinsipal sebagai akibat dari adanya perbedaan keputusan agen dan keputusan prinsipal.

Baca juga: Cara Menghitung Biaya Rata-Rata (Average Cost), Ini Rumusnya!

Sumber Biaya Ini Apa Saja?

Contoh biaya keagenan atau agency cost adalah seperti dua sumber utama beriktu ini yaitu :

  • Biaya inheren terkait dengan penggunaan agen (misalnya, risiko bahwa agen akan menggunakan sumber daya organisasi untuk keuntungan mereka sendiri).
  • Biaya teknik yang digunakan untuk mengurangi masalah yang terkait dengan agen menggunakan informasi -pertemuan lebih lanjut tentang apa yang dilakukan agen (misalnya, laporan keuangan biaya produksi) atau menggunakan mekanisme untuk menyelaraskan kepentingan agen dengan principal (misalnya kompensasi eksekutif dengan pembayaran ekuitas seperti opsi saham).

Penjelasan pengertian hingga cara perhitungan biaya keagenan atau agency cost adalah sebagai berikut.

Contoh Tips Mendapatkan Biaya Keagenan dengan Baik

Agar biaya keagenan dapat terukur dan terhitung dengan baik tanpa harus merugikan salah satu pihak maupun pihak perwakilan agen maka dibutuhkan dua kondisi khusus, yaitu:

  • Adanya keselarasan visi antara pihak manajemen pusat perusahaan dengan pihak keagenan.
  • Adanya pencatatan dan pelaporan akuntansi keuangan secara transparan, valid, realtime dan dapat diakses oleh beberapa pihak sekaligus, sehingga memudahkan untuk mengetahui posisi keuangan perusahaan dalam rangka pengambilan keputusan biaya keagenan (agency cost) secara tepat.

Jurnal software akuntansi online dengan sistem akuntansi yang aman dan tepercaya, merupakan solusi tepat bagi bisnis Anda untuk mendapatkan perhitungan biaya keagenan secara akurat. Jurnal juga merupakan invoice online Indonesia yang akan membantu usaha makin lancar.

Dengan Jurnal, Anda juga bisa mengintegrasikan laporan keuangan dari beberapa agen usaha Anda, sehingga permasalahan keuangan yang terjadi bisa diketahui dan diantisipasi sejak dini.

Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Sederhana Adalah Berikut

Dapatkan semua informasi penting tentang aplikasi stock barang dari Jurnal, dengan kunjungi laman website kami di sini.

Nah, penjelasan pengertian hingga contoh cara perhitungan biaya keagenan atau agency cost adalah sebagaimana diatas.

Semoga informasi tersebut berguna buat Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal