Tips Bisnis: 3 Cara agar Tak Salah Ambil Keputusan di Masa Krisis

Masa krisis ekonomi seperti yang terjadi saat ini tentu membuat sebagian besar pelaku usaha gusar, terutama ketika memikirkan kelanjutan bisnisnya. Pengambilan keputusan bisnis yang keliru bisa jadi memperburuk keadaan. Maka itu, pelaku usaha perlu menjalankan 3 cara jitu agar tak salah langkah. Berikut tips bisnisnya.

Bayangkan selama ini bisnis Anda berjalan baik didukung oleh komponen-komponen usaha, seperti jumlah penjualan, ketersediaan produk, lokasi, dan tenaga kerja yang mumpuni. Namun, tiba-tiba kondisi bisnis runtuh seketika saat krisis pandemi Covid-19 berlangsung. Keterpurukan bisnis seringkali berasal dari kesalahan pelaku usaha dalam mengambil keputusan keuangan. Perusahaan yang absen melakukan analisa bisnis tak akan mampu menetapkan keputusan bisnis yang tepat. 

Pada dasarnya, seluruh kekeliruan itu bermula dari penyusunan laporan keuangan yang buruk, termasuk menjadi penyebab arus kas berantakan. Pada kondisi normal saja, laporan keuangan yang tak mumpuni bisa berdampak fatal pada keberlanjutan perusahaan, apalagi dalam kondisi krisis ekonomi. 

Founder Yuta Consulting, Yudhistira Taniwidjaya, mengungkapkan terdapat 3 tips bisnis jitu agar pelaku usaha terhindar dari kesalahan mengambil keputusan bisnis. Ketiga cara tersebut antara lain, mengatur arus kas (cash flow) dengan baik, memanfaatkan teknologi, dan memahami keuangan.  

“Kunci utamanya adalah pelajari kondisi usaha Anda, buat perencanaan dari hasil belajar, dan lakukan rencana yang telah dibuat tersebut,” ujar Yudhistira Taniwidjaya dalam ‘Webinar Jurnal Masterclass Volume 3 yang digelar Jurnal by Mekari dengan topik Workshop Pengelolaan Keuangan Bisnis di Masa Krisis’ Kamis (15/5/2020).

Berikut penjelasan lebih lengkap terjadi 3 cara jitu agar terhindar dari kesalahan mengambil keputusan bisnis di masa krisis. 

Strategi Pengelolaan & Prediksi Cash Flow Bisnis Anda

Atur Arus Kas dengan Cermat

Tips bisnis pertama agar tak salah mengambil keputusan ialah mengatur arus kas dengan baik. Hal itu bisa dimulai dengan mengetahui dan memantau arus kas secara berkala disertai upaya penghematan biaya. 

Anda bisa menganalisa laporan keuangan dan membuat prioritas pengeluaran. Selanjutnya, buat rencana anggaran dengan mengacu pada budget mana yang paling berdampak pada bisnis. Hal itu yang seharusnya diprioritasnya. Kemudian, terapkan anggaran yang telah direncanakan tersebut. 

Dalam mengelola arus kas, Anda disarankan untuk menekan biaya pengeluaran, menunda inventaris dan ekspansi bisnis. Tak hanya itu, Anda juga perlu mempelajari kondisi di masa krisis ini dan segera menyiapkan rencana cadangan ketika situasi mengalami perubahan secara tiba-tiba. 

Terakhir, perhatikan dan susun laporan arus kas secara berkala. Menyusun dan memantau laporan keuangan bisa dilakukan secara manual dan menggunakan bantuan teknologi. Salah satu teknologi yang bisa diandalkan ialah software akuntansi online seperti Jurnal. Dengan menggunakan perangkat teknologi, Anda akan memperoleh kemudahan dalam pengoperasiannya. 

3 Cara Bisnis UKM Memaksimalkan Teknologi di Tengah Wabah Corona

Manfaatkan Teknologi 

Untuk menghindari kesalahan mengambil keputusan, Anda perlu memanfaatkan berbagai teknologi berdasarkan unit kerja tertentu. Salah satu divisi kerja yang bisa memanfaatkan teknologi ialah divisi penjualan dan pemasaran (sales and marketing) yakni melalui teknologi penjualan online. Selain itu, divisi operasional dan produksi. Divisi ini bisa mengimplementasikan teknologi untuk mengerjakan laporan penagihan (invoice), pergudangan, dan proses operasional penjualan.  

Divisi accounting dan pajak juga bisa menggunakan perangkat teknologi berupa software akuntansi online untuk mengoleksi data dari berbagai saluran dan menyusun laporan keuangan. 

Beberapa keunggulan menggunakan software akuntansi ialah adanya integrasi dari administrasi hingga langsung menghasilkan laporan keuangan, perhitungan-perhitungan manual menjadi berkurang, dan data yang dihasilkan lebih akurat.

Tak hanya itu, pemakaian software akuntansi juga membuat para pengguna tak harus berkumpul di satu tempat untuk mengerjakan laporan keuangan. Intinya, work from home di tengah kondisi darurat menjadi sangat mungkin dilakukan. Terlebih, Anda sebagai pemilik usaha dapat melihat data keuangan perusahaan secara real time tanpa harus datang ke lokasi. 

Divisi lain yang bisa memanfaatkan teknologi ialah divisi administrasi umum, seperti aktivitas penawaran penjualan, penyediaan surat jalan dan faktur (invoice). Ketiga aktivitas itu juga bisa diintegrasikan dengan software akuntansi online.

4 Cara Menilai Kinerja Perusahaan dengan Rasio Keuangan

Pahami Keuangan 

Memahami keuangan bisa diawali dengan mempelajari cara membaca laporan keuangan dan menganalisanya. Misalnya bagaimana cara mengetahui bahwa laporan laba rugi dan laporan arus kas bisa memperlihatkan kondisi keuangan perusahaan.

Laporan keuangan bisa dipahami menggunakan teori-teori analisa rasio keuangan untuk memudahkan analisa. Dengan memahami keuangan secara komprehensif, Anda bisa menjadikan laporan keuangan sebagai senjata utama dalam pengambilan keputusan.

Sebagai software akuntansi online, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung. Cukup ketuk banner di bawah ini untuk mendapatkan promo kesempatan bonus berlangganan Jurnal selama 60 hari dan diskon 35% (Minimal subscribe 12 bulan).

CTA Jurnal


PUBLISHED18 May 2020
Lavinda
Lavinda


Kategori : Panduan Akuntansi