Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

10 Ide Bisnis Mainan Edukasi Anak yang Ramai Dicari Orang Tua

Tayang 29 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Peluang bisnis mainan edukasi anak seperti jual printable worksheet anak TK tidak hanya akan membuat orang tua anak yang membeli merasa senang dan terhibur, sekaligus juga menimbulkan rasa aman karena anak dapat mengasah otak dan kreativitas dengan permainan.

Mainan yang mengandung nilai edukasi dan pembelajaran  seperti ini ada baiknya untuk menyesuaikan dengan usia si anak.

Tujuan penyesuaian ini adalah karena mainan edukasi anak melibatkan atau melatih berbagai panca indera anak, merangsang imajinasi, dan mendorong anak untuk beinteraksi dengan orang lain dengan tingkat tertentu yang berbeda-beda.

Peluang bisnis mainan edukasi anak masih memiliki pangsa pasarnya tersendiri saat ini, hal ini sebagai dampak dari semakin masifnya orang tua yang memberikan anak sebuah smartphone untuk mengisi waktu luang si anak.

Seiring semakin canggihnya era saat ini, berbagai jenis permainan juga semakin beragam dan menyesuaikan dengan eranya.

Persepsi orang tua juga semakin sadar akan pentingnya mainan edukasi anak karena implikasi dari bermain smartphone yang mengurangi kualitas interaksi dan komunikasi anak dengan orang tua.

Oleh karena itu, kondisi ini dapat mengembangkan kembali bisnis mainan anak dan maraknya berbagai merk baru yang rilis di pasaran.

Bahkan permainan edukasi anak ini sudah memiliki pasar yang semakin luas karena berdesain dapat dimainkan untuk segala jenis usia, contohnya puzzle dan lego.

Untuk memudahkan Anda mengembangkan bisnis ini, berikut rekomendasi ide mainan edukasi anak yang masih ramai dicari oleh orang tua saat ini.

software akuntansi Mekari Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

 

1. Puzzle

Mainan ini cocok untuk membantu anak Anda berpikir secara sistematis, melatih konsentrasi juga meningkatkan daya ingat anak.

Mainan edukasi anak ini juga membantu anak Anda untuk melatih kesabaran dan pantang menyerah.

Cara menyelesaikan suatu puzzle akan membuat anak menggabungkan berbagai informasi yang ada dari setiap potongan puzzle, baik itu dalam bentuk maupun warnanya.

Tingkatan permainan puzzle biasa disesuaikan dengan umur anak Anda, bahkan saat ini permainan puzzle masih ramai dimainkan oleh orang-orang dewasa.

Terdapat puzzle dengan jumlahh 50 keping hingga ratusan keping tergantung tingkatan level.

2. Flash card

flash card cocok untuk menjadi mainan edukatif anak saat ini

Kartu yang berisi berbagai jenis benda ini dapat membantu anak dalam mengenal benda dan meningkatkan jumlah kosa kata yang dimilikinya.

Semakin banyak kosa kata yang diberikan kepada anak, kemampuan membaca dan berkomunikasi anak akan semakin berkembang dengan cepat.

Selain itu, flash card juga lebih sederhana karena bisa tersedia dengan berbagai macam subjek seperti alfabet, angka, buah, dll.

3. Stacking Toys

Mungkin sampai saat ini permainan stacking toys masih banyak ditemukan pada cafe-cafe yang memberikan fasilitas alat bermain sambil berbincang bersama teman.

Namun, pada dasarnya mainan ini juga cocok sebagai edukasi untuk anak.

Stacking toys adalah sebuah permainan tumpuk menumpuk balok yang kemudian setiap pemain bergantian mengambil balok yang sudah ditentukan.

Keseruan yang dirasakan ketika bermain bersama keluarga  atau teman dapat membantu meningkatkan jiwa sosial anak.

Mainan stacking toys juga membantu melatih kemampuan analisa, strategi, dan mengambil keputusan.

Keseruan dan manfaat yang Anda dapatkan ketika bermain stacking toys membuat permainan ini masih ramai dibeli hingga saat ini.

4. Buku cerita bergambar

Mainan edukasi anak selanjutnya berkaitan dengan buku, khususnya buku bergambar.

Buku cerita bergambar cocok pada kalangan anak pada masa golden age (usia 0-6 tahun).

Buku cerita bergambar dapat meningkatkan anak lebih aktif dalam bertanya sehingga ia bisa tumbuh sebagai anak yang kritis dan mampu menghasilkan bahasa yang baik setelah mencerna sebuah cerita.

Selain itu, rutin memberikan buku cerita bergambar dapat meningkatkan literasi membaca dan meningkatkan indera visualnya.

Pentingnya buku cerita bergambar untuk anak di masa pentingnya memberikan peluang bisnis yang cukup besar dan menguntungkan hingga saat ini.

5. Balok dan Lego

lego permainan yang cocok untuk segala usia

Permainan lain yang juga sangat bermanfaat bagi kebutuhan perkembangan daya pikir dan mental anak adalah permainan balok dan lego.

Permainan ini juga dapat meningkatkan kerjasama jika bermain secara berkelompok.

Balok dan lego memiliki beraneka macam bentuk bisa yang dapat orang tua kenalkan kepada anak.

Permainan edukasi anak ini berfokus pada pengenalan geometri dan bentuk yang tepat kepada anak, sehingga mereka akan belajar berbagai macam bentuk dan menyusunnya.

Di awal tahun 2023 ini perkembangan industri balok khususnya lego semakin naik di kalangan semua usia, hal ini dibuktikan dengan banyaknya konten yang berkaitan dengan lego yang sedang dimainkan oleh seseorang, bersama teman, atau bersama keluarga yang ramai disebarkan di platform media sosial.

6. Mainan Olahraga

Mainan olahraga cocok untuk membangun sisi keterampilan anak pada bidang kemampuan fisik.

Fokus permainan ini biasanya bertujuan untuk melatih koordinasi antara pikiran, tangan, dan kaki sehingga menjadi lebih aktif, fleksibel, dan memiliki refleks yang tinggi.

Aktifnya berbagai anggota tubuh ketika bermain juga  membantu anak untuk tetap segar dan sehat serta terhindar dari obesitas atau kegemukan pada usia dini.

7. Mainan Musik

Selanjutnya adalah permainan yang berfokus suara atau musik.

Mainan edukasi anak yang berfokus pada suara atau musik dapat membantu meningkatkan respon terhadap suara dan merangsang pemahaman intonasi suara.

Mainan musik juga menjadi langkah pertama untuk mengetahui apakah anak memiliki bakat pada bidang musik dan membantu untuk meningkatkannya.

8. Play Doh

Play Doh menjadi salah satu ide bisnis yang cukup  unik dan kreatif.

Pasalnya, melalui plastisin ini anak Anda dapat berkreasi sesuka mereka sesuai imajinasinya.

Tentunya berdasarkan cerita diatas, dapat disimpulkan bahwa bermain Play Doh mengedukasi anak untuk membangun sisi imajinasi dan kreativitasnya.

Permainan Play Doh juga beraneka ragam di pasaran saat ini. Anda juga dapat menjualnya bersamaan dengan alat cetakannya.

9. Papan Gambar

Papan gambar dapat membantu Anak untuk mengeplor berbagai imajinasi yang ada di dalam pikirannya.

Biasanya satu set papan gambar sudah dilengkapi dengan pulpen dan stempel yang khusus untuk menggambar di papan, sehingga tidak bisa jika menggunakan pulpen biasa.

10. Mainan Monopoli

mainan monopoli jadi salah satu ide mainan edukasi anak penuh manfaat

Mainan monopoli masih menjadi salah satu permainan yang paling terkenal di dunia.

Tujuan dari permainan ini adalah melakukan simulasi pembelian, penyewaan, dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang lebih sederhana.

Permainan board game cocok menjadi alat permainan edukasi anak. Banyak manfaat yang didapatkan dari mainan monopoli, mengutip dari Kompas, berikut manfaatnya:

  • Meningkatkan daya analisis, pengambilan keputusan, dan strategi jangka panjang.
  • Meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak.
  • Belajar untuk mempertimbangkan segala hal yang mungkin terjadi setelah keputusan telah diambil.
  • Belajar untuk berpikir kritis di saat kondisi yang terdesak.
  • Berani Mengambil resiko.
  • Belajar untuk mengelola keuangan dengan bijak secara usia dini.

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen tentunya anda harus menjaga kualitas produk mainan anak-anak pada bisnis yang dibangun.

Dengan menerapkan ide bisnis mainan yang edukatif dan aman, para konsumen khususnya orangtua si anak akan merasa aman dan percaya ketika membelikan mainan untuk buah hatinya di toko anda.

Agar Anda dapat menjaga kepuasan dan loyalitas pelanggan yang sudah berkontribusi terhadap perkembangan toko Anda, gunakan berbagai tekonologi modern saat ini yang dapat membantu pengelolaan toko dan usaha Anda

Salah satunya adalah aplikasi pengelolaan toko yang dapat memudahkan pengelolaan transaksi dan keuangan, yaitu Mekari Jurnal.

Segera manfaatkan aplikasi nota dari Mekari Jurnal untuk mempermudah pencatatan transaksi usaha dan bisnis.

Mekari Jurnal juga memiliki berbagai fitur lengkap yang dapat membantu mengelola  bisnis anda dalam berbagai bidang, mulai dari software akuntansi perusahaan dagang, perusahaan jasa, hingga perusahaan manufaktur.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
promo mekari jurnal desember #moveon 2023
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
promo mekari jurnal desember #moveon 2023
Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal