Jurnal Enterpreneur

Bisnis Mainan Anak yang Aman dan Edukatif

Peluang bisnis untuk Mainan anak yang edukatif dan aman tidak hanya akan membuat orang tua anak yang membeli merasa senang dan terhibur, sekaligus juga menimbulkan rasa aman. Namun mainan yang mengandung nilai pendidikan dan pembelajaran harus disesuaikan dengan usianya. Itu karena mainan edukatif akan melibatkan atau melatih indera anak, merangsang imajinasi, dan mendorong anak untuk beinteraksi dengan orang lain.

Mainan edukatif dapat merangsang daya pikir anak. Termasuk di antaranya meningkatkan kemampuan berkonsentrasi dan memecahkan masalah. Namun tidak semua mainan edukatif itu baik, bahkan sebagian tidak mempunyai nilai edukasi sama sekali.

Selain mainan tersebut edukatif yang harus diperhatikan juga adalah keamanan mainan tersebut, sebab banyak mainan yang bisa dikatakan berbahaya bagi anak-anak karena bahan yang digunakan untuk pembuatannya. Pada tahun 2012, yayasan lembaga konsumen indonesia (YLKI) Mengumumkan penemuan zat berbahaya yang terkandung dalam mainan anak yang di impor dari negara Cina.

Maka dari itu, sebagai orang tua wajib memikirkan tentang keselamatan. Terutama dari bahan mainan yang digunakan anak. Dengan semakin berkembangnya bisnis mainan anak edukatif ini, semakin banyak pula merk-merk baru yang bermunculan. Hal ini membuka lapangan pekerjaan baru bagi banyak orang. Selain karena daya beli meningkat, minat orang tua memberikan edukasi dengan cara menyenangkan juga semakin tinggi.

Berikut mainan anak yang bersifat edukatif sekaligus aman untuk dijual untuk bisnis usaha mainan anda :

1. Puzzle

Mainan ini cocok untuk membantu anak Anda berpikir secara sistematis. Cara menyelesaikan suatu puzzle akan membuat anak menggabungkan berbagai informasi yang ada dari setiap potongan puzzle, baik itu dalam bentuk maupun warnanya. Menyusun puzzle juga merangsang motorik halus pada anak.

2. Flash card

Kartu yang berisi berbagai jenis benda ini dapat membantu anak dalam mengenal benda dan meningkatkan jumlah kosa kata yang dimilikinya. Semakin banyak kosa kata yang diberikan kepada anak, kemampuan membaca dan berkomunikasi anak akan semakin berkembang dengan cepat. Selain itu, flash card juga lebih sederhana karena bisa tersedia dengan berbagai macam subjek seperti alfabet, angka, buah, dll.

3. Balok dan Lego.

Permainan lain yang juga sangat bermanfaat bagi kebutuhan perkembangan fisik dan psikologi anak adalah permainan balok dan lego. Balok dan lego yang memiliki beraneka macam bentuk bisa diperkenalkan oleh orang tua atau anggota keluarga yang lain. Permainan balok dan legu merupakan pengenalan geometri dan bentuk yang tepat kepada anak. Anak akan belajar berbagai macam bentuk.

4. Buku cerita bergambar.

Buku cerita bergambar membuat anak lebih aktif dalam bertanya sehingga ia bisa tumbuh sebagai anak yang kritis dan mampu menghasilkan bahasa yang baik setelah mencerna sebuah cerita. untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen anda harus menjaga

Untuk mendapatkan kepercayaan dari para konsumen anda harus menjaga kualitas produk mainan pada bisnis yang dibangun. Dengan menerapkan ide bisnis mainan yang edukatif dan aman, para konsumen khususnya orangtua si anak akan merasa aman dan percaya ketika membelikan mainan untuk buah hatinya di toko anda.

Artikel telah diedit dan mendapat revisi.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo