4 Strategi Pemasaran untuk Produk Anak-Anak

Dalam membidik pasar anak-anak, suatu bisnis yang menjual produk anak-anak membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Mengingat, adanya keterlibatan orang tua di dalam penjualan produk tersebut. Orang tua memiliki andil yang besar dalam menentukan kebutuhan serta pengambilan keputusan terkait kebaikan anak-anak mereka.

Keterbatasan segmen pasar yang menjual produk anak-anak ini menjadikan bisnis produk anak-anak tentunya memiliki risiko tinggi. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan kriteria atau syarat pada produk yang nantinya akan memenuhi kebutuhan anak-anak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda sebagai pelaku usaha di bidang ini bisa memerhatikan beberapa tips jitu untuk membuat sebuah produk yang akan digemari dan masuk dalam penilaian baik bagi orang tua dan anak.

Memiliki Tampilan Menarik dan Aman

Poin yang pertama ini memang lebih mengacu pada sisi sang calon konsumen yakni anak-anak itu sendiri. Tampilan lewat warna, bentuk, kemasan, hingga pernak-pernik layanan menjadi hal yang sangat penting untuk menarik minat anak-anak. Oleh karena itu, penyusunan konsep terkait beberapa hal tersebut harus benar-benar Anda pikirkan dari awal membangun bisnis.

Misalnya ketika membuat sebuah mainan, Anda harus memikirkan bentuk yang menarik sekaligus tidak berbahaya, tidak memiliki sisi yang tajam, tidak mudah tertelan, tidak mudah terbakar  terutama untuk mainan anak usia 3 tahun ke bawah. Memiliki warna yang cerah, dan karakter yang sangat akrab bagi anak-anak misalnya karakter tokoh kartun kesukaan mereka.

Memiliki Nilai Edukasi

Menyediakan produk dengan sentuhan unsur edukasi masih jarang dijumpai. Anda bisa melakukannya dengan cara yang sederhana, misalnya, Anda membuat makanan berbentuk alphabet atau huruf, maka Anda bisa mencantumkan sedikit info di kemasan, seperti A = Apple. Informasi sederhana ini akan membuat anak-anak tertarik, tidak hanya sebatas mengonsumsinya, namun ada hal lain yang bisa mereka ketahui, dan orang tua pun akan senang jika anak mereka mendapat pengetahuan tambahan.

Menggunakan Bahan yang Aman

Jika terkait masalah kualitas bahan yang digunakan untuk produk, sudah pasti anak-anak tidak memperhatikan sama sekali. Namun, bagi orang tua, ini justru hal yang utama. Strategi pemasaran yang membidik pasar anak-anak, harus sangat perhatian dengan penggunaan bahan atau material yang digunakan baik dalam produk makanan maupun mainan.

Misalnya untuk jenis makanan tidak boleh menggunakan pemanis, pewarna, maupun pengawet buatan, karena sangat berbahaya bagi anak-anak. Sedangkan untuk mainan, biasanya penggunaan cat yang mengandung merkuri dan timbal juga sudah dilarang. Jika menggunakan bahan kualitas 2 atau bahkan bahan tak layak, tentu akan mendatangkan keuntungan berlipat.

Namun, alangkah lebih baik jika kita tidak melakukan hal tersebut. Akan lebih banyak keuntungan jika kita memastikan bahwa produk kita berkualitas dan aman bagi anak. Dengan menggunakan bahan yang berkualitas baik dan aman, selain akan memperoleh kepercayaan dari konsumen di masa datang, juga menghilangkan beban moral atau rasa bersalah atas penggunaan bahan berbahaya yang tidak layak

Memiliki Izin Standar Keamanan dan Kualitas

Di Indonesia sudah ada SNI atau standar nasional Indonesia) yang bertugas untuk mengecek dan memberi sertifikasi setiap produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan. Jika ingin memperoleh target market anak-anak secara besar, maka mengurus SNI ini adalah sebuah keharusan.

Banyak orang tua yang saat ini semakin pintar dan sadar dengan informasi penting terkait beredarnya mainan berbahaya yang tidak memiliki SNI. Jika perusahaan ingin menghilangkan keraguan para orang tua dalam membelikan produk untuk anak-anak mereka, maka ada baiknya mendaftarkan produk Anda untuk mendapatkan sertifikasinya.

Memiliki sebuah produk yang baik, dengan target anak-anak dan siap bersaing, tentunya bukan hal yang tidak mungkin dilakukan jika Anda sudah memiliki perhitungan dan pengelolaan keuangan yang baik. Untuk memiliki perhitungan dan analisis keuangan usaha dan menentukan harga pokok produk dengan akurat, maka tidak ada salahnya jika menggunakan bantuan software akuntansi online.

Anda dapat menggunakan software akuntansi yang tepercaya dan akurat seperti Jurnal. Jurnal merupakan software akuntansi yang memiliki sistem terintegrasi untuk memudahkan setiap proses terkait laporan keuangan bisnis Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal di sini, dan manfaatkan tawaran menarik free trial 14 hari dari kami.


PUBLISHED19 Apr 2019
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: