Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat atau yang lebih dikenal dengan sebutan RA. Kartini adalah seorang pahlawan nasional dari kaum perempuan yang menggelorakan emansipasi wanita. Meskipun telah tiada,  semangat RA Kartini tidak pernah padam dan selalu menjadi inspirasi bagi para wanita masa kini. Sikap hidup RA Kartini tidak hanya memperbaiki derajat para wanita, tetapi lebih jauh lagi jasa beliau sangat berpengaruh dalam setiap aspek kehidupan manusia. RA Kartini telah memberikan banyak teladan dalam hal menjadi orang yang tangguh tetapi tetap memiliki sikap yang rendah hati. Oleh karena itu, wajar jika namanya selalu dimasukkan dalam kurikulum pendidikan di tingkat sekolah hingga bangku perkuliahan.

RA Kartini mampu memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap wanita di Indonesia. Kini, banyak wanita Indonesia yang sukses meraih mimpi dan cita-citanya. Bahkan, kesuksesannya itu bisa memberikan dampak positif kepada wanita-wanita yang lainnya. Kesuksesan Kartini masa kini ternyata tidak hanya dilihat dari tercapainya apa yang diinginkan saja, tetapi juga mampu mengolah finansialnya dengan baik. Sikap-sikap yang dimiliki oleh RA Kartini patut untuk dicontoh dan diteladani. Para pebisnis juga dapat belajar bisnis dari meneladani sikap beliau. Dengan begitu, para pebisnis akan lebih mudah dalam meraih kesuksesan.

Meneladani Sikap RA Kartini untuk Belajar Bisnis

Belajar Bisnis dari Meneladani Sikap Kartini Dalam Meraih Sukses Di era globalisasi seperti sekarang, setiap orang dituntut untuk lebih kreatif agar dapat bersaing dengan yang lain. Hal itulah yang membuat para wanita di Indonesia harus memutar otak untuk menciptakan ide bisnis yang dapat diandalkan. Tindakan nyata dari seorang RA Kartini sangat patut dicontoh oleh para wanita yang ingin menjadi seorang pebisnis. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk belajar bisnis dari meneladani sikap RA Kartini. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. RA Kartini merupakan sosok merakyat

Meskipun terlahir sebagai seorang bangsawan, tetapi darah nasionalis tetap mengalir di dalam dirinya. Oleh karena itu, beliau tidak lupa bahwa jati dirinya adalah seorang WNI sehingga sikapnya terhadap masyarakat di sekitar sangat baik. Sosok tersebut yang membuat beliau semakin dihormati dan disegani di berbagai kalangan. Sikap yang merakyat sangat penting dimiliki oleh para pebisnis. Dengan memiliki sikap rendah hati, seorang pebisnis tidak mudah sombong dan terlena saat mencapai kesuksesan.

2. RA Kartini merupakan sosok yang pengasih

Tidak hanya merakyat, tetapi beliau juga terkenal dengan sifatnya yang sangat pengasih. Untuk mencapai sukses dalam berbisnis, sebaiknya para pebisnis memiliki rasa kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. Sebagai pebisnis, Anda dapat menyalurkan kasih sayang dengan mengunjungi panti asuhan dan panti jompo.

3. Menjunjung tinggi tata krama dan menghormati orang tua

RA Kartini sangat menjunjung tinggi tata krama dalam hubungan keluarga. Karena mematuhi orang tua adalah hal yang esensial. Meskipun nantinya Anda lebih sukses dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda tetap wajib untuk menghormati orang tua. Disadari atau tidak, kunci yang akan membawa keberhasilan bisnis Anda terletak pada doa kedua orang tua.

4. Selalu sederhana dan rajin

Sebagai seorang bangsawan, RA Kartini tidak pernah menampilkan gaya hidup yang mewah. Sebaliknya, beliau selalu berusaha untuk tetap sederhana dan mengalokasikan kekayaannya untuk pendidikan. Selain itu, beliau merupakan orang yang sangat rajin dalam segala hal sehingga berhasil dalam membuat banyak keajaiban untuk bangsa Indonesia. Sikap ini dapat Anda terapkan saat menjalankan sebuah bisnis. Ketika Anda semakin sukses, justru yang harus dilakukan adalah menampilkan hidup yang semakin sederhana. Dengan begitu, Anda tidak akan kaget ketika terjadi penurunan keuntungan terhadap usaha yang memaksa Anda untuk berganti ke gaya hidup yang lebih buruk.

5. Selalu bersikap optimis dan melihat ke depan

RA Kartini hidup di masa penjajahan kolonial Belanda. Banyak sekali hambatan yang beliau hadapi untuk mewujudkan mimpinya menjunjung harkat dan martabat para wanita. Meskipun demikian, beliau pantang menyerah dan tetap optimis terhadap mimpi yang dicita-citakan. Beliau juga tidak pernah melihat ke belakang, tetapi mantap melihat ke depan. Sebagai seorang pebisnis, sebaiknya Anda mencontoh sikap yang dimiliki oleh RA Kartini. Berusahalah untuk selalu optimis dan yakin bahwa bisnis yang sedang Anda jalankan akan segera sukses.

6. Memiliki keseimbangan antara ilmu pengetahuan dan akhlak

Tidak hanya pintar secara IQ, tetapi Kartini memiliki kualitas EQ yang tinggi pula. RA Kartini selalu taat dalam beribadah. Hal ini juga patut dimiliki oleh para pebisnis. Semakin besar usaha yang ingin Anda kerjakan, maka semakin kuat juga doa yang harus dipanjatkan.

Kisah Inspiratif Kartini Muda Indonesia

Belajar Bisnis dari Meneladani Sikap Kartini Dalam Meraih SuksesAda banyak kisah inspiratif dari kartini muda Indonesia yang sukses menjalankan sebuah bisnis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Merry Riana

Kegigihan Merry Riana untuk bertahan, berjuang, dan berani menghadapi rintangan telah menginspirasi kebanyakan orang. Merry Riana kini berhasil dikenal sebagai seorang motivator, miliarder usia muda, dan pemilik Merry Riana Learning Center. Menurut Merry Riana, untuk membangun sebuah bisnis hal pertama yang dibutuhkan adalah keberanian untuk mengerjakan sesuatu.

2. Tissa Aunilla

Merintis sebuah bisnis di dunia kuliner membawa kesuksesan bagi Tissa Aunilla sebagai Co-Founder dari Pipiltin Cocoa. Menekuni bidang yang dia jalani dengan mendalam menjadi salah satu kunci sukses yang berhasil diraihnya saat ini. Tidak hanya itu, Tissa menjalani bisnisnya dengan beberapa trik sukses seperti passion, konsistensi, riset mendalam, dan tidak hanya bermain dalam zona aman.

3. Ria Sarwono

Adalah seorang Marketing Director dari label busana lokal, Cotton ink yang sudah berkiprah di dunia mode Indonesia selama 7 tahun. Bersama sahabatnya, Carline Darjanto, Ria mengembangkan produk dan inovasi secara konsistensi. Tips sukses dari Ria adalah merencanakan pekerjaan dan kerjakan rencana tersebut secara konsisten.

Kunci Sukses Menjadi Kartini Masa KiniBelajar Bisnis dari Meneladani Sikap Kartini Dalam Meraih Sukses

  1. Mempunyai perencanaan keuangan yang baik. Perencanaan keuangan yang baik bertujuan agar pengeluaran keuangan dapat terkontrol dan bisa meminimalisir rasa khawatir yang muncul terhadap keuangan yang terbuang sia-sia.
  2. Rutin membuat daftar anggaran.
  3. Bijak dalam menggunakan kartu kredit.
  4. Mengutamakan belanja untuk kebutuhan pokok daripada keinginan.
  5. Memiliki asuransi, investasi, dan tabungan.

Itulah beberapa sifat yang dapat diteladani oleh para pebisnis wanita dan dijadikan inspirasi untuk menjalankan bisnis agar lebih maju lagi. Tidak hanya sifat Kartini yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk belajar bisnis, para pebisnis juga perlu memanfaatkan teknologi modern untuk menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu teknologi tersebut adalah dengan menggunakan layanan akuntansi online.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang sangat cocok untuk para UKM di Indonesia. Jurnal dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih dan mudah digunakan kapan dan dimana saja. Dengan Jurnal, Anda tidak perlu mengunduh atau menginstall aplikasi di komputer. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran, kemudian login, dan Anda dapat mulai mengerjakan pembukuan dengan mudah. Dengan begitu, Anda akan lebih menghemat waktu dalam mengerjakan administrasi dan operasional bisnis. Coba Jurnal sekarang, dan dapatkan free trial selama 14 hari.