Perkembangan bisnis terus meningkat, hal ini membuat Anda harus bekerja lebih keras untuk terus bertahan dan bersaing. Teknologi menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing dan terus berkembang. Tanpa adanya pemanfaatan teknologi, bisnis akan sulit berkembang dan tidak dapat mengikuti tren yang ada.

Untuk membantu UKM Indonesia untuk terus berkembang dan maju di industri bisnis, Mekari menghadirkan konferensi bisnis dan teknologi terbesar di Indonesia, yaitu Mekari Conference. Mengangkat tema Powering Indonesian SMEs with Technology, acara ini telah sukses diselenggarakan pada 25 April 2019 di Main Hall, The Kasablanka Jakarta.

Latar Belakang Mekari Conference 2019

perkembangan umkm

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, UMKM di Indonesia yang sudah memanfaatkan teknologi digital baru menyentuh angka 6,5 juta usaha dari total 59,2 juta. Pemanfaatan teknologi pada bisnis dapat diimplementasikan di berbagai area mulai dari pemasaran digital, optimasi proses bisnis, pengembangan produk, dan pengelolaan SDM. Padahal, menurut Badan Pusat Statistik Tahun 2017, UMKM Indonesia memiliki kontribusi besar terhadap ekonomi Indonesia, yaitu mencapai 64% atau sekitar Rp 850 triliun setiap tahunnya pada Produk Domestik Bruto. Bukan hanya itu, berdasarkan temuan dari konsultan manajemen perusahaan global, Deloitte dan McKinsey, teknologi dapat membantu UMKM berkembang hingga 2 kali lebih cepat.

Hadir untuk Mengembangkan UKM Indonesia Melalui Pemanfaatan Teknologi

mekari conference hadir untuk bantu UMKM

Konferensi bisnis dan teknologi Mekari Conference hadir bukan hanya sebagai ajang networking bagi praktisi bisnis, hr, maupun keuangan. Lebih dari itu, Mekari Conference hadir untuk memberikan inspirasi, edukasi, serta strategi bisnis.

“Kami ingin mencoba memberikan inspirasi, edukasi, dan berharap Anda bukan saja bisa mengambil langkah pertamanya setelah event ini, tapi bisa mengambil langkah pertamanya di event ini.”, Suwandi Soh, CEO Mekari.

Bukan hanya itu, Jasmin, Senior Executive Vice President Consumer and Transaction PT Bank Mandiri (Persero) Tbk juga mengatakan bahwa “Salah satu yang kita hadapi saat ini adalah dunia bisnis yang semakin tidak menentu, cepat berubah dan tidak pasti.”

Karena itulah pemanfaatan teknologi menjadi salah satu cara menghadapi dunia bisnis yang cepat berubah dan tidak memiliki kepastian. Dengan teknologi, UKM akan lebih siap menghadapi tantangan bisnis ke depannya.  Suwandi Soh juga menambahkan bahwa setiap bisnis UKM memiliki peluang dan kesempatan yang sama untuk tumbuh. Namun, di era digital saat ini maupun masa depan, literasi dan tingkat adopsi teknologi yang akan menjadi penentu seberapa jauh bisnis dapat melangkah.

Dihadiri Lebih dari 2000 UKM Indonesia & Mengundang Lebih dari 30 Pembicara

pembicara profesional mekari conference

Mekari Conference dihadiri oleh lebih dari 2000 peserta dari berbagai latar belakang. Mayoritas peserta dari Mekari Conference adalah pemilik usaha (business owners), executives, HR & Finance Experts. Melihat antusiasme yang luar biasa dari peserta Mekari Conference, terlihat bahwa banyak pebisnis di Indonesia yang ingin kembangkan bisnisnya melalui pemanfaatan teknologi dan bertransformasi secara digital.

Mekari Conference juga telah berhasil mengundang lebih dari 30 pembicara yang berpengalaman di bidangnya, mulai dari CEO, Founders, HR dan Finance experts hingga sektor pemerintahan. Beberapa perusahaan yang ikut hadir menjadi pembicara di Mekari Conference antara lain Blue Bird Group, Tiket.com, HIJUP, LinkedIn, Kopi Kenangan, SweetEscape, dan masih banyak lagi.

Terbagi Atas 3 Stage Terbaik dalam 1 Hari

stage mekari conference

Acara yang disponsori oleh Bank Mandiri dan didukung oleh PT XL Axiata serta Grab Business mengundang Noni Purnomo dari Blue Bird Grup, Jasmin dari PT Mandiri (Persero) Tbk, serta Suwandi Soh dari Mekari untuk mengisi sesi keynote di Main Stage.

Kemudian, di siang hari Mekari Conference membagi beberapa fokus ke dalam tiga stage yaitu, Growth & Innovation Stage, People Stage, dan Finance Stage. Di mana, masing-masing stage memiliki fokus materi yang berbeda-beda, namun dengan tujuan yang sama, yaitu membantu UKM Indonesia untuk terus berkembang melalui pemanfaatan teknologi.

Mekari Conference Menjadi Ajang Networking Bisnis

networking di mekari conference

Hari Sungkari, Deputi Infrastruktur BEKRAF mengatakan bahwa event seperti Mekari Conference harus mass dan massive.

“Event seperti ini harus mass dan massive, di mana yang datang ke sini bisa belajar dan bernetworking, berkolaborasi dan bertemu dengan teman-teman kolaborator lainnya”.

Jadi selain memberikan inspirasi, edukasi, dan inovasi, Mekari Conference hadir juga untuk membantu pelaku UKM melakukan networking dengan pelaku bisnis lainnya. Bukan hanya itu, Mekari Conference juga mendatangi beberapa bisnis yang siap memberikan solusi bisnis bagi para pengusaha Indonesia.

Video Keseruan Mekari Conference