Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki sebuah bisnis dan nekat keluar dari zona nyamannya untuk berjuang memulai bisnis. Namun, banyak juga yang tidak bisa meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang karyawan di perusahaan. Beberapa dari mereka akan tetap menjalankan pekerjaannya dan mulai merintis bisnis sendiri. Hal ini tentu tidaklah mudah, akan ada banyak tantangan yang dihadapi. Berikut adalah tips yang harus dilakukan jika Anda ingin memulai bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

 

Miliki Komitmen Tinggi

Memiliki bisnis tanpa harus meninggalkan pekerjaan di kantor tidaklah mudah. Dibutuhkan keinginan dan tekad yang kuat untuk menjalankan keduanya secara bersamaan. Agar tidak ada satupun yang terbengkalai, komitmen adalah hal wajib yang harus dimiliki. Dengan komitmen yang tinggi, seberapa besar tantangan yang Anda hadapi akan lebih mudah untuk dijalankan, karena sebesar apapun tantangannya pasti akan ada solusi untuk meraih kesuksesan.

 

Buat Visi Pribadi

Setelah memiliki komitmen yang tinggi, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat visi dalam bisnis sampingan. Tulis secara detail dan lengkap visi bisnis Anda, mulai dari perjalanan bisnis, produk yang dijual, hingga pelanggan yang pernah membeli produk Anda. Catat juga penghasilan bulanan yang Anda dapatkan dari bisnis tersebut. Setelah itu, cobalah resapi visi yang telah Anda buat. Dengan begitu Anda bisa lebih fokus mengembangkan bisnis dan terhindar dari pikiran negatif.

 

Belajar dengan Ahli

Jika ingin sukses bekerja sambil memulai bisnis, hal lain yang harus Anda lakukan adalah belajar dengan orang yang sudah memiliki pengalaman berbisnis. Kemudian cobalah dalami ide kreatif, saran, dan tantangan yang mereka lalui dalam bisnis. Dengan begitu, Anda akan semakin termotivasi untuk mencapai tujuan dan impian. Jika Anda tidak memiliki teman yang telah berpengalaman dalam bisnis, Anda bisa mulai dengan mencari tahu kehidupan pengusaha sukses lewat Internet atau dengan mengikuti seminar bisnis.

 

Kelola Stres dengan Baik

Bekerja sambil berbisnis pasti dapat menyita tenaga, pikiran, dan waktu yang lebih banyak. Hal ini tentu dapat membuat Anda menjadi lebih mudah stres. Untuk mengurangi risiko stres berlebih, jangan pernah biarkan diri Anda tenggelam dari kesibukan dan berikan waktu untuk tubuh beristirahat dengan cukup. Cobalah manfaatkan waktu senggang untuk bersantai dan bersenang-senang sejenak, atau sekedar menikmati waktu sendiri. Dengan begitu, risiko stres dalam diri akan sedikit berkurang.

 

Jadi Lebih Efisien

Menjalankan rutinitas di kantor sebagai karyawan sekaligus menjadi seorang pengusaha, berarti Anda harus memiliki manajemen waktu yang baik. Cobalah buat daftar pekerjaan yang menjadi prioritas Anda dalam satu hari. Di mana, daftar ini akan membantu memisahkan antara tanggung jawab Anda di kantor dan fokus Anda dalam menjalankan bisnis.

 

Pisahkan Pekerjaan & Bisnis

Untuk menjaga keduanya tetap seimbang, Anda harus berani mengomunikasikan  kepada pelanggan atau klien tentang keterbatasan Anda. Di mana, ada saatnya Anda bisa dihubungi dan ada saatnya Anda akan merespon dengan waktu yang sedikit lama. Anda juga bisa memberitahukan kepada mereka bahwa Anda tetap bisa melakukan pelayanan di hari libur atau di luar jam kerja. Hal inilah yang bisa menjadi kelebihan Anda dibanding pengusaha lainnya.

 

Kelola Keuangan

Selain beberapa hal di atas, Anda juga harus mulai memisahkan keuangan yang dihasilkan dari pekerjaan dan pendapatan yang dihasilkan dari bisnis. Anda bisa menambahkan modal bisnis dari gaji yang Anda terima, tapi jangan pernah mengambil pendapatan bisnis Anda untuk pengeluaran pribadi Anda. Hal ini dapat membuat arus kas bisnis Anda menjadi berantakan dan bisa menghambat perkembangan bisnis.

Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda bisa mulai membuat pembukuan dengan mencatat modal, pendapatan, dan pengeluaran yang terjadi dalam bisnis. Jika Anda ingin mengetahui angka pasti yang Anda dapatkan, serta memiliki laporan keuangan bisnis yang akurat, Anda dapat mulai menggunakan software akuntansi online Jurnal. Dengan Jurnal, Anda dapat mencatat pembukuan bisnis dengan lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Jurnal juga akan membantu Anda menyediakan laporan keuangan secara instan dengan data yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Pelajari Jurnal dan berbagai fiturnya lebih jauh di sini.

Author