Saat memulai bisnis, banyak pelaku bisnis yang seringkali melupakan poin positioning bisnisnya. Positioning adalah tindakan perusahaan untuk merancang produk dan bauran pemasaran agar dapat tercipta kesan tertentu diingatan konsumen. Sehingga, konsumen memahami dan menghargai apa yang dilakukan perusahaan dalam kaitannya dengan para pesaingnya.

 

Menurut Al Ries dan Jack Trout, positioning bukanlah apa yang Anda lakukan terhadap produk, tapi apa yang Anda lakukan terhadap benak konsumen, yaitu memposisikan produk dalam benak konsumen. Positioning produk yang baik adalah jika produk tersebut lebih unggul daripada produk lain yang sejenis. Sebuah bisnis dapat menentukan posisinya melalui persepsi pelanggan atas produk yang ditawarkan dan produk pesaing yang akan menghasilkan peta persepsi. Melalui informasi dari peta persepsi ini, maka berbagai strategi penentuan positioning produk dapat dilakukan berdasarkan.

 

Atribut produk

Contohnya, saat ini telah banyak ditemukan produk minuman teh dalam kemasan, namun diposisikan sebagai minuman ringan seperti minuman soda. Sehingga minuman teh dalam kemasan (gelas, botol, atau karton) bukanlah minuman yang diminum pada sore hari, namun pada saat melakukan perjalanan.

 

Manfaat Produk

Produk dikaitkan dengan kegunaan tertentu, meskipun pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Contoh, produk obat sakit maag X mengklaim bahwa obatnya dapat menyembuhkan maag dengan lebih cepat dan aman. Sedangkan produk Y juga mengklaim hal serupa, namun dengan penambahan manfaat tertentu. Padahal terdapat kesamaan kandungan obat yang mereka gunakan.

 

Harga dengan Kualitas Terbaik

Strategi positioning melalui harga tidak selalu identik dengan harga yang lebih murah saja, tapi juga dengan memberi harga yang pantas sesuai dengan kualitas barang yang dihasilkan. Memposisikan produk dengan harga yang lebih terjangkau daripada produk sejenis milik kompetitor ditambah dengan kualitas yang lebih baik akan membuat positioning produk akan lebih kuat tertancap di hati para konsumen.

 

Menurut Pemakai

Strategi ini biasanya membutuhkan pencitraan dari brand ambassador atau model yang ditunjuk untuk mewakili iklan perusahaan. Contohnya produk minuman berenergi yang memposisikan diri bahwa produknya dikonsumsi oleh atlet dan tokoh terkenal. Produk lain yang biasanya menggunakan strategi ini adalah produk kecantikan, obat tradisional, atau makanan. Setiap tokoh atau public figure yang dipilih biasanya akan membawa citra tersendiri untuk produk yang dipasarkan.

 

Menurut Pesaing

Strategi ini menggunakan pesaing bisnisnya untuk memposisikan diri sebagai yang lebih baik daripada pesaing utamanya. Contohnya iklan obat herbal yang memposisikan dirinya hanya dikonsumsi oleh orang yang pintar. Kemudian, muncul pesaing yang mengklaim jika orang bejo (beruntung) akan mengonsumsi herbal tersebut. Konsumen tinggal pilih, mau menjadi pintar atau bejo?

 

Kategori Produk

Produk diposisikan sebagai leader dalam suatu kategori produk. Biasanya bisnis yang menggunakan strategi ini hanya mengkhususkan pada satu produk walaupun memiliki beberapa varian atau tipe produk. Contohnya sebuah kebun binatang yang mengklaim sebagai tempat edukasi selain wisata. Kebun binatang tersebut mencoba menjadi pembeda dari tempat wisata serupa dan memberi strategi positioning yang akan membuat konsumen akan selalu ingat, kalau mau belajar sambil berekreasi, maka kebun binatang tersebut adalah tempat rujukan yang tepat.  

 

Positioning produk begitu penting karena merupakan titik awal untuk menentukan strategi pengembangan merek. Setelah menentukan positioning produk, tahap selanjutnya adalah menentukan diferensiasi untuk menciptakan kredibilitas. Dengan kredibilitas ini akan semakin memperkuat merek yang dimiliki.

 

Sebuah proses positioning produk yang dilakukan oleh sebuah bisnis tentunya membutuhkan perencanaan anggaran keuangan untuk mendukungnya. Dalam hal ini, Anda akan membutuhkan sistem akuntansi pengelola keuangan yang bisa Anda andalkan untuk membuat perencanaan keuangan yang baik. Jurnal software akuntansi online dengan fitur produk pembiayaannya akan membantu Anda untuk memiliki perhitungan keuangan secara cermat dan tepat, sesuai kebutuhan bisnis yang Anda miliki. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal di sini.

Author