5 Kriteria Diferensiasi Produk yang Harus Anda Ketahui

Diferensiasi produk adalah upaya dari suatu perusahaan untuk membedakan produk yang dimilikinya dari produk-produk pesaing dengan membuat produk tersebut bersifat spesial. Menurut Kotler (2003), diferensiasi didefinisikan sebagai tindakan untuk menetapkan sekumpulan perbedaan-perbedaan yang mempunyai nilai guna untuk membedakan penawaran perusahaan dari pesaingnya.

Dalam hal ini, diferensiasi produk bisa disimpulkan sebagai keperluan bagi perusahaan untuk  menetapkan perbedaan dengan produk pesaing dan perbedaan tersebut harus memiliki nilai penting bagi masyarakat.

Sering terjadi bahwa perusahaan merasa sudah membuat diferensiasi. Namun kenyataannya, diferensiasi tersebut tidak banyak berarti. Untuk menghindari hal itu, maka perusahaan perlu mengetahui beberapa kriteria suatu diferensiasi yang baik, antara lain:

Tidak Mudah Ditiru Pesaing

 

Diferensiasi yang dilakukan hendaknya unik dan sulit ditiru oleh pesaing. Keunikan akan membuat suatu produk yang dihasilkan akan selalu diingat dan memiliki tempat di hati konsumennya. Kalaupun suatu saat produk itu dapat ditiru, maka perusahaaan harus bekerja keras untuk menghasilkan perbedaan agar tidak serupa dengan produk yang sama di pasaran.

Sesuai Kepentingan Konsumen

 

Diferensiasi yang dilakukan hendaknya menampilkan atribut-atribut yang dirasa penting oleh pelanggan. Jika perusahaan mobil menonjolkan perbedaannya hanya pada tempat duduk saja, tentu hal itu bukan merupakan diferensiasi yang penting. Atribut yang penting pada sebuah mobil misalnya terletak pada aspek seperti kinerja mesin, desain, kemudahan perbaikan, kemudahan memperoleh suku cadang, dan lain sebagainya.

Memiliki Keunggulan

Hendaknya diferensiasi yang dilakukan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan perusahaan pesaing. Unik saja tapi tidak memiliki nilai lebih dari pesaing, cenderung hanya membuat produk tersebut berkesan mahal tanpa memiliki manfaat dan sama dengan produk lainnya. Konsumen pasti akan menghindarinya. Jadikan diferensiasi yang kita lakukan berkualitas dan penuh manfaat, sehingga konsumen merasa membeli barang dengan harga pantas tanpa harus berpikir dua kali.

Terjangkau

 

Harap diketahui bahwa dalam melakukan diferensiasi setiap perusahaan akan mengeluarkan  biaya yang tidak sedikit. Jangan sampai dengan adanya diferensiasi tersebut justru membuat harga produk yang Anda tawarkan melambung terlalu tinggi, sehingga konsumen merasa kurang realistis untuk membelinya karena tidak merasa sepadan dibanding manfaat yang ditawarkan dari produk serupa. Misalnya, jika sebuah perusahaan elektronik menggabungkan fungsi sebuah televisi layar datar dengan sebuah komputer. Andaikan membeli secara terpisah, harga televisi tersebut Rp4 juta dan harga komputer Rp5 juta. Kemudian perusahaan menetapkan harga televisi baru (yang sudah digabung dengan komputer) sebesar Rp14 juta. Tentu saja hal ini sulit diterima oleh konsumen. karena biasanya konsumen sudah mempunyai taksiran harga yang layak untuk suatu produk.

Menguntungkan Perusahaan

 

Memperoleh keuntungan adalah sebuah prinsip bisnis secara umum. Meskipun diferensiasi membutuhkan biaya besar, namun harus tetap menguntungkan bagi perusahaan. Diskusikan berapa biaya yang akan dibutuhkan untuk sebuah diferensiasi produk dan berapa harga jual yang pantas untuk mendapatkan keuntungan dengan bagian manajemen keuangan perusahaan.

Untuk mengetahui apakah bisnis Anda mengalamai kerugian atau keuntungan, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi online Jurnal. Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat dengan mudah mengetahui untung rugi bisnis, hingga mengetahui berapa jumlah produk yang laku dijual. Jurnal juga dapat menyediakan laporan keuangan secara instan yang dapat Anda jadikan sebagai estimasi secara cepat dan akurat untuk mengetahui  kemampuan perusahaaan dalam hal keuangan termasuk pengadaan biaya diferensiasi melalui fitur penghitungan biaya.

Dengan Jurnal, Anda tidak perlu takut untuk melangkah lebih maju dengan bisnis Anda, karena Jurnal memiliki hampir semua kebutuhan akuntansi perusahaan secara online dan realtime. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

 

PUBLISHED07 Nov 2017
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: