Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Apa Keuntungan Sistem POS untuk Bisnis Waralaba / Franchise?

Tayang 21 May 2023
Diperbarui 10 Oktober 2023

Sama halnya seperti model bisnis sendiri atau non waralaba, untuk model bisnis waralaba atau franchise juga membutuhkan sistem operasional yang matang sekaligus terpadu seperti yang tersedia dalam sistem POS.

Kemampuan mengatur keuangan, mengelola inventaris, hingga menyediakan laporan secara realtime adalah beberapa fitur utama sistem POS yang dibutuhkan dalam berbagai model bisnis termasuk bisnis waralaba.

Para pemilik bisnis atau franchisor dapat mengontrol dan melakukan monitoring di tiap gerai yang dimiliki melalui satu sistem.

Anda juga memiliki bisnis waralaba atau seorang pengelola bisnis waralaba?

Simak keuntungan sistem POS untuk bisnis waralaba berikut ini:

Sistem POS untuk Bisnis Waralaba / Franchise Realtime dan Aman

Sistem POS yang menggunakan basis cloud untuk menyimpan data memungkinkan bagi para pemilik bisnis waralaba untuk memiliki cadangan data terkait penjualan secara aman dan terhindar dari risiko kehilangan.

Selain itu, dengan menggunakan sistem POS yang terhubung secara online, membuat Anda memiliki kemungkinan untuk dapat melakukan pengecekan hasil penjualan ataupun keuangan bisnis secara realtime dari mana saja dan kapan saja.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Mekari Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Satu Sistem POS untuk Semua Cabang Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba mengandalkan replikasi sebagai model bisnisnya dan sistem POS memudahkan hal tersebut.

Tanpa harus memiliki server khusus atau perangkat mahal, pemilik waralaba dapat langsung menduplikasi bisnisnya untuk para pengguna atau pengelola waralaba dibawahnya.

Produk yang dijual, daftar barang inventaris, harga jual produk, sehingga biaya produksi dapat di duplikat ke tiap franchise yang Anda miliki.

Hal ini dapat dilakukan karena mode penyimpanan sistem POS modern sudah berbasis penyimpanan awan (cloud-based).

Sehingga satu brand atau merek dapat diakses dan diatur melalui satu pintu secara sekaligus.

Baca juga: Strategi Jitu Meningkatkan Pemasaran Bisnis Waralaba

Franchisees Performance Monitoring

Para pemilik bisnis waralaba harus jeli dalam melihat laporan bisnis dari tiap pengelola waralaba karena laporan bisnis merupakan faktor esensial untuk memantau performa tiap waralaba.

Pengelolaan data menjadi laporanpun harus distandarkan dan tentunya membutuhkan staf khusus.

Tapi bagaimana jika tidak semua cabang benar-benar menghitung dan mendata bahan laporan secara teliti?

Atau bagaimana jika laporan hanya tersedia satu bulan sekali?

Maka dari itu sistem POS amat dibutuhkan terutama dalam bisnis waralaba. Fitur “report” pada sistem POS untuk waralaba dikelola langsung oleh sistem secara aktual, efektif, dan lebih efisien.

Laporan yang Ada dapatkan pun bersifat realtime dan lengkap, mulai dari laporan penjualan hingga laporan inventaris. Sehingga para franchisee bahkan tidak perlu repot menghimpun dan merangkum data.

Dengan begitu, evaluasi performa bisnis tiap franchise bisa dilakukan lebih efektif dan tiap masalah dapat terdeteksi lebih dini.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi terbaik online, memahami kebutuhan bagi setiap pemilik bisnis waralaba untuk memiliki kemudahan dalam manajemen sistem pembayaran penjualan dan pengelolaan keuangan secara terpadu. Pelajari juga bagi Anda pemilik online shop bagaimana aplikasi pembukuan online shop dapat membantu pekerjaan Anda.

Melalui fitur integrasi Mekari Jurnal dengan beberapa sistem program POS, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak hanya akan diuntungkan dengan memiliki sistem poin penjualan tetapi juga pengelolaan keuangan, penghitungan pajak, integrasi keuangan secara mudah terhadap Bank melalui fitur cash link, program inventory dan masih banyak lagi.

Dapatkan informasi selengkapnya mengenai aplikasi inventory Mekari Jurnal, di sini.

Optimasi Pelaporan dengan Sistem POS Khusus Untuk Waralaba Lebih Muda

Aplikasi Sistem Poin Penjualan (POS) tak hanya berfokus pada pengembangan pelayanan pelanggan, melainkan juga mempermudah proses pembuatan laporan yang berkualitas.

Ini memiliki peran krusial dalam operasi bisnis franchise. Laporan penjualan yang akurat dan terperinci sangatlah vital, terutama dalam jenis bisnis seperti ini.

Dalam hal ini, ada banyak aplikasi yang hadir sebagai solusi terintegrasi untuk manajemen restoran dan franchise.

Fitur laporan komprehensif yang dimilikinya menjadi aset berharga dalam menyusun laporan yang informatif dan terstruktur.

Laporan-laporan ini bukan hanya sekadar angka-angka, melainkan panduan yang kuat dalam pengambilan keputusan strategis.

Dari analisis ini, pengusaha dapat merencanakan pengembangan bisnis yang lebih baik, merespons tren pasar, dan mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan yang berkelanjutan.

Jadi, selain memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, sistem POS terbaik juga menjadi alat penting dalam membantu manajemen dalam membuat keputusan yang lebih cerdas dan mengarah pada kesuksesan jangka panjang.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi untuk Bisnis Franchise

Optimasi Pelayanan Pelanggan Melalui Sistem POS

Dalam bisnis franchise, khususnya di sektor f&b, antusiasme pelanggan yang tinggi seringkali berdampak pada lonjakan kunjungan.

Namun, tantangan muncul saat proses pelayanan menjadi lambat dan tidak efisien, terutama jika hanya mengandalkan satu mesin kasir.

Hasilnya, kualitas pelayanan pun terganggu, meninggalkan kesan negatif pada pelanggan.

Dalam konteks ini, Sistem Poin Penjualan (POS) menjadi pilihan penting. Solusi ini mampu mengatasi permasalahan tersebut dengan efektif.

Misalnya, dengan fitur multi-station, di mana pesanan langsung dikirim ke dapur yang berbeda, memangkas waktu antrean dan mempercepat pelayanan.

Selain itu, manfaatkan fitur keanggotaan pelanggan untuk meningkatkan interaksi.

Tawarkan insentif atau promosi eksklusif melalui sistem ini, menciptakan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.

Fitur manajemen meja juga mempercepat layanan. Dengan kemampuan melihat meja yang kosong dan terisi, Anda dapat mengatur pengalokasian pelanggan dengan lebih efisien.

Namun, puncak performa POS adalah dalam peningkatan penjualan dan efisiensi transaksi.

Dengan mengelola lokasi, rantai pasokan, dan pengadaan barang secara terintegrasi, serta menyediakan sistem diskon dan promosi yang mudah diakses, Anda dapat menggerakkan laju bisnis dengan lebih efektif.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, kecepatan dan kualitas pelayanan adalah kunci.

Dengan mengimplementasikan sistem POS yang canggih dan terintegrasi, Anda tidak hanya mampu mempercepat proses layanan, tetapi juga meningkatkan loyalitas pelanggan dan mengoptimalkan potensi penjualan.

Sistem POS Memudahkan Pengelola Franchise

Apa Keuntungan Sistem POS untuk Bisnis Waralaba / Franchise?

Biasanya, para franchisees atau pengelola waralaba merupakan pengusaha baru yang sedang menjajal dunia bisnis.

Maka, untuk meminimalkan potensi kegagalan, para franchisees ini membutuhkan sistem yang memudahkan kinerja mereka.

Salah satu cara yang paling efektif dan paling pas digunakan untuk bisnis franchise adalah sistem POS.

Mulai dari pengelolaan inventaris, manajemen loyalitas pelanggan, pengaturan shift kerja para staf, sampai laporan penjualan yang up-to-date akan diatur langsung oleh sistem.

Sistem POS modern cenderung memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para staf tanpa butuh pelatihan khusus yang memakan waktu.

Desain perangkat yang modern dengan harga terjangkau juga mereduksi biaya pembukaan franchise, sehingga para investor atau calon franchisees akan lebih tertarik.

Ditambah, penggunaan sistem POS untuk bisnis waralaba ini hanya membutuhkan jaringan internet yang dapat mereduksi biaya yang dibutuhkan calon franchisees lebih banyak lagi.

Kemudahan Pengoperasian Sistem POS untuk Bisnis Franchise

Salah satu manfaat krusial dari sistem Poin Penjualan (POS) untuk bisnis franchise adalah kemudahan pengoperasiannya.

Keunggulan ini memungkinkan pengusaha untuk dengan cepat mengadopsi dan memaksimalkan penggunaan POS dalam operasi sehari-hari.

Sistem POS, seperti yang ditawarkan oleh banyak vendor di pasaran, dirancang dengan antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) yang intuitif.

Ini berarti pemilik bisnis dan stafnya dengan mudah dapat memahami cara mengoperasikan sistem ini, bahkan tanpa pengalaman teknis yang mendalam.

Selain itu, keunggulan lain dari sistem POS adalah fleksibilitasnya. Dalam lingkup bisnis franchise yang bisa bervariasi, sistem POS dapat diadaptasi untuk berbagai jenis bisnis, termasuk franchise, tanpa kesulitan.

Sistem POS modern, seperti yang ditemukan dalam banyak vendor di pasaran, juga membawa manfaat penggunaan satu sistem terpusat.

Dengan ini, semua aspek bisnis, mulai dari manajemen meja hingga analisis performa restoran, dapat dengan efisien dikelola melalui satu platform.

Dalam pandangan yang lebih luas, kemudahan pengoperasian sistem POS ini memberikan dampak yang signifikan pada efisiensi operasional, kualitas layanan pelanggan, dan kemampuan untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang akurat.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal