Sama halnya seperti model bisnis sendiri atau non waralaba, model bisnis waralaba juga membutuhkan sistem operasional yang matang sekaligus terpadu seperti yang tersedia dalam sistem POS. Kemampuan mengatur keuangan, mengelola inventaris, hingga menyediakan laporan secara realtime adalah beberapa fitur utama sistem POS yang dibutuhkan dalam berbagai model bisnis termasuk bisnis waralaba. Para pemilik bisnis atau franchisor dapat mengontrol dan melakukan monitoring di tiap gerai yang dimiliki melalui satu sistem. Anda juga memiliki bisnis waralaba atau seorang pengelola bisnis waralaba? Simak keuntungan sistem POS untuk bisnis waralaba berikut ini:

Realtime dan Aman

Sistem POS yang menggunakan basis cloud untuk menyimpan data memungkinkan bagi para pemilik bisnis waralaba untuk memiliki cadangan data terkait penjualan secara aman dan terhindar dari risiko kehilangan. Selain itu, dengan menggunakan sistem POS yang terhubung secara online, membuat Anda memiliki kemungkinan untuk dapat melakukan pengecekan hasil penjualan ataupun keuangan bisnis secara realtime dari mana saja dan kapan saja.

 

Satu Sistem untuk Semua

Bisnis waralaba mengandalkan replikasi sebagai model bisnisnya dan sistem POS memudahkan hal tersebut. Tanpa harus memiliki server khusus atau perangkat mahal, pemilik waralaba dapat langsung menduplikasi bisnisnya untuk para pengguna atau pengelola waralaba dibawahnya. Produk yang dijual, daftar barang inventaris, harga jual produk, sehingga biaya produksi dapat di duplikat ke tiap franchise yang Anda miliki. Hal ini dapat dilakukan karena mode penyimpanan sistem POS modern sudah berbasis penyimpanan awan (cloud-based). Sehingga satu brand atau merek dapat diakses dan diatur melalui satu pintu secara sekaligus.

 

Franchisees Performance Monitoring

Para pemilik bisnis waralaba harus jeli dalam melihat laporan bisnis dari tiap pengelola waralaba karena laporan bisnis merupakan faktor esensial untuk memantau performa tiap waralaba. Pengelolaan data menjadi laporanpun harus distandarkan dan tentunya membutuhkan staf khusus. Tapi bagaimana jika tidak semua cabang benar-benar menghitung dan mendata bahan laporan secara teliti? Atau bagaimana jika laporan hanya tersedia satu bulan sekali?

Maka dari itu sistem POS amat dibutuhkan terutama dalam bisnis waralaba. Fitur “report” pada sistem POS untuk waralaba dikelola langsung oleh sistem secara aktual, efektif, dan lebih efisien. Laporan yang Ada dapatkan pun bersifat realtime dan lengkap, mulai dari laporan penjualan hingga laporan inventaris. Sehingga para franchisee bahkan tidak perlu repot menghimpun dan merangkum data. Dengan begitu, evaluasi performa bisnis tiap franchise bisa dilakukan lebih efektif dan tiap masalah dapat terdeteksi lebih dini.

Sistem POS Memudahkan Pengelola Franchise

Biasanya, para franchisees atau pengelola waralaba merupakan pengusaha baru yang sedang menjajal dunia bisnis. Maka, untuk meminimalkan potensi kegagalan, para franchisees ini membutuhkan sistem yang memudahkan kinerja mereka. Salah satu cara yang paling efektif dan paling pas digunakan untuk bisnis franchise adalah sistem POS. Mulai dari pengelolaan inventaris, manajemen loyalitas pelanggan, pengaturan shift kerja para staf, sampai laporan penjualan yang up-to-date akan diatur langsung oleh sistem. Sistem POS modern cenderung memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh para staf tanpa butuh pelatihan khusus yang memakan waktu. Desain perangkat yang modern dengan harga terjangkau juga mereduksi biaya pembukaan franchise, sehingga para investor atau calon franchisees akan lebih tertarik. Ditambah, penggunaan sistem POS untuk bisnis waralaba ini hanya membutuhkan jaringan internet yang dapat mereduksi biaya yang dibutuhkan calon franchisees lebih banyak lagi.

 

Jurnal software akuntansi online, memahami kebutuhan bagi setiap pemilik bisnis waralaba untuk memiliki kemudahan dalam manajemen sistem pembayaran penjualan dan pengelolaan keuangan secara terpadu. Melalui fitur integrasi Jurnal dengan beberapa sistem POS, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak hanya akan diuntungkan dengan memiliki sistem poin penjualan tetapi juga pengelolaan keuangan, penghitungan pajak, integrasi keuangan secara mudah terhadap Bank melalui fitur cash link dan masih banyak lagi. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Jurnal, di sini.

Author