Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

10 Ide Bisnis Rumahan dengan Modal Kecil

Tayang 05 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Semakin berkembangnya zaman, maka semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Saat ini kebutuhan tidak hanya mengandalkan dari gaji saja.

Usaha sampingan menjadi salah satu solusi dalam memenuhi masalah kebutuhan. Di era yang semakin terbuka dan cepat ini, segala hal bisa saja dilakukan di manapun termasuk dalam berbisnis.

Bahkan saat ini Anda tidak perlu mencari tempat usaha atau mengeluarkan kocek yang besar untuk menginvestasikan pada bisnis yang Anda akan bangun. Salah satu ide usaha sampingan yang dapat dilakukan adalah bisnis rumahan.

Bisnis rumahan tidak perlu membutuhkan tempat dan juga modal yang besar. Cukup dengan keterampilan yang Anda miliki, Koneksi dengan rekan, analisis tren, dan juga akses internet Anda dapat menjalankan bisnis rumahan.

Bisnis rumahan bisa dilakukan oleh siapa saja baik oleh anak muda maupun ibu rumah tangga.

Bagi Anda yang memang tidak mau bekerja kantoran atau bahkan ingin menambah penghasilan Anda saat ini, Beberapa ide bisnis di bawah bisa menjadi inspirasi Anda.

Baca juga: Mengenal Peluang & Tips Memulai Bisnis Minuman Kekinian

Dropship

Bisnis dropship adalah ide bisnis rumahan paling mudah yang Anda dapat lakukan.

Anda hanya perlu menjual gambar dengan mengunggah atau membagikan melalui marketplace atau sosial media kemudian jika ada konsumen yang menyukai produk tersebut Anda hanya tinggal mencari supplier yang berkaitan dengan barang tersebut.

Ide ini sudah banyak digunakan oleh orang Indonesia bahkan di tingkat korporasi pun. Namun tetap, bisnis ini akan terus rame di masa depan.

Les Pelajaran Sekolah

Dengan adanya batas standar kelulusan untuk setiap jenjang pendidikan dari pemerintah, membuat para orang tua berlomba-lomba untuk memasukkan anaknya ke beberapa bimbingan belajar terkenal.

Tetapi biasanya untuk biaya bimbingan belajar di beberapa tempat tersebut terbilang mahal.

Jika Anda mempunyai kemampuan untuk mengajar, Anda bisa membuka bimbingan belajar rumahan dengan biaya yang lebih murah.

Anda cukup menyiapkan ruang kosong di rumah ditambah dengan meja dan beberapa perlengkapan alat tulis untuk proses bimbingan belajar.

Catering

Bagi yang hobi memasak, Anda bisa mencoba untuk membuka catering rumahan. Anda bisa melakukan promosi saat acara keluarga, arisan, atau dari mulut ke mulut agar lebih dikenal oleh warga sekitar.

Anda juga dapat memasarkan masakan Anda untuk menu makan siang perusahaan. Hal yang paling penting dalam memulai usaha ini adalah rasa masakan yang tidak kalah dengan catering lain dan harganya bisa lebih murah.

Kedai Sarapan Pagi dan Makan Siang

Usaha warung sarapan pagi juga salah satu usaha kecil yang menguntungkan, bagaimana tidak, Anda hanya cukup berjualan di pagi hari saja sudah bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Apalagi jika lokasi rumah Anda berada di kawasan kantor atau sekolah yang kebanyakan dari mereka tidak sempat untuk menyiapkan atau sarapan atau tidak membawa bekal makan siang.

Agar pelanggan tidak bosan, Anda harus memiliki variasi menu yang banyak dengan rasa yang enak. Menu sarapan pagi yang laku biasanya nasi sayur, nasi kuning, soto, lontong sayur dan lain-lain.

Baca juga: Prinsip Psikologi Marketing untuk Menarik Konsumen

Aneka Pembayaran Online

Bisnis agen pembayaran online kini sedang tren dan banyak diminati pengusaha kecil atau pengusaha rumahan.

Anda cukup menyiapkan laptop atau komputer yang terkoneksi dengan Internet untuk menjalankan usaha ini.

 Bisnis ini masih memiliki peluang yang terbuka lebar, Anda hanya perlu mendaftar untuk menjadi agen pembayaran online dan pelanggan Anda akan datang dengan sendirinya.

Karena banyak orang yang tidak sempat untuk membayar tagihan listrik, PDAM, telepon, Internet, TV kabel, angsuran kredit, dan jenis pembayaran lainnya.

Pulsa dan Paket Data

Kebutuhan pulsa dan paket data sekarang ini sudah bisa dikatakan menjadi kebutuhan wajib bagi setiap orang.

Bahkan ada beberapa orang yang memiliki smartphone lebih dari 1, pastinya semua itu membutuhkan pulsa dan paket data agar bisa berkomunikasi dan mengakses Internet.

Untuk menjalankan usaha ini, Anda tidak diharuskan memiliki counter fisik. Anda hanya membutuhkan smartphone dan menuliskan ‘Jual Pulsa & Paket Data’ di rumah.

Laundry

Jasa laundry pakaian merupakan peluang yang cukup besar, terutama di daerah perkotaan atau dekat dengan kost-kostan.

Kebanyakan dari mereka tidak sempat mencuci pakaian karena kesibukan kerja atau kuliah, sehingga lebih memilih jasa laundry pakaian.

Untuk usaha laundry rumahan ini memang harus memerlukan modal yang paling besar untuk membeli mesin cuci dan setrika baju. Usahakan memberikan pelayanan yang bagus, tepat waktu, setrikaan rapi, dan cucian yang bersih.

Jasa Servis dan Instalasi Komputer

Jasa ini mungkin paling umum yang dilakukan oleh mahasiswa atau pekerja IT. Hanya bermodalkan perkakas dan pengetahuan tentang perakitan komputer Anda bisa membuka usaha jasa servis dan instalasi komputer.

Anda juga dapat memanfaatkan sosial media dan juga kekuatan networking untuk memasarkan jasa Anda.

Desain Grafis dan Video Editing

kemampuan desain grafis dan edit video mungkin menjadi kemampuan yang paling banyak dimiliki oleh siapapun saat ini.

Kebutuhan desain grafis dan edit video saat ini bisa dibilang sangat dibutuhkan dan dicari oleh para pengusaha baik usaha kecil menengah atau perusahaan besar.

Pekerjaan desain grafis juga sejatinya tidak memerlukan komunikasi intensif sehingga dapat dikerjakan secara remote.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Kreatif Yang Menguntungkan Bagi Ibu Rumah Tangga

Kerajinan Tangan

Bila Anda memiliki kreatifitas dan keterampilan dalam membuat sesuatu baik  aksesoris, tas, dan juga mainan Anda bisa memulai membuka bisnis kerajinan tangan.

Kerajinan tangan akan memiliki keuntungan yang besar jika Anda memahami target pasar yang dituju. Misal, Anda membuat kerajinan tangan untuk suvenir event-event dan juga pernikahan.

Walaupun usaha yang Anda lakukan adalah usaha berbasis rumahan, Anda juga harus memperhatikan pencatatan keuangan terutama pemasukan, pengeluaran, utang, dan modal.

Karena jika sampai pencatatan keuangan Anda berantakan, maka usaha akan sulit berkembang atau kemungkinan terburuknya malah gulung tikar.

Tetapi tidak usah khawatir karena sudah ada software akuntasi online di Indonesia yang bisa Anda gunakan yaitu Jurnal.id.

Dengan Jurnal, Anda bisa lebih fokus mengelola  dan mengembangkan bisnis rumahan Anda.

Info selengkapnya mengenai Jurnal sebagai salah satu aplikasi pembukuan android terbaik dapat Anda lihat di sini.

Kategori : Other
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal