Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Pentingnya Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Tayang 08 Jan 2023
Diperbarui 13 Oktober 2023

Banyak orang yang mengatakan bahwa analisa pasar adalah merupakan salah satu bagian penting dalam manajemen pemasaran.

Dengan melakukan analisa yang baik dan tepat, Anda akan lebih bisa memahami keadaan pasar yang sesungguhnya sehingga strategi yang dilakukan untuk memasarkan produk bisnis yang Anda miliki akan berjalan dengan baik, sehingga keuntungan bisnis Anda meningkat.

Kenapa analisa pasar yang tepat penting untuk kesuksesan bisnis adalah? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini!

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro dan Kecil Anda secara Realtime dengan Mekari Jurnal!

Apa Itu Analisis Pasar / Analisa Pasar?

Analisis pasar adalah proses pengumpulan dan analisis data untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta tren dan kondisi pasar yang mempengaruhi permintaan dan penawaran suatu produk atau layanan.

Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena analisis pasar biasanya dilakukan untuk membantu bisnis mengambil keputusan strategis, seperti merancang produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menentukan harga yang tepat, dan menentukan pasar yang paling menjanjikan untuk ekspansi bisnis.

Dalam melakukan analisis pasar, ada beberapa faktor yang biasanya dipertimbangkan, seperti ukuran pasar, persaingan, segmen pasar, perilaku konsumen, dan trend pasar.

Data ini dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti survei pelanggan, laporan industri, analisis data pasar, dan data dari pesaing bisnis.

Setelah data dikumpulkan, analisis dilakukan untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan di pasar, serta mengembangkan strategi bisnis yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang muncul dan memaksimalkan peluang di pasar.

Pentingnya Analisa Pasar untuk Kesuksesan Bisnis

Analisa pasar adalah suatu kegiatan penganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah tentang keadaan pasar.

Kegiatan ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya.

Cara menentukan target pasar sangat penting karena perusahaan tidak dapat melayani seluruh konsumen atau pembeli yang ada di pasar.

Pembeli yang ada terlalu banyak dengan kebutuhan dan keinginan yang beragam atau bervariasi, sehingga perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang akan dilayaninya sebagai target pasar.

Dengan demikian, kesuksesan bisnis akan berpengaruh terhadap seberapa baik dan tepat analisa pasar yang dilakukan.

Apa pentingnya Analisa Pasar yang tepat untuk kesuksesan misnis? Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena apa? Blog Jurnal by Mekari akan mengulasnya disini!

Manfaat Analisa Pasar

Secara umum, manfaat dari analisa pasar adalah untuk memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual.

Selanjutnya perusahaan dapat melakukan pengembangan posisi produk dan strategi pemasaran untuk setiap produk yang bersangkutan.

Perlu diketahui bahwa ada manfaat penting yang didapat setelah melakukan langkah-langkah melakukan analisa pasar, berikut manfaatnya:

  • Mendapatkan konsumen. Dengan melakukan analisa pasar yang benar, Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan konsumen karena produk yang Anda jual sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
  • Melihat persaingan. Anda bisa mengetahui tentang kelemahan dan kelebihan pesaing dari bisnis Anda, sehingga Anda bisa mengalahkan bisinis yang sudah ada.
  • Memanfaatkan peluang. Salah satu cara memanfaatkan peluang bisnis yang ada adalah dengan membedakan dengan produk yang sudah ada di pasaran. Anda bisa mengetahui peluang apa yang masih jarang persaingannya dan prospek kedepannya baik.
  • Mengurangi risiko. Risiko mulai dari kegagalam produk hingga gagal bisnis bisa dihindari.
  • Rencana jangka panjang. Anda akan mengetahui langkah-langkah jangka panjang ke depan untuk menjalankan bisnis sehingga tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah untuk bisa meraih kesuksesan.
  • Menjadi tren bisnis. Analisa pasar yang dilakukan juga memberikan manfaat bagi bisnis, terutama memunculkan ide-ide baru yang bisa menjadikan bisnis Anda sebagai trend setter pebisnis lainnya. Jika Anda sudah menjadi trend setter, penjualan bisnis Anda akan semakin meningkat pesat.
  • Mendapatkan keuntungan dengan cepat

Pentingnya Analisa Pasar yang tepat untuk kesuksesan bisnis adalah? Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena apa? Blog Jurnal by Mekari akan mengulasnya disini!

Langkah-langkah Analisa Pasar

Ada beberapa langkah-langkah yang harus Anda ketahui sebelum melakukan analisa pasar agar hasilnya maksimal, yaitu:

Menentukan pasar yang relevan

Dalam melakukan analisa pasar, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami pasarnya terlebih dahulu.

Umumnya terdapat banyak jenis produk yang diminati oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebagian besar produk yang ada di pasaran memiliki pilihan alternatif lain.

Contohnya saja dalam bidang transportasi umum, Garuda Indonesia dan Citilink adalah maskapai penerbangan yang bisa menjadi subtitusi satu sama lainnya.

Sedangkan kereta api yang memiliki jadwal yang banyak adalah pilihan alternatif bidang transportasi umum selain pesawat terbang.

Baca juga : Pengertian dan Cara Menghitung ROI Return on Investment

Menganalisa permintaan primer

Dari contoh pesawat terbang versus kereta api tersebut, Anda bisa melakukan analisa terhadap konsumen tersebut, faktor apa yang menjadikan mereka memilih salah satu transportasi tersebut.

Menganalisa permintaan selektif

Dalam hal ini, Anda harus bisa melakukan analisa terhadap konsumen yang loyal terhadap salah satu merek, apa yang menjadi dasarnya.

Analisa pasar untuk menetapkan segmen pasar

Jika semua data sudah terkumpul, Anda hanya perlu mengelompokkan konsumen kepada segmen-segmen yang sesuai agar produk yang Anda miliki tidak salah sasaran.

Menganalisa persaingan

Anda bisa membandingkan tingkat persaingan terhadap produk yang Anda miliki, agar nantinya produk Anda tidak kalah bersaing saat berada di pasaran.

Cari semua kelebihan dan kelemahan dari produk pesaing, kemudian implementasikan kepada produk yang Anda miliki sehingga Anda memiliki produk yang lebih baik daripada pesaing.

Analisa pasar untuk identifikasi target potensial

Jika semuanya sudah Anda lakukan, langkah terakhir adalah melakukan identifikasi konsumen yang potensial guna menciptakan konsumen yang puas dan loyal dengan produk yang Anda miliki.

Seberapa baik dan tepat analisa pasar yang Anda lakukan tanpa diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik, maka hasilnya tidak akan bisa sukses.

Jurnal adalah software akuntansi online atau software accounting yang membantu Anda dalam manajemen keuangan Anda dengan lebih mudah, cepat dan simpel.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati coba gratis free trial aplikasi Mekari Jurnal.

Untuk info lebih mengenai fitur aplikasi Jurnal selengkapnya silahkan Anda klik di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, diatas adalah pentingnya analisa pasar yang tepat untuk kesuksesan bisnis telah diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Tentunya sekarang Anda sudah bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik ini seperti:

  • Melakukan analisis peluang pasar sangat penting karena alasan apa?
  • Mengapa pasar merupakan faktor yang penting dalam usaha?
  • Sebelum menentukan produk apa yang akan diproduksi maka lakukan terlebih dahulu analisis, maka analisis yang dilakukan untuk membantu dalam membuat keputusan adalah apa saja?
  • Sebelum memulai usaha seorang pengusaha sebaiknya mengamati terlebih dahulu kondisi pasar tujuan analisis pasar tersebut adalah?
  • Ketika produk sudah diluncurkan ke pasar maka kita harus melihat data dan mengambil kesimpulan dengan melakukan apa?
  • Apa manfaat seorang eksportir mengamati pasar dan mengenali pesaing?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal