Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Kesalahan Umum yang Sering Terjadi Dalam Menerapkan Strategi Pemasaran Online

Tayang 23 Dec 2018
Diperbarui 11 Oktober 2023

Permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan solusinya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi itu akan diulas di Blog Jurnal By Mekari.

Pemasaran dan periklanan online telah menjadi pilar strategi pemasaran modern di segala jenis bisnis.

Terlepas dari apakah target pasar Anda adalah remaja maupun dewasa, Anda dapat mengandalkan akses internet untuk mengirimkan pesan atau kampanye pemasaran Anda kepada mereka semua.

Namun, tidak semua pebisnis tahu cara memanfaatkan kelebihan dan keuntungan dalam melancarkan strategi pemasaran online secara maksimal.

Yang lebih parah ketika terdapat pebisnis yang merasa nyaman dengan menjalankan strategi pemasaran tradisional, mereka tidak “melek” terhadap perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di era sekarang.

Apa Permasalahan, Masalah Strategi Pemasaran, Marketing Dan Solusinya ?

Kira-kira, berikut beberapa kesalahan-kesalahan umum dalam menerapkan strategi pemasaran.

Baca Juga : 4 Cara Membangun Brand Image Bisnis Agar Lebih Dikenal Publik

Menciptakan & Mempromosikan Branding yang Kurang Kuat Sejak Bisnis Berdiri

Permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan solusinya. Berikut adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi itu akan diulas di Blog Jurnal By Mekari.

Pertama-tama, Anda harus menyadari bahwa brand adalah segalanya ketika Anda berbicara tentang strategi pemasaran.

Tidak mungkin untuk mengiklankan kondisi ruang kerja, staf Anda yang luar biasa, dan produk berkualitas Anda secara bersamaan.

Disinilah fungsi dari suatu brand bekerja untuk mengatasi permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan menemukan solusinya.

Dengan branding yang terkonsep, ini akan menyatukan dan merefleksikan semua unsur yang sudah disebutkan sebelumnya yang ingin Anda promosikan kepada pelanggan melalui pengiklan brand Anda, ini membentuk opini publik tentang brand yang Anda bangun.

Cara terbaik untuk memastikan agar brand mencerminkan aspirasi bisnis Anda adalah berkonsultasi dengan tim yang ahli di bidang pemasaran untuk membantu menciptakan citra brand Anda secara detail.

Dengan cara ini, Anda akan terhindar dari kemungkinan memilih nama brand yang terkesan klise dan bentuk logo yang tidak dapat dipahami dengan baik oleh pelanggan.

Penting untuk menciptakan brand yang kuat dan terkonsep sejak awal, karena dengan branding yang lemah akan menyebabkan lebih banyak permasalahan di tengah perjalanan bisnis Anda.

Membuat Konten Pemasaran yang Hanya Bertujuan untuk Menjual daripada Mendidik

Tujuan dari sebagian besar konten pemasaran Anda adalah untuk mendidik.

Lalu konten juga dibuat untuk mengatasi permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan sebagai solusinya.

Tentu saja, konten apapun yang Anda buat mempresentasikan pelayanan Anda kepada pelanggan dan berujung menghasilkan prospek yang baik bagi bisnis Anda.

Segala aktivitas pemasaran Anda seperti mem-posting artikel di blog Anda.

Sebagai contoh dimaksudkan untuk menjadi jembatan yang bersifat informatif antara kegiatan bisnis Anda dengan pelanggan.

Anda perlu mengajarkan pelanggan yang melihat konten Anda bagaimana memecahkan berbagai masalah terkait dengan produk atau jasa yang Anda jual.

Membangun kepercayaan, dan membuat pelanggan untuk terus mengakses blog Anda secara berulang.

Hal ini tentu akan membuat pelanggan Anda teredukasi dan diharapkan mereka tidak hanya membeli produk Anda, namun mereka juga akan mendapatkan nilai lebih dari aktivitas pemasaran Anda.

Tidak Memanfaatkan Fitur SEO & Konsekuensinya

Kebanyakan pebisnis belum mengetahui keefektifan dari penggunaan fitur SEO (Search Engine Optimization).

Padahal cara untuk mengatasi permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan sebuah solusinya adalah dengan menggunakan SEO ini.

Dengan SEO, ini akan membantu pelanggan dan mesin pencari seperti Google menemukan konten Anda melalui penunjangan kata kunci yang di mana kata kunci ini berasal dari artikel-artikel yang dibuat di blog Anda dan tentunya ditunjang dengan fitur SEO.

Mengenai strategi SEO yang baik, tentunya berhubungan erat dengan strategi pemasaran yang baik pula.

Pemilik bisnis sering gagal menyadari bahwa butuh waktu untuk mendapatkan pengembalian investasi dari segala jenis investasi terhadap pemasaran khususnya fitur SEO.

Bagi Anda yang (mungkin) tidak sabar, ketahuilah bahwa tidak peduli berapa banyak uang yang Anda investasikan, jenis pemasaran ini akan menunjukkan hasilnya dalam waktu sekitar lima sampai enam bulan.

Jangan sampai Anda terburu-buru dan menyerah terhadap penggunaan strategi SEO ini. Karena ketika Anda begitu saja menyerah, karena ketidaksabaran Anda, semua uang yang Anda investasikan akan menjadi sia-sia.

Baca Juga : 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital

Kurang Bijak Menggunakan Social Media Sebagai Instrumen Strategi Pemasaran

Apa Permasalahan, Masalah Strategi Pemasaran, Marketing Dan Solusinya?

Media sosial dewasa ini telah menjadi pusat aktivitas pemasaran terbesar di dunia. Ada beberapa permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan solusinya bisa diselesaikan dengan sosial media.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan media sosial, Anda bisa menyebarkan berita, iklan, dan konten lain dengan cepat.

Sebut saja Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan media sosial lainnya secara umum sering digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk-produknya.

Salah satu alasan utama dalam menggunakan media sosial adalah Anda dapat memperoleh feedback secara instan mengenai strategi pemasaran dan kualitas produk Anda. Orang-orang di media sosial tidak akan segan untuk memberikan komentar dan kritik mereka.

Dan itu akan memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang apakah strategi pemasaran yang Anda jalankan berada di jalur yang benar atau mungkin salah.

Alasan lainnya adalah Anda dapat berkomunikasi dengan pelanggan yang berada di segmentasi pasar Anda.

Pelanggan Anda akan menghargai dan merasa dihormati dari tanggapan cepat Anda terhadap komentar yang mereka tinggalkan.

Namun, beberapa bisnis terkadang kebablasan dengan menanggapi berbagai perang komentar yang mungkin terjadi dan tendensinya lebih kepada saling merendahkan antara Anda dengan pelanggan yang meninggalkan komentar negatif.

Seperti dikatakan sebelumnya, publik atau netizen tidak akan segan atau menahan diri dalam ekosistem media sosial. Tetapi Anda tidak boleh membiarkan ini terus terjadi.

Menanggapi komentar negatif dengan komentar negatif Anda sendiri sama saja dengan menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda tidak memiliki kendali atas apa yang Anda lakukan dan Anda pastinya pelanggan-pelanggan Anda. Maka dari itu, diharapkan Anda lebih bijak dan profesional dalam menggunakan media sosial sebagai instrumen pemasaran Anda.

Saring berbagai komentar yang ditinggalkan netizen terhadap produk Anda di media sosial dan jadikan itu sebagai bahan evaluasi strategi pemasaran dan kualitas produk Anda ke depannya.

Itu semua adalah kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi ketika mengimplementasikan strategi pemasaran Anda.

Mungkin terdapat kesalahan lain yang tidak tertulis dalam artikel ini, Namun ketahuilah bahwa Anda harus selalu peka dan jeli terhadap berbagai strategi pemasaran dan konsekuensinya.

Lakukan evaluasi secara berkala agar strategi Anda tetap berada di jalur yang benar.

Ketika Anda berhasil menerapkan strategi pemasaran, berikutnya Anda hanya tinggal menangani masalah keuangan, khususnya sistem akuntansi yang diterapkan pada bisnis Anda.

Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

Solusi yang tepat bagi permasalahan akuntansi Anda adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang mempermudah pencatatan transaksi bisnis Anda dan menghasilkan Laporan Keuangan yang komprehensif.

Fitur menarik dari Jurnal selain mengenai keuangan adalah fitur aplikasi stok barang yang sangat membantu dalam mengontrol stok barang pada tempat penyimpanan, sehingga Anda tidak akan mengalami stok kosong untuk produk favourite usaha Anda. Kemudian lengkapi fitur aplikasi stok barang dengan aplikasi keluar masuk barang yang dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Dengan Jurnal, Anda bisa melihat ringkasan bisnis atau Analisis Laporan keuangan sebagai acuan evaluasi bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, di atas telah diulas mengenai permasalahan, masalah strategi pemasaran, marketing dan solusinya di blog Jurnal By Mekari. Semoga bisa berguna, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal