Jurnal Enterpreneur

Tips Menjual Baju Bekas atau Preloved Cepat Laku!

Preloved adalah sebuah kosa kata berbahasa Inggris yang berarti barang yang sebelumnya pernah dimiliki dan akan berpindah tangan kepada orang lain. Ada beberapa penjelasan lain tentang barang preloved, yaitu barang yang Anda beli dan hanya dipakai beberapa kali saja, barang yang belum sempat dipakai dan barang pemberian orang yang belum sempat dipakai. Ketiga jenis barang tersebut adalah barang-barang yang bisa di kategorikan sebagai barang-barang preloved.  Kebanyakan barang-barang bekas yang dijual adalah baju. Hal ini dikarenakan baju gampang sekali berubah modelnya, sudah tidak tren atau memang sudah tidak muat dipakai. Untuk kualitas baju preloved yang dijual, pasti syarat utamanya masih layak pakai, kondisi bagus dan bersih. Ada beberapa tips menjual baju bekas atau preloved agar cepat laku yang dapat Anda praktikkan.

Baca juga: Bisnis Thrift Store, Peluang Bisnis yang Besar?

Ketahui Kondisi Barang

Sebelum Anda menjual barang bekas, sebaiknya Anda mengetahui kondisi baju-baju bekas Anda. Pada dasarnya, baju yang dapat dijual adalah baju yang dapat dikenakan kembali. Lebih baik lagi jika Anda menjual baju yang dapat digunakan 3-4 tahun ke depan.

Tulis Deskripsi Secara Jujur

Dikarenakan Anda menjual pakaian bekas, maka Anda harus menuliskan keadaan sebenarnya seperti apa. Jika ada kerusakan, noda, atau kekurangan lainnya, Anda harus tuliskan secara detail agar pembeli tidak merasa kecewa dengan baju bekas yang Anda jual. Dengan menulis deskripsi secara jujur, kemungkinan pelanggan membeli kembali barang preloved Anda akan semakin besar.

Berikan Harga yang Sesuai

Harga adalah salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan. Jangan sampai Anda menjual barang preloved dengan harga yang terlalu tinggi. Cobalah berikan harga jual yang sesuai dengan barang dan kualitas barang preloved. Walaupun barangnya masih bagus, Anda jangan berharap mendapatkan harga sesuai seperti awal pembelian. Untuk menarik pembeli, Anda juga perlu memberikan harga yang bisa di nego. Akan tetapi, Anda juga harus pintar dalam melakukan strategi upping price terlebih dahulu, sehingga harga yang ditawar nantinya tidak akan terlalu rendah dan Anda tetap bisa mendapat keuntungan. Adapun harga ini juga akan menentukan pendapatan serta besarnya pajak pendapatan Anda nantinya.

Promosi Social Media

Anda dapat menggunakan Facebook atau Instagram untuk memajang baju-baju bekas yang Anda miliki. Agar dapat ditemukan orang, cobalah mem-posting baju-baju preloved Anda dengan caption yang disertai hashtag yang sedang tren. Hal lain yang perlu Anda lakukan jika Anda berjualan secara online adalah melakukan sesi foto baju bekas yang instagramable sehingga dapat menarik calon pembeli.

Beriklan di e-Commerce

Anda juga bisa menjual barang bekas Anda melalui e-commerce khusus penjualan barang bekas. Cobalah masukan iklan tersebut dengan kategori yang sesuai dengan barang preloved yang Anda jual. Anda juga dapat mencoba iklan berbayar melalui e-commerce. Dengan begitu, posting-an barang Anda akan berada di halaman pertama sehingga calon pembeli dapat dengan mudah menemukan barang yang ingin Anda jual.

Cuci dan Setrika

Untuk Anda yang berjualan secara offline, wajib hukumnya untuk mencuci dan setrika terlebih dahulu sebelum dijual karena jika baju bekas keadaannya belum dicuci dan setrika, maka harga jualnya pun bisa selisih antara 5-10 ribu. Selain itu, dengan baju yang sudah bersih dan rapi, pelanggan nantinya akan semakin betah dalam memilih baju bekas yang sesuai.

Partisipasi dalam Event dan Ajak Influencer

Hal terpenting agar baju bekas atau preloved Anda terjual dengan cepat adalah mengikuti event. Anda sebenarnya dapat mengikuti event jenis apapun baik itu bazaar, konser, atau hanya event lokal.  Tips dari kami adalah ikutlah event yang memiliki pasar potensi pembeli barang-barang baju bekas. Misalnya event musik, event hobi, bahkan event barang bekas sudah banyak diselenggarakan dengan modern dan audiens yang lebih banyak. Dengan mengikuti event, Anda akan bertemu banyak komunitas.

Melalui komunitas, Anda dapat memperluas jaringan pasokan bahkan potensi untuk melakukan trading barang yang sebenarnya cukup menguntungkan.  Melalui komunitas juga Anda akan mendapatkan endorsement secara tidak langsung. Selain itu, dengan mengikuti event, Anda dapat bertemu para influencer seperti YouTuber atau selebgram yang memang memiliki hobi hypebeastMereka dapat dijadikan sebagai sarana promosi toko Anda melalui endorsement.

Baca juga: Pentingnya Strategi Positioning Produk dalam Persaingan Bisnis

Nah, demikianlah pembahasan mengenai tips menjual baju bekas atau preloved untuk Anda agar cepat laku dan tidak memenuhi lemari baju Anda. Jika Anda sudah sukses menjual baju bekas Anda sendiri, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjual baju-baju bekas milik teman Anda. Siapa tahu dari bisnis baju preloved ini Anda dapat meraih kesuksesan karena sudah banyak bermunculan bisnis preloved secara online saat ini. Jangan lupa bila bisnis preloved Anda sudah sukses, Anda perlu mengelola keuangan dengan baik.

Selain itu, bisnis apapun yang Anda jalani, tetap peran teknologi harus selalu ada terlebih jika bicara tentang tata kelola keuangan atau akuntansi. Gunakanlah software akuntansi atau software accounting karena di dalam software tersebut Anda dapat melakukan review performa bisnis berdasarkan laporan keuangan yang diolah dalam software tersebut.

Jurnal adalah software akuntansi online yang akan membantu bisnis Anda dalam pengelolaan keuangan mulai dari pencatatan pemasukan, pengeluaran, tagihan, pengelolaan aset bisnis dan masih banyak fitur menarik lainnya. Daftar sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari untuk pelanggan baru.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo