Taktik Penjualan di Bisnis e-Commerce supaya Untung Besar

Saat ini banyak pebisnis yang beralih menjual produknya dari semula secara konvensional ke berbagai channel e-commerce. Setiap pebisnis e-commerce tentu membutuhkan strategi untuk meningkatkan penjualan di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Sebagai pebisnis yang menjalankan toko online, Anda perlu memperhatikan kebutuhan customer sesuai dengan segmentasi produk yang Anda jual. Tak hanya customer baru, tetapi juga customer yang setia bertransaksi di toko Anda secara berulang kali. Supaya penjualan meningkat dan meraih untung besar, coba praktekkan berbagai taktik berjualan di e-commerce berikut ini:

 

Praktek Upselling

Pernahkah Anda mendengar istilah upselling? Jadi, upselling adalah sebuah teknik penjualan yang menawarkan pelanggan untuk membeli produk dengan versi premium dari sebelumnya. 

Upselling disebut sebagai teknik pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dibandingkan dengan mendatangkan pembeli baru. Terkadang pelanggan merasa perlu diingatkan bahwa terdapat produk lain yang seharusnya mereka beli sekaligus. 

Contoh praktek upselling adalah memberikan pilihan bundling pada produk A dan B, sehingga harganya menjadi lebih murah dibandingkan harus membeli secara satuan.

Untuk produk ritel tertentu, Anda juga bisa menawarkan paket travel pack, sehingga membuat customer merasa membayar lebih sedikit, namun mendapat produk lebih banyak. 

Ada dua hal yang harus Anda perhatikan saat praktek upselling. Pertama, produk yang Anda tawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dasar konsumen. Kedua, produk baru Anda harus cocok dan sepadan dengan biaya tambahan yang sudah mereka perkirakan.

Kecepatan Membalas Chat

Ada banyak cara untuk menjaga performa toko di e-commerce. Salah satunya adalah dengan menjaga kecepatan membalas chat customer

Anda bisa memanfaatkan fitur live chat yang tersedia pada e-commerce untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Fitur chat juga akan membantu customer yang mengalami kesulitan saat akan memesan produk Anda. 

Beberapa customer yang belum menyelesaikan pembelian, dapat Anda ingatkan dengan baik melalui fitur chat. Anda dapat menggunakan live chat untuk mendorong customer dalam menyelesaikan transaksi mereka. Mungkin Anda dapat melakukannya dengan cara menawarkan tambahan diskon, gratis ongkir atau sekedar mengingatkan mereka jika produk yang mereka inginkan sedang diskon atau akan segera habis.

Baca Juga: Konsumen Beralih Belanja Online? Ini 10 Strategi Bisnis Online!

Apresiasi Loyal Customer

Salah satu cara untuk mengapresiasi pelanggan setia seperti mereka adalah melalui program loyalitas. Ada banyak cara yang membuat pelanggan dan Anda mendapatkan manfaat dari program loyalitas ini.

Salah satu contohnya adalah pemberian poin pelanggan yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan diskon maupun produk gratis. Selain itu Anda juga bisa memberikan layanan diskon khusus member sehingga membuat pelanggan lebih loyal pada produk Anda. 

Tidak ketinggalan, program gratis ongkir juga berperan pada kesuksesan penjualan bisnis di e-commerce

Baca Juga: 5 Produk Paling Laris Di E-Commerce yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis

Review Laporan Keuangan secara Rutin

Laporan keuangan memiliki peran penting bagi kesuksesan penjualan pada sebuah bisnis. Informasi tentang posisi keuangan dan kesehatan keuangan saat ini dapat menjadi acuan dalam menentukan arah strategi penjualan.

Sehingga setiap keputusan yang dibuat seperti besaran biaya iklan, produk yang akan diiklankan, dan sejenisnya dapat dipertanggungjawabkan. Harapannya adalah Anda tidak akan salah mengambil keputusan yang berakibat fatal terhadap bisnis.

Dengan basis cloud computing, software Jurnal by Mekari akan memonitor kondisi keuangan bisnis Anda secara real time. Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur, seperti dashboard kinerja keuangan, laporan penjualan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan aplikasi accounting online Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik oleh Jurnal.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo