Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Tips Menjalankan Bisnis Cuci Laundry Sepatu bagi Pemula

Tayang 02 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Jika bisnis cuci pakaian atau jasa laundry sudah banyak tersedia di sekitar tempat tinggal Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengkhususkan diri dengan membuka bisnis cuci sepatu atau laundry sepatu.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara merintis bisnis cuci sepatu? Sebenarnya untuk membuka jasa pencucian sepatu tidak jauh berbeda dengan jasa pencucian pakaian.

Namun untuk lebih jelasnya, simak beberapa informasi di bawah ini.

Tips Menjalankan Bisnis laundry Sepatu bagi Pemula

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Meskipun jasa pencucian sepatu hampir sama dengan jasa pencucian pakaian, namun ada beberapa hal berbeda, seperti jenis mesin cuci yang digunakan serta detergennya.

Untuk uraian rinciannya, langsung saja simak kiat sukses merintis bisnis laundry pencucian sepatu berikut ini:

1. Menganalisis prospek bisnis

Sebelum memutuskan untuk merintis bisnis jasa pencucian sepatu, sebaiknya terlebih dahulu Anda melakukan analisis sederhana untuk mencari tahu apakah bisnis tersebut saat ini memiliki prospek yang bagus di daerah Anda.

Memang untuk mendapatkan data yang akurat, analisis prospek bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengumpulan data, melakukan survei di lapangan, dan pengumpulan data dengan metode lainnya.

Namun sebagai pebisnis pemula dengan kemampuan dan modal yang mungkin terbatas, maka cara termudah yang dapat Anda dilakukan adalah dengan pengamatan dan observasi secara langsung di sekitar tempat tinggal Anda.

Pelanggan bisnis laundry sepatu biasanya para siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, serta profesi lainnya yang intens menggunakan sepatu.

Jika jumlah mereka cukup banyak di wilayah tempat tinggal Anda, maka Anda bisa menarik kesimpulan bahwa bisnis jasa cuci sepatu cukup potensial.

Baca juga: 5 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

2. Persiapan perlengkapan usaha

Jika Anda sudah melakukan analisis prospek bisnis pencucian sepatu di lingkungan tempat tinggal Anda, dan peluang usaha tersebut cukup bagus untuk dirintis, maka tahap berikutnya adalah persiapan.

Anda perlu mempersiapkan tempat usaha bisnis cuci sepatu, peralatan, dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Sebagai permulaan, untuk tempat usaha Anda bisa memanfaatkan bagian dari rumah Anda sendiri.

Luas tempat usaha yang dibutuhkan mencakup tempat untuk mesin cuci, tempat penjemuran atau pengeringan, tempat rak atau lemari sepatu, serta tempat untuk menyimpan perlengkapan usaha seperti detergen, pewangi, dan lainnya.

3. Menentukan pembelian mesin cuci

Mesin cuci yang diperlukan untuk bisnis mencuci sepatu adalah mesin cuci khusus yaitu shoes laundry machine yang berbeda dengan mesin cuci pakaian pada umumnya.

Harga sebuah mesin cuci sepatu cukup bervariasi, mulai dari 2 juta hingga di atas 5 juta, tergantung fitur dan kapasitasnya.

Sebaiknya Anda membeli mesin cuci sepatu yang memiliki fasilitas dryer atau pengering sehingga proses penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat.

Baca juga: 3 Tips Membangun Strategi Pemasaran untuk Bisnis Laundry

4. Mempersiapkan bahan, peralatan dan perlengkapan cuci sepatu

Perlengkapan lainnya yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis cuci sepatu adalah detergen dan pewangi.

Dalam mencuci sepatu, ada tiga macam cara pengerjaan yaitu proses wet clean, dry clean, dan wet & dry.

Dalam proses wet clean atau pencucian basah, dibutuhkan beberapa bahan kimia seperti anti bacterial ls, surfaktan e ls, cleaner o ls, neutralizer s ls, solvent perfume, dan water (kimia ttama).

Sementara pada proses dry clean atau pembersihan kering, bahan-bahan kimia yang diperlukan adalah shoes sceaner (kimia utama), anti bacterial ls, neutralizer s ls, dan solvent perfume.

Sedangkan untuk proses wet & dry membutuhkan peralatan berupa sikat halus, sikat kasar, kuas, kain microfiber, penghapus karet, suede sponge, serta botol semprot.

Kemudian untuk kebutuhan umum, selain mesin cuci, yaitu:

  • Mesin pengering atau dryer.
  • Lemari atau rak sepatu.
  • Rak untuk peralatan.
  • Kantong plastik untuk membungkus pesanan.
  • ATK untuk kebutuhan pembukuan.

Untuk memudahkan pembukuan dan pencatatan tranksasi penjualan usaha bisnis jasa laundry sepatu Anda, jauh lebih mudah dengan menggunakan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

5. Tentukan Target Pasar dan Tempat Strategis

Selanjutnya, Anda dapat mulai menentukan siapa target pelanggan yang ingin dituju. Target pasar yang tepat dapat membantu meningkatkan performa bisnis dan profibilitas toko.

Penentuan target pasar dalam dilakukan berdasarkan jenis sepatu, status pengguna, hingga lokasi tempat usaha.

Biasanya, kategori untuk jenis sepatu terbagi menjadi sepatu olahraga, formal, dan kasual. Sedangkan untuk kategori status pelanggan, dapat dilihat dari penggunaan sehari-hari sepatunya, apakah untuk bekerja, siswa sekolah, atau atlet olahraga dan pehobi.

Penentuan target pasar bisnis jasa cuci sepatu ini akan semakin efektif dampaknya jika lokasi tempat usaha yang sesuai dengan tipe pelanggannya.

Lokasi tempat yang strategis mempermudah pemasaran dan eksistensi bisnis laundry sepatu Anda dari target pelanggan Anda. Contohnya jika Anda menargetkan mahasiswa atau murid sekolah sebagai target pasar, maka membuka usaha laundry sepatu di dekat unit pendidikan adalah pilihan tepat.

Sebaliknya, usaha Anda akan mengalami kemunduran dalam waktu dekat jika penempatannya jauh dari sekolah dan kampus atau lingkungan yang minim penduduk remaja.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal Software Akuntansi Online Terpercaya

Tips Membersihkan Noda Sepatu

Biasanya ada beberapa sepatu konsumen yang terkena noda bandel sehingga tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa.

Maka diperlukan bahan cairan kimia untuk mengembalikan warna sepatu dan kilapnya.

Anda sebagai calon pebisnis laundry sepatu perlu belajar untuk membersihkan sepatu dengan peralatan ekstra.

Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Proses yang pertama adalah Chemicals Identification, yaitu Anda harus bisa mengenali jenis media atau bagian bahan sepatu yang akan dibersihkan. Penggunaan bahan kimia yang kurang tepat justru akan membuat warna atau bahan sepatu menjadi rusak. Jika masih belum berpengalaman, maka Anda bisa melakukan uji coba dengan menggunakan bantuan cotton bud terlebih dahulu. Jika aman atau tidak terjadi reaksi yang merusak warna atau bahan sepatu, maka Anda bisa melanjutkan penggunaan secara bertahap.
  2. Proses kedua adalah Tools Identification, yaitu mengidentifikasi jenis peralatan apa saja yang paling cocok digunakan untuk membersihkan bahan sepatu. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan sikat kasar pada permukaan sepatu yang berbulu, dan lain sebagainya. Pada tahap tools identification, Anda harus cermat dalam menentukan media sepatu apa yang dapat menggunakan golongan sikat.
  3. Proses ketiga adalah proses utama atau main process yang berupa dry clean method, wet clean method, dan wet & dry method.

Contoh Estimasi Perkiraan Modal Bisnis Jasa Cuci Sepatu

Kisaran modal untuk membangun dan mengoperasionalkan usaha bisnis laundry sepatu mempunyai rentang yang cukup beragam. Mulai dari Rp 5 juta – 15 juta tergantung dana yang dimiliki pemilik usaha.

Berikut adalah kisaran modalnya untuk satuan, dari sisi peralatan hingga operasional:

  • Mesin cuci sepatu: Rp 3.000.000
  • Dryer : Rp 3.500.000
  • Rak sepatu : Rp 300.000
  • Rak alat : Rp 450.000
  • Set Perlengkapan kebersihan : Rp 750.000
  • ATK : Rp 250.000
  • Meja dan kursi : Rp 500.000
  • Biaya gaji karyawan : Rp 2.500.000
  • Biaya listrik dan air : Rp 600.000
  • Kantong plastik sepatu : Rp 200.000

Total : Rp 12.050.000,- untuk rata-rata modal awal pembuatan usaha laundry sepatu.

Modal tersebut hanya untuk di awal pembangunan saja, untuk pengeluaran maintain hanya akan memakan biaya kurang lebih setengah dari biaya tersebut.

Kemudian, ekspektasi profit pendapatan yang bisa Anda dapatkan bisa sampai Rp 16 juta per bulan.

Bisnis jasa cuci sepatu ini termasuk salah satu bisnis yang long term. Artinya, bisnis ini tidak akan pernah mati selama kebutuhan orang terhadap sepatu semakin meningkat.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Penting untuk Anda ingat bahwa, bisnis yang sukses salah satunya dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan yang tepat.

Untuk itu, gunakan software akuntansi online untuk manajemen keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah, praktis, dan akurat.

Apa Saja Alat dan Bahan Untuk Membuka BIsnis Jasa Laundry Sepatu?

Berikut ini beberapa alat dan bahan yang umumnya digunakan untuk membuka bisnis laundry sepatu:

  1. Mesin cuci: Mesin cuci adalah salah satu alat paling penting dalam bisnis laundry sepatu. Pilihlah mesin cuci yang kuat dan tahan lama untuk menangani berbagai jenis sepatu dan kotorannya.
  2. Produk pembersih: Untuk membersihkan sepatu, Anda membutuhkan produk pembersih yang sesuai. Bahan-bahan pembersih sepatu bisa berupa cairan, busa, atau bubuk.
  3. Sikat dan spons: Sikat dan spons digunakan untuk membersihkan sepatu dengan lebih detail, terutama pada bagian-bagian yang sulit dijangkau.
  4. Pengering sepatu: Setelah dicuci, sepatu perlu dikeringkan dengan baik. Untuk itu, Anda bisa menggunakan pengering sepatu khusus atau mengeringkan sepatu secara alami di bawah sinar matahari.
  5. Lem atau perekat: Jika ada bagian sepatu yang rusak atau lepas, Anda perlu menempelkannya kembali menggunakan lem atau perekat yang kuat dan tahan lama.
  6. Kemasan: Kemasan berupa plastik atau karton digunakan untuk mengemas sepatu yang sudah dicuci agar tetap bersih dan rapi saat diambil oleh pelanggan.
  7. Label dan tanda terima: Untuk memudahkan identifikasi sepatu milik pelanggan, Anda bisa menggunakan label atau tanda terima yang berisi informasi tentang nama pelanggan, jenis sepatu, dan tanggal pengambilan.
  8. Timbangan digital: Timbangan digital digunakan untuk menimbang sepatu sebelum dicuci dan setelah dicuci untuk mengetahui berapa biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan.
  9. Komputer dan perangkat lunak: Untuk memudahkan pengelolaan bisnis, Anda bisa menggunakan komputer dan perangkat lunak khusus untuk membantu dalam manajemen data pelanggan, transaksi, dan pengelolaan keuangan seperti software akuntansi terbaik Mekari Jurnal misalnya.
  10. Perlengkapan keselamatan kerja: Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan perlengkapan keselamatan kerja seperti masker, sarung tangan, dan sepatu khusus saat bekerja dengan produk pembersih dan bahan kimia lainnya.
Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal