Jika bisnis cuci pakaian atau jasa laundry sudah banyak tersedia di sekitar tempat tinggal Anda, maka tidak ada salahnya untuk mengkhususkan diri dengan membuka bisnis cuci sepatu atau laundry sepatu. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara merintis bisnis cuci sepatu? Sebenarnya untuk membuka jasa pencucian sepatu tidak jauh berbeda dengan jasa pencucian pakaian. Namun untuk lebih jelasnya, simak beberapa informasi di bawah ini.

Baca juga: 5 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

 

Persiapan Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Meskipun jasa pencucian sepatu hampir sama dengan jasa pencucian pakaian, namun ada beberapa hal berbeda, seperti jenis mesin cuci yang digunakan serta detergennya. Untuk uraian rinciannya, langsung saja simak kiat sukses merintis bisnis pencucian sepatu berikut ini:

1. Menganalisis prospek bisnis

Sebelum memutuskan untuk merintis bisnis jasa pencucian sepatu, sebaiknya terlebih dahulu Anda melakukan analisis sederhana untuk mencari tahu apakah bisnis tersebut saat ini memiliki prospek yang bagus di daerah Anda. Memang untuk mendapatkan data yang akurat, analisis prospek bisnis biasanya dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengumpulan data, melakukan survei di lapangan, dan pengumpulan data dengan metode lainnya.

Namun sebagai pebisnis pemula dengan kemampuan dan modal yang mungkin terbatas, maka cara termudah yang dapat Anda dilakukan adalah dengan pengamatan dan observasi secara langsung di sekitar tempat tinggal Anda. Pelanggan laundry sepatu biasanya para siswa, mahasiswa, pekerja kantoran, serta profesi lainnya yang intens menggunakan sepatu. Jika jumlah mereka cukup banyak di wilayah tempat tinggal Anda, maka Anda bisa menarik kesimpulan bahwa bisnis jasa cuci sepatu cukup potensial.

2. Persiapan perlengkapan usaha

Jika Anda sudah melakukan analisis prospek bisnis pencucian sepatu di lingkungan tempat tinggal Anda, dan peluang usaha tersebut cukup bagus untuk dirintis, maka tahap berikutnya adalah persiapan. Anda perlu mempersiapkan tempat usaha, peralatan, dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Sebagai permulaan, untuk tempat usaha Anda bisa memanfaatkan bagian dari rumah Anda sendiri. Luas tempat usaha yang dibutuhkan mencakup tempat untuk mesin cuci, tempat penjemuran atau pengeringan, tempat rak atau lemari sepatu, serta tempat untuk menyimpan perlengkapan usaha seperti detergen, pewangi, dan lainnya.

3.Menentukan pembelian mesin cuci

Mesin cuci yang diperlukan untuk mencuci sepatu adalah mesin cuci khusus yaitu shoes laundry machine yang berbeda dengan mesin cuci pakaian pada umumnya. Harga sebuah mesin cuci sepatu cukup bervariasi, mulai dari 2 juta hingga di atas 5 juta, tergantung fitur dan kapasitasnya. Sebaiknya Anda membeli mesin cuci sepatu yang memiliki fasilitas dryer atau pengering sehingga proses penyelesaian pekerjaan menjadi lebih cepat.

4. Mempersiapkan peralatan dan perlengkapan cuci sepatu

Perlengkapan lainnya yang harus disiapkan untuk menjalankan bisnis cuci sepatu adalah detergen dan pewangi. Dalam mencuci sepatu, ada tiga macam cara pengerjaan yaitu proses wet clean, dry clean, dan wet & dry. Dalam proses wet clean atau pencucian basah, dibutuhkan beberapa bahan kimia seperti anti bacterial ls, surfaktan e ls, cleaner o ls, neutralizer s ls, solvent perfume, dan water (kimia ttama).

Sementara pada proses dry clean atau pembersihan kering, bahan-bahan kimia yang diperlukan adalah shoes sceaner (kimia utama), anti bacterial ls, neutralizer s ls, dan solvent perfume. Sedangkan untuk proses wet & dry membutuhkan peralatan berupa sikat halus, sikat kasar, kuas, kain microfiber, penghapus karet, suede sponge, serta botol semprot.

 

Tips Membersihkan Noda Sepatu

Biasanya ada beberapa sepatu konsumen yang terkena noda bandel sehingga tidak bisa dibersihkan dengan detergen biasa. Maka diperlukan bahan cairan kimia untuk mengembalikan warna sepatu dan kilapnya. Anda sebagai calon pebisnis laundry sepatu perlu belajar untuk membersihkan sepatu dengan peralatan ekstra. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Proses yang pertama adalah Chemicals Identification, yaitu Anda harus bisa mengenali jenis media atau bagian bahan sepatu yang akan dibersihkan. Penggunaan bahan kimia yang kurang tepat justru akan membuat warna atau bahan sepatu menjadi rusak. Jika masih belum berpengalaman, maka Anda bisa melakukan uji coba dengan menggunakan bantuan cotton bud terlebih dahulu. Jika aman atau tidak terjadi reaksi yang merusak warna atau bahan sepatu, maka Anda bisa melanjutkan penggunaan secara bertahap.
  2. Proses kedua adalah Tools Identification, yaitu mengidentifikasi jenis peralatan apa saja yang paling cocok digunakan untuk membersihkan bahan sepatu. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan sikat kasar pada permukaan sepatu yang berbulu, dan lain sebagainya. Pada tahap tools identification, Anda harus cermat dalam menentukan media sepatu apa yang dapat menggunakan golongan sikat.
  3. Proses ketiga adalah proses utama atau main process yang berupa dry clean method, wet clean method, dan wet & dry method.

Baca juga: Cara Meningkatkan Omzet Penjualan Produk

 

Bisnis cuci sepatu ini termasuk salah satu bisnis yang long term. Artinya, bisnis ini tidak akan pernah mati selama kebutuhan orang terhadap sepatu semakin meningkat. Bagaimana, Anda tertarik untuk mencobanya?

Penting untuk Anda ingat bahwa, bisnis yang sukses salah satunya dipengaruhi oleh pengelolaan keuangan yang tepat. Untuk itu, gunakan aplikasi akuntansi online untuk manajemen keuangan bisnis Anda dengan lebih mudah, praktis, dan akurat. Daftar sekarang juga untuk mencoba Jurnal secara GRATIS selama 14 hari.