8 Tips Pertumbuhan Bisnis Jadi Lebih Cepat, Apa Aja? Highlights Penjelasan pertumbuhan bisnis adalah proses peningkatan ukuran, pendapatan, kapasitas produksi, atau pangsa pasar sebuah perusahaan dari waktu ke waktu. Jenis pertumbuhan bisnis meliputi pertumbuhan internal (organik) melalui peningkatan penjualan, dan eksternal melalui merger, akuisisi, atau kemitraan. Contohnya adalah perusahaan makanan yang membuka cabang baru (internal), atau startup teknologi yang mengakuisisi perusahaan lain untuk ekspansi pasar (eksternal). Di era sekarang, pertumbuhan bisnis yang terjadi akhir-akhir ini semakin hari kian melesat. Terutama dalam berbagai sektor, salah satunya sektor teknologi yang memunculkan banyak inovasi. Kebebasan dalam membangun serta menentukan arah bisnis ditambah luasnya area pemasaran membuat orang berbondong-bondong untuk mendirikan kerajaan bisnisnya. Terlebih lagi dengan pertumbuhan ekonomi Dan pada akhirnya persaingan pun semakin hari semakin ketat. Anda bisa saja berjalan, namun yang dibutuhkan saat ini adalah berlari. Dibutuhkan kerja yang lebih untuk membuat pertumbuhan bisnis Anda melaju lebih cepat dibandingkan pesaing. Demi mewujudkan pertumbuhan bisnis itu, sering kali para pebisnis melakukan berbagai strategi untuk membuat bisnisnya semakin tumbuh den berkembang. Maka, apa saja strategi pertumbuhan tentang bisnis yang sebaiknya Anda lakukan? 1. Tentukan Saluran Penjualan Cara pertama untuk menumbuhkan bisnis Anda dengan cepat adalah dengan membangun saluran penjualan. Sebuah bisnis tanpa saluran penjualan tidak akan bekerja dengan maksimal. Saluran penjualan merupakan strategi yang direncanakan dan diuji untuk mengubah prospek bisnis menjadi pelanggan. Secara sederhana, saluran penjualan dapat diartikan sebagai pengalaman mencari tahu bagaimana pelanggan menemukan Anda, mengapa mereka memilih Anda dan mengapa mereka datang kembali. Dengan mengetahui ini, maka pemilik bisnis akan mampu mencari cara agar mereka benar-benar datang dan bertahan untuk menjadi pelanggan. Saluran penjualan haruslah dikonsep dengan cermat sebelum dibuat, sehingga proses yang ada setelahnya dapat berjalan lancar. Baca Juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Penjualan Bisnis Secara Online 2. Strategi Pemasaran yang Tepat Strategi pemasaran merupakan strategi yang dibuat oleh pemilik bisnis untuk meningkatkan nilai produk serta layanan. Di dalam pemasaran, kunci untuk mencapai kesuksesan yang efektif adalah menciptakan, memberikan, dan mengkomunikasikan nilai-nilai yang dipegang konsumen, untuk memuaskan konsumen itu sendiri. Konsep pemasaran sangat berorientasi pada pasar yang didorong oleh konsumen. Di era modern, Anda terdapat banyak saluran yang dapat digunakan untuk mengoptimasi strategi pemasaran yang Anda buat. Melakukan interaksi di media sosial, optimasi mesin penari, menghasilkan konten bermakna serta program loyalitas pelanggan bisa menjadi caranya. Bangun strategi pemasaran yang menarik serta jadikan aksesibel bagi pelanggan yang sudah ada, serta perhatikan bagaimana penjualan akan meroket seiring berjalannya waktu. Baca Juga: 10 Jenis Strategi Pemasaran Efektif di Era Digital 3. Bekerja Sama dengan Investor yang Tepat Kemitraan strategis dengan investor yang tepat dapat benar-benar membuat perbedaan pada sebuah bisnis. Hal ini tidak mengherankan karena investor merupakan pihak yang akan mengiringi jalan bisnis mulai dari memberikan dana, menyokong operasionalisasi hingga mendorong ketika bisnis dalam keadaan menurun. Carilah investor yang dapat melengkapi bisnis Anda dan usulkan peluang yang bisa didapatkan ketika bekerja sama dengan Anda. Startup fintech yang sedang hype, lalu selanjutnya dapat anda jadikan salah satu funnel untuk mencari pendanaan yang tepat 4. Meningkatkan Sumber Daya Manusia Kemampuan yang dimiliki oleh karyawan juga menjadi penentu cepat atau tidaknya bisnis Anda bertumbuh. Sumber daya manusia yang bekerja optimal akan memberikan dampak positif karena merekalah motor penggeraknya. Carilah sumber daya manusia yang mumpuni dan memahami jobdesk dalam spesialisasinya. Berikan pelatihan secara berkala untuk meng-upgrade kemampuan yang mereka miliki. Buat pula program kebersamaan antara pemilik bisnis, manajemen dan karyawan untuk memberikan kesan kekeluargaan dan rasa memiliki di dalam bisnis Anda. Karyawan yang mempunyai rasa memiliki pada perusahaan yang menaunginya akan berusaha untuk bekerja secara optimal. Baca juga: Mengenal Metode Forecasting pada Bisnis 5. Menciptakan Tim yang Solid Cara ini bisa didapatkan dengan melakukan komunikasi yang optimal. Pastikan Anda dan anggota tim memiliki visi serta misi yang sama untuk memajukan bisnis. Berikan anggota tim Anda tugas yang sesuai dengan keahlian masing-masing. Komposisi yang baik bisa membantu para karyawan bekerja dengan tepat dan efektif. 6. Membuka Pasar Baru Jika pasar lokal Anda tidak menunjukkan pertumbuhan yang Anda harapkan, mungkin sudah saatnya untuk membuka pasar baru. Temukan pasar lain di luar pasar Anda saat ini yang kiranya membutuhkan produk serta layanan Anda. Tidak lupa juga untuk selalu melakukan inovasi serta meningkatkan kualitas produk dan layanan. Baca Juga: Strategi Pemasaran Produk ke Luar Negeri untuk Ekspansi Bisnis 7. Berinvestasi untuk Menghasilkan Passive Income Berinvestasi akan memberikan Anda pendapatan tambahan di luar dari operasionalisasi bisnis Anda. Pendapatan pasif akan memberikan kesempatan untuk mengembangkan finansial dan tambahan dana bagi pertumbuhan bisnis. Usahakan untuk terlebih dahulu mencari tahu berbagai pilihan investasi. Pilihlah investasi yang aman dengan manfaat yang lebih. 8. Mengelola Arus Kas Pengelolaan arus kas yang baik akan membantu pemilik bisnis agar dapat membuat dan menentukan strategi demi pertumbuhan bisnis. Namun, jika pengelolaan arus kas kurang baik, bukan hanya tidak dapat menentukan strategi bisnis, tapi juga dapat membuat bisnis mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Karena arus kas lah yang memuat berbagai transaksi dan keuangan yang menunjukkan naik turunnya suatu bisnis. Pakai Mekari Jurnal untul Kelola Arus Kas Bisnis Anda Berbicara tentang arus kas, maka ada baiknya bisnis Anda untuk melakukan pengelolaannya secara otomatis melalui software akuntasi online. Salah satu aplikasi yang dapat Anda pakai untuk membantu pengelolaan arus kas adalah software akuntansi online Mekari Jurnal. Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online nomor satu di Indonesia yang sudah banyak digunakan oleh berbagai bentuk usaha atau bisnis. Dengan Mekari Jurnal, laporan keuangan seperti laporan arus kas, laporan laba rugi, dan Laporan lainnya dikelola secara otomatis dan Anda bisa melihatnya secara Real-Time kapanpun di manapun. Bahkan seluruh data-data bisnis Anda tersimpan dengan aman di cloud yang sudah disediakan oleh software akuntansi terbaik milik Mekari Jurnal. Daftarkan sekarang dan dapatkan percobaan gratis selama 14 hari. Info selengkapnya bisa Anda simak selengkapnya melalui website dan media sosial kami.