Rekomendasi Aplikasi AI Chatbots Terbaik Untuk Bisnis Highlights Teknologi AI chatbot mampu mengintegrasikan dua inovasi terkini untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis, alami, dan cepat Dukungan AI chatbot membantu bisnis yang berorientasi langsung kepada pelanggan (B2C) untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan konversi penjualan secara signifikan Inovasi ini meningkatkan efisiensi layanan pelanggan sekaligus mengurangi beban operasional AI Chatbot merupakan sebuah robot pintar yang dikembangkan oleh manusia untuk dapat merespon berbagai menjawab berbagai pertanyaan umum (FAQ) secara otomatis dan alami. Berbasis Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP), AI Chatbot juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan analisis mendalam dengan mempelajari data-data yang tersimpan setiap harinya. Dengan canggihnya teknologi ini, maka tidak salah jika dapat mengisi berbagai celah dalam tatanan bisnis dan alur sistem kerja perusahaan. Berikut ulasan lengkap penerapan AI dalam dunia bisnis khususnya chatbots dan rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang berbagai pengelolaan sektor bisnis. Apa Itu AI Chatbot? Sebelum memahami mengenai AI Chatbot, pahami terlebih dahulu mengenai AI dan Chatbots secara sederhana. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang berfungsi memberikan layanan secara otomatis untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Sedangkan AI yaitu sebuah inovasi teknologi berbasis kecerdasan buatan yang memiliki tujuan untuk membantu tugas-tugas manusia sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa AI Chatbot merupakan program kecerdasan buatan yang membantu tugas manusia sehari-hari untuk dapat menjawab dan melayani pertanyaan pelanggan dan belajar Menurut IBM, AI Chatbots merupakan sebuah pemrograman komputer yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Natural Language Processing (NLP) untuk memahami pertanyaan yang pelanggan tanyakan dan memberikan tanggapan yang natural seperti percakapan manusia pada umumnya. Baca Juga: Perbedaan CRM dan ERP: Kegunaan, dan Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda Manfaat AI Chatbots Bagi Bisnis AI Chatbots bekerja melalui algoritme canggih yang dirancang untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan secara alami. Mengutip dari Zendesk Customer Experience Trends Report 2020, menyebutkan bahwa hampir 60% konsumen merasa waktu tunggu merupakan bagian yang frustrasi dari pengalaman layanan pelanggan. Adapun manfaat dalam menerapkan AI Chatbots dalam sektor bisnis Anda adalah sebagai berikut: 1. Menjawab FAQ Fungsi yang paling umum dapat penerapan AI Chatbots adalah memudahkan perusahaan dalam membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang bersifat teknis dan umum. Maksud teknis adalah ketika pertanyaan tersebut sebenarnya sudah dijelaskan pada buku panduan atau instruksi, namun pelanggan masih belum dapat menafsirkannya dengan benar. Fungsi ini dapat memudahkan perusahaan karena pekerjaan sama yang dilakukan secara terus menerus sudah teratasi melalui AI Chatbots. 2. Customer Engagement Melalui AI Chatbot, Anda juga dapat ikut terlibat dengan para pengunjung yang ingin membeli produk Anda. Ini dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi yang interaktif dalam setiap interaksi yang terjadi, seperti mengirim ucapan selamat datang, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan produk dan promo yang menarik. Baca Juga: Peran Customer Relationship Management (CRM) dalam Bisnis 3. Marketing Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menerapkan AI Chatbots juga membantu dalam mengefisiensikan kampanye pemasaran melalui percakapan dengan pelanggan. Penawaran diskon menarik, bundling price, bonus item, dan sebagainya. Ini akan membantu meningkatkan peluang dari produk-produk yang sudah tersimpan di dalam keranjang pelanggan yang dikonversikan setelah melakukan check-out. Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan AI Chatbots Tidak semua bidang pekerjaan dapat menerapkannya pada prosedur melayani pelanggan. Jika menerapkan secara terpaksa maka penggunaan chatbot akan tidak efektif dan efisien. AI Chatbots biasanya cocok diterapkan pada jenis bisnis yang kliennya langsung masyarakat itu sendiri (B2C) walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan pada perusahaan B2B (Business to Business). Biasanya pelanggan B2C memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup umum dan tak terhitung jumlahnya, sehingga teknologi ini masuk dan menjadi solusi untuk mengatasinya. Beberapa jenis usaha yang cocok menggunakan AI Chatbots, antara lain: Sektor e-Commerce. Perbankan. Industri Kesehatan. Usaha Sektor Turis dan Pariwisata. Real Estate atau Properti. Pelayanan Jasa. Perhotelan. Pendidikan seperti online learning. Industri trading dan distribusi SDM dan HR Rekomendasi Aplikasi AI Chatbots Berikut beberapa aplikasi AI Chatbots yang bisa Anda gunakan: 1. Drift Cocok untuk: Perusahaan B2B Aplikasi AI Chatbots yang pertama yaitu Drift dapat membantu perusahaan B2B untuk memulai percakapan dengan pebisnis lain serta menjawab pertanyaan dengan alami. Melalui Drift, Anda dapat mengumpulkan data penting untuk mempelajarinya lebih lanjut dan menganalisinya, seperti pola kebiasaan dan menemukan target pembeli yang lebih berkualitas. Drift juga memiliki fitur yang dapat mengatur pertemuan dengan klien dan terintegrasi dengan berbagai platform untuk keperluan bisnis seperti Google Analytics, MailChimp, dan Zapier. 2. Tidio Cocok untuk: E-Commerce Tidio telah menerapkan teknologi AI berbasis Deep Learning sehingga data-data yang masuk akan membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dan konversi penjualan. Beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan, antara lain: Natural Language Processing (NLP). Template percakapan yang natural. Sistem drag-and-drop permudah penempatan template percakapan. Terintegrasi dengan berbagai tools digital seperti MailChimp, Zapier, dll. 3. Mobile Monkey Cocok untuk: Manajemen Media Sosial Mobile Monkey merupakan sebuah aplikasi AI Chatbots yang berfokus dalam memberikan bantuan layanan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola berbagai layanan dari berbagai channel dan mengelolanya dalam satu tempat. Baca Juga: Sistem CRM Omnichannel dan Call Center Mekari Qontak 4. Paradox Cocok untuk: Rekrutmen dan HR Paradox membantu tim HR atau recruiter untuk menyediakan sebuah layanan chatbot AI yang dapat membentuk percakapan antar manusia secara lebih natural. Melalui Paradox, sistem perekrutan suatu perusahaan akan semakin efisien karena membantu merampingkan alur perekrutan, menyaring CV/ Resume, mengatur jadwal interview, dan menjawab pertanyaan seputar alur rekrutmen. 5. Kasisto Cocok untuk: Sektor Perbankan Aplikasi AI Chatbots berikut cocok untuk pekerjaan pada sektor perbankan karena melalui AI, sistem memiliki keahlian dan pengetahuan pada bidang keuangan. Hal ini memberikan fitur Kasisto untuk dapat menganalisis aktivitas suatu akun dan membuat journey knowledge-nya. Kasisto juga berfungsi sebagai asisten virtual untuk pelanggan pada sektor perbankan dengan memberikan rekomendasi pertanyaan yang tepat dan sistem FAQ dengan pertanyaan umum yang lengkap. Baca Juga: 18 Cara Jaga Loyalitas & Kepuasan Pelanggan Kelebihan dan Kekurangan dari AI Chatbots Di balik semakin canggihnya teknologi AI khususnya Chatbots, terdapat beberapa kelebih dan kekurangan yang sama-sama akan Anda rasakan dalam penerapannya. Berikut di antaranya: Kelebihan: Meningkatkan konversi dari sisi KPI pemasaran maupun penjualan. Menghasilkan dan menemukan calon pembeli yang berkualitas. Alur customer journey yang terstruktur secara otomatis berdasarkan data yang didapatkan. Membantu proses pekerjaan manusia pada pekerjaannya yang konsisten dan terus-menerus. Menghemat biaya operasional, tenaga, dan waktu. Mengefisiensikan layanan pelanggan perusahaan. Meningkatkan customer experience dan membangun loyalitas pengguna. Kekurangan: Tidak dapat merasakan psikologi dan emosi manusia ketika melakukan perbincangan. Teknologi yang semakin kompleks membutuhkan modal awal yang tinggi. Penerapan AI Chatbots yang hanya spesifik pada suatu bidang atau sektor saja. Tidak selalu memberikan solusi yang akurat. Membutuhkan perawatan dan optimasi yang rutin. Kesimpulan AI Chatbots menawarkan fitur yang lengkap serta canggih untuk pengalaman interaksi antar perusahaan dengan pengguna. Melalui teknologi terbarukan ini, perusahaan Anda tidak akan tertinggal lagi dengan kompetitor untuk mencapai target penjualan dan profit yang sudah direncanakan. Melalui adanya kecerdasan buatan, perusahaan dapat menyederhanakan proses analisis, mempercepat pengambilan keputusan, dan menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih intuitif. Selain adopsi AI chatbot yang penting untuk meningkatkan pengalaman belanja dan kepuasan pelanggan, implementasi AI chatbot untuk kebutuhan bisnis juga patut diperhitungkan, khususnya dalam konteks akuntansi dan keuangan. Dalam konteks pengelolaan keuangan, Mekari Jurnal ERP kini menghadirkan Universal Airene yang berfungsi sebagai asisten digital berbasis AI untuk membantu pengguna menavigasi dan memahami data keuangan secara lebih mudah, cepat, dan akurat. Mekari Jurnal merupakan ERP modular berbasis cloud yang scalable, di mana dapat menyesuaikan fitur yang relevan terhadap kebutuhan bisnis yang sedang dirasakan. Dengan teknologi analitik berbasis deep learning dan natural language processing, Universal Airene dapat: Menganalisis laporan laba rugi dan arus kas secara otomatis dan real-time, yang dapat memberikan wawasan bisnis yang relevan Menemukan tren dan anomali keuangan sebagai dasar untuk rekomendasi strategis Menyajikan hasil analisis kompleks yang mudah dipahami dan interaktif Menjadi asisten AI chatbot yang dapat menjawab pertanyaan terkait performa keuangan secara kontekstual Teknologi ini memungkinkan setiap pemilik bisnis untuk memahami kondisi finansialnya secara menyeluruh tanpa perlu membuka banyak laporan atau bergantung pada staf teknis. Maka dari itu, gunakan Mekari Jurnal sekarang juga untuk mendukung operasional dan produktivitas perusahaan Anda agar lebih tepat dan akurat! Masih banyak fitur-fitur unggulan lainnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan pertumbuhan bisnis Anda. Apabila tertarik dengan fitur ini atau terdapat pertanyaan lebih lanjut, segera hubungi tim kami melalui WA dengan klik tombol di bawah ini. Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang! Dapatkan penawaran menarik lainnya dan uji coba gratis selama 7 hari! Semoga artikel ini bermanfaat! Referensi: Shopify, “10 Best AI Chatbots for Business”. Cybernews, “Best AI chatbots for businesses 2025”. Kategori : Technology Artikel Sebelumnya Artikel Selanjutnya Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal Facebook Instagram LinkedIn YouTube Dapatkan kurasi newsletter terkait pembukuan dan Akuntansi Subscribe Bagikan artikelWhatsAppLinkedinFacebook
Rekomendasi Aplikasi AI Chatbots Terbaik Untuk Bisnis Highlights Teknologi AI chatbot mampu mengintegrasikan dua inovasi terkini untuk menjawab pertanyaan pelanggan secara otomatis, alami, dan cepat Dukungan AI chatbot membantu bisnis yang berorientasi langsung kepada pelanggan (B2C) untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan konversi penjualan secara signifikan Inovasi ini meningkatkan efisiensi layanan pelanggan sekaligus mengurangi beban operasional AI Chatbot merupakan sebuah robot pintar yang dikembangkan oleh manusia untuk dapat merespon berbagai menjawab berbagai pertanyaan umum (FAQ) secara otomatis dan alami. Berbasis Deep Learning dan Natural Language Processing (NLP), AI Chatbot juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan analisis mendalam dengan mempelajari data-data yang tersimpan setiap harinya. Dengan canggihnya teknologi ini, maka tidak salah jika dapat mengisi berbagai celah dalam tatanan bisnis dan alur sistem kerja perusahaan. Berikut ulasan lengkap penerapan AI dalam dunia bisnis khususnya chatbots dan rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang berbagai pengelolaan sektor bisnis. Apa Itu AI Chatbot? Sebelum memahami mengenai AI Chatbot, pahami terlebih dahulu mengenai AI dan Chatbots secara sederhana. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang berfungsi memberikan layanan secara otomatis untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Sedangkan AI yaitu sebuah inovasi teknologi berbasis kecerdasan buatan yang memiliki tujuan untuk membantu tugas-tugas manusia sehari-hari. Sehingga dapat disimpulkan bahwa AI Chatbot merupakan program kecerdasan buatan yang membantu tugas manusia sehari-hari untuk dapat menjawab dan melayani pertanyaan pelanggan dan belajar Menurut IBM, AI Chatbots merupakan sebuah pemrograman komputer yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Natural Language Processing (NLP) untuk memahami pertanyaan yang pelanggan tanyakan dan memberikan tanggapan yang natural seperti percakapan manusia pada umumnya. Baca Juga: Perbedaan CRM dan ERP: Kegunaan, dan Pilihan Terbaik untuk Bisnis Anda Manfaat AI Chatbots Bagi Bisnis AI Chatbots bekerja melalui algoritme canggih yang dirancang untuk dapat berinteraksi dengan pelanggan secara alami. Mengutip dari Zendesk Customer Experience Trends Report 2020, menyebutkan bahwa hampir 60% konsumen merasa waktu tunggu merupakan bagian yang frustrasi dari pengalaman layanan pelanggan. Adapun manfaat dalam menerapkan AI Chatbots dalam sektor bisnis Anda adalah sebagai berikut: 1. Menjawab FAQ Fungsi yang paling umum dapat penerapan AI Chatbots adalah memudahkan perusahaan dalam membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang bersifat teknis dan umum. Maksud teknis adalah ketika pertanyaan tersebut sebenarnya sudah dijelaskan pada buku panduan atau instruksi, namun pelanggan masih belum dapat menafsirkannya dengan benar. Fungsi ini dapat memudahkan perusahaan karena pekerjaan sama yang dilakukan secara terus menerus sudah teratasi melalui AI Chatbots. 2. Customer Engagement Melalui AI Chatbot, Anda juga dapat ikut terlibat dengan para pengunjung yang ingin membeli produk Anda. Ini dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi yang interaktif dalam setiap interaksi yang terjadi, seperti mengirim ucapan selamat datang, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan produk dan promo yang menarik. Baca Juga: Peran Customer Relationship Management (CRM) dalam Bisnis 3. Marketing Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menerapkan AI Chatbots juga membantu dalam mengefisiensikan kampanye pemasaran melalui percakapan dengan pelanggan. Penawaran diskon menarik, bundling price, bonus item, dan sebagainya. Ini akan membantu meningkatkan peluang dari produk-produk yang sudah tersimpan di dalam keranjang pelanggan yang dikonversikan setelah melakukan check-out. Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan AI Chatbots Tidak semua bidang pekerjaan dapat menerapkannya pada prosedur melayani pelanggan. Jika menerapkan secara terpaksa maka penggunaan chatbot akan tidak efektif dan efisien. AI Chatbots biasanya cocok diterapkan pada jenis bisnis yang kliennya langsung masyarakat itu sendiri (B2C) walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan pada perusahaan B2B (Business to Business). Biasanya pelanggan B2C memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup umum dan tak terhitung jumlahnya, sehingga teknologi ini masuk dan menjadi solusi untuk mengatasinya. Beberapa jenis usaha yang cocok menggunakan AI Chatbots, antara lain: Sektor e-Commerce. Perbankan. Industri Kesehatan. Usaha Sektor Turis dan Pariwisata. Real Estate atau Properti. Pelayanan Jasa. Perhotelan. Pendidikan seperti online learning. Industri trading dan distribusi SDM dan HR Rekomendasi Aplikasi AI Chatbots Berikut beberapa aplikasi AI Chatbots yang bisa Anda gunakan: 1. Drift Cocok untuk: Perusahaan B2B Aplikasi AI Chatbots yang pertama yaitu Drift dapat membantu perusahaan B2B untuk memulai percakapan dengan pebisnis lain serta menjawab pertanyaan dengan alami. Melalui Drift, Anda dapat mengumpulkan data penting untuk mempelajarinya lebih lanjut dan menganalisinya, seperti pola kebiasaan dan menemukan target pembeli yang lebih berkualitas. Drift juga memiliki fitur yang dapat mengatur pertemuan dengan klien dan terintegrasi dengan berbagai platform untuk keperluan bisnis seperti Google Analytics, MailChimp, dan Zapier. 2. Tidio Cocok untuk: E-Commerce Tidio telah menerapkan teknologi AI berbasis Deep Learning sehingga data-data yang masuk akan membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dan konversi penjualan. Beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan, antara lain: Natural Language Processing (NLP). Template percakapan yang natural. Sistem drag-and-drop permudah penempatan template percakapan. Terintegrasi dengan berbagai tools digital seperti MailChimp, Zapier, dll. 3. Mobile Monkey Cocok untuk: Manajemen Media Sosial Mobile Monkey merupakan sebuah aplikasi AI Chatbots yang berfokus dalam memberikan bantuan layanan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola berbagai layanan dari berbagai channel dan mengelolanya dalam satu tempat. Baca Juga: Sistem CRM Omnichannel dan Call Center Mekari Qontak 4. Paradox Cocok untuk: Rekrutmen dan HR Paradox membantu tim HR atau recruiter untuk menyediakan sebuah layanan chatbot AI yang dapat membentuk percakapan antar manusia secara lebih natural. Melalui Paradox, sistem perekrutan suatu perusahaan akan semakin efisien karena membantu merampingkan alur perekrutan, menyaring CV/ Resume, mengatur jadwal interview, dan menjawab pertanyaan seputar alur rekrutmen. 5. Kasisto Cocok untuk: Sektor Perbankan Aplikasi AI Chatbots berikut cocok untuk pekerjaan pada sektor perbankan karena melalui AI, sistem memiliki keahlian dan pengetahuan pada bidang keuangan. Hal ini memberikan fitur Kasisto untuk dapat menganalisis aktivitas suatu akun dan membuat journey knowledge-nya. Kasisto juga berfungsi sebagai asisten virtual untuk pelanggan pada sektor perbankan dengan memberikan rekomendasi pertanyaan yang tepat dan sistem FAQ dengan pertanyaan umum yang lengkap. Baca Juga: 18 Cara Jaga Loyalitas & Kepuasan Pelanggan Kelebihan dan Kekurangan dari AI Chatbots Di balik semakin canggihnya teknologi AI khususnya Chatbots, terdapat beberapa kelebih dan kekurangan yang sama-sama akan Anda rasakan dalam penerapannya. Berikut di antaranya: Kelebihan: Meningkatkan konversi dari sisi KPI pemasaran maupun penjualan. Menghasilkan dan menemukan calon pembeli yang berkualitas. Alur customer journey yang terstruktur secara otomatis berdasarkan data yang didapatkan. Membantu proses pekerjaan manusia pada pekerjaannya yang konsisten dan terus-menerus. Menghemat biaya operasional, tenaga, dan waktu. Mengefisiensikan layanan pelanggan perusahaan. Meningkatkan customer experience dan membangun loyalitas pengguna. Kekurangan: Tidak dapat merasakan psikologi dan emosi manusia ketika melakukan perbincangan. Teknologi yang semakin kompleks membutuhkan modal awal yang tinggi. Penerapan AI Chatbots yang hanya spesifik pada suatu bidang atau sektor saja. Tidak selalu memberikan solusi yang akurat. Membutuhkan perawatan dan optimasi yang rutin. Kesimpulan AI Chatbots menawarkan fitur yang lengkap serta canggih untuk pengalaman interaksi antar perusahaan dengan pengguna. Melalui teknologi terbarukan ini, perusahaan Anda tidak akan tertinggal lagi dengan kompetitor untuk mencapai target penjualan dan profit yang sudah direncanakan. Melalui adanya kecerdasan buatan, perusahaan dapat menyederhanakan proses analisis, mempercepat pengambilan keputusan, dan menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih intuitif. Selain adopsi AI chatbot yang penting untuk meningkatkan pengalaman belanja dan kepuasan pelanggan, implementasi AI chatbot untuk kebutuhan bisnis juga patut diperhitungkan, khususnya dalam konteks akuntansi dan keuangan. Dalam konteks pengelolaan keuangan, Mekari Jurnal ERP kini menghadirkan Universal Airene yang berfungsi sebagai asisten digital berbasis AI untuk membantu pengguna menavigasi dan memahami data keuangan secara lebih mudah, cepat, dan akurat. Mekari Jurnal merupakan ERP modular berbasis cloud yang scalable, di mana dapat menyesuaikan fitur yang relevan terhadap kebutuhan bisnis yang sedang dirasakan. Dengan teknologi analitik berbasis deep learning dan natural language processing, Universal Airene dapat: Menganalisis laporan laba rugi dan arus kas secara otomatis dan real-time, yang dapat memberikan wawasan bisnis yang relevan Menemukan tren dan anomali keuangan sebagai dasar untuk rekomendasi strategis Menyajikan hasil analisis kompleks yang mudah dipahami dan interaktif Menjadi asisten AI chatbot yang dapat menjawab pertanyaan terkait performa keuangan secara kontekstual Teknologi ini memungkinkan setiap pemilik bisnis untuk memahami kondisi finansialnya secara menyeluruh tanpa perlu membuka banyak laporan atau bergantung pada staf teknis. Maka dari itu, gunakan Mekari Jurnal sekarang juga untuk mendukung operasional dan produktivitas perusahaan Anda agar lebih tepat dan akurat! Masih banyak fitur-fitur unggulan lainnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan pertumbuhan bisnis Anda. Apabila tertarik dengan fitur ini atau terdapat pertanyaan lebih lanjut, segera hubungi tim kami melalui WA dengan klik tombol di bawah ini. Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang! Dapatkan penawaran menarik lainnya dan uji coba gratis selama 7 hari! Semoga artikel ini bermanfaat! Referensi: Shopify, “10 Best AI Chatbots for Business”. Cybernews, “Best AI chatbots for businesses 2025”.