Jurnal Enterpreneur

Pentingnya Software Akuntansi untuk Bisnis

Bagi mata awam, akuntansi mungkin terlihat seperti kumpulan penambahan dan pengurangan angka berdasarkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan. Dalam satu sisi, tidak ada yang salah dengan pemikiran tersebut. Tapi, di sisi lain, akuntansi memiliki peran yang jauh lebih penting daripada sekadar melihat pendapatan dan pengeluaran.

Memahami Peran Akuntansi Dalam Bisnis

Akuntansi adalah senjata krusial dalam menentukan kebijakan penting perusahaan. Ekspresi tersebut dinyatakan oleh Profesor Michael A. Roberto, dosen senior akuntansi dan real estate dari Universitas California. Beliau mengatakan bahwa laporan akuntansi dapat memprediksi dan bahkan mencegah kebangkrutan suatu usaha.

Sebagai contoh, ketika firma finansial raksasa Lehman Brothers menyatakan kebangkrutan pada 2008. Hal tersebut seharusnya tidak mengejutkan investor. Laporan keuangan mereka pada tahun 2007 menunjukkan bahwa kewajiban dan hutang Lehman Brothers telah mencapai 97% dari aset yang mereka laporkan.

Mengenai isu tersebut, profesor Roberto mengatakan,

“Logika dasar menyatakan, kalau kamu kehilangan pendapatan dan memiliki hutang yang besarnya mencapai 97% dari aset usahamu, kamu ada dalam masalah besar. Sekurang-kurangnya, hasil akuntansi tersebut menyatakan secara jelas dan keras bahwa perusahaan harus melakukan rekapitulasi, mengurangi hutang, dan memperkuat posisi finansialnya.”

Pada akhirnya, profesor Roberto menyimpulkan, “Terdapat satu pesan yang jelas. Sudah menjadi tugas kita untuk memahami laporan akuntansi dan finansial dari perusahaan yang kita investasikan.”

Akuntansi memang sudah menjadi satu hal wajib bila Anda terjun ke dalam dunia bisnis. Tapi, dalam kenyataannya, tidak semua orang melakukan proses akuntansi dengan baik atau bahkan tidak melakukan akuntansi sama sekali. Alasannya bisa berbagai macam.

Mulai dari menghemat biaya dengan tidak mempekerjakan akuntan, selalu lupa mengumpulkan bukti transaksi, hingga tidak mengerti cara membuat pembukuan.

Untungnya, perkembangan teknologi dapat membantu memecahkan sejumlah permasalahan di atas. Sekarang ini, software akuntansi online sudah tersedia secara luas untuk membantu para pengusaha dalam mengawasi keadaan finansial usaha mereka.

Solusi Keberlangsungan Usaha di Abad-21, Software Akuntansi Online

Apa yang membuat software akuntansi online menjadi hal yang krusial dalam menjalankan bisnis dan usaha di era modern ini? Apa yang membuat mereka begitu berbeda dari pelaksanaan akuntansi secara tradisional? Dan, yang terpenting, bagaimana software akuntansi online dapat membantu Anda dalam menentukan keputusan-keputusan bisnis yang penting. Jawaban dari pertanyaan di atas dapat dirangkum secara singkat ke dalam poin-poin di bawah ini.

1. Kemudahan untuk mengerjakan akuntansi secara pribadi

Tidak sedikit pebisnis yang memutuskan untuk melakukan perhitungan akuntansi usahanya secara pribadi. Hal ini mungkin dilakukan untuk menghindari pengeluaran dari gaji bulanan seorang akuntan. Sayangnya, inisiatif tersebut bisa saja menyebabkan kebingungan bila si pebisnis tidak mengerti akuntansi.

Dalam kasus tersebut, software akuntansi online adalah solusi praktisnya. Dengan tampilan yang ramah terhadap pengguna, software akuntansi online memudahkan pebisnis dalam mengatur arus keuangannya.

Anda tidak perlu takut salah mengkategorikan aset, pengeluaran operasional, ataupun jenis-jenis pemasukan. Setiap perubahan keuangan usaha dapat dikategorikan secara tepat, rapih, dan kronologis.

Tentunya hal ini menjadi penting bila Anda ingin memeriksa situasi bisnis Anda secara mendalam. Bila Anda menawarkan sejumlah jasa ataupun produk, Anda bisa memeriksa produk mana yang paling menghasilkan, paling berkembang pesat, atau apakah produk tersebut malah merugikan Anda.

Kemudahan yang lain adalah kemudahan dalam memeriksa data yang ada. Di sini, Anda tidak perlu lagi membongkar lusinan struk belanja ataupun bukti pembayaran lainnya untuk memeriksa sejarah keuangan usaha. Hanya dalam beberapa detik saja, Anda sudah dapat mengakses sejarah transaksi keuangan dari bulan-bulan lalu.

2. Keamanan oleh sistem

Ketika Anda menyimpan bukti transaksi secara fisik, ada banyak insiden yang mungkin terjadi. Berkas tersebut dapat saja hilang atau rusak karena berbagai alasan. Mulai dari rayap, kopi yang tumpah, tinta yang memudar, hingga terbawa oleh seorang karyawan.

Lain halnya ketika seluruh bukti transaksi perusahaan Anda disimpan secara online oleh pihak ketiga. Mempercayakan data perusahaan pada pihak ketiga mungkin dapat terdengar mengerikan, namun penyedia jasa akuntansi online juga sudah melakukan investasi besar demi keamanan data klien mereka. Beberapa bahkan menyatakan memiliki keamanan yang setara dengan bank.

Selain itu, perhitungan data secara otomatis dalam software akuntansi online juga mengeliminasi kemungkinan human error. Software dapat melakukan perhitungan transaksi harian secara akurat, tanpa perlu mengandalkan seorang akuntan. Anda sepenuhnya aman dari human error yang dapat menimbulkan kerugian atau bahkan kesalahpahaman dengan rekan bisnis.

3. Penghematan biaya dan waktu

Salah satu keuntungan terbesar software akuntansi online adalah dalam faktor penghematan biaya. Untuk usaha kecil dengan budget yang terbatas, mempekerjakan akuntan bisa jadi suatu kemewahan. Bahkan bagi usaha besar, alternatif mengembangkan sistem akuntansi perusahaan sendiri dapat menenggelamkan dana secara cepat.

Di lain sisi, perhitungan secara otomatis juga mempercepat proses akuntansi secara dramatis. Hal ini amat berharga bila Anda memutuskan untuk melakukan akuntansi usaha secara pribadi. Waktu yang dihemat oleh software akuntansi dapat digunakan untuk kegiatan yang lebih penting, seperti perencanaan dan manajerial internal.

4. Tetap 100% efisien seiring dengan perkembangan

Ketika perusahaan berkembang, tentunya jumlah akuntansi yang harus dilakukan juga menjadi semakin banyak dan bahkan menjadi lebih rumit. Untungnya, proses akuntansi yang sudah berkembang secara digital membuat pekerjaan ini menjadi mudah dan lugas.

Melalui software akuntansi online, proses perhitungan finansial perusahaan menjadi pekerjaan yang dapat dilakukan hanya oleh satu orang saja.

5. Keunggulan di atas software akuntansi offline

Ketika membaca beberapa poin di atas, mungkin sempat terpikirkan bahwa software akuntansi offline dapat menjadi alternatif yang lebih baik. Bagaimanapun juga, Anda tidak perlu mempercayakan data Anda pada pihak ketiga dan tidak perlu membayar biaya langganan bulanan.

Di lain sisi, software akuntansi online memungkinkan Anda mengakses data akuntansi secara up-to-date dari perangkat manapun dan kapanpun juga. Selain itu, software akuntansi online juga terus berkembang dalam menghadapi permasalahan terbaru. Anda tidak perlu membeli versi terbaru dari software online, Anda hanya tinggal meng-update software tersebut.

Sebagai tambahan, bila Anda mengalami kesulitan mengoperasikan software. Sudah banyak software akuntansi online yang menyediakan jasa teknisi. Tinggal sampaikan permasalahan yang dialami dan para teknisi yang bekerja secara online akan membantu para pelanggan untuk menyelesaikan permasalahan.

Kesimpulan

Software akuntansi online adalah satu teknologi yang dapat mempermudah pelaku usaha dan bisnis. Tentu saja kemampuan untuk mendata seluruh arus keuangan secara kronologis dengan praktis adalah satu keuntungannya.

Tapi, software akuntansi online dapat memegang peran yang lebih penting. Teknologi ini mengizinkan Anda melihat data akuntansi dengan tampilan yang ramah pengguna untuk menentukan keputusan besar berikutnya.

Bila Anda membuka sebuah kedai kopi, Anda mungkin ingin tahu status sumber penghasilan Anda. Apakah itu dari menjual kopi, makanan sampingan, atau mungkin dari penjualan biji kopi ke rekan bisnis di luar kota. Data akuntansi yang terlampir secara rapih adalah acuan faktual untuk mengambil keputusan dan mempertahankan keberlangsungan bisnis.

Mungkin saja rekan bisnis di luar kota Anda membayar dalam jangka waktu yang terlalu lama. Mungkin terlambatnya pembayaran dari rekan bisnis mempersempit pilihan investasi Anda. Mungkin saja Anda dapat lebih bebas meningkatkan usaha penjualan kopi di kedai bila Anda tidak melakukan penjualan biji kopi. Hal-hal seperti inilah yang dapat terlihat dari data software akuntansi online dan mempermudah Anda dalam mengambil keputusan penting usaha.

Salah satu software akuntansi online yang dapat Anda percaya adalah Jurnal. Jurnal dapat mencatat pengeluaran, stok barang, pendapatan, status transaksi, manajemen aset, bahkan menciptakan neraca keuangan dan membuatkan faktur untuk usaha Anda. Dengan software yang dapat diakses dari berbagai perangkat, berbagai jenis usaha sudah mempercayakan Jurnal sebagai asisten akuntansi usaha mereka.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo