Mekari Jurnal
Daftar Isi
8 min read

Penerapan Sales Funnel Dalam Menunjang Kesuksesan Bisnis

Tayang 29 May 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Teori marketing seperti Sales Funnel dapat membantu setiap pebisnis dalam memahami perjalanan pelanggan.

Mulai dari pertama kali pelanggan mengenal bisnis yang ditawarkan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk menjadi pembeli. Sales funnel merupakan salah satu strategi yang perlu Anda pahami dan terapkan demi meningkatkan penjualan.

Penerapan Sales Funnel memang perlu dilakukan karena berdasarkan penelitian, hanya sebanyak 50% dari pelanggan yang siap untuk membeli suatu produk yang ditawarkan.

Sedangkan pelanggan lainnya memiliki pertimbangan yang lebih banyak sebelum memutuskan untuk menjadi pembeli.

Sebanyak 50% yang masih belum siap membeli itulah yang harus dibantu terlebih dahulu agar mereka memutuskan untuk menjadi pembeli.

Untuk menjaring para pelanggan tersebut, seorang pebisnis perlu menjalin komunikasi yang baik, mengajak pelanggan lebih mengenal usaha atau produk, serta menyampaikan manfaat yang bisa mereka dapatkan sebagai pelanggan.

Meskipun membutuhkan proses yang cukup lama, namun hal ini dapat mengubah pelanggan yang awalnya hanya tertarik dengan produk untuk menjadi seorang pembeli tetap.

Ketahui secara lebih lengkap tentang apa itu Sales Funnel dan bagaimana peran pentingnya untuk menunjang kesuksesan bisnis online Anda melalui Blog by Mekari Jurnal.

Apa Itu Sales Funnel?

Sales funnel adalah sebuah model atau konsep yang digunakan untuk menggambarkan perjalanan proses penjualan dari tahap awal hingga tahap akhir dengan tujuan untuk mengonversi prospek menjadi pelanggan yang aktif.

Sales funnel menggambarkan perjalanan pelanggan dari tahap kesadaran tentang produk atau layanan yang ditawarkan, hingga tahap pembelian atau konversi.

Pahami pengertian sales funnel dan perannya bagi perusahaan

Sales funnel terdiri dari beberapa tahap yang mewakili perjalanan pelanggan, yaitu:

Awareness (Kesadaran)

Tahap ini adalah saat pelanggan potensial pertama kali mengetahui tentang produk atau layanan melalui berbagai saluran pemasaran seperti iklan, media sosial, atau rekomendasi teman.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk menarik perhatian pelanggan potensial dan membangkitkan minat mereka.

Interest (Minat)

Setelah pelanggan potensial menyadari keberadaan produk atau layanan, mereka mulai menunjukkan minat lebih lanjut.

Pada tahap ini, mereka mungkin mencari informasi lebih lanjut, membaca ulasan, atau membandingkan produk dengan pesaing.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk mempertahankan minat pelanggan potensial dan meyakinkan mereka bahwa produk atau layanan yang ditawarkan bernilai dan relevan bagi mereka.

Decision (Keputusan)

Setelah melalui tahap minat, pelanggan potensial mulai mempertimbangkan untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Mereka melakukan penelitian lebih lanjut, membandingkan harga, fitur, dan keuntungan, serta mempertimbangkan faktor-faktor lain sebelum membuat keputusan pembelian.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk membantu pelanggan potensial mengambil keputusan yang menguntungkan, misalnya dengan memberikan informasi tambahan, testimoni pelanggan, atau penawaran khusus.

Action (Aksi)

Tahap ini merupakan puncak dari sales funnel, di mana pelanggan potensial melakukan tindakan pembelian atau konversi menjadi pelanggan aktif.

Mereka melakukan pembayaran, mengisi formulir, atau melakukan tindakan lain yang menandakan komitmen mereka terhadap produk atau layanan yang ditawarkan.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk mengubah prospek menjadi pelanggan aktif.

Retention (Pertahankan)

Setelah pelanggan melakukan pembelian, penting untuk mempertahankan hubungan baik dengan mereka.

Tahap ini melibatkan pelayanan pelanggan yang baik, memberikan nilai tambah, dan menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Tujuan dari tahap ini adalah untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan retensi, dan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian ulang atau merekomendasikan produk atau layanan kepada orang lain.

Sales funnel membantu bisnis dalam mengarahkan upaya pemasaran dan penjualan mereka, serta memahami setiap tahap dalam perjalanan pelanggan.

Dengan memahami sales funnel, bisnis dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan penjualan mereka untuk meningkatkan konversi dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

***

Sales Funnel merupakan cara yang mudah untuk memvisualisasikan perjalanan pelanggan atau yang biasa disebut customer journey, melalui proses penjualan.

Proses perjalanan pelanggan ini biasa terjadi karena para pelanggan menyadari bahwa mereka membutuhkan produk yang ditawarkan sehingga melakukan pembelian.

Pada praktiknya, inti dari proses ini adalah perjalanan mulai dari bagaimana cara pebisnis mengundang branded traffic lalu mendapatkan kontak mereka, mengubah kontak tersebut menjadi prospek bisnis, hingga akhirnya meyakinkan mereka untuk bertransaksi.

Apa Pentingnya Sales Funnel Untuk Perkembangan Bisnis?

Secara umum, Sales Funnel dapat menggambarkan bagaimana setiap penjualan dimulai dengan adanya banyak calon pelanggan, kemudian berakhir dengan lebih sedikit pelanggan yang melakukan pembelian.

Sales Funnel memegang peranan penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis.

Nilai Sales Funnel yang dibangun secara baik dan benar adalah yang memiliki kemampuan untuk:

  1. Menentukan tahapan proses Sales Funnel secara jelas dan konsisten, dan juga mencerminkan perjalanan pelanggan serta dapat mendukung para pelanggan itu di setiap tahapannya.
  2. Melakukan komunikasi secara jelas di seluruh departemen penjualan, pemasaran dan manajemen lainnya menuju satu visi penjualan bersama. Sebagian besar tim Sales Funnel memiliki panggilan harian atau mingguan untuk meninjau seberapa pesat kemajuan mereka.
  3. Meramalkan pendapatan penjualan yang akan datang dengan tingkat akurasi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang dilakukan tanpa tahapan Sales Funnel yang lebih jelas.

Jika berhasil mendapatkan nilai esensi dari keberadaan Sales Funnel pada bisnis, Anda dapat menemukan dan memetakan segala masalah, kebutuhan, dan potensi pada penerapan proses bisnis.

Manfaat Sales Funnel

Tentunya jika perusahaan Anda dapat menerapkan Sales Funnel dengan baik, akan mampu memberikan manfaat dalam perkembangan bisnis. Berikut manfaat Sales Funnel yang dapat bisnis Anda rasakan:

  1. Membantu mengimplementasi strategi bisnis yang tepat dan akurat guna meningkatkan konversi dan pendapatan perusahaan.
  2. Memetakan dan memahami berbagai kebutuhan pelanggan agar dapat menemukan solusi yang tepat melalui produk dan mendistribusikannya melalui strategi pemasaran yang tepat.
  3. Membantu proses penyaringan dalam calon pembeli agar dapat menemukan potential leads yang berkualitas sebagai target penjualan perusahaan.
  4. Membantu dalam membangun dan meningkatkan pengelolaan pelanggan melalui layanan pelanggan yang efektif dan berkualitas.
  5. Meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan dan kepuasan pelanggan.
  6. Berperan besar dalam membangun product knowledge pelanggan, meningkatkan brand awareness, dan memperluas jangkauan perusahaan.

4 Tahapan Sales Funnel Pada Bisnis

Pentingnya Penerapan Sales Funnel untuk Menunjang Kesuksesan Bisnis
Sumber: forbes.com

Ada 4 (empat) tahapan untuk menerapkan Sales Funnel yang efektif bagi perkembangan bisnis, yaitu:

  • Awareness: Membuat target pasar untuk menyadari tentang keberadaan produk Anda.
  • Interest: Membuat target pasar untuk tertarik pada produk yang Anda tawarkan.
  • Decision: Membuat target pasar mengambil keputusan untuk membeli produk Anda.
  • Action: Ketika target pasar memutuskan untuk membeli produk.

Dari pola tahapan yang biasa disebut AIDA itulah kemudian dapat diaplikasikan dalam sebuah strategi penjualan hingga tercipta Sales Funnel yang berbeda-beda untuk setiap produk atau brand.

Contoh Strategi Sales Funnel Untuk Produk

Setelah mengetahui dan memahami tahapan-tahapan tersebut, selanjutnya Anda dapat menerapkan strategi pemasaran Anda sesuai dengan tahapan tersebut.

1. Membuat Materi Konten

Tahap pertama adalah membuat target pasar menyadari tentang keberadaan produk atau brand Anda.

Untuk melakukannya, Anda perlu mengedukasi calon pembeli agar mereka dapat mengatasi masalahnya sendiri melalui sebuah bacaan. Dalam tahapan ini, bacaan yang dimaksud belum berupa promosi atau jualan.

Sebagai contoh, jika target pasar Anda adalah mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, maka Anda dapat membuat materi konten tentang tips menurunkan berat badan, atau pengetahuan tentang pola makanan yang sehat, dan lain sebagainya.

2. Saring Calon Pembeli Dengan Kalimat yang Engaging

Beberapa orang akan tertarik dengan materi bacaan yang Anda sajikan, namun masih belum berniat untuk membeli produk Anda.

Jangan lupa bahwa tujuan Anda membuat konten adalah sebagai bentuk pemasaran produk Anda.

Beberapa orang yang tertarik inilah yang perlu diperhatikan dengan menjalin komunikasi secara lebih intens. Isi dalam tahapan kedua ini tentu lebih mendetail dari bacaan yang Anda sajikan di tahapan pertama.

Sebagai contoh, Anda bisa memberikan free trial atau memberikan diskon untuk menarik perhatian para pelanggan.

3. Penetrasi Produk

Pada tahapan ini, Anda sudah bisa melakukan produk penetrasi. Tawarkan produk lain yang fungsinya sebagai penetrasi, biasanya berupa produk yang harganya jauh lebih murah dari produk utama Anda.

Dalam Sales Funnel ini, fungsi produk penetrasi ini adalah agar pelanggan mendapatkan pengalaman berbisnis dengan Anda.

Ketika mereka sudah pernah merasakan pengalaman tersebut dan menyukai hasilnya, maka penjualan produk utama akan jauh lebih mudah untuk Anda lakukan.

Meski demikian, ada baiknya Anda membuat produk penetrasi ini sebagai sesuatu yang khusus dan penting. Misalnya dengan membuat produk penetrasi tersebut sebagai produk penawaran terbatas.

4. Pengenalan Produk Utama

Ketika ketiga tahapan di atas telah berjalan dengan baik dan lancar serta mendapatkan respon yang baik dari pelanggan, maka langkah selanjutnya adalah menawarkan produk utama.

Di dalam tahapan ini, penjualan akan lebih mudah karena pelanggan sudah memiliki wawasan, serta sudah pernah mencoba produk penetrasi yang Anda tawarkan sebelumnya.

5. Lakukan Evaluasi

Proses untuk mengubah seseorang yang sama sekali tidak mengetahui produk Anda hingga mereka menjadi pembeli tetap memang membutuhkan proses yang bisa memakan waktu lama.

Namun, dengan pendekatan menggunakan strategi Sales Funnel, pelanggan akan merasa memiliki hubungan dengan produk Anda karena prosesnya yang perlahan dan bertahan.

Pelajari bagaimana aplikasi laporan keuangan bisa mempermudah bisnis.

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan baru dengan memanfaatkan strategi ini, Anda masih perlu melakukan evaluasi ulang apakah Sales Funnel yang Anda terapkan sudah benar-benar efektif.

Terkadang Anda juga perlu mengubah beberapa aspek untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Misalnya, apakah jenis bacaan yang Anda sajikan sudah berhasil menggiring calon pelanggan ideal Anda.

Atau apakah waktu pengiriman e-mail marketing Anda sudah tepat atau belum. Beberapa hal tersebut perlu pengujian dan analisis rutin.

Secara sederhana, Sales Funnel berfungsi untuk mengedukasi dan mengarahkan target pasar atau calon pembeli potensial untuk melakukan sebuah action.

Dengan Sales Funnel yang solid, maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan banyak pelanggan.

Tidak hanya mendapatkan banyak pelanggan saja, para pelanggan tersebut bisa tetap setia dengan bisnis online Anda.

Sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Penting untuk diingat bahwa sebuah Sales Funnel yang menarik harus selalu berubah dan beradaptasi dengan produk yang akan dijual.

Mekari Jurnal memiliki sistem pengelolaan yang canggih berbasis teknologi cloud dengan jaminan kemanan data yang tersertifikasi dengan harga yang bersahabat.

Baik, Saya Mau Coba Fitur Laporan Keuangan Mekari Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Mekari Jurnal!

Untuk menunjang kesuksesan bisnis online, jangan lupa untuk menggunakan software akuntansi online yang handal.

Jurnal sebagai aplikasi keuangan perusahaan hadir dan menyediakan fitur-fitur program akuntansi terbaik untuk membantu bisnis Anda dalam mengelola laporan keuangan perusahaan secara lebih mudah dan praktis.

Daftarkan bisnis online Anda sekarang juga!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal