Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Kontrol Manajemen Komponen Produk: Kunci Kesuksesan di Pasar

Tayang 26 Apr 2024
Diperbarui 27 April 2024

Komponen produk merupakan suatu aspek dalam produk yang mampu memberikan nilai jual lebih di mata konsumen.

Oleh karena itu, mengelola komponen produk dapat menjadi suatu alternatif strategi dalam mencapai kesuksesan produk di pasar dan unggul di antara kompetitor lainnya.

Berikut penjelasan secara lebih lengkap mengenai strategi mengendalikan manajemen komponen produk dalam bisnis. Serta hal-hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan.

Apa Itu Komponen Produk?

Komponen dalam sebuah produk mengacu kepada bagian atau elemen-elemen pembentuk sebuah produk secara keseluruhan.

Elemen ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian fisik dan bagian non-fisik. Bagian fisik mencakup materi bahan baku atau komponen elektronik, sedangkan non-fisik mencakup merek, fitur, dan fungsi.

Untuk lebih tepatnya, Anda juga harus memperhatikan dan memahami komponen utama dari sebuah produk. Ada tiga komponen utamanya, yaitu:

1. Visi Produk

Visi produk akan menjadi peta yang akan memandu langkah produk mencapai tujuan utamanya.

Ini merupakan perencanaan jangka panjang dan dapat menjadi sebuah aspek keunikan dan ciri khas dalam sebuah produk dalam memenuhi kebutuhan konsumen.

Melalui visi, produk dapat menjadi harapan dan solusi bagi konsumen dan menjadi panduan dalam menyusun strategi terhadap tim lain dalam mengembangkan produk.

2. Tujuan Produk

Mungkin bagi orang awam akan sulit memahami perbedaan antara visi produk dan tujuan produk. Namun, pada dasarnya tujuan produk lebih menitikberatkan kepada capaian yang lebih terukur dan konkret.

Jika visi berfokus pada impact-nya ke penggunaan konsumen, tujuan berfokus terhadap hasil yang telah tercapai dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Contohnya seperti target penjualan, target pasar, dan pertumbuhan bisnis. Ini akan membantu perusahaan mengukur kinerjanya dan menemukan area yang perlu ditingkatkan.

3. Inisiatif Produk

Nah, selanjutnya yaitu inisiatif produk atau langkah apa saja yang akan dilakukan demi mencapai visi dan tujuan produk yang sudah direncanakan.

Rangkaian proses dalam komponen ini seperti pengembangan produk, ujicoba fitur, survei kepuasan pelanggan, dan strategi penjualan.

manajemen komponen produk

Pentingnya Manajemen Komponen Produk

Mengelola komponen produk memainkan peran besar dalam memastikan terkendalinya elemen dan aspek yang tertanam pada produk.

Inovasi, kualitas, dan konsistensi menjadi beberapa faktor yang perlu Anda kendalikan sehingga produk dapat mencapai keberhasilan di pasar.

1. Rutin Berinovasi

Berinovasi pada komponen produk secara tidak langsung dapat mempertahankan daya saing dan mengikuti perkembangan ekspektasi serta kebutuhan pasar yang sering berubah.

Dari sudut pandang konsumen, mereka tentunya akan terus mencari produk yang lebih baik, efisien, dan fungsional.

Oleh karena itu dengan berinovasi lebih sering, perusahaan dapat menghasilkan fitur baru yang cocok dengan kebutuhan dan kenyamanan pengguna.

2. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas dapat terukir dari aspek fisik maupun non-fisik yang tertanam di dalam produk.

Anda dapat memastikan kualitas mulai dari hulu seperti pemasok dan bahan baku yang tepat, pengelolaan penyimpanan yang baik, hingga ke hilir seperti pengenalan produk dan penetrasi produk ke pasar dengan optimal.

3. Konsistensi Produk

Jika konsumen sudah merasakan bahwa produk yang Anda buat berhasil memenuhi kebutuhan dan kepuasannya, maka secara alami mereka akan kembali ke toko Anda.

Oleh karena itu, mereka akan berharap bahwa produk yang akan tercipta selanjutnya akan memiliki tingkat kualitas yang sama seperti sebelumnya.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mempertahankan konsistensi dengan menyusun standar kualitas untuk produk-produk di masa depan, melakukan uji coba terlebih dahulu, sehingga loyalitas konsumen dapat tetap bertahan.

Dampak dari Manajemen Komponen Produk

Mengelola komponen produk dengan tetap dapat memberikan dampak yang positif terhadap sudut pandang konsumen kepada merek dagang dan perusahaan.

Aspek-aspek dalam bisnis seperti keunggulan kompetitif, kepuasan pelanggan, dan meningkatnya profitabilitas dapat menjadi tolak ukur keberhasilan produk di pasar.

  1. Standar kualitas produk yang baik, mulai dari proses pengelolaan bahan baku, proses produksi, penyimpanan, hingga pengemasan dan pengiriman.
  2. Konsisten sehingga dapat mempertahankan kepuasan dan kepercayaan konsumen.
  3. Memiliki citra merek yang kuat di pasar dan memiliki keunggulan kompetitif.
  4. Mengurangi kerugian finansial akibat pengembalian barang atau barang yang tersimpan terlalu lama di gudang.
  5. Menciptakan pelanggan yang loyal dan meningkatkan retensi pelanggan.
  6. Meningkatkan pendapatan dan rasio profitabilitas perusahaan.

Unsur Utama dalam Manajemen Komponen Produk

Berikut adalah unsur-unsur utama yang melengkapi komponen dalam produk, pahami apa saja sehingga dapat membantu Anda dalam mengelolanya.

1. Kualitas Produk

Unsur utama dalam manajemen komponen produk yang perlu Anda prioritaskan. Ini mencakup aspek-aspek seperti keandalan, daya tahan, kinerja, dan kesesuaian dengan standar tertentu.

2. Fitur

Fitur merupakan fungsi yang dapat ditawarkan oleh produk sehingga dapat digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

3. Desain

Desain dapat menjadi sarana untuk memastikan bahwa produk telah memenuhi standar estetika yang diinginkan pengguna.

Untuk penjelasan lebih lanjut, baca ini: Tips Membuat Desain Kemasan Produk Menarik dan Unik!

4. Merek

Merek dapat menjadi sarana untuk menyampaikan informasi dan mengidentifikasi siapa yang memproduksi produk.

Merek akan mencakup logo, nama produk, nama merek dagang, dan citra secara keseluruhan.

5. Kemasan

Selain desain produk, teknik pengemasan juga mampu meningkatkan estetika produk itu sendiri.

Kemasan juga memiliki manfaat untuk melindungi nilai dan manfaat yang dimiliki oleh produk.

Tips Mengelola Komponen Produk dalam Produksi

Masing-masing perusahaan tentunya memiliki standarnya sendiri dalam mengelola komponen untuk setiap produk yang mereka hasilkan.

Namun, terdapat beberapa langkah yang paling sederhana bagi Anda yang masih dalam tahap pemula dalam mengelola komponen produk untuk bisnis Anda.

Terdapat empat langkah yang paling umum diimplementasikan, yaitu:

1. Tahap Perencanaan

Semua langkah pengelolaan akan dipertimbangkan dan disusun pada tahap ini terlebih dahulu. Beberapa proses akan dilakukan mulai dari mengidentifikasi masalah, potensi dari fitur yang akan dibuat, dan prosedur langkah produksinya.

Dari tahapan ini, manajemen dapat membuat roadmap terkait perencanaan produk, memasukkan visi misi untuk produk, dan membuat jadwal produk sampai tahap peluncuran ke pasar.

2. Pengadaan Bahan Baku

Salah satu yang menjadi komponen dasar dalam produk adalah bahan baku atau material mentah yang menjadi dasar dari sebuah produk.

Oleh karena itu, pengadaan bahan baku akan menjadi prosedur pertama yang perlu dikelola dan dipantau dengan baik, sehingga kualitasnya tetap terjaga dan risiko merusak nilai akhir dari produk terjadi.

Temukan pemasok yang dapat diandalkan, dapatkan negosiasi harga yang tepat, dan pantau proses pendistribusian yang aman dan terjadwal hingga sampai ke rumah produksi bisnis Anda.

Baca Lebih Lanjut: Mengenal Lebih Dekat Mengenai Persediaan Bahan Baku

3. Tahap Pengujian

Masih dalam tahap proses yang berkaitan dengan bahan material, namun mulai masuk ke tahap yang lebih lanjut, mencakup pengujian dan pemprosesan bahan untuk memastikan kualitas dalam keadaan baik.

Langkah-langkah yang dilakukan mencakup pemeriksaan visual, pengujian fungsional, dan pengujian keamanan sesuai dengan standar yang berlaku.

4. Tahap Produksi

Selanjutnya, bahan baku yang sudah melewati identifikasi kualitas dan mencapai standar kualitas akan memasukan tahap perakitan atau produksi.

Pada tahap ini, semua bahan baku yang dikumpulkan akan digabungkan untuk mendapatkan nilai fungsional dan kualitas yang lebih tinggi.

Efisiensi Manajemen Produk dengan Sistem Digital

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa fungsi manajemen produk memainkan peran kunci dalam menciptakan produk yang sukses di pasaran.

Ini dilakukan melalui pengelolaan dan pengendalian komponen yang terdapat di dalam produk melalui beberapa langkah mulai dari pemantauan bahan baku, memahami permintaan pasar, dan kolaborasi antar tim.

Langkah-langkah tersebut mungkin akan mudah Anda kerjakan bila bisnis Anda masih dalam tahap mikro dan kecil. Namun, bagaimana jika produk yang perlu Anda kelola sudah mencakup puluhan dan bervariasi?

Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menunjang pekerjaan Anda dengan fitur manajemen produk yang dapat Anda temukan pada software supply chain management dari Mekari Jurnal.

Beberapa manfaat dapat Anda rasakan, mulai dari:

  • Pelacakan Inventaris: Anda dapat memantau dan melacak barang dalam ruang penyimpanan dengan cepat dan mudah berkat kode barcode dan integrasi dengan database secara realtime.
  • Analisis Performa Produk: Melalui data produk yang terintegrasi dengan dokumen transaksi penjualan yang dibuat.

Masih banyak manfaat yang dapat Anda rasakan lainnya, seperti memantau stok secara efisien dan meningkatkan produktivitas operasional.

Apakah Anda tertarik? Jika tertarik, daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan free trial selama 7 hari kami dengan klik tombol di bawah ini!

Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Business Professor, “Components of a Product (Marketing)”.

Azura, “Anatomy of a Good Product: The Comprehensive Guide”.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal