Daftar Isi
5 min read

Invoice Financing: Cara Kerja dan Keuntungannya untuk Bisnis

Tayang 17 Feb 2023
Diperbarui 01 November 2023

Dengan invoice financing, bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar tanpa harus repot mengajukan dana pinjaman ke bank, sehingga dapat mengembangkan bisnis lewat dana pinjaman yang diberikan, bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut!

Banyak hal yang bisa menjadi penghalang saat Anda menjalankan bisnis, salah satunya yaitu arus kas yang tersendat.

Hal ini biasanya terjadi karena pelanggan butuh waktu untuk melunasi invoice sehingga pemasukan menjadi terhambat dan bisa memberikan dampak terhadap bisnis Anda.

Salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh UKM yaitu invoice financing.

Invoice financing

Apa itu Invoice Financing?

Invoice financing adalah salah satu jenis pembiayaan yang menggunakan faktur yang akan ditagih kepada pelanggan sebagai dasar permintaan pinjaman biaya dari lembaga pembiayaan.

Dana yang Anda terima dari invoice financing ini nantinya bisa Anda gunakan untuk biaya operasional, hingga menjalankan proyek lain selagi menunggu pelanggan melunasi invoice yang belum terbayar.

Seringkali pelanggan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melunasi tagihan invoice yang ditujukan kepada mereka.

Padahal sebagai pemilik bisnis, Anda pasti membutuhkan dana untuk menjalankan bisnis seperti biasa dan melakukan proyek-proyek lain.

Jika Anda menunggu pelanggan untuk melunasi invoice, bisa jadi bisnis Anda terkena dampak negatif dan kondisi finansial akan terpengaruh karena tidak mempunyai dana yang cukup untuk menjalankan operasional.

Dengan menggunakan invoice pelanggan yang belum terbayar sebagai jaminan, Anda sebagai peminjam bisa mendapatkan pinjaman dana untuk menjalankan operasional bisnis.

Cara ini dapat memperlancar cash flow bisnis yang tersendat jika pelanggan belum membayar invoice, dan Anda membutuhkan dana.

Saat ini Anda tidak perlu repot lagi untuk membuat invoice secara manual. Saatnya permudah transaksi bisnis dengan menggunakan software invoice online yang cepat dan mudah.

Kenapa Memilih Invoice Financing?

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus memilih invoice financing sebagai solusi keuangan bisnis Anda.

  • Jauh lebih cepat dibanding jenis pinjaman lainnya, biasanya hanya memakan waktu 2 hari, dan dana akan langsung cair sehingga dana tersebut bisa Anda gunakan sebagai biaya operasional bisnis selagi menunggu pelanggan melunasi invoice.
  • Memperlancar arus keuangan bisnis, Anda tidak perlu pusing memikirkan dana yang dibutuhkan untuk menutup biaya operasional bisnis. Usaha Anda tetap bisa berjalan dengan baik, dan Anda juga bisa menjalankan proyek lain
  • Proses pengajuan pinjaman lebih mudah jika dibandingkan dengan bank, biasanya bank akan meminta agunan berupa aset tetap (fixed asset) berupa tanah atau bangunan, yang tentunya tidak dimiliki oleh semua pemilik bisnis. Kebanyakan UKM biasanya menerbitkan invoice untuk pelanggannya, sehingga hal ini mempermudah para UKM untuk mendapatkan pinjaman dana hanya dengan jaminan invoice.

Cara Kerja Invoice Financing

Untuk melakukan invoice financing, Anda bisa memanfaatkan invoice yang belum terbayar sebagai jaminan untuk mendapatkan dana.

Invoice pelanggan tersebut akan berguna sebagai jaminan Anda saat melakukan pengajuan pinjaman dana kepada pemberi pinjaman (lender).

Pertama tama, Anda perlu mengirimkan berbagai dokumen perusahaan, contohnya seperti NPWP, SIUP, hingga akta perusahaan.

Setelah itu, lender akan meng-analisa data-data tersebut untuk menetapkan apakah bisnis Anda disetujui untuk invoice financing atau tidak.

Jika disetujui, lender biasanya akan menetapkan jumlah limit dan bunga pinjaman, setelah kedua belah pihak mencapai persetujuan, debitur bisa mulai mengajukan pinjaman jika dibutuhkan.

Prosesnya, lender akan melakukan verifikasi invoice terhadap pelanggan, dan bila pelanggan membenarkan invoice tersebut, lender akan mencairkan 70%-80% dari total invoice kepada debitur.

Saat pelanggan dari si debitur sudah melunaskan invoice-nya, debitur bisa melunasi invoice financing kepada lender dengan bunga yang sudah disetujui di awal.

Biasanya, bunga yang dipungut oleh lender berkisar 1-2% per bulan.

Dengan ini bisnis Anda bisa berjalan seperti biasa tanpa harus terkena dampak negatif dari tersendatnya arus keuangan.

Mekari Capital, Solusi Pinjaman Dana atau Modal Bagi UKM

Salah satu penyedia layanan invoice financing adalah Mekari Capital.

Proses yang mudah dan bunga yang rendah membuat Mekari Capital menjadi pilihan yang tepat jika Anda mengajukan dana lewat invoice financing.

Keuntungan mengajukan pendanaan melalui invoice financing Mekari Capital adalah:

  • Pengajuan online yang praktis. Anda tidak perlu lagi datang ke bank, pengajuan dapat dilakukan dari kenyamanan rumah atau tempat Anda sendiri.
  • Pencairan dana instan. Pinjaman dapat langsung dicairkan dan digunakan tanpa harus menunggu persetujuan tambahan.
  • Tanpa jaminan. Analisis kelayakan kredit dapat dilihat langsung dari transaksi melalui Mekari Jurnal.

Layanan ini dapat digunakan bagi Anda yang berlanggakan software akuntansi online Mekari Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa membuat laporan keuangan, invoice elektronik, pengelolaan stok barang, hingga manajemen aset lebih mudah, cepat, dan aman.

Jurnal juga tersedia versi mobile yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja, dan mempermudah Anda dalam mengawasi keuangan bisnis secara online dan real time.

Berikut langkah-langkah mengajukan pinjaman dana melalui fitur invoice financing yang disediakan oleh Mekari Capital: 

1. Login ke akun Jurnal Anda

2. Masuk ke menu “Penjualan” kemudian pilih “Invoice Financing” 

cara mendapatkan invoice financing

3. Klik “Apply Financing” kemudian “+Add Invoice” untuk menambahkan invoice yang akan dijadikan jaminan.

cara kerja invoice financing mekari capital

4. Review detail informasi invoice yang diajukan, dan estimasi pembayaran, jika sudah sesuai klik “Submit”.

mengajukan invoice financing

Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga untuk merasakan kemudahan menggunakan software akuntansi Jurnal dan akses langsung ke pendanaan yang disediakan oleh Mekari Capital.

Kesimpulan

Invoice Financing memang bisa menjadi pilihan yang menarik bagi UKM untuk mendapatkan pinjaman dana secara mudah.

Bila Anda ingin melancarkan arus keuangan bisnis dengan cepat, Anda bisa mencobanya sebagai solusi pendanaan.

Namun, sebagai seorang pemilik bisnis, Anda harus pintar-pintar dalam memilih penyedia invoice financing yang tepercaya.

Kategori : Cost Accounting
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal