Mekari Jurnal
Daftar Isi
10 min read

Goals Sebuah Bisnis tidak perlu Time Limit

Tayang 21 Feb 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Untuk menjawab istilah goals sebuah bisnis tidak perlu time limit, kita harus paham dulu bahwa dalam hidup tentunya kamu memiliki sebuah target dan tujuan untuk menggapai impian. Karenanya setiap orang yang memiliki target tentu memiliki cara dan tahapannya masing-masing. Di era seperti sekarang ada suatu metode yang dapat mempermudah kamu dalam menetapkan target, rencana dan tujuan yaitu metode SMART goals.

Goals Sebuah Bisnis tidak perlu Time Limit

SMART merupakan kependekan dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant dan Timebound. Metode ini muncul pertama kali saat management review di tahun 1981 oleh George T. Doran. Saat ini SMART  digunakan oleh berbagai perusahaan-perusahaan di dunia untuk mencapai goals bisnis mereka. Harapannya dengan menggunakan metode SMART mereka dapat lebih terarah untuk mencapai target yang ingin diraih.

Jadi, bagaimana sih tahapan-tahapan dalam menyusun SMART goals?

Tahapan menyusun SMART goals

Specific

Saat kamu memiliki target ataupun rencana kamu perlu menetapkan target yang spesifik. Buat target secara detail, jelas dan dapat dipaparkan dengan baik. Artinya suatu target yang secara khusus, bukan target yang dapat ditentukan secara umum. Seperti contohnya:

  • Target Umum : Saya harus lebih sering melakukan investasi
  • Target Spesifik : Saya harus melakukan investasi agar memiliki rumah dalam 5 tahun yang akan datang

Measurable (Terukur)

Apabila kamu sudah menentukan tujuan secara spesifik, maka langkah selanjutnya adalah mengukur progress dari tujuan spesifik yang sudah kamu buat. Apakah kita bisa melihat kita semakin dekat dengan tujuan atau tidak. Guna dari adanya Measurable juga untuk melihat dan menentukan langkah selanjutnya dari fakta-fakta yang sudah ada.

Contoh : Saat kamu mempunyai target untuk memiliki rumah dalam waktu 5 tahun, maka kamu perlu menentukan nominal dana yang harus disisihkan setiap bulannya. Apabila target rumahnya seharga Rp 500 juta artinya setiap bulan kamu harus menyisihkan dana ± Rp 8,4 juta untuk mencapai Rp 500 juta. Ini target yang measurable karena kita dapat melihat apakah kita semakin dekat dengan tujuan dana Rp. 500 juta atau tidak dari waktu ke waktu.

Achievable (Dapat Tercapai)

Pada poin ini kamu juga perlu mengetahui bahwa target yang telah kamu tentukan tersebut dapat dicapai (Achievable) artinya target ini tidak boleh terlalu mudah, tetapi juga tidak boleh terlalu sulit.

Dengan adanya Achievable ini, kamu dapat menilai apakah tujuan yang telah kamu buat tersebut dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak, maka kamu bisa menetapkan tujuan lainnya.

Contoh : Kamu melakukan investasi 10% per bulan dari total pendapatanmu, target yang telah kamu buat adalah 20% per bulan. Karenanya, untuk membuat target tersebut lebih Achievable kamu perlu mempertimbangkan dengan baik agar sesuai kemampuan kamu dengan menetapkan targetnya secara bertahap mulai dari 12% pada bulan ini, 14% pada bulan depan dan seterusnya.

Relevant (Sesuai)

Saat kamu membuat target kamu perlu memilih target yang relevan artinya jika target tersebut tercapai, target tersebut tentu akan memiliki  dampak terhadap yang lainnya.

Contoh : kamu ingin memiliki tabungan pendidikan untuk anak nanti, dengan asumsi biaya pendidikan anak yang meningkat 15% per tahun, artinya kamu perlu set tujuan investasi kamu dengan investasi yang dapat memberikan bunga minimal 15% per tahun.

Saat target yang sudah ditetapkan relevan, maka tentu akan menjawab semua pertanyaan yang ada seperti apakah target ini dapat diperjuangkan? Apakah target ini sesuai dengan kebutuhan dan target lainnya? Apakah targetnya sesuai dengan waktu yang tepat?

Timebound (Batas Waktu)

Jika kamu memiliki tujuan tentunya kamu harus menetapkan batas waktu dalam mencapai goals milikmu itu. Batas waktu ini yang realistis diperlukan agar dapat terfokus dan dapat mempersiapkan sumber dana yang diperlukan sedini mungkin.

Tapi bagaimana dengan istilah? Goals sebuah bisnis tidak perlu time limit?

Contoh:  Kamu ingin memiliki portofolio investasi dalam waktu 3 tahun kedepan, maka kamu perlu mempersiapkan dari sekarang hal-hal yang diperlukan untuk mendukung kamu memiliki portofolio tersebut sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Untuk mengoptimasikan tujuanmu 7 hal di bawah ini akan sangat membantumu

  • Memiliki Sikap yang Pemberani.
  • Visualisasikan Tercapainya Tujuan Anda.
  • Miliki Mimpi yang Besar.
  • Tetapkan Tujuan Jangka Panjang.
  • Menjadi Sosok yang Menginspirasi.
  • Lakukan Langkah Kecil Secara Berkelanjutan.
  • Percaya Diri dengan Kemampuan Anda.

Apa Manfaat dari goals

Goals mengarahkan fokus individu pada tugas yang dihadapi secara lebih optimal. Dengan goals juga dapat mendorong kita memiliki kreatifitas untuk membuat strategi-strategi sebagai upaya untuk mencapai goals tersebut, apabila strategi A gagal kita akan cenderung membuat strategi B sebagai upaya selanjutnya.

Upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk tetap fokus mencapai goals yang telah direncanakan?

  • Kontrol sesuatu yang bisa mengganggu.
  • Tetap tenang.
  • Pikirkan tentang tujuan kamu.
  • Membuat keputusan.

Mengapa di dalam hidup kita membutuhkan goals setting?

Dengan melakukan goals-setting, tentu kamu akan akan memiliki tujuan yang lebih jelas, sehingga kamu dapat mengambil keputusan atau beraktivitas sehari-hari dengan arah yang sejalan dengan tujuan tersebut dan tidak lagi bingung.

7 Langkah Untuk Mencapai goals yang Lebih Tinggi

Mencapai goals yang lebih tinggi merupakan impian setiap orang. Seperti yang kita tahu, goals merupakan topik yang menarik untuk dibahas karena selalu berhubungan dengan pertumbuhan, perubahan dan kesusksesan.

goals akan membantu kita agar tetap pada jalur yang seharusnya dan juga memberikan kestabilan secara psikologis. Banyak yang beranggapan kalau goals gagal dicapai karena faktor eksternal (lingkungan, orang sekitar dll). Padahal tidak! Yang membuat seseorang tidak bisa mencapai goals yang lebih tinggi lagi adalah berasal dari ketakutan dan keraguan dari dalam dirinya.

2 hal ini cukup kuat untuk menghalangi kita dalam mengambil sebuah action dan membuat kita tinggal dalam mimpi-mimpi saja. Lalu pertanyaannya sekarang adalah bagaimana caranya mencapai goals yang lebih tinggi?

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk memahami langkah-langkah menuju goals yang sudah Anda tetapkan dari awal. Mari segera kita bahas!

Untuk bisa mencapai pertumbuhan, perubahan yang positif dan sukses, kita harus menjadi orang yang bisa menghargai dan diandalkan. Kita harus menghadapi ketakutan dan keraguan dan ambil tindakan untuk menyelesaikannya. Semakin besar tantangan, semakin tinggi juga pertumbuhan kita, baik secara personal dan professional.

Nah, sekarang kita masuk pada langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai goals yang lebih tinggi.

  • Menganalisis

Cara yang paling baik untuk menentukan apa yang kita inginkan untuk masa depan kita adalah dengan menganalisis sebenarnya dimana posisi kita saat ini. Kita harus belajar untuk memperkirakan apa yang perlu dilakukan. Tujuannya untuk membantu kita mencapai goals selanjutnya.

Tulis di kertas dan mulailah analisis situasi kita saat ini. Tanyakan pada diri sendiri apakah situasi saat ini dan semua yang dilakukan sudah cukup membuat kita puas atau belum. Latihan ini akan membantu kita untuk menentukan secara objektif apa yang harus kita lakukan. Ada saatnya kita harus melakukan eksplorasi, ada saatnya kita mengambil resiko, berubah dan take action.

  • Menentukan

Sebagai manusia, kita terlahir dengan keinginan yang alami untuk mengetahui lebih banyak, berbuat lebih banyak, dan juga mengeksplorasi sesuatu yang asing, yang belum pernah tersentuh dalam kehidupan kita. Semua kebutuhan itu akan menjadi bekal kita dalam mengembangkan diri. Setiap orang memiliki keinginan untuk sukses, ingin menjadi lebih baik dari yang sekarang, dll. Dan untuk mencapai goals yang lebih tinggi, kita perlu menentukan bagaimana caranya agar kita bisa mencapai goals yang telah ditetapkan untuk setiap bagian dalam hidup.

Jika kita tidak menentukan goals, maka kita akan kehilangan arah, komitmen dan fokus untuk mencapai goals. Jadi yang perlu kita ingat adalah tentukan goals, dimatangkan, susun strategi untuk mencapainya, dan kemudian ambil action!

  • Memperkirakan

Salah satu cara untuk menghindari perasaan yang terbebani karena goals yang harus dicapai, kita mengatur mana yang menjadi prioritas. Mulai dari yang urgent sampai ke yang tidak urgent. Semakin kita mengurangi beban pikiran kita, semakin kecil kemungkinan hal-hal negative akan mempengaruhi kita. goals yang urgent perlu mendapat perhatian lebih.

Kita harus mencapai goals ini dulu baru menyelesaikan goals lainnya. Semakin sering kita menemui goals yang urgent dan terus diselesaikan, kita ibaratnya sedang menyicil untuk mencapai goals yang lebih tinggi. Sering kita suka ketakutan lebih dulu karena deadline sudah dekat dan goals belum tercapai. Ini hanya akan membuat Anda stress!

Oleh karena itu, penting untuk memperkirakan waktu, bukan tanggal yang terlalu spesifik untuk mencapai sebuah goals. Kita sadar kalau ketakutan akan gagal itu berlaku, dan ada beberapa hal yang membuat kita tidak bisa mencapai goals karena memang ada kesalahan mekanis.

Tapi kalau kita menggunakan perkiraan waktu, kita membiarkan faktor yang tidak diketahui terjadi, dan itu tidak akan membuat Anda merasa bersalah karena tidak mencapai goals tepat pada tanggal yang sudah ditentukan.

  • Bertanggungjawab

Ketika Anda punya goals, akan terasa kurang kalau tidak didiskusikan dengan orang lain. Untuk itulah sekarang ini kita bisa menggunakan yang namanya mentor atau coach. Ini merupakan sebuah investasi untuk ke depan.

Salah satu hal yang signifikan dari mereka (para mentor atau coach) adalah mereka menjaga kita agar tetap bertanggungjawab. Mereka mengingatkan kita agar tetap konsisten dan fokus dalam mencapai goals.

Dengan mereka, kita bisa berdiskusi, tanya jawab, dan mendapat saran mengenai goals. Pendapat orang lain akan memberikan kita pandangan yang baru mengenai apa yang perlu diprioritaskan, direncanakan, dan goals mana yang siap untuk dilaksanakan.

Waktu kita berada dalam situasi yang sulit, biasanya kita akan panik dan bingung, tapi dengan adanya mentor atau coach, kita bisa lebih bisa belajar untuk mengendalikan emosi dan percaya diri karena mereka akan mensupport kita.

  • Kepuasan

Setiap goals yang dijalankan perlu waktu untuk dicapai. Proses menunggu dan melihat bagaimana goals tercapai itu menantang. Hasil yang diinginkan ditambah dengan kondisi harus menunggu akan menciptakan ketidaksabaran dan bisa  mengarahkan diri kita pada stress dan merasa tidak puas.

Banyak hal dalam hidup yang memerlukan waktu lebih panjang untuk dicapai lebih dari yang kita perkirakan. Sekali goals ditetapkan, kita perlu belajar untuk mengikuti arusnya. Ketika sudah dijalankan, semua sudah tidak lagi di bawah kendali kita.

Cara yang paling efektif untuk melalui proses dan menunggu hasilnya adalah melihat kembali dan fokus pada semua kebaikan dalam hidup kita saat ini dan temukan kepuasan.

  • Belajar

Ketika goals sudah berjalan dan tidak berjalan sesuai dengan apa yang kita harapkan, kita harus membentuk persepsi kalau kita tidaklah kalah, kita belajar dari itu semua. Yang perlu kita lakukan adalah kembali menggambar di atas papan dan memulai proses mengatur goals lagi dari awal.

Kegagalan membantu kita untuk mellihat kembali bagian mana dari proses dalam mencapai goals yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. Lakukan perbaikan, peningkatan dan luncurkan goals lagi.

Ada yang perlu diperhatikan. Mungkin kita akan menemukan kalau sebenarnya salah satu dari goals kita tidak berjalan karena kita tidak berada di jalan yang seharusnya kita ambil alias nyasar.

Kalau bukan berada diarah yang tepat, maka kita perlu mengecek dan menentukan kembali arah kita dengan mengatur goals yang baru.

goals, dengan pendekatan seperti ini dibilang efektif dan sukses karena disamping sebuah goals berjalan atau tidak, prosesnya berakhir dengan win-win bukan win-lose. Ketika kegagalan dijadikan sebagai pengalaman pembelajaran, hal itu akan membantu kita untuk tumbuh dan matang. Nantinya pengalaman itu akan membantu kita untuk mencapai goals yang lebih tinggi dan sukses.

  • Mulai Lagi

Langkah terakhir yang paling penting tapi tidak semua orang ambil ini adalah memulai lagi. Banyak yang sekali gagal mencapai goals, mereka menyerah dan malas untuk memulai lagi dari awal.

Tapi yang perlu diingat adalah kita diberikan pilihan setelah gagal, yaitu mempersiapkan diri lebih baik lagi. Kalau misalkan goals-goals penting kita gatot alias gagal total, kita harus bangkit lagi, menganalisis apa yang gagal, meningkatkan goals dan kembali dijalankan.

Kita tidak boleh hanya fokus pada satu goals yang gagal karena masih banyak goals penting lainnya yang perlu dilaksanakan. Tidak ada yang namanya gagal kalau kita menolak untuk menyerah! Tidak ada akhir dari goals-setting karena kita bisa memulainya lagi dan kita lah yang memilihnya.

Setelah mencapai semua goals, kita harus menentukan goals baru lainnya yang menantang karena akan membawa kita keluar dari zona aman untuk dijelajahi.

Siap Memulai? So, kita sudah berada di penghujung artikel. Apa yang bisa disimpulkan dari artikel kali ini? Pada kenyataannya, untuk mencapai goals yang lebih tinggi itu butuh waktu. Tidak semua yang telah direncanakan akan berjalan sesuai keinginan.

Goals kita adalah bentuk ekspresi dari semua harapan yang kita impikan dalam hidup. Tidak ada hal yang tidak mungkin jika kita yakin bisa untuk mencapainya. Jadi, apakah Anda siap untuk memulainya sekarang juga?

Mencapai goals Bisnis Mudah dengan Jurnal by Mekari

Sangat penting untuk menggunakan aplikasi keuangan online dengan fitur laporan keuangan seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Manfaat juga fitur aplikasi stok barang yang bisa membuat target dan perhitungan bisnis semakin terukur. Free trial Jurnal selama 14 hari.

Selamat mempraktikkan!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal