Daftar Isi

Cara Mengatur Akuntansi Perusahaan di Kala Krisis

Tayang 31 Oct 2022
Diperbarui 19 Okt 2023

Saat masa krisis, beberapa perusahaan akan mengalami kesulitan untuk mengatur sistem akuntansi apalagi banyak pekerja yang melakukan work from home. Hal ini menjadi kendala yang cukup rumit ketika masa work from home dikarenakan komunikasi tidak bisa dilakukan sebebas dan secepat selama masa kerja di kantor. Oleh karena itu, dibutuhkan kerjasama tim yang bagus.

Kendala yang bisa dijumpai lainnya adalah ketika harus mengerjakan hal yang berkaitan dengan proses akuntansi.

Tetapi dengan WFH, menyelesaikan deadline tidak bisa semudah yang biasanya.

Apalagi dengan pandemi yang mewabah saat ini, beberapa deadline dan project pastinya akan tertunda.

Selama krisis, pengelolaan akuntansi perusahaan harus dilakukan dengan cermat dan teliti agar tidak menjadi pekerjaan yang menumpuk.

Berikut adalah beberapa cara mengatur akuntansi perusahaan selama masa krisis:

1. Mempercepat Tutup Buku

Laporan Keuangan: Komponen Penting dan Cara Mengerjakannya

Proses tutup buku tiap perusahaan memang berbeda satu sama lain.

Ketika mendapati cuti lebaran atau masa libur panjang, tidak jarang beberapa perusahaan mempercepat proses tutup buku mereka untuk mempermudah laporan.

Misalnya ketika masa libur atau cuti panjang terjadi pada akhir bulan sekitar tanggal 28 hingga 30 dan laporan harus dikumpulkan setiap tanggal 1, maka tutup buku bisa dilakukan pada tanggal 27 dan pekerja bisa tetap cuti seperti biasa.

Ketika tanggal 1 juga laporan bisa dilakukan dengan tepat waktu.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa artikel yang pernah kami tulis tentang bagaimana cara melakukan tutup buku di akhir periode akuntansi.

Baca Juga: Kelola Bisnis Lebih Optimal Dengan Jurnal Enterprise+

2. Berkoordinasi dengan Divisi Lain Tentang Tanggal Tutup Buku

Bagian produksi, purchasing, dan bagian lainnya harus diberi pemberitahuan tentang proses tutup buku yang dilakukan lebih cepat.

Jadi deadline bisa diselesaikan masing-masing divisi tanpa adanya keterlambatan.

Koordinasi ini penting agar setiap bagian perusahaan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dan laporan juga bisa diselesaikan tanpa terlambat.

Baca juga: 8 Kesalahan Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis

3. Disiplin Menyelesaikan Transaksi Harian

Transaksi harian dalam perusahaan harus diselesaikan dalam waktu harian juga agar tidak menjadi pekerjaan yang menumpuk.

Setiap detail transaksi perusahaan dicatat dan dibukukan hari itu juga agar pada saat tutup buku, laporan lebih mudah dibuat tanpa ada transaksi yang menumpuk atau terlewatkan.

4. Membuat Jadwal Pekerjaan

Buatlah jadwal pekerjaan secara rutin yang berisi deadline pekerjaan yang perlu dikerjakan.

Ini akan sangat bermanfaat jika pekerjaan yang harus diselesaikan ada banyak sekali.

Dengan membuat deadline pekerjaan, Anda bisa membagi pekerjaan Anda menjadi prioritas 1, prioritas 2, dan seterusnya.

Urutkan prioritas tersebut dari yang paling penting hingga yang bisa dikerjakan belakangan sehingga Anda tahu mana yang perlu dikerjakan lebih dahulu sesuai dengan deadline.

Baca Juga: 7 Cara Mengelola Modal Usaha Yang Efektif Bagi Pemula

5. Menggunakan Software Akuntansi

Blog_Jurnal-Cara_Memilih_Software_POS_HEADER

Cara lain yang lebih mudah adalah menggunakan software akuntansi untuk mengatur akuntansi perusahaan.

Software akuntansi perusahaan bisa digunakan kapanpun dan dimanapun sehingga Anda bisa membuat dan menganalisa laporan keuangan tanpa harus dipusingkan dengan catatan data secara manual.

Proses akuntansi pun lebih cepat karena software akuntansi akan secara otomatis mencatat setiap transaksi perusahaan dalam periode tertentu.

Transaksi tersebut akan dengan mudah diolah dan diatur dalam software akuntansi dan ketika tutup buku dilakukan oleh perusahaan.

Salah satu software akuntansi terpercaya yang bisa Anda manfaatkan adalah Mekari Jurnal.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk Mekari Jurnal di website Jurnal atau isi formulir untuk mencoba free trial Mekari Jurnal selama 7 hari secara langsung.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi Dengan Sales Jurnal Sekarang!

Lakukanlah 5 cara di atas untuk membantu Anda menyelesaikan urusan keuangan perusahaan Anda secara berhati-hati dan teliti selama pandemi dan krisis ekonomi.

Kuncinya adalah tetap konsisten dan tenang ketika menghadapi fakta tentang keuangan perusahaan. Apapun yang dialami oleh perusahaan, pastilah awal dari kesuksesan perusahaan Anda.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami