Jurnal Enterpreneur

5 Manfaat Kursus Online Kelola Keuangan bagi Pengusaha

Pengelolaan keuangan menjadi aspek penting dalam mencapai stabilitas bisnis. Proses bisnis seperti analisis laporan keuangan, penganggaran, hingga manajemen risiko, menjadi jantung dari proses pengambilan keputusan, meskipun software keuangan sangat membantu, tetap saja kita harus tahu ilmunya. Namun, tak semua pengusaha memiliki pengetahuan dasar yang cukup dalam mengelola keuangan bisnis dengan baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan sarana kursus online

Kemunculan kursus online gratis dipercaya menawarkan fleksibilitas, aksesibilitas, dan keterjangkauan yang baik, serta manfaat besar bagi pebisnis. Salah satu kursus online yang bermanfaat, khususnya bagi pengusaha dan profesional adalah Mekari University.

Lalu, apa keunggulannya? Mekari University adalah platform kursus online gratis yang menyajikan berbagai pelatihan dan pembelajaran secara sistematis dan komprehensif tentang sejumlah topik yang diperlukan oleh para pengusaha dan profesional.

Di dalam materi kursus online, Mekari University menghadirkan kursus online gratis dalam beberapa topik, antara lain manajemen arus kas, strategi pengelolaan persediaan barang, proses pembukuan akuntansi dan pengelolaan keuangan perusahaan. Untuk kursus yang satu ini, pembelajaran dihadirkan dalam 67 sesi.

Platform Toko Online Shopify Kini Telah Terintegrasi dengan Jurnal

Manfaat Kursus Online bagi Pengusaha

Kursus online diyakini sangat cocok bagi pengusaha yang ingin mempelajari keterampilan baru dan menyempurnakan keterampilan lama, tanpa mengorbankan waktu mereka untuk tetap berkonsentrasi penuh pada bisnis. Jadi, apa saja keuntungan mengikuti kursus pengelolaan keuangan bagi pengusaha? Simak artikel berikut ini.

Belajar Praktis dan Fleksibel

Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis menuntut Anda untuk terus berinovasi. Namun, persoalan utamanya, Anda seringkali disibukkan oleh aktivitas bisnis itu sendiri, sehingga tak memiliki waktu banyak untuk mempelajari hal-hal dasar terkait proses bisnis. Ketika bertanggungjawab atas bisnis, tidak memungkinkan bagi mereka untuk meninggalkan segala proses bisnis sesuka hati demi mengatur pertemuan dengan tutor selama jam kerja.

Dengan kehadiran kursus online, waktu dan tempat yang disisihkan untuk mengikuti kursus pengelolaan keuangan dapat disesuaikan dengan jadwal kerja perusahaan. Belajar kapan dan dimana saja, selama waktu luang. Penyedia kursus pun biasanya memberikan waktu fleksibel ketika ada hal yang ingin ditanyakan atau berdiskusi seputar pembelajaran.

Bahkan jika mengutip dari Home Business, penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran online mencapai hal yang sama dengan offline, yang seringkali lebih baik, mempersingkat setengah waktu yang diperlukan dari belajar secara offline. 

Simak: Daftarkan diri Anda untuk e-Learning manajemen persediaan.

Pendekatan Lebih Personal

Beberapa pengguna mengatakan bahwa kursus online lebih dapat dipersonalisasi daripada kursus tatap muka. Banyak pengusaha dari berbagai sektor di dunia yang menggunakan kursus online untuk mereka dan karyawan perusahaan dalam meningkatkan keterampilan baru termasuk mengelola keuangan. 

Kursus online dapat menjadi sangat spesifik, jadi tak perlu mendengarkan teori lain yang dirasa tidak perlu. Anda dapat memilih kursus pengelolaan keuangan tertentu dan mempelajari apa yang dibutuhkan dengan cepat dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Performa Peserta Dapat Lebih Dimonitor

Pelatihan online memberikan cara terbaik untuk membantu pebisnis mengevaluasi efektivitas pelatihan berjalan. Sebagai pengganti kertas tradisional yang terdiri dari sertifikat dan hasil ujian, kursus online menyediakan metrik terperinci. Dengan demikian, peserta dapat melihat visualisasi data yang membuat proses analisis performa tidak menghabiskan waktu.

Sistem metrik pun memberikan pelaporan analisis otomatis yang memungkinkan peserta mengetahui bagian mana dalam kursus online yang dinilai masih kurang atau justru sangat baik pada bagian lainnya. 

Database Referensi Keuangan dapat Disimpan

Saat ini, kursus online menjadi pilihan bijak bagi para pengusaha dalam memahami tren dan perkembangan pengelolaan keuangan di Indonesia. Dengan kehadiran kursus online, Anda bisa mengakses dan menyimpan modul-modul materi referensi dari platform tersebut secara mudah. Dengan demikian, Anda dapat belajar kapanpun dan dimanapun.

Simak: Daftarkan diri Anda untuk e-Learning manajemen arus kas

Tanpa Biaya Belajar

Program kursus online dapat menjadi pilihan yang lebih terjangkau daripada kursus tradisional, bahkan banyak sekali layanan yang memberikan kursus secara gratis. Menurut The Atlantic, pembelajaran online 40 persen lebih murah dibanding pembelajaran tatap muka secara langsung. 

Biaya yang dihemat pun bertambah dengan tidak adanya biaya perjalanan, tidak adanya peralatan belajar mengajar, dan tidak adanya biaya pembelian buku teks, karena beberapa materi tersedia tanpa biaya dan online. Seperti halnya Mekari University yang menyediakan e-learning dengan sejumlah materi pembelajaran, antara lain terkait manajemen arus kas, pengelolaan inventori, dan administrasi pajak.

Perluas Wawasan Keuangan Bersama Mekari University

Selain aman, Mekari University pun menyediakan banyak sekali pilihan materi kursus online yang dibutuhkan pelaku usaha dan profesional. Berikut beberapa materi kursus online gratis yang tersedia pada platform Mekari University:

Manajemen Arus Kas

Pendalaman bagaimana cash flow di perusahaan dapat berjalan dengan cara terbaik. Pembelajaran yang terdiri atas 34 sesi dihadirkan secara gratis, mulai dari mengatur kas, merencanakan dan menganggarkan arus kas, mengelola, hingga menganalisis arus kas perusahaan.

Simak: Daftarkan diri Anda untuk kursus online administrasi pajak usaha

Manajemen Persediaan: Cara Meminimalkan Biaya

Pahami dan pelajari bagaimana biaya dapat muncul dari proses mengelola stok barang dan tak lupa juga untuk meminimalkan biaya-biaya yang tersebut. Selain biaya, terdapat juga tips untuk mengelola stok barang dengan baik tanpa kesalahan. Pembelajaran terdiri dari 12 sesi yang dihadirkan secara gratis.

Platform kursus online Mekari ini berisikan berisikan tips praktik, studi kasus, kuis dan games menarik, hingga menyajikan rangkaian tes sebelum dan sesudah kursus dilakukan untuk memastikan Anda telah memahami kurikulum yang tersaji.

Tunggu apalagi? Cari tahu dan segera daftarkan diri Anda untuk mengikuti kursus online di Mekari University.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo