Anda memiliki properti komersial yang sempurna, baik dari aspek lokasi strategis dan bentuk properti yang menawan dan hendak untuk disewakan atau di-leasing-kan kepada calon penyewa? Sayangnya, banyak pemilik properti yang melakukan kesalahan dengan mengabaikan penerapan Strategi Leasing.

 

Dalam properti komersial, strategi leasing sangat penting, terutama ketika Anda memiliki beberapa unit properti untuk disewakan dan Anda mencoba untuk menawarkan tarif sewa terbaik terhadap calon penyewa. Tanpa tujuan yang jelas, seperti pendapatan sewa yang diproyeksikan dan taktik untuk mendapatkan calon penyewa, bisnis leasing properti komersial Anda bisa berpotensi gagal. Berikut adalah enam strategi leasing utama yang dapat Anda hindari.

Konsisten Akan Penerapan Term & Conditions

Ketika terjadi kontrak sewa atau leasing antara Anda sebagai pemilik properti dan penyewa, Anda perlu memastikan bahwa persyaratan (Term & Condition) sewa cocok dengan keseluruhan Strategi Leasing dan tujuan investasi jangka panjang untuk properti Anda. Membuat persyaratan sewa yang berbeda-beda kepada tiap calon penyewa dapat secara administratif rumit untuk dikelola. Terutama ketika terjadi negosiasi ulang persyaratan di akhir periode sewa. Pastikan persyaratan sewa secara tetap, tegas, dan konsisten dengan rencana masa depan Anda untuk menghindari kekecewaan yang terjadi ke depannya.

 

Demikian pula persyaratan sewa yang terkesan “longgar” dapat mengakibatkan penyewa mengakhiri kontrak leasing lebih awal. Hal ini akan menghabiskan biaya Anda ketika Anda perlu menyewakan ulang properti. Dengan persyaratan sewa yang kuat dan ketat, Anda dapat memastikan proses kontrak leasing Anda berjalan dengan mulus dan meminimalisir risiko-risiko yang berpotensi timbul.

Hindari untuk Menyewakan Unit Terbaik Terlebih Dahulu

Menawarkan suatu unit properti terbaik yang Anda miliki mungkin akan menjadi opsi yang menarik untuk dieksekusi. Anda mungkin menganggap cara tersebut akan terlihat lebih menguntungkan. Namun perlu diingat, cara tersebut justru bisa melemahkan nilai jual area unit properti lainnya, yang tidak termasuk ke dalam kategori unit properti terbaik Anda.

 

Strategi leasing yang kuat akan mendokumentasikan dan memetakan kelebihan dan kekurangan tiap area unit properti yang Anda miliki dan mengkorelasikannya dengan strategi pemasaran secara tepat.

 

Pemeriksa Kesehatan Finansial Calon Penyewa

Bisnis properti komersial yang sukses salah satunya bergantung pada kondisi arus kas yang sehat. Tetapi jika penyewa memiliki masalah arus kas, dampaknya akan mengalir kepada Anda. Tunggakan sewa dan gagal bayar bisa saja terjadi. Maka bagian penting dari strategi leasing properti komersial yang baik adalah dengan memastikan penyewa memiliki kondisi finansial yang sehat.

 

Investasi Modal yang Tidak Sesuai dengan Timing

Anda harus mempertimbangkan waktu atau timing yang tepat jika Anda hendak berinvestasi melakukan renovasi atau penambahan properti. Penambahan berskala besar atau renovasi pada properti mungkin saja tidak sesuai dengan kebutuhan calon penyewa, sehingga yang terjadi hanya pemborosan belaka. Dengan timing yang tepat, diharapkan nilai investasi yang Anda keluarkan sesuai dengan rencana anggaran dan tentunya meningkatkan laba. Konsultasikan hal ini pada konsultan properti atau real estate ketika Anda ingin mulai mempersiapkan untuk menyewakan properti.

 

Bandingkan Properti Kompetitor

Sangat penting bagi Anda sebagai pemilik properti komersial bersama dengan agen atau konsultan Anda untuk menilai kekuatan dan kelemahan properti yang dimiliki kompetitor Anda. Konsultan Anda dapat membantu Anda melakukan penilaian tersebut pada tahap awal pengembangan strategi leasing. Hal ini akan menentukan Unique Selling Point atau apa yang membuat properti Anda berbeda dengan properti komersial lainnya.

 

Mengabaikan Detail Kecil

Jaga lingkungan properti agar tetap bersih dan rapi, bebas dari sampah dan coret-coretan di tiap sudut dinding atau tembok. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar properti Anda tetap terlihat menarik dan menjaga kepuasan penyewa. Strategi leasing Anda dapat menjabarkan dan memberikan reminder tentang cara menjaga properti khususnya di area yang bersifat umum tetap berada dalam kondisi yang baik.

 

Sangat mudah untuk membuat kesalahan ketika Anda tidak tahu apa yang Anda lakukan. Tetapi dengan strategi leasing properti komersial dibantu dengan konsultan real estate komersial yang kompeten dan profesional, Anda akan menemukan jalan menuju kesuksesan atas bisnis properti komersial Anda

Dengan strategi leasing yang juga ditunjang oleh perencanaan keuangan yang matang, tidak diragukan lagi bisnis properti Anda akan semakin stabil dan profitable. Anda bisa menggunakan Jurnal sebagai instrumen atau perangkat penunjang kebutuhan pencatatan dan pelaporan keuangan dan bahkan penilaian investasi Anda. Jurnal adalah software akuntansi online yang menawarkan fitur-fitur akuntansi secara komprehensif. Dengan Jurnal, Anda bisa melihat Analisis Laporan Keuangan dan me-review keputusan bisnis Anda ke depannya. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Jurnal, silakan klik di sini.

Author