Inul Daratista merupakan seorang seniman sukses yang menjalankan bisnis dalam bidang musik. Berawal dari karirnya menjadi seorang penyanyi dangdut, kini ia memiliki bisnis karaoke yang berkembang pesat dengan banyak cabang di Indonesia. Namun, meskipun terbilang cukup sukses tetapi perjalanan bisnis karaoke Inul tersebut tidaklah selalu berjalan mulus karena ada beberapa hambatan yang muncul. Tetapi Inul tidak patah semangat dan berusaha terus belajar untuk bisa bertahan hingga menjadi sukses. Lalu sebenarnya apa rahasia sukses Inul dalam menjalankan bisnis tersebut? Berikut tips sukses bisnis dalam bidang musik melalui usaha karaoke ala Inul Daratista.

 

Tempat yang Menarik

Ketika Anda ingin sukses bisnis dalam bidang musik, buatlah sebuah tempat yang menarik dan nyaman untuk pelanggan Anda. Apapun bisnis yang Anda jalankan, baik sebuah toko alat musik, tempat kursus, ataupun tempat karaoke, Anda harus mendesain tempat tersebut semenarik dan sebaik mungkin. Semakin menarik sebuah tempat pasti akan semakin banyak pula pengunjungnya. Saat ini banyak sekali orang yang mem-posting tempat yang bagus, oleh karena itu buatlah tempat bisnis Anda yang bagus dengan desain interior yang unik agar mendatangkan banyak pengunjung.

 

Mengetahui Cara Mendatangkan Konsumen

Menurut Inul, lima bulan pertama sebuah bisnis adalah waktu di mana mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya. Di awal bisnis jangan terlalu fokus untuk mencari keuntungan yang besar, tetapi fokuslah untuk mencari konsumen yang banyak. Dari sekian banyak konsumen tersebut bisa menjadi pelanggan setia bisnis Anda dan tentunya bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari pelanggan yang banyak.

Inul mendapatkan banyak konsumen dengan mendatangi setiap cabang bisnis yang dimilikinya. Ia menemui pelanggan dan ikut menikmati karaoke di tempat tersebut. Mungkin Anda bisa menemui pelanggan dan berbincang-bincang dengannya untuk mendatangkan pelanggan seperti yang dilakukan Inul.

 

Menentukan Target

Ketika menjalankan bisnis karaoke, Inul membuat target yang besar untuk setiap tempat bisnisnya. Target tersebut ditentukan berdasarkan banyaknya room atau ruangan yang dimiliki setiap cabangnya. Dengan penentuan target tersebut, setiap cabang bisa berusaha dengan maksimal mengejar target dan menghasilkan keuntungan yang banyak. Meskipun setiap bulannya target tidak selalu terpenuhi, setidaknya bisnis sudah berjalan dengan maksimal dan penghasilan juga bertambah.

 

Memperhatikan Fasilitas untuk Pelanggan

Berikan fasilitas yang terbaik dan ternyaman untuk pelanggan agar mereka betah di tempat Anda. Anda bisa memberikan fasilitas seperti AC pada setiap ruangan atau memberikan sebuah merchandise untuk pembelian dengan harga tertentu. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon pada pelanggan setia yang sering datang ke tempat tersebut. Dengan memberikan fasilitas yang baik kepada pelanggan, mereka akan semakin senang dengan bisnis dalam bidang musik tersebut dan tentunya akan mendatangkan pelanggan baru.

 

Memberi Pelayanan yang Baik

Inul selalu mempekerjakan karyawan berusia muda untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan. Selain lebih tangkas, karyawan muda dinilai cocok dengan bisnis karaoke yang dijalaninya. Karyawan yang lebih muda biasanya lebih semangat dalam bekerja sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal dan tidak akan mengecewakan pelanggan. Oleh karena itu, jika Anda ingin sukses seperti Inul, pilihlah karyawan yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda pilih agar dapat memberi pelayanan yang sesuai dan berikan training yang tepat. Bisnis dengan pelayanan terbaik akan banyak mendatangkan konsumen dan membuat mereka nyaman untuk kembali menggunakan jasa atau layanan bisnis Anda.

 

Mengatur Keuangan dengan Baik

Setiap bisnis pasti mengalami pasang surut penghasilan, demikian juga dengan bisnis di bidang musik. Dengan memiliki banyak cabang, pasti juga menanggung banyak tanggung jawab untuk mengatur keuangan. Pencatatan keuangan dalam hal ini, akuntansi harus berjalan dengan baik, karena tidak mungkin bagi pemilik bisnis untuk selalu berada di setiap tempat pada waktu yang bersamaan untuk melihat kondisi  keuangan bisnis.

Jurnal software akuntansi online dengan fitur mobile nya bisa Anda andalkan untuk hal tersebut. Dengan layanan terintegrasi dari beberapa usaha dan berbagai fitur seperti pembiayaan, Cash Link, laporan, faktur dan pengecekan stok akan membuat bisnis Anda memiliki laporan keuangan yang bisa diperiksa dan dimonitor setiap saat melalui smartphone yang Anda miliki. Segera klik di sini dan dapatkan semua informasi dalam pengelolaan keuangan bisnis di bidang musik Anda  secara tepat dengan Jurnal.

Author