Metode Penetapan Harga Berdasarkan Biaya: Cost-Plus Pricing Method adalah penentuan harga jual dengan cara menambahkan laba yang diharapkan di atas biaya penuh masa yang akan datang untuk memproduksi dan memasarkan produk. Dalam metode ini, penjual atau produsen menetapkan harga jual untuk satu unit barang yang besarnya sama dengan jumlah biaya per unit ditambah dengan suatu jumlah untuk menutup laba yang diinginkan (disebut margin) pada unit tersebut.

 

Dalam pengertian yang lebih ringkas bisa dikatakan bahwa cost-plus pricing method adalah metode penetapan harga jual produk dengan cara menambahkan biaya total produksi dengan nilai marginnya. Adapun formula dari metode cost-plus pricing method adalah sebagai berikut:

 

BIAYA TOTAL + MARGIN = HARGA JUAL

 

Sebagai contoh:

Seorang kontraktor bangunan menghitung-hitung bahwa untuk membangun dan menjual lima buah rumah yang sejenis, akan dikeluarkan sejumlah biaya dengan rincian sebagai berikut:

 

Biaya material: Rp25.000.000

Biaya tenaga kerja: Rp10.000.000

Biaya lain (seperti sewa kantor, penyusutan alat-alat, gaji pimpinan, dsb.): Rp5.000.000

Sehingga jumlah total biaya adalah Rp40.000.000

 

Apabila ia menghendaki laba sebesar 20% dari biaya total, maka:

Harga jual total = biaya total + laba

= Rp40.000.000 + (20% x Rp40.000.000)

=Rp48.000.000

 

Dengan demikian, masing-masing rumah akan dijual seharga Rp9.600.000 didapat dari perhitungan (Rp48.000.000/5) dengan laba sebesar Rp1.600.000  didapat dari perhitungan (Rp8.000.000/5). Jika rumah-rumah tersebut tidak semuanya laku, maka ada kemungkinan laba akan turun, atau bahkan menderita kerugian.

 

Namun perlu diketahui bahwa pada umumnya kontraktor baru melaksanakan pembangunan setelah memperoleh pesanan atau kontrak, jadi barang yang dibuat sebenarnya sudah terjual pada saat kontrak pesanan disetujui. Karena metode penetapan harga cost plus pricing method ini menggunakan faktor biaya sebagai dasar perhitungannya, maka ada baiknya sejak awal usaha, Anda sudah mulai rajin menghitung dan mencatatkan biaya yang diperlukan selama proses produksi.

Jurnal software akuntansi online, memiliki fitur produk penghitungan biaya yang dapat membantu Anda untuk melakukan pencatatan biaya dengan mudah dan mendapatkan analisis penetapan harga dari fitur pembiayaan tersebut. Jurnal juga memiliki integrasi dengan aplikasi Jurnal Snap yang membuat pencatatan biaya Anda akan jauh lebih mudah tanpa risiko lupa karena semua nota maupun bukti pembelian akan secara langsung dapat Anda capture dan simpan untuk digunakan kapanpun Anda membutuhkan data tersebut. Tunggu apa lagi, dapatkan kemudahan untuk mencatat dan mengklasifikasi biaya usaha melalui Jurnal di sini.

Author