Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Cara Menentukan Franchise Fee dan Royalty Fee

Tayang 25 Jan 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Ketahui perbedaan antara franchise fee dan royalty fee serta bagaimana cara menentukan perhitungannya. Simak penjelasannya di Blog Mekari Jurnal!

Bisnis franchise atau waralaba sering kali dijumpai di kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung.

Franchise sendiri merupakan jenis bisnis yang membeli nama maupun sistem dari suatu barang atau jasa yang telah maju.

Pada awal pendirian bisnis franchise, pihak pemilik franchise-lah yang paling diuntungkan.

Meskipun demikian, franchise fee atau royalty fee harus dipenuhi terlebih dahulu oleh calon pemilik sebelum menjual bisnis yang dijalani.

bisnis franchise fee dan royalty apa itu royalti adalah

Apa itu Franchise Fee dan Royalty Fee?

Franchise fee adalah biaya awal yang harus dibayarkan oleh seorang franchisee kepada franchisor sebelum memulai bisnis waralaba.

Sedangkan royalty fee adalah biaya yang harus dibayarkan dalam jangka waktu tertentu yang telah ditetapkan setelah bisnis franchise berjalan.

Sebagai contoh, pembayaran biasa di tanggal 5 setiap bulannya, atau bisa juga 3 bulan sekali setiap tanggal 20 tergantung kesepakatan dari pihak franchisor.

Baca juga: Memahami Seluk Beluk dan Cara Kelola Bisnis Franchise

Perhitungan Franchise Fee dan Royalty Fee

Penentuan franchise fee dan royalty fee sebaiknya dihitung dengan tepat agar Anda sebagai franchisor tidak merasa dirugikan.

Begitu juga sebaliknya, Anda juga tidak boleh terlalu membebani franchisee.

Oleh karena itu, dalam perhitungan franchise fee Anda perlu mempertimbangkan pricing policy atau kebijakan dalam membebankan harga yang akan dijelaskan berikut ini.

Market-Oriented

Untuk perhitungan untuk menetapkan harga franchise fee dan royalty fee pada sebuah bisnis franchise, Anda bisa menggunakan pendekatan market-oriented.

Pendekatan ini dilakukan dengan cara melihat harga yang telah ditetapkan oleh kompetitor bisnis Anda di lapangan.

Sebagai contoh, perusahaan A menetapkan harga 5% dari penjualan kotor dan perusahaan B menetapkan harga 6% dari penjualan kotor.

Maka dengan metode ini, Anda bisa menentukan harga rata-rata dari setiap kompetitor tersebut. Kalaupun tidak ingin repot, Anda juga bisa memilih dari salah satu kompetitor yang ada.

Customer-Oriented

Penentuan harga juga bisa dilakukan dengan metode customer-oriented yang mengacu pada daya beli konsumen.

Dengan cara ini, harga yang ditentukan untuk setiap daerah akan berbeda-beda karena penilaian masyarakatlah yang dijadikan pertimbangan.

Harga lebih mahal untuk daerah yang masyarakatnya berani membayar tinggi.

Sedangkan untuk daerah yang masyarakatnya menuntut harga wajar, maka jangan memberi patokan harga terlalu tinggi.

Sebagai contoh jika bisnis franchise berjalan di Bali dan Jakarta, maka harga yang ditentukan akan lebih mahal untuk bisnis di Bali karena daya bayar masyarakat Bali lebih besar dibandingkan Jakarta.

Cost-Oriented

Perhitungan harga juga bisa ditetapkan berdasarkan biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem bisnis franchise tersebut.

Dengan menggunakan metode ini, Anda harus melakukan perhitungan kualitatif dan kuantitatif yang tepat.

Harga jual yang ditentukan sebaiknya menutup semua biaya produksi maupun operasional dan ditambah dengan keuntungan yang diharapkan.

Kesimpulan 

Anda bisa menentukan franchise fee dan royalty fee pada bisnis franchise menggunakan salah satu dari ketiga cara tersebut.

Kalaupun harga yang dihasilkan tidak tepat, Anda juga bisa menggabungkan beberapa metode tersebut.

Apapun metode yang Anda gunakan dan berapapun harga yang ditetapkan, haruslah pihak franchisee tetap memiliki keuntungan dan bisa mengembalikan modal awal.

Pengelolaan persediaan barang atau produk dengan menggunakan aplikasi stok barang yang baik juga dapat mengurangi beban biaya, karena dapat mengurangi resiko kehilangan barang.

Anda sebagai pemilik sekaligus pemberi franchise juga harus menerima keuntungan yang bisa dijadikan sebagai passive income dalam bisnis tersebut.

Untuk mengembangkan bisnis franchise, Anda pasti melibatkan banyak pihak, karena itulah penghitungan keuangan maupun laporan yang disajikan tidak sederhana.

Untuk menghindari adanya kesalahan penghitungan maupun kerugian yang dapat mengakibatkan hilangnya kepercayaan dari salah satu pihak, maka dibutuhkan sistem pelaporan keuangan yang akurat.

Memilih sistem pelaporan keuangan yang tepat bukanlah hal sulit untuk saat ini. Apalagi dengan teknologi yang semakin maju dan canggih.

Banyak tersedia sistem yang dapat membantu Anda mengelola laporan keuangan perusahaan.

Akan tetapi, permasalahan muncul ketika sistem yang digunakan ini apakah sudah terintegrasi dan aman untuk digunakan.

Oleh karena itu, Jurnal hadir menjawab semua keraguan yang Anda rasakan ketika ingin menggunakan sistem pelaporan keuangan yang aman dan terpercaya.

Jurnal, software akuntansi online akan memberi jangkauan yang luas terhadap berbagai kebutuhan laporan keuangan bisnis Anda.

Dengan Jurnal, Anda juga bisa mengonsultasikan semua masalah keuangan maupun penentuan royalty fee untuk bisnis franchise Anda dengan konsultan ahli keuangan yang telah bekerja sama dengan Jurnal.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir dan resah dengan sistem pelaporan keuangan yang tidak aman karena semuanya langsung otamatis dikelola oleh Jurnal.

Anda hanya tinggal memantaunya melalui gadget kesayangan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kira-kira itulah penjelasan tentang apa itu franchise dan royalti fee, serta metode yang dapat Anda terapkan dalam menentukan fee tersebut.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat. Ikuti media sosial Mekar Jurnali untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal