Niche Market: Solusi Bersaing dengan Bisnis Besar

Proses membangun bisnis tidak pernah lepas dari tantangan, begitu pun dalam binsis online. Mungkin ketika Anda akan memulai bisnis online akan cenderung sulit mendapatkan pembeli dan keuntungan. Hal ini diakibatkan oleh ramainya marketplace yang memicu bisnis-bisnis besar untuk membuat pasar online mereka sendiri.

Tentu saja konsumen akan dengan mudah beralih kepada merek-merek besar dengan produk yang beragam. Akan tetapi, keberadaan toko online dari merek-merek besar ini tidak serta merta menghilangkan harapan bisnis kecil. Masih banyak peluang bisnis online yang mampu menarik konsumen dan mendatangkan keuntungan. Salah satunya dengan mencoba niche market.

Niche market bisa dikatakan sebagai pasar yang menawarkan kebutuhan khusus. Segmen pasar niche market sangat kecil dengan jumlah peminat yang lebih terbatas dan memiliki spesifikasi khusus. Misalnya dalam bisnis pakaian, ada yang memilih untuk menjual pakaian khusus untuk acara kondangan dan bahkan hanya untuk wanita. Tujuan niche market memang untuk menangkap sebagian kecil calon konsumen di pasaran.

Baca juga: 10 Tips untuk Hadapi Persaingan di Dunia Bisnis Online

 

Mengapa Menggunakan Niche Market?

Niche market hanya menjaring sebagian kecil pasar, namun mengapa dipilih sebagai upaya untuk bersaing dalam mendapatkan konsumen? Mark McGuiness, seorang ahli pemasaran, menyatakan bahwa sebuah bisnis tidak mungkin membuat sebuah produk yang bisa melayani semua orang.

Hal ini juga dikuatkan oleh pendapat Emilie Pelletier dalam bukunya “How to Start an Online Business: Create a Business Around Your Lifestyle”, yang menyatakan bahwa dengan Niche Market pemilik bisnis dapat menyelesaikan permasalahan orang-orang dengan kebutuhan khusus secara lebih profesional. Dalam buku tersebut Emilie Pelletier menyebutkan setidaknya ada empat alasan Niche Market efektif untuk bisnis Anda.

  1. Peluang Pendapatan Tinggi
    Tidak semua kebutuhan konsumen dapat dipenuhi oleh bisnis besar. Karena umumnya bisnis besar menawarkan produk yang general. Sedangkan, ada kebutuhan-kebutuhan khusus dari konsumen yang bisa menjadi peluang bisnis. Ceruk ini bila dimanfaatkan akan memberikan peluang pendapatan yang tinggi. Karena masih sedikitnya pesaing di ceruk yang sama.Niche market menawarkan kebutuhan khusus dari konsumen secara lebih profesional. Karena banyak dari konsumen yang lebih memilih produk dengan fungsi yang sedikit namun optimal ketika digunakan. Konsumen dengan kebutuhan tertentu, apabila disediakan produk yang memang menyasar pada minatnya biasanya tidak terlalu peduli dengan harga. Selain itu barang-barang di niche market lebih eksklusif, sehingga harganya bisa lebih tinggi. Dengan ini peluang mendapatkan pendapatan tinggi akan terbuka lebar.
  1. Menikmati Pekerjaan
    Niche market biasanya dipilih karena Anda atau pemilik bisnis ingin mengerjakan apa yang memang disuka dan memiliki passion pada industri tersebut. Motivasi ini yang membuat orang-orang dalam jenis pasar ini lebih menikmati pekerjaan yang dijalani.
  1. Memasarkan Produk dengan Mudah
    Karena menawarkan produk yang fokus pada kebutuhan tertentu, maka Anda telah mempunyai target pasar sendiri.
  1. Lebih Dikenal
    Spesifik dan profesional membuat konsumen tentu saja akan langsung mengingat produk Anda ketika mereka membutuhkan barang tertentu.

 

Tips Membangun Bisnis Niche Market

1. Lakukan Riset

Lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan apakah sesuatu yang ingin Anda produksi memiliki pasar yang cukup potensial. Orang-orang dengan kebutuhan spesifik biasanya bergabung dalam satu komunitas baik offline maupun online. Bergabunglah dengan komunitas tersebut dan lakukan observasi terhadap apa yang mereka lakukan dan apa yang mereka butuhkan.

Namun tidak semua orang yang punya ketertarikan terhadap suatu hal atau kebutuhan bergabung dalam satu komunitas. Untuk menjangkau calon konsumen yang seperti ini, bisa dilakukan dengan membuat barang contoh dan membagikannya kepada beberapa orang untuk mendapatkan penilaian. Atau meriset kata kunci dalam situs pencarian dan media sosial untuk mengetahui tingkat minat suatu produk.

2. Buat Sesuatu yang Unik

Selain menawarkan produk dengan kebutuhan spesifik, produk juga harus unik. Bila produk yang ditawarkan seperti produk umum yang ada di pasaran, produk Anda tidak akan mendapatkan hati di kalangan konsumen spesifik. Terlebih lagi karena konsumen yang dituju merupakan orang-orang yang serba tahu mengenai apapun yang sesuai dengan minat mereka.

3. Lakukan Apa yang Anda Minati

Anda bisa memulai dengan memproduksi hal yang Anda minati. Jika Anda menekuni bisnis berdasarkan apa yang Anda minati, secara alami pengelolaan bisnis akan lebih mudah. Serta semangat dalam mencari solusi untuk setiap permasalahan produksi maupun pemasaran produk tersebut.

4. Lakukan Apa yang Ingin Dipelajari

Poin ini mempunyai tujuan hampir sama dengan poin sebelumnya. Mulailah dengan sesuatu yang ingin Anda pelajari. Sehingga ketika menghadapi masalah kedepannya, Anda pun akan tetap semangat dan tekun untuk mempelajari berbagai hal dan mencari jalan keluar.

Itulah beberapa hal mengenai niche market. Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa niche market bisa menjadi alternatif bagi bisnis Anda untuk bersaing dengan bisnis-bisnis yang lebih besar.

Untuk mengoptimalkan persaingan dengan bisnis lainnya diperlukan juga pengelolaan bisnis yang lebih profesional, khususnya di bidang keuangan. Untuk hal ini Anda dapat mengandallkan Jurnal. Melalui Jurnal, Anda dapat melakukan input data dengan mudah, namun mendapatkan output berupa laporan keuangan yang lengkap.

Sehingga Anda dapat memonitor keuangan secara realtime dari mana saja. Daftarkan bisnis Anda pada layanan software akuntansi online Jurnal sekarang juga. Dapatkan percobaan gratis selama 14 hari,dan rasakan manfaat serta kemudahan bersama Jurnal!

 

[adrotate banner=”19″]


PUBLISHED24 Sep 2019
Desra
Desra


Kategori : Bisnis