Hidup di desa tidak dapat berkembang jika dibandingkan hidup di kota merupakan paradigma kolot atau ketinggalan zaman. Faktanya, untuk menciptakan peluang bisnis tidak harus dilakukan di kota tetapi dapat dilakukan juga di desa. Peluang membangun bisnis di kota mungkin akan berhasil hingga 50%, karena banyaknya pesaing yang membuat peluang bisnis semakin sulit. Namun, membangun bisnis di desa lebih menjanjikan, apalagi dengan perkembangan teknologi Internet saat ini. Internet sudah dapat dinikmati hingga ke desa atau perkampungan, sehingga memudahkan Anda untuk belajar segala hal. Jika Anda ingin mencoba memulai bisnis di desa, berikut ide bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan di desa.

 

Budidaya Ikan Air Tawar

 

Budidaya ikan air tawar seperti lele, nila, dan ikan mas merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Letak geografi pedesaan yang masih memiliki area yang luas dapat dimanfaatkan sebagai tempat budidaya ikan. Modal yang harus dikeluarkan pun tidak banyak tergantung berapa banyak ikan yang akan Anda budidayakan, yaitu sekitar 100-300 rupiah tiap 1 ekor bibit ikan. Ketika panen datang, Anda dapat menjualnya di pasar atau warung-warung makan yang menjual berbagai lauk ikan.

 

Beternak

 

Anda juga dapat memulai bisnis beternak di desa. Mulai dari beternak ayam, kambing, sapi, burung, dan sebagainya. Jika Anda memutuskan untuk beternak ayam, itu menjadi peluang bisnis yang bagus. Selain ayam yang diperjualbelikan, Anda juga dapat menjual telur ayam dengan beternak ayam petelur. Anda juga bisa memulai bisnis beternak sapi atau kambing. Jenis bisnis ini sangat cocok digunakan di desa. Selain mudah mendapatkan rumput sebagai pangan, Anda hanya perlu membeli sepasang kambing atau sapi yang sudah dewasa, kemudian mengawinkannya.

 

Pom Bensin Mini Portable

 

Tidak hanya di kota saja, kendaraan bermotor juga sudah banyak dijumpai di pedesaan. Tetapi untuk menemukan pom bensin di desa rasanya sangat sulit sekali, kalaupun ada pasti jaraknya jauh dan dekat dengan jalan raya. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka pom bensin mini. Peluang ini terbilang cukup bagus untuk dikembangkan pada wilayah desa yang mulai maju dan berkembang.

 

Pulsa Elektrik

 

Perkembangan jaringan dan keperluan komunikasi dan Internet telah masuk hingga ke pelosok desa. Dengan dibangunnya tower pemancar yang terus bertambah di pedesaan, Anda dapat memanfaatkan peluang ini membuka bisnis menjual pulsa elektrik. Meski sekali transaksi untungnya tak seberapa, tapi jika dikalikan dalam sehari untung yang didapat cukup banyak.

 

Salon atau Barbershop

 

Jika Anda memiliki keterampilan dalam memotong rambut dan perawatan  salon, cobalah peluang bisnis salon ataupun barbershop. Walau terkadang diremehkan, profesi ini sangat menjanjikan. Apalagi jika belum ada kompetitor di daerah tersebut. Misalnya dalam sehari Anda mendapatkan 10 pelanggan dengan kisaran jasa 15.000, penghasilan Anda sudah mencapai 150.000 ribu perhari.

 

Membuka Bimbel

 

Peluang bisnis bimbel juga mempunyai prospek yang bagus di wilayah pedesaan. Karena saat ini masyarakat Indonesia, wilayah pedesaan juga mulai menyadari pentingnya pendidikan. Jika Anda menguasai bidang mata pelajaran misal matematika, sains, bahasa Indonesia, bahasa inggris, Ada dapat mencoba membuka bimbel.

 

Berkebun atau Bercocok Tanam

Peluang bisnis lain yang bisa Anda manfaatkan di pedesaan adalah berkebun atau bercocok tanam. Anda bisa menanam berbagai macam tanaman seperti kelapa, pisang, sayur-mayur, dan sebagainya. Dengan lahan yang luas, Anda akan lebih mudah melakukan bisnis ini. Ketika panen, Anda dapat menjual hasil kebun Anda ke kota atau pasar.

Setelah Anda telah menentukan bisnis yang ingin Anda jalankan, Anda juga harus mulai memikirkan untuk mengelola keuangan bisnis dengan baik. Karena, semaju apapun bisnis Anda, tidak akan bertahan lama tanpa adanya pengelolaan keuangan yang baik. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Jurnal juga cocok digunakan bagi bisnis pedesaan seperti yang telah dijelaskan di atas. Dengan Jurnal, Anda juga akan dipermudah dalam mengelola bisnis, karena Jurnal telah dilengkapi berbagain fitur menarik yang dapat digunakan sebagai solusi untuk mempermudah pencatatan keuangan bisnis. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal, di sini.