Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

Ini Dia Panduan Lengkap Menyusun Proposal Usaha

Tayang 09 Mar 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Apa yang dimaksud dengan proposal usaha? Proposal usaha adalah draft atau media umum untuk menjelaskan profil usaha yang akan dikembangkan oleh seorang pengusaha.

Proposal ini berupa dokumen tertulis yang menggambarkan semua unsur, baik internal maupun eksternal mengenai suatu usaha baru. Apa saja informasi yang tidak tercakup dalam sebuah proposal adalah?

Dalam menyusun sebuah draft proposal usaha, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor penting di dalamnya seperti tujuan yang realistis, fleksibel, batasan waktu, dan juga komitmen.

Dengan memiliki proposal usaha, Anda dapat lebih mudah membuat rencana untuk mengembangkan suatu usaha. Bukan hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat lain, seperti membandingkan antara rencana sebelumnya dan hasil yang ingin dicapai.

Tahukah Anda kalau software akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Pengertian Proposal Usaha?

Apa yang dimaksud dengan proposal usaha? Proposal usaha adalah dokumen formal yang dibuat oleh perusahaan dan diberikan kepada prospek dengan tujuan mengamankan perjanjian bisnis.

Banyak terjadi kesalahpahaman umum bahwa proposal bisnis dan business plan adalah sama.

Tujuan proposal adalah untuk menjual produk atau layanan Anda, bukan bisnis Anda sendiri. Alih-alih membantu pencarian investor untuk mendanai bisnis Anda, proposal membantu Anda mencari pelanggan baru.

Selain itu, proposal usaha mengembangkan dan menguji strategi dan hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain.

Hal ini berperan sebagai alat komunikasi dalam memaparkan gambaran usaha, membantu untuk berpikiran kritis dan objektif, membantu memahami persaingan faktor ekonomi dan analisis finansial, dan memperjelas keberadaan sumber-sumber dana dalam mengelola usaha.

Penyusunan draft proposal usaha umumnya adalah tidak baku, namun secara umum proposal ini harus disusun berdasarkan analisis bisnis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang akan dihadapi.

Kelola Bisnis Makanan dan Minuman Secara Efektif. Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

berbagai jenis proposal usaha

Jenis-Jenis Proposal Usaha

Ada dua jenis proposal usaha yaitu: tidak diminta dan diminta.

  • Proposal Bisnis yang Tidak Diminta – Dengan proposal bisnis yang tidak diminta, Anda mendekati pelanggan potensial dengan proposal, meskipun mereka tidak memintanya, untuk mendapatkan bisnis mereka.
  • Proposal Bisnis yang Diminta – Proposal bisnis yang diminta diminta oleh calon klien.

Dalam proposal bisnis yang diminta, organisasi lain meminta proposal dengan RFP (permintaan proposal). Ketika sebuah perusahaan membutuhkan penyelesaian masalah, mereka mengundang bisnis lain untuk mengajukan proposal yang merinci bagaimana mereka akan menyelesaikannya.

Baik proposal diminta atau tidak diminta, langkah-langkah untuk membuat proposal Anda serupa. Pastikan itu mencakup tiga poin utama: pernyataan masalah yang dihadapi organisasi, solusi yang diusulkan, dan informasi harga.

Informasi yang Tercakup dalam Proposal Usaha

Informasi yang umumnya tercakup dalam draft sebuah proposal usaha adalah sebagai berikut:

1. Penjelasan Mengenai Usaha

Pada bagian ini, Anda dapat memberikan penjelasan singkat tentang usaha yang sedang atau akan dijalankan, latar belakang pemilihan bidang usaha dan prospek usaha di masa mendatang, keunggulan bidang usaha yang dipilih, serta kendala bisnis beserta antisipasi pemecahannya.

2. Produk yang Dijual

Draft proposal usaha adalah harus menguraikan secara rinci tentang spesifikasi dari sebuah produk, misalnya ukuran, jenis, kegunaan, keistimewaan, kuantitas hasil produk setiap periode, dan lain sebagainya.

Dalam membuat produk, sebagai pengusaha harus mempertimbangkan hal hal penting seperti permintaan dan kebutuhan konsumen, persaingan pasar, sumber daya yang menunjang pembuatan produk, hingga daya beli konsumen.

Baca juga: Pentingnya Memahami Peran Akuntansi Keuangan dalam Bisnis

apa yang dimaksud dengan draft proposal usaha adalah

3. Lokasi Usaha

Lokasi usaha harus dicantumkan dalam proposal karena lokasi merupakan bagian dari aspek pemasaran disamping harga dan promosi. Ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi usaha, yaitu:

  • Backward Linkage (hubungan ke belakang), hubungan yang berkaitan dengan cara memperoleh bahan baku yang berdampak pada besarnya biaya produksi.
  • Forward Linkage (hubungan ke depan), hubungan yang berkaitan dengan daerah hasil pemasaran yang terkait dengan masalah penjualan dan distribusi produk untuk sampai ke tangan konsumen.

4. Pasar

Pasar merupakan tempat orang melaksanakan transaksi atau tempat bertemunya konsumen dan produsen.

Sebelum memasuki pasar, pengusaha harus menetapkan segmen pasar, target konsumen, strategi pemasaran termasuk juga kebijakan harga.

Lima jenis pasar yang menjadi sasaran pengusaha dari produk yang dihasilkan yaitu pasar monopoli, pasar persaingan sempurna, pasar oligopoli, pasar monopolistis, dan pasar monopsoni.

5. Persaingan

Perusahaan harus bisa menjelaskan posisi usahanya dan persaingannya dalam pasar. Selain itu, perusahaan juga harus bisa menggambarkan strategi yang akan dijalankan untuk memenangkan persaingan.

Posisi perusahaan diklasifikasikan menjadi empat yaitu pemimpin pasar, penantang pasar, pengikut pasar, dan peluang pasar.

6. Laporan Keuangan

Perusahaan yang baru memulai usaha harus menyertakan rencana tambahan modal, estimasi biaya, dan pendapatannya. Sedangkan yang telah memiliki usaha wajib menyertakan laporan keuangan yang lalu dalam rencana usaha.

Laporan keuangan meliputi neraca perusahaan, laporan rugi laba, analisis titik impas (BEP) serta sumber permodalan, jadi bisa dinilai kemampuan riil maupun potensi perusahaan.

Untuk membuat laporan keuangan secara instan dan mudah, Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk keputusan bisnis lebih tepat dan cepat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

7. Manajamen Usaha

Dalam proposal usaha, wirausaha harus menjelaskan secara detail tentang bentuk kepemilikan, struktur modal, peranan organisasi perusahaan, status badan hukum usaha yang akan dijalankan apakah berbentuk badan usaha Perseorangan, Firma, CV, Perseroan Terbatas, atau bentuk badan usaha lainnya.

8. Personalia (Sumber Daya Manusia)

Pada bagian ini, Anda dapat menjelaskan susunan personalia dalam struktur organisasi perusahaan, lengkap dengan jumlah pegawai dan latar belakang pendidikan.

9. Proposal Kredit

Dalam proposal kredit, Anda dapat mengajukan sejumlah dana yang diperlukan dalam mengembangkan usaha, beserta rincian alokasi penggunaan dana.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

10. Lampiran

Hal penting yang perlu dicantumkan pengusaha pada bagian ini adalah dokumen-dokumen penting perusahaan seperti akta pendirian perusahaan, SIUP, sertifikat tanah, dan lain sebagainya.

Dalam sebuah proposal informasi yang tidak tercakup adalah hal yang tidak disebutkan di atas.

Baca juga: Sudah Siap dengan Akhur Tahun? Inilah Laporan Keuangan yang Harus Dipersiapkan

Kesimpulan

Dengan menyusun proposal usaha dengan baik, Anda dapat menjalankan usaha dengan lebih mudah dan teratur. Setelah usaha berjalan dengan baik, Anda harus terus mengembangkan usaha agar tidak ditinggalkan oleh pelanggan.

Dalam mengembangkan usaha dengan tepat, Anda perlu melihat laporan keuangan usaha perusahaan Anda.
Jurnal, software akuntansi online yang dapat membantu Anda menyiapkan laporan keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, dan aman.

Bukan hanya laporan keuangan, aplikasi akunting Jurnal juga dapat membantu Anda dalam memonitor stok barang, melihat keuntungan dan kerugian perusahaan, seperti dalam aplikasi akuntansi bisnis ritel.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sekarang Anda bisa memahami tentang apa yang dimaksud dengan proposal usaha. Membuat proposal usaha adalah sebuah proses penting sebelum menjalankan bisnis. Dalam sebuah proposal informasi yang tidak tercakup adalah yang tidak disebutkan di atas.

Mudah-mudahan informasi di atas membantu, ikuti juga media sosial Jurnal untuk tips lain seputar bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal