Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

10 Tips Sukses Bisnis Franchise yang Wajib Diketahui

Tayang 12 Sep 2019
Diperbarui 11 Oktober 2023

Bagi seseorang yang baru memulai sebuah bisnis, franchise merupakan pilihan bisnis yang tepat. Bisnis franchise dianggap sebagai cara yang paling aman karena Anda tidak memulai semuanya dari nol.

Produk dan strategi penjualan sudah disiapkan oleh sang pemilik bisnis, yang Anda butuhkan adalah menyiapkan modal dan melanjutkannya.

Namun, jika membayangkan membuka bisnis franchise akan sangat meringankan kerja Anda, maka hal itu hanyalah bayangan semata.

Layaknya bisnis-bisnis lainnya, membuka bisnis franchise juga memerlukan upaya agar terus berkembang. Diperlukan ketekunan dan fokus agar bisnis franchise mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.

Banyak orang tertarik pada bisnis jenis ini, tetapi banyak pula yang masih bingung harus memulai dari mana. Pada dasarnya, bisnis franchise hanyalah sebuah sistem pemasaran yang dilakukan oleh pemilik untuk memperluas bisnisnya. Untuk mencapai sukses bisnis franchise, Anda perlu melakukan usaha-usaha lainnya.

Ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk sukses di bisnis franchise. Jika Anda salah satu yang ingin mencicipi rasa sukses dalam menjalankan bisnis franchise tersebut, berikut beberapa tipsnya.

Baca juga: Keuntungan & Kekurangan Menjalankan Bisnis Waralaba atau Franchise

Pilih Bisnis yang Sesuai

Berbisnis sama seperti menggeluti hobi, jika Anda tidak menyukainya maka bisnis tersebut tidak akan berjalan dengan optimal.

Berbisnis juga termasuk ke dalam bekerja, jika Anda tidak ahli di dalamnya, maka akan sulit untuk berkembang. Hal ini pun berlaku bagi Anda yang ingin memulai bisnis franchise.

Sebelum benar-benar memutuskan jenis bisnis dan merek apa yang akan dipilih, carilah informasi terlebih dahulu dan lihat apakah bisnis tersebut sesuai dengan Anda.

Liat keahlian yang dibutuhkan dalam pengembangannya. Anda mungkin akan mendapatkan pelatihan dasar tergantung jenis franchise yang ditawarkan.

Namun tetap dibutuhkan kemauan dan skill Anda untuk mengembangkannya.

Baca juga: Kenali Jenis-jenis Aplikasi Pendukung agar Bisnis Franchise Anda Sukses

Memilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis akan menjadi syarat ketika Anda memulai bisnis, termasuk franchise.

Merek yang Anda bawa mungkin sudah terkenal, namun jika Anda meletakkannya di tempat yang tidak sesuai, maka pendapatan juga akan tetap tersendat.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilih tempat yang berada di tengah keramaian. Usahakan bisnis Anda berada di tempat yang terlihat dengan jelas dan dilewati oleh banyak orang.

Cara ini cukup efektif dalam menjaring lebih banyak konsumen dan memperluas cakupan bisnis Anda.

Sesuaikan Bisnis dengan Passion

Banyak pilihan bisnis yang ditawarkan dalam bisnis franchise. Mulai dari kuliner, kafe, restoran, salon, hingga mini market.

Sesuaikan pilihan investasi pada bidang yang benar-benar Anda minati dan kuasai, baik dari segi pengetahuan, target pasar, serta rencana promosi dan pengelolaannya.

Menjalankan bisnis sesuai passion atau minat, akan memperkuat Anda untuk lebih bertahan dalam menghadapi tantangan bisnis.

Kenali Franchise yang Ingin Dibeli

Sebelum memilih franchise yang akan dibeli, kenali brand, ketentuan fee dan sistem franchise dengan seksama.

Setiap perusahaan franchise pastinya sudah memiliki standar operasional yang ketat sebagai upaya untuk menjaga brand awareness mereka.

Semakin ketat dan baik sistem dalam franchise tersebut maka semakin layaklah untuk dipilih.

Selain sistem, pertimbangan lainnya dalam memilih franchise adalah masalah fee, biasanya setiap franchisor memiliki aturan tersendiri dalam hal pembagian fee.

Teliti dan pelajari sistem pembagian fee tersebut agar tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Pelajari juga, indikasi atau kemungkinan franchisor untuk mengubah kebijakannya di waktu mendatang.

Baca juga: 3 Pendekatan dalam Menentukan Franchise Fee dan Royalty Fee

Kenali Potensi Pasarnya

Setelah mengecek bisnis franchise yang Anda pilih, ketahui juga segmentasi pasar bisnis tersebut.

Jangan sampai segmen pasar yang ada berbeda dari target selama ini. Kenali daya beli, kebutuhan, dan minat dari masyarakat setempat terhadap produk yang Anda pilih.

Memiliki analisa tentang potensi atau segmentasi pasar ini sangat penting, karena terkait dengan ketepatan pengembalian modal bisnis yang akan Anda jalankan dan berapa lama bisnis tersebut dapat bertahan.

Siapkan Modal yang Cukup

Ada banyak pilihan franchise yang bisa dijadikan alternatif untuk berinvestasi, mulai dari yang paling kecil modalnya hingga yang paling besar.

Namun perlu di pahami bahwa tidak selamanya kesuksesan berbisnis franchise ditentukan oleh besar kecilnya modal, akan tetapi ditentukan oleh kreativitas dan inovasi.

Persiapkan modal bisnis dengan baik. Jangan hanya bersandar pada simulasi hitungan modal yang diberikan pewaralaba.

Kenyataannya dalam setiap proses bisnis, terkadang modal yang dibutuhkan bisa jadi membengkak di luar perkiraan, sehingga proses pengembalian modal menjadi lebih lama dari yang di harapkan.

Mengikuti Sistem

Sebagain besar orang yang memilih bisnis franchise karena merek dan rekam jejak penjualan yang sudah terbukti baik. Pemilik bisnis pun pasti memberikan panduan dan pelatihan untuk mengembangkannya mereknya.

Panduan dan pelatihan tersebut tentunya telah lulus uji karena telah diaplikasikan pada bisnis utamanya.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mengikuti sistem yang diberikan tersebut untuk mengikuti jejak kesusksesan bisnis sebelumnya.

Menetapkan Goal dan Mempunyai Perencanaan Bisnis

Walaupun mengikuti sistem yang telah diberikan oleh pemilik franchise, tidak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit sentuhan khas Anda dan melakukan modifikasi.

Tentukan goal yang ingin Anda capai terhadap bisnis tersebut. Modifikasi dengan melakukan beberapa uji coba, menambahkan sesuatu yang menarik atau mengurangi apa yang dirasa kurang perlu.

Dengan melakukan hal ini, tidak menutup kemungkinan franchise yang Anda pegang bisa melebihi franchise lainnya dengan merek yang sama.

Namun perlu diperhatikan, apabila pemilik mempunyai ketentuan terhadap modifikasi tersebut, konsultasikanlah ide Anda terlebih dahulu kepada sang pemilik.

Baca juga: Aturan Hukum yang Perlu Dipahami Pelaku Bisnis Franchise

Tingkatkan Pemasaran

Meski telah memiliki nama yang cukup bagus, pemasaran tetap menjadi hal yang selalu diutamakan, apalagi bagi Anda yang menjalankan bisnis franchise.

Tidak peduli apa yang Anda jual atau di mana Anda berada, pemasaran akan membantu mendapatkan konsumen secara siginifikan

. Bisnis pusat mungkin sudah mengeluarkan bahan promosi secara menyeluruh untuk franchise-nya.

Namun bisa saja pasar lokal Anda menginginkan sesuatu yang berbeda. Anda mungkin merasa bahwa pemasaran digital bisa diterima oleh siapa saja.

Tetapi jika di pasar lokal hal tersebut tidak terlalu efektif, maka tidak mengapa jika harus mencoba cara-cara tradisional kembali.

Pelajari apa yang dibutuhkan dan hal-hal kecil dari konsumen Anda, dan gunakan temuan tersebut sebagai celah melakukan pemasaran.

Meningkatkan Layanan Konsumen

Konsumen adalah raja, maka apapun yang disediakan pada bisnis Anda haruslah berdasarkan pada konsumen. Bukan hanya dari segi produk, layanan apapun yang ada harus difokuskan untuk konsumen.

Tidak harus dengan memberikan diskon, promo, ataupun voucher besar-besaran.

Memberikan sambutan dan layanan terbaik ketika konsumen berkunjung atau memilih produk Anda juga bisa menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan layanan konsumen.

Jika Anda tidak suka berhubungan dengan banyak orang, mungkin Anda perlu mempertimbangkan bergerak di bisnis makanan.

Kemampuan komunikasi sangat penting dalam industri ini, karena Anda akan selalu berhubungan dan melayani orang lain.

Selain usaha pengembangan bisnis franchise dengan tips-tips yang telah disebutkan tadi, Anda juga masih mempunyai kewajiban untuk mengelola manajemen bisnis Anda, khususnya keuangan.

Namun, kini hal tersebut lebih mudah dilakukan dengan menggunakan software akuntansi Jurnal.

Jurnal hadir sebagai simple online accounting software untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Dengan aplikasi gudang berbasis web dari Jurnal, Anda akan lebih mudah dalam mengelola laporan keuangan yang lengkap mulai dari neraca, arus kas, laba-rugi, dan lainnya.

Selain itu, Mekari Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang canggih, termasuk fitur mobile yang dapat menampilkan ringkasan bisnis Anda secara periodik dari data penjualan, pembelian, biaya, dan laba-rugi. Dapatkan informasi selengkapnya di sini!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal