7 Tips Mengatasi Rasa Malas Saat Menjalankan Bisnis

Dalam menjalankan bisnis, pasti ada saatnya Anda merasa penuh semangat dan ada juga saatnya merasa malas. Rasa malas datang bukan hanya bagi karyawan, sebagai pengusaha Anda pun pasti pernah mengalami rasa malas. Perasaan ini biasanya akan datang ketika Anda mulai bosan menjalani kegiatan yang itu-itu saja. Hal ini tentu dapat menghambat Anda dalam meraih kesuksesan, khususnya dalam bisnis.

Faktor yang memengaruhi rasa malas pun akan berbeda-beda setiap orang. Rasa malas seorang pengusaha biasanya datang ketika mereka mengalami semangat yang menggebu-gebu dan mengalami kegagalan di tengah perjalanan. Dalam hal ini, banyak pengusaha yang akhirnya menyerah dan gagal menjalankan bisnisnya. Padahal, dengan kegagalan tersebut, pengusaha dapat mengambil pelajaran di dalamnya. Lalu untuk menghindari kegagalan bisnis, bagaimana caranya mengatasi rasa malas tersebut?

Buat Tujuan yang Jelas

Banyak orang yang melakukan kegiatan tanpa tahu apa tujuan yang sebenarnya ingin dicapai. Misalnya, sebagai seorang pengusaha, Anda menjalankan bisnis untuk mengejar keuntungan atau Anda mempromosikan bisnis agar semua orang tahu produk Anda. Itu adalah tujuan yang jelas. Jika tidak memiliki tujuan yang jelas, Anda juga tidak memiliki alasan kenapa Anda melakukan semua kegiatan tersebut. Alasan kuat inilah yang dapat menjadi motivasi bagi Anda dalam menjalankan aktivitas untuk mencapai tujuan Anda.

Jangan Bekerja Berlebihan

Bekerja dalam waktu yang berlebihan dan jangka waktu panjang akan membuat Anda kehilangan semangat atau menjadi malas bekerja. Hal ini banyak terjadi di lingkungan kerja. Begitu juga dalam berbisnis. Anda perlu untuk menyegarkan otak dengan cara beristirahat siang selama 30 menit – 1 jam. Selain itu, Anda tidak perlu melakukan lembur secara terus-menerus. Bekerja dengan waktu yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan Anda. Bagaimanpun tubuh perlu untuk beristirahat.

Kerjakan Tugas Mulai Pagi Hari

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berpikir dan mencari ide karena otak dan tubuh  masih fresh setelah istirahat di malam hari. Jadi, untuk menghindari rasa malas, Anda dapat mulai melakukan kebiasaan bangun pagi dan jangan pernah menunda pekerjaan hingga siang hari. Menunda pekerjaan hanya dapat membuat beban pekerjaan semakin menumpuk sehingga membuat Anda menjadi malas bekerja.

Baca juga : Jenis-Jenis Risiko Bisnis dan Solusinya

Miliki Energi Positif

Dengan memiliki energi positif, Anda akan merasa tertantang sehingga akan terpacu untuk terus maju dan tidak berdiam diri untuk bermalas-malasan. Energi positif ini dapat datang dari psikologi Anda sendiri, di mana jika mental dan cara berpikir Anda positif, maka energi Anda akan meningkat. Dan cobalah bergaul dengan orang yang positif, dengan begitu energi Anda akan ikut positif juga.

Perhitungkan Tingkat Efisiensi di Setiap Perubahan

Jika Anda akan melakukan perubahan dalam berbisnis. Anda harus dapat berpikir dan mencari jalan yang dapat dilalui untuk membuat keuntungan bisnis semakin banyak.Akan tetapi,  langkah yang Anda ambil juga tidak akan selalu berhasil. Maka dari itu, Anda perlu membuat rencana cadangan saat rencana utama tidak berhasil. Saat berhasil, Anda harus memperhatikan kenapa langkah tersebut berhasil dan tidak berhasil.  Setelah itu, Anda dapat melakukan langkah perubahan selanjutnya dengan lebih efisien.

Manfaatkan Waktu Luang

Jika ada waktu luang, tak ada salahnya bersantai dan menikmati waktu untuk mengusir penat. Anda dapat menyalurkan hobi seperti menonton film, membaca buku atau  mendengarkan musik. Bila Anda dapat memanfaatkan waktu dengan baik, maka rasa malas akan hilang dan jadi lebih fokus dalam melanjutkan aktivitas.

Berikan Reward and Punishment

Hal terakhir yang dapat dilakukan ketika malas datang, Anda harus menyiapkan reward dan punishment bagi diri Anda sendiri. Dengan adanya reward dan punishment, Anda akan memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan yang telah Anda tentukan. Misalnya, Anda ingin mengerjakan seluruh pekerjaan yang terasa sulit di pagi hari. Oleh karena itu, Anda harus datang pagi ke kantor. Jika Anda berhasil datang pagi dan menyelesaikan seluruh tugas, Anda dapat menyiapkan reward bagi diri Anda sendiri. Sedangkan, jika Anda tidak berhasil datang pagi dan tidak berhasil menyelesaikan tugas, Anda harus menerima hukuman yang telah disiapkan. Tentukan reward dan punishment sesuai dengan apa yang Anda suka. Misalnya Anda suka kopi, jadi jika berhasil, Anda boleh minum kopi di hari itu, dan jika gagal, Anda tidak boleh meminum kopi seharian.

Baca juga : 10 Tanda Kegagalan Finansial dalam Usaha Anda

Itulah 7 cara mengatasi rasa malas yang tiba-tiba datang. Lebih cepat Anda mengatasi rasa malas, semakin cepat pula Anda menghindari risiko kegagalan dalam bisnis. Untuk menghindari rasa malas untuk pembukuan bisnis Anda, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi akuntansi agar laporan keuangan lebih cepat dan akurat. Anda dapat menggunakan software aplikasi Jurnal, laporan keuangan otomatis, fitur keuangan bisnis terlengkap dan keamanan data bisnis Anda yang terjamin. Untuk informasi lebih lengkapnya, klik di sini.


PUBLISHED09 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: