Daftar Isi

Fitur Laporan Profitabilitas Produk Mekari Jurnal Bantu Tingkatkan Laba Bisnis

Tayang 14 Dec 2022
Diperbarui 07 November 2023

Mekari Jurnal menambahkan fitur baru yaitu Laporan Profitabilitas Produk yang dapat membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk melakukan analisa profit per produk sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam mengembangkan bisnis.

Setiap pelaku bisnis tentunya ingin agar bisnisnya terus berkembang dan menghasilkan.

Profitabilitas adalah hal utama yang selalu menjadi prioritas dalam berbisnis.

Bisnis dalam skala apapun akan mencari cara dan memanfaatkan peluang sebaik mungkin agar pendapatannya meningkat.

Bisa dibilang, peningkatan profit adalah indikator terbaik untuk mengukur keberhasilan sebuah usaha.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku bisnis untuk dapat mengetahui berapa jumlah keuntungan yang dihasilkan oleh masing-masing produk yang ditawarkan.

Manfaat Laporan Profitabilitas Produk 

mekari conference 2021 jurnal update laporan profitabilitas produk

Dengan adanya fitur laporan profitabilitas produk pada Mekari Jurnal, Anda dapat mengetahui keuntungan atau laba yang didapatkan dari penjualan produk tertentu, baik itu laba bersih (nett profit) dan laba kotor (gross profit).

Anda dapat memantau kinerja penjualan masing-masing produk melalui laporan profitabilitas produk sehingga dapat mengetahui produk mana yang menghasilkan keuntungan paling besar.

Dengan begitu, Anda dapat membuat keputusan lebih baik dalam menentukan harga, strategi promosi, manajemen inventaris, dan lainnya.

Laporan ini hanya dapat diakses dengan berlangganan paket Enterprise+ pada program akuntansi Mekari Jurnal.

Jika Anda pengguna paket Enterprise dan ingin mengaksesnya, maka Anda perlu mengaktifkan terlebih dahulu melalui tim support Mekari Jurnal.

Cara Melihat Laporan Profitabilitas Produk Melalui Dashboard Mekari Jurnal

Untuk melihat laporan Profitabilitas Produk:

1. Klik menu Laporan dan klik tab Penjualan;

2. Kemudian, klik Profitabilitas Produk;

3. Pilih periode laporan yang ingin ditampilkan lalu klik “Filter” atau Anda juga dapat melakukan filter secara lebih rinci dengan klik “Filter Lainnya”;

4. Maka akan muncul menu pop up di sebelah kanan. Anda dapat melakukan filter sesuai kebutuhan;

5. Anda juga dapat memilih  filter tambahan yang Anda inginkan seperti;

  • Tanggal Awal & Akhir: Pilih tanggal awal dan akhir periode laporan yang akan ditampilkan
  • Periode: Anda dapat memfilter laporan sesuai periode tertentu misalnya: hari ini, minggu ini, bulan lalu, tahun lalu dan lainnya.
  • Kategori Produk: Ketik kategori produk yang Anda cari atau pilih dari daftar yang sudah ada.
  • Nama Produk: Pilih nama produk yang ingin Anda lihat profitabilitasnya. Anda dapat memilih lebih dari satu nama produk yang akan ditampilkan.
  • Urutkan Sesuai Kolom: Pilih urutkan laporan Anda berdasarkan informasi yang tertera dengan pilihan Urutan Naik (dari yang terkecil ke terbesar) atau Turun(dari yang terbesar ke terkecil)

6. Setelah selesai, klik “Filter

7. Setelah memfilter, Anda dapat melakukan expor laporan ini dengan klik tombol “Expor” dan pilih format file yang diinginkan yang tersedia dalam format PDF, Excel atau CSV

Bagaimana Cara Membuat Laporan Profitabilitas Produk Di Mekari Jurnal

Laporan Profitabilitas Produk adalah alat penting dalam dunia bisnis yang memungkinkan Anda untuk mengukur seberapa menguntungkannya suatu produk dalam portofolio Anda. Dalam laporan ini, Anda dapat melihat seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari penjualan produk tertentu setelah mempertimbangkan biaya yang terkait. Laporan ini memberikan wawasan yang berharga kepada pemilik bisnis dan manajer dalam pengambilan keputusan terkait dengan strategi produk, harga, dan alokasi sumber daya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah rinci tentang bagaimana cara membuat Laporan Profitabilitas Produk yang informatif dan berguna untuk bisnis Anda. Blog Mekari Jurnal akan menjelaskan setiap tahapnya mulai dari mengakses laporan hingga mengeksportnya dalam berbagai format yang berguna.

Langkah 1: Akses Laporan Profitabilitas Produk

Sebelum Anda dapat membuat Laporan Profitabilitas Produk, pastikan Anda memiliki akses ke alat atau perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk membuat laporan ini. Fitur ini tersedia dalam paket perangkat lunak akuntansi bisnis Mekari Jurnal Enterprise+. Namun, jika Anda menggunakan paket Pro atau Enterprise, Anda mungkin perlu melakukan upgrade ke Enterprise+ untuk mengakses fitur ini, atau Anda dapat berlangganan secara terpisah. Ini adalah pilihan yang penting untuk dipertimbangkan jika Anda ingin mengoptimalkan analisis profitabilitas produk Anda.

Setelah Anda memiliki akses ke fitur ini, langkah pertama adalah masuk ke perangkat lunak akuntansi bisnis Anda dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu Laporan: Buka perangkat lunak akuntansi bisnis Anda dan cari menu “Laporan”. Ini biasanya dapat ditemukan di dashboard atau panel navigasi utama.
  2. Pilih Profitabilitas Produk: Di dalam menu Laporan, Anda akan menemukan berbagai pilihan laporan yang tersedia. Cari dan pilih opsi yang disebut “Profitabilitas Produk.” Ini akan membuka antarmuka untuk membuat laporan.

Langkah 2: Filter dan Konfigurasi Laporan

Setelah Anda memilih opsi “Profitabilitas Produk,” Anda akan diarahkan untuk mengkonfigurasi laporan sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Inilah langkah-langkahnya:

Tanggal Awal dan Akhir

  1. Pilih Tanggal Awal & Akhir: Anda akan diminta untuk memilih rentang tanggal untuk laporan Anda. Rentang tanggal ini akan menentukan periode waktu yang akan dianalisis dalam laporan. Anda dapat memilih dari berbagai pilihan, seperti rentang harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Pastikan untuk memilih tanggal awal dan akhir yang relevan untuk analisis Anda.

Kategori Produk

  1. Filter Kategori Produk: Dalam bagian ini, Anda dapat memasukkan kategori produk yang ingin Anda sertakan dalam laporan. Anda dapat memilih untuk mengetikkan nama kategori produk atau memilih dari daftar kategori yang sudah ada. Ini memungkinkan Anda untuk memfokuskan analisis pada produk-produk tertentu atau kategori tertentu dalam bisnis Anda.

Nama Produk

  1. Pilih Nama Produk: Di sini, Anda dapat memilih produk atau produk-produk spesifik yang ingin Anda sertakan dalam laporan. Anda dapat memilih lebih dari satu produk dengan mencentang kotak di samping nama produknya. Ini berguna jika Anda ingin membandingkan profitabilitas beberapa produk.

Urutkan Sesuai Kolom

  1. Urutkan Laporan Anda: Laporan Profitabilitas Produk dapat diurutkan berdasarkan berbagai kolom, seperti nama produk, keuntungan bersih, atau persentase keuntungan. Anda dapat memilih opsi “Urutan Naik” untuk mengurutkan dari yang terkecil hingga yang terbesar atau “Urutan Turun” untuk mengurutkan dari yang terbesar hingga yang terkecil. Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengorganisir laporan sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 3: Melihat dan Menganalisis Laporan

Setelah Anda selesai mengkonfigurasi laporan sesuai dengan preferensi Anda, klik tombol “Filter” atau “Terapkan Filter” untuk menghasilkan laporan. Laporan Profitabilitas Produk akan ditampilkan dalam antarmuka yang mudah dibaca.

Informasi yang Tersedia dalam Laporan

Laporan ini akan memberikan informasi berharga tentang profitabilitas produk Anda. Berikut beberapa informasi yang biasanya tersedia dalam laporan ini:

  • Tanggal: Laporan akan menampilkan tanggal transaksi atau periode waktu yang dianalisis.
  • Nama Produk: Produk atau barang yang dianalisis akan terdaftar dalam kolom ini.
  • Kategori Produk: Kategori produk yang sesuai dengan produk tersebut akan ditampilkan.
  • Penjualan: Total penjualan produk selama periode yang dianalisis akan ditampilkan. Ini mencakup jumlah unit yang dijual dan pendapatan total.
  • Biaya: Biaya yang terkait dengan produk, seperti biaya produksi, biaya pengiriman, atau biaya lainnya, akan ditampilkan.
  • Keuntungan Bersih: Ini adalah keuntungan bersih yang dihasilkan dari penjualan produk setelah dikurangi biaya yang terkait. Ini adalah angka yang penting untuk menilai profitabilitas produk.
  • Margin Keuntungan: Margin keuntungan adalah persentase keuntungan bersih dari penjualan produk. Ini sering dihitung dengan rumus (Keuntungan Bersih / Penjualan) x 100%. Margin keuntungan adalah ukuran penting dalam mengukur profitabilitas.

Mengeksplorasi Data

Dalam laporan ini, Anda dapat mengeksplorasi data dengan berbagai cara. Anda dapat mengurutkan laporan berdasarkan kolom yang berbeda, mencari produk tertentu, atau memfilter berdasarkan kategori produk. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dan pola dalam profitabilitas produk Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggali lebih dalam dengan mengklik pada nama produk tertentu dalam laporan. Ini akan membuka detail produk yang mencakup informasi seperti harga jual, harga pokok, dan informasi lainnya yang relevan. Hal ini dapat membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan strategi produk dan harga.

Langkah 4: Mengekspor Laporan

Setelah Anda selesai menganalisis laporan, Anda mungkin ingin menyimpannya atau berbagi informasi dengan anggota tim atau pemangku kepentingan lainnya. Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan fitur ekspor laporan. Berikut langkah-langkahnya:

Klik Tombol “Ekspor”

Cari tombol “Ekspor” atau “Unduh” yang tersedia dalam antarmuka laporan. Klik tombol ini untuk membuka opsi ekspor.

Pilih Format File

Anda akan diberikan opsi untuk memilih format file untuk laporan Anda. Biasanya, format yang tersedia adalah PDF, Excel, atau CSV. Pilih format yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Klik “Ekspor” atau “Unduh”

Setelah Anda memilih format file, klik tombol “Ekspor” atau “Unduh” untuk memulai proses pengunduhan. Laporan Anda akan disimpan dalam format yang Anda pilih dan dapat diakses kapan saja.

Produk yang Dapat Dilihat dalam Laporan

Penting untuk dicatat bahwa produk yang dapat dilihat dalam Laporan Profitabilitas Produk adalah produk yang diawasi (tracked). Dalam pengertian ini, produk yang memiliki pengawasan persediaan barang tercentang akan ditampilkan dalam laporan. Namun, bahkan jika produk tersebut adalah bagian dari paket atau bundle yang tidak diawasi, Anda masih dapat melihat harga pokok penjualannya jika komponen individu dari bundle tersebut diawasi. Hal ini memastikan bahwa Anda memiliki visibilitas penuh terhadap profitabilitas produk Anda.

Laporan Profitabilitas Produk dalam bentuk PDF dari Mekari Jurnal akan terlihat seperti ini.

Kesimpulan

Membuat Laporan Profitabilitas Produk adalah langkah kunci dalam mengelola bisnis dengan efektif. Laporan ini memberikan wawasan mendalam tentang kinerja produk Anda dan membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih baik terkait dengan strategi bisnis, harga, dan alokasi sumber daya. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat dan mengakses laporan ini dengan mudah, serta menggunakannya sebagai alat berharga dalam mengoptimalkan operasi bisnis Anda. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang profitabilitas produk Anda, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan profitabilitas dan pertumbuhan bisnis Anda.

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal