Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Panduan Kelola Penjualan di Banyak Channel e-Commerce

Tayang 26 Apr 2023
Diperbarui 16 Oktober 2023

Konektivitas via internet yang mudah bahkan telah mengubah cara masyarakat berinteraksi sosial, termasuk mengkonsumsi produk dan layanan serta melakukan penjualan via e-commerce.

Hal ini tak lepas dari dukungan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi digital Indonesia di masa mendatang.

Salah satu sektor utama ekonomi digital yang berkembang sangat pesat adalah sektor perdagangan elektronik atau e-commerce.

Masyarakat kini telah terbiasa bertransaksi jual beli pada platform online.

Pengertian E-commerce atau Electronic Commerce

E-commerce atau electronic commerce adalah bentuk perdagangan atau transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik atau online melalui internet.

Dalam e-commerce, transaksi jual beli antara penjual dan pembeli dilakukan secara elektronik, baik melalui situs web, aplikasi, ataupun platform e-commerce lainnya.

E-commerce memberikan kemudahan bagi para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli secara global tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Selain itu, e-commerce juga menawarkan berbagai keuntungan, seperti proses pembayaran yang mudah dan aman, pengiriman yang cepat dan terpercaya, serta adanya fitur promosi dan diskon.

E-commerce dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

  1. B2B (Business to Business), yaitu transaksi antara bisnis atau perusahaan dengan bisnis atau perusahaan lainnya.
  2. B2C (Business to Consumer), yaitu transaksi antara bisnis atau perusahaan dengan konsumen akhir.
  3. C2C (Consumer to Consumer), yaitu transaksi antara konsumen akhir dengan konsumen akhir melalui platform e-commerce.
  4. C2B (Consumer to Business), yaitu transaksi antara konsumen akhir dengan bisnis atau perusahaan.

Perkembangan E-commerce Di Indonesia

Hasil riset berjudul ‘Navigating Indonesia’s e-Commerce‘ menunjukkan, sebanyak 93% pengguna internet di Indonesia telah mencari produk yang dibutuhkan secara online melalui e-commerce, dan 88% pengguna internet membeli produk online tersebut.

Perkembangan e-commerce di Indonesia dipicu oleh banyaknya populasi masyarakat Indonesia.

Keaktifan masyarakat dalam berbelanja via e-commerce juga didukung oleh tarif data seluler yang terjangkau dibandingkan tarif data di negara-negara lain.

Data pemerintah menyebutkan, pada 2017 sebagian besar pelanggan e-commerce masih didominasi dari kota-kota besar di wilayah Jawa yakni mencapai 70%.

Sisanya 30% berasal dari daerah di luar Pulau Jawa.

7 Jenis e-Commerce yang Perlu Anda Manfaatkan untuk Kembangkan Bisnis

Namun pada 2022, transaksi e-commerce di Indonesia diperkirakan akan merata di seluruh wilayah Indonesia.

Pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan aktivitas perdagangan elektronik sejak Maret 2020.

Saat itu, nilai transaksi e-commerce diperkirakan meningkat 9.9% menjadi US$1,4 miliar.

Padahal, berdasarkan penelitian RedSeer, dalam kondisi normal, pertumbuhan penjualan e-commerce secara drastis membutuhkan waktu setidaknya 2 tahun.

Belanja via e-commerce dianggap alternatif yang praktis di tengah kondisi saat ini.

Di sisi lain, penjualan melalui platform e-commerce juga menjadi pilihan bagi pebisnis yang tak bisa beraktivitas di tengah pandemi Covid-19 untuk tetap bertahan hidup.

Marketplace Blibli mengungkapkan jumlah merchant yang terdaftar meningkat 90% pada April 2020 dibanding bulan sebelumnya.

Di marketplace raksasa lain yakni Tokopedia, jumlah merchant juga melonjak, terutama pedagang yang menjual alat-alat atau perlengkapan kesehatan, yakni mencapai 2 kali lipat pada periode yang sama.

Data Produk e-Commerce Paling Laris di Indonesia

Berdasarkan survei mcKinsey, di masa pandemi Covid-19, penjualan kebutuhan dasar seperti makanan dan minuman, perlengkapan kesehatan dan kecantikan serta perawatan pribadi mengalami peningkatan cukup besar.

Kebijakan karantina memaksa masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam ruangan.

Hal itu membuat penjualan produk-produk elektronik dan peralatan memasak meningkat cukup drastis.

Hal tersebut didukung oleh survei Nielsen yang menyebutkan, 49% dari total responden mengaku cenderung memasak dan melakukan aktivitas dapur lain untuk menghabiskan waktu di rumah. Aktivitas alternatif lain adalah bermain game.

Di sisi lain, penjualan barang dalam kategori barang sekunder dan tersier seperti produk fashion dan barang rumah tangga menurun.

Pembelian pakaian dan tiket liburan juga anjlok.

Survei mcKinsey juga menyebutkan, mayoritas responden mempertimbangkan untuk menunda bahkan membatalkan pembelian barang yang membutuhkan dana besar seperti kendaraan bermotor, perhiasan, jam tangan mewah, serta barang tersier lain.

Atur Penjualan e-Commerce dengan Software Akuntansi

Dalam mengelola penjualan pada bisnis e-commerce, khususnya jika memiliki banyak channel toko online, Anda membutuhkan bantuan teknologi berupa software akuntansi online.

Dalam hal ini, Mekari Jurnal dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bukan tanpa alasan, itu karena Mekari Jurnal memiliki beragam fitur yang mampu membantu Anda mengelola dan menganalisa penjualan di banyak channel e-commerce dengan mudah dan cepat.

Misalnya saja, Anda dapat memanfaatkan fitur laporan penjualan, penagihan penjualan, pengiriman penjualan, hingga fitur pengelompokkan penjualan melalui penggunaan tag.

Menu Penjualan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mengatur catatan penjualan melalui menu ‘Format Pengaturan Penjualan’ pada aplikasi akuntansi Mekari Jurnal.

Dalam menu ini, Anda dapat mengaktifkan periode jatuh tempo sebagai pilihan di Penjualan.

Cara pembayaran yang tersedia pada menu tersebut adalah Cash on Delivery yang berarti pembayaran hari yang sama ketika barang diterima konsumen, Net 15 atau jatuh tempo dalam kurun 15 hari, Net 30 atau jatuh tempo 30 hari, dan Net 60 yang berarti jatuh tempo pembayaran dalam 60 hari.

Dalam penjualan di e-commerce, mayoritas menggunakan pembayaran COD karena konsumen biasanya mentransfer dana terlebih dahulu sebelum Anda mengirim barang.

Dapat pula menggunakan Net 15 ketika platform e-commerce menjadi pihak ketiga yang menahan dana dan baru membayarkan kepada Anda ketika barang sudah sampai kepada konsumen.

contoh laporan penjualan dengan jurnal

Laporan Daftar Penjualan

Laporan ini menampilkan daftar kronologis dari semua faktur, pemesanan, penawaran, retur, dan penerimaan penjualan Anda berdasarkan rentang tanggal tertentu.

Anda juga dapat menyesuaikan tipe transaksi tertentu. Dalam prosesnya, Anda bisa membuat catatan penjualan produk yang Anda jual di banyak channel e-commerce.

Di dalam laporan daftar penjualan, Anda juga dapat melakukan filter berdasarkan periode tertentu, tipe transaksi tertentu, filter nama pelanggan, dan filter sesuai status.

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengelompokkan penjualan melalui fitur tagging.

Fitur Tagging Jadi Kunci Analisa Penjualan

Fitur Tagging biasanya digunakan untuk mengelompokkan transaksi berdasarkan kategori tertentu.

Jika Anda penjual di banyak channel e-commerce, maka tag bisa dikategorikan berdasarkan channel-channel e-commerce tempat Anda berjualan.

Pengelompokkan itu dapat memudahkan Anda membaca dan menganalisa laporan penjualan di banyak channel e-commerce.

Misalnya, Anda bisa mengetahui di channel mana penjualan produk A paling laris, dan di toko online mana produk A tidak diminati.

Fitur Diskon

Dalam menu penjualan di Mekari Jurnal, Anda bisa mengaktifkan fitur diskon – potongan harga baik pada jumlah tagihan penjualan, maupun pemberian diskon per produk dalam bentuk persentase.

Pengaturan fitur ini sangat dibutuhkan, apalagi jika Anda mengikuti promo-promo penjualan yang diselenggarakan oleh berbagai marketplace atau channel e-commerce pada di musim diskon.

Laporan Pengiriman dan Ongkir

Anda dapat mengatur menu Pengiriman untuk mencatat info proses pengiriman sekaligus ongkos kirimnya.

Melalui menu ini, penjual online dapat mencatat dan memantau proses pengiriman barang kepada konsumen yang memesan via online.

Selain itu, penjual juga dapat mengatur biaya ongkos kirim dan memperhitungkannya dalam proses penjualan.

Nantinya, laporan berisi daftar kronologis dari semua faktur, pemesanan, penawaran, dan pembayaran Anda untuk rentang tanggal sesuai pilihan.

Laporan Piutang Pelanggan

Laporan ini menampilkan tagihan yang belum dibayar untuk setiap pelanggan, termasuk nomor, tanggal faktur, tanggal jatuh tempo, nominal transaksi, dan sis tagihan terutang.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menampilkan persentase keuntungan di faktur penjualan jika ingin tahu margin laba penjualan ketika membuat penjualan.

Laporan Penjualan per Pelanggan

Laporan ini menampilkan setiap transaksi penjualan untuk setiap pelanggan.

Terdapat pula catatan tanggal, tipe, jumlah, dan total penjualan produk.

contoh laporan penjualan per pelanggan

Laporan Penjualan per Produk

Menampilkan daftar kuantitas penjualan per produk, termasuk jumlah retur, net penjualan, dan harga penjualan rata-rata.

Laporan Penyelesaian Pemesanan Penjualan

Laporan ini menampilkan ringkasan dari proses bisnis Anda, mulai dari penawaran, pemesanan, pengiriman, sampai pembayaran.

Anda juga bisa melihat pemesanan penjualan mana yang berlanjut ke penagihan.

Laporan Ringkasan Persediaan 

Menu ini berfungsi untuk memantau sisa stok produk pada formulir transaksi penjualan per tanggal terjadinya transaksi.

Anda juga dapat mengelompokkan produk berdasarkan kategori tertentu untuk memudahkan Anda mencocokkan antara jumlah stok barang yang ada di gudang dan total penjualan yang terjadi.

Kesimpulan

Mekari Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, pemantauan penjualan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Hubungi kami untuk menjadwalkan demo gratis Jurnal dan dapatkan promo-promo menariknya!

 

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal