Daftar Isi
11 min read

Strategi Pemasaran yang Jadi Ladang Cuan, Cari Tahu!

Tayang 20 May 2025
Highlights
  • Strategi pemasaran adalah alat penting dalam bisnis yang digunakan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif.
  • Fokus utamanya adalah mengembangkan keunggulan bersaing yang berkelanjutan di pasar.
  • Strategi ini dirancang secara terencana dan sistematis, bukan sekadar tindakan spontan atau taktis.
  • Pemilihan pasar sasaran menjadi kunci utama dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.
  • Strategi pemasaran mencakup program-program khusus untuk melayani dan memenuhi kebutuhan pelanggan di pasar yang dituju.

Strategi pemasaran adalah suatu perencanaan kegiatan yang akan dilakukan untuk membantu konsumen mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sering kali, pertanyaan tersebut terkait dengan pemasaran banyak dipertanyakan oleh para tim marketing, maupun pelaku usaha yang sedang menjalankan bisnisnya.

Pertanyaan seperti, “gimana caranya mereka tahu produk kita?” atau tak jarang juga “kita harus pasang iklan dimana ya?“.

Kurang lebih, seperti itulah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan oleh mereka yang akan mengonsepkan strategi pemasaran, baik untuk perusahaan maupun bisnisnya sendiri.

Karena, bagaimanapun juga strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Saat menjalankan bisnis, Anda pasti menginginkan produk atau jasa yang ditawarkan bisa lebih dikenal luas oleh masyarakat, bukan?

Oleh karena itu, strategi pemasaran yang efektif dibutuhkan untuk mengembangkan usaha yang dijalankan.

Sama halnya dengan kemampuan manajemen karyawan, manajemen gudang dengan aplikasi gudang, kemampuan olah akutansi, semua hal tersebut sangat krusial bagi kelangsungan bisnis.

Selain itu, strategi ini juga membantu meningkatkan performa perusahaan.

Dalam menjalankan usaha, menawarkan produk atau jasa kepada banyak orang adalah salah satu kunci kesuksesan.

Jika kualitas produk atau jasa tersebut cukup baik, tentunya bisnis akan berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan berlimpah.

Nah, melalui blog Mekari Jurnal akan mengulas terkait pemasaran yang akan menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?
  • Sebuah upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa?
  • Perluasan pasar dalam upaya penjualan produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut strategi apa?
  • Alat fundamental yang direncanakan untuk mengembangkan perusahaan melalui pemasaran disebut apa?

Apa Itu Strategi Pemasaran?

Strategi pemasaran adalah rencana yang digunakan oleh suatu perusahaan atau bisnis yang akan mempromosikan produk atau layanan mereka, baik secara lokal, nasional, maupun global.

Beberapa hal yang dirumuskan dal hal ini biasanya berkaitan dengan tujuan, target pasar, cara meningkatkan penjualan, membangun kesadaran merek, atau memperluas pangsa pasar.

Tak jarang juga dalam era saat ini, banyak dari perusahaan atau bisnis perorangan yang lebih memilih pemasaran/iklan lewat media sosial dan KOL, daripada lewat media cetak seperti TV dan baliho.

Karena media pemasaran online seperti itu, justru bisa lebih murah dan efektif untuk menjangkau banyak target yang ingin dituju, dibandingkan dengan cara-cara tradisional.

Untuk mengetahui penjelasan lebih lengkapnya tentang arti dari strategi pemasaran, sebaiknya Anda simak baik-baik pendapat para ahli berikut ini:

Baca Juga: Pemasaran Online dan Offline: Perbedaan, Tren, dan Strategi Efektifnya

Strategi Pemasaran Menurut Para Ahli Sebagai Berikut

Upaya untuk menjual produk yang ada kepada pasar yang lebih luas disebut dengan apa? Market entry strategy adalah? Pertanyaan tersebut terkait dengan pemasaran dimana, strategi pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, maka definisi mengenai strategi pemasaran yang telah diungkapkan oleh beberapa ahli adalah sebagai berikut.

1. Tjiptono

Arti strategi pemasaran menurut Tjiptono dalam bukunya yang berjudul Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan (Edisi 4, 2015), ialah sebagai alat fundamental yang dirancang atau direncanakan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan.

Yaitu dengan melakukan pengembangan keunggulan bersaing yang berkesinambungan lewat pasar yang dimasuki dan program yang digunakan untuk melayani

2. Philip Kotler

Menurut Philip Kotler dalam bukunya berjudul Manajemen Pemasaran (2009), strategi pemasaran adalah merupakan pola pikir yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran pada suatu perusahaan.

Bisa mengenai startegi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran (marketing mix), dan besarnya sebuah pengeluaran pemasaran.

3. Guiltinan dan Paul

Menurut Guiltinan dan Paul, strategi pemasaran merupakan pernyataan pokok yang berkenaan dengan dampak atau akibat yang diharapkan mencapai permintaan pada target pasar yang sudah ditentukan.

Pandangannya ini termuat dalam artikel mereka yang berjudul “Marketing Strategy: A Decision-Focused Approach” (Journal of Marketing, 1982).

Sebagaimana target pasar yang telah ditentukan itu seperti menargetkan pembeli dari kota tertentu, atau juga bisa spesifik seperti merek tas kantor yang menargetkan pembelinya untuk sektor pekerja.

3. Stanton

Menurut Stanton Strategi dalam bukunya Fundamentals of Marketing (Edisi 12, 2018), pemasaran adalah suatu hal yang meliputi seluruh sistem.

Yaitu yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetapkan harga suatu produk, sampai memasarkan serta mendistribusikan barang dan jasanya kepada pembeli potensial.

Konsep Strategi Pemasaran 

Konsep manajemen strategi pemasaran adalah terbagi menjadi lima, yaitu:

1. Segmentasi Pasar

Setiap pasar tentunya terdiri dari berbagai pembeli yang memiliki kebutuhan dan kebiasaan berbeda.

Dalam hal ini, perusahaan pun tidak bisa memenuhi kebutuhan semua pembeli sehingga perlu mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen ke dalam satuan pasar yang bersifat homogen.

2. Market Positioning

Perusahaan tidak bisa menguasai pasar secara keseluruhan sehingga prinsip dalam strategi pemasaran selanjutnya adalah memilih pola pasar perusahaan yang spesifik.

Konsep ini akan membantu membuka peluang maksimal kepada perusahaan untuk menempatkan diri di kedudukan yang kuat.

Dengan kata lain, perusahaan wajib memilih segmen pasar yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang besar.

Baca Juga: Cara Pemasaran Efektif Menembus Target Anak Muda

3. Market Entry Strategy

Market entry strategy adalah strategi perusahaan untuk memasuki segmen pasar untuk sasaran penjualan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan strategi ini, salah satunya adalah mengakusisi perusahaan lain.

4. Internal Development

Beberapa perusahaan lebih tertarik mengembangkan usaha sendiri melalui research and development karena cara ini akan membantu mencapai kepemimpinan dalam industri.

Mengingat strategi pemasaran adalah beberapa hal yang perlu banyak dicoba untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Marketing Mix Strategy 

Marketing Mix Strategy adalah kumpulan variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk memengaruhi tanggapan dari konsumen.

Variabel yang dapat memengaruhi pembeli disebut 7P (Product, Price, Place, Promotion, Participant, Process, dan People Physical evidence).

6. Timing Strategy

Menentukan saat yang tepat dalam memasarkan barang adalah hal penting untuk diperhatikan.

Namun, saat perusahaan melihat adanya kesempatan untuk menetapkan serta menyusun strategi pemasaran, tidak berarti bahwa kegiatan pemasaran bisa langsung dimulai.

Perusahaan harus melakukan persiapan terlebih dahulu, lalu menentukan kapan waktu terbaik untuk memasarkan barang atau jasa ke pasar.

Fungsi Strategi Pemasaran Adalah Sebagai Berikut

Adapun strategi pemasaran memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Dapat Menentukan Arah Bisnis

Tentunya, hal ini akan membantu koordinasi tim pemasaran lebih efektif sehingga akan mudah mencapai target.

Sebab jika tak memiliki arah yang jelas, memasarkan produknya pun akan kesulitan. Bayangkan, Anda hanya menjual-jual saja tanpa tahu harus pergi dan berbicara ke siapa. Melelahkan bukan?

Maka di sanalah peran strategi pemasaran muncul, yaitu membuat semuanya terencana dan efektif.

2. Sebagai Ajang Inovasi

Selanjutnya adalah dapat meningkatkan motivasi untuk melihat masa depan bisnis yang tengah dijalankan.

Strategi pemasaran menuntut para pelaku bisnis untuk memperkirakan laju bisnis di masa mendatang sehingga secara tidak langsung memberikan semangat untuk menjalankannya.

3. Sebagai Penilaian Terkait

Fungsi selanjutnya adalah sebagai standar penilaian dari prestasi kerja para anggota di perusahaan.

Dengan adanya standar penilaian ini, tentunya pengawasan yang Anda lakukan akan lebih memiliki mutu dan kualitas kerja sangat efektif.

4. Alat untuk Mencapai Target

Strategi pemasaran juga berfungsi sebagai alat bantu untuk mencapai target atau tujuan suatu perusahaan, baik dalam jangka waktu pendek atau panjang.

Karena jika tidak melalui proses pemasaran, darimana pembeli akan mengetahui produk yang Anda jual? Mereka tentu tidak setahu itu, maka dari itu Anda perlu memberi tahu mereka.

Tujuan Strategi Pemasaran Adalah Sebagai Berikut

Selain fungsi, tentunya kita perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan strategi pemasaran. Saat merancang strategi, umumnya perusahaan memiliki tujuan beragam, di antaranya:

1. Menjadi Tolak Ukur

Hal ini dapat digunakan sebagai media ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang telah ditentukan.

Seberapa berhasil dan sukses kah produk yang telah dijual, apakah memang bagus atau tidak. Ini akan terlihat dari seberapa banyak penjualan yang dicatat tiap bulannya.

Untuk pencatatan laporan keuangan, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi online dalam operasionalnya. Sehingga pekerjaan akan lebih cepat dan rapih.

2. Peningkatan Kualitas

Kemudian melalui strategi pemasaran, hal ini akan bantu meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran.

Sehingga pekerjaan akan menjadi lebih efektif dan mampu mencapai target dengan mudah.

3. Agar Mampu Beradaptasi

Mengembangkan kemampuan bisnis agar mudah beradaptasi juga menjadi salah satu fungsi yang tak boleh Anda lupakan dalam terkait strategi pemasaran.

Dinamika pelanggan dan keadaan pasar yang sering kali cepat berubah, membuat tim Anda juga harus cepat beradaptasi, agar penetapan penjualan dan target pun tetap maskimal.

4. Dasar Pengambilan Keputusan

Strategi pemasaran juga menjadi dasar pemikiran dari setiap pengambilan keputusan pemasaran.

Karena tanpanya, arah diskusi dan eksekusi pemasaran tidak akan mengarah kemana-mana, alias tanpa arah. Anda perlu memperhatikan dan mengarahkannya melalui strategi pemasaran yang baik.

Strategi pemasaran adalah alat fundamental yang dirancang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan daya saing yang berkesinambungan melewati pasar yang dimasuki, dan progam pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar target tersebut. pengertian strategi pemasaran tersebut dikemukakan oleh Tjiptono.

Cara ,Tips, Strategi Pemasaran yang Perlu Dicoba 

Pemasaran produk adalah salah satu hal terpenting dalam menentukan performa suatu perusahaan. Strategi pemasaran produk adalah kegiatan yang dapat membantu memperkenalkan produk secara luas.

Lantas, apakah ada strategi pemasaran yang bisa dilakukan guna meningkatkan penjualan produk bisnis? Ini dia cara yang bisa Anda lakukan.

1. Menggunakan Media Sosial dan Menerapkan Teknologi

Seperti yang kita tahu bahwa media sosial (social media) adalah alat pemasaran yang efektif karena hampir semua orang aktif menggunakannya.

Media sosial adalah jenis pemasaran online membantu perusahaan untuk berinteraksi secara luas dengan berbagai kalangan.

Selain itu, media sosial juga membantu perusahaan untuk memilih komunitas yang tepat untuk memasarkan produk sehingga peluang produk terjual lebih besar.

Penerapan dari strategi pemasaran adalah banyak sekali, dimana salah satunya menggunakan sosial media ini.

Baca Juga: 7 Pemasaran dengan Budget Rendah di Social Media

2. Menawarkan Produk Gratis

Selain menggunakan media sosial, strategi ini juga dianggap ampuh untuk menjaring konsumen karena sesuatu yang gratis akan mudah menarik perhatian.

Alasan lain kenapa strategi ini juga diperlukan karena sering kali seorang pelanggan belum mau membeli produk karena belum pernah mencobanya.

Jika Anda ingin menggunakan strategi ini, cobalah untuk mengisi event atau acara dan menawarkan sample langsung kepada konsumen.

Namun, jika perusahaan menawarkan jasa atau media digital, sebaiknya tawarkan free trial sehingga konsumen dapat mencoba dan mengetahui produk tersebut.

Jika berbicara tentang gratis, salah satu yang sering menawarkan program free trial ini biasanya adalah produk SaaS seperti Mekari Jurnal, yaitu sebuah software akuntansi online untuk perusahaan.

Produk aplikasi Akuntansi ini memungkinkan Anda untuk mencobanya sendiri secara gratis sebelum menggunakannya.

Banyak fitur didalamnya termasuk fitur aplikasi laporan keuangan dan fungsi software invoice yang mudah digunakan.

Salah satu yang menawarkan free trial ini biasanya produk SaaS seperti Jurnal By Mekari. Produk aplikasi Akuntansi ini memungkinkan Anda untuk mencobanya sendiri secara gratis sebelum menggunakannya.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

3. Memilih Tempat yang Strategis Agar Produk Lebih Terlihat

Strategi pemasaran yang selanjutnya tidak kalah penting adalah memilih tempat yang strategis.

Tempat yang tepat tentunya akan membuka peluang produk terlihat lebih tinggi sehingga memicu terjadinya penjualan.

Kriteria pemilihan tempat yang strategis harus menyesuaikan target sasaran dan kemudahan untuk menjangkaunya.

Baca Juga: 4 Faktor Salah Lokasi, Bikin Bisnis Gigit Jari

4. Memberi Reward untuk Rekomendasi

Teknik pemasaran mulut ke mulut memang masih mencuri perhatian karena diangagp efektif.

Kebanyakan konsumen akan tertarik menggunakan produk berdasarkan review bagus dari orang-orang yang pernah memakainya.

Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu strategi efektif untuk memasarkan produk atau jasa.

Sebuah produk akan terlihat bagus dan dapat dipercaya jika ada yang merekomendasikannya.

Jika Anda ingin mendapatkan rekomendasi atau testimoni dari pelanggan yang sudah memakai produk atau jasa yang ditawarkan, Anda bisa memberi sebuah reward yang menarik.

Ingat, reward tidak selalu soal uang, tapi Anda bisa memberi hadiah berupa produk atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya.

Strategi pemasaran adalah hal yang memiliki peranan penting dalam kemajuan bisnis yang Anda jalankan.

Namun, tentunya Anda harus menerapkan strategi yang tepat agar sasaran yang telah ditentukan dapat tercapai dengan baik.

Jangan pernah melakukan pemasaran tanpa strategi karena ini hanya akan membuang waktu dan biaya.

Anda harus merencanakan semua aspek dengan matang dan rinci sehingga eksekusinya pun dapat berjalan dengan maksimal.

Pakai Mekari Jurnal untuk Pengelolaan Budget Pemasaran Anda

Di atas Mekari Jurnal telah memaparkan terkait definisi, arti, fungsi, dan tujuan strategi pemasaran yang sebaiknya Anda lakukan.

Harapannya, Anda sudah bisa menentukan sendiri langkah apa yang akan diambil dalam bisnis maupun perusahaan yang sedang Anda jalankan.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya. Jangan lupa untuk dibagikan di sosial media ya!

Lebih dari itu, jangan lupa untuk menggunakan Mekari Jurnal dalam pengelolaan keuangan operasional pemasaran Anda dengan Mekari Jurnal.

Dipastikan, pengelolaan akan lebih rapih, cepat, dan tidak perlu lagi berlama-lama dengan dokumen yang serba ribet.

Karena Mekari Jurnal sudah serba otomatis dan juga berbasis cloud, sehingga Anda tidak akan membutuhkan penyimpanan internal yang banyak hanya untuk menyimpan file laporan keuangan.

Tertarik mau coba tanya dulu? Yuk hubungi sales kami sekarang!

Referensi: 

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi 4). Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13, Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Guiltinan, J. P., & Paul, G. W. (1985). Marketing Management: Strategies and Programs. New York: McGraw-Hill.

Stanton, W. J. (1984). Fundamentals of Marketing (6th ed.). New York: McGraw-Hill.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami