Format Pembuatan Laporan Keuangan Perjalanan Dinas

Pekerja khususnya di lembaga pemerintahan pastinya sudah familiar dengan yang namanya perjalanan dinas. Perjalanan dinas biasanya ditentukan oleh pimpinan dan dibiayai seluruhnya oleh instansi atau perusahaan. Dan setelah perjalanan dinas dilakukan, harus dibuat laporan keuangan perjalanan dinas untuk melaporkan kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama perjalanan dinas.

Tentang Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas adalah sebuah kegiatan yang dilakukan karyawan ke suatu tempat yang berbeda yang ditentukan oleh pimpinan instansi atau perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Tidak hanya lembaga pemerintahan, perjalanan dinas juga dilakukan oleh pelaku bisnis yang berorientasi pada client atau business to business yang memerlukan pertemuan tatap muka.

Perjalanan dinas pastinya berbeda dengan perjalanan biasa, karena jika perjalanan biasa harus mempersiapkan sendiri segala sesuatunya, baik tentang tempat tujuan, dana, dan orang yang diikutkan, perjalan dinas sudah di persiapkan segala sesuatunya oleh instansi atau perusahaan.

Dan perjalanan dinas tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan atau prospek bisnis sehingga bisa mendapatkan pencerahan, ilmu, pengajaran, dan juga mitra bisnis yang lebih baik untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas instansi atau bisnis.

laporan keuangan perjalanan dinas

Macam-Macam Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas biasanya dilakukan karena ada kepentingan tertentu seperti pengawasan, workshop, acara ceremonial, dan sebagainya.

Dan sebagai hasilnya, pelaku perjalanan dinas harus membuat sebuah laporan perjalanan yang berisi tentang hal-hal detail terkait dengan kegiatan yang telah dilakukan selama perjalanan dinas.

1. Dari hal yang harus dipersiapkan

Terdapat beberapa jenis perjalanan dinas ditinjau dari beberapa aspek.

Dari hal yang harus dipersiapkan, perjalanan dinas dibedakan menjadi :

  • Pertama, Perjalanan dinas untuk mengikuti rapat kerja nasional, sehingga harus dipelajari materi rapat dengan cermat
  • Kedua, Perjalanan dinas untuk mengikuti seminar, sehingga harus memahami materi seminar yang disampaikan
  • Ketiga, Perjalanan dinas untuk kunjungan ke daerah-daerah, sehingga pimpinan harus merumuskan tujuan dan sasaran kunjungan ke daerah-daerah tersebut
  • Keempat, Perjalanan dinas untuk mengadakan pelatihan atau diklat, sehingga pimpinan harus menyediakan buku referensi yang diperlukan
  • Kelima, Perjalanan dinas untuk mengikuti pelantikan karena kenaikan jabatan atau promosi
  • Keenam, Perjalanan dinas untuk mengadakan penjajakan kerjasama dengan lembaga atau perusahaan lain
  • Ketujuh, Perjalanan dinas dalam rangka menghadiri seremonial seperti pembukaan kantor cabang atau ulang tahun instansi atau perusahaan
  • Kedelapan, Perjalanan dinas untuk mengadakan kegiatan sosial, seperti memberikan bantuan kepada korban bencana alam
  • Kesembilan, Perjalanan dinas untuk mengikuti rapat umum

2. Dari wilayah tujuannya

Dilihat dari wilayah tujuannya, perjalanan dinas dibedakan menjadi :

  • Perjalanan dinas dalam negeri, yaitu bisa dilakukan antar kota dalam satu provinsi dan juga dilakukan antar provinsi.
  • Perjalanan dinas luar negeri atau disebut juga perjalanan dinas antar negara.

3. Dari transportasi yang digunakan

Dan jika dilihat dari transportasi yang digunakan, perjalanan dinas bisa dibedakan menjadi :

  • Perjalanan dinas lewat darat. Dalam hal ini transportasi yang dilakukan bisa dengan mobil, bus, travel, ataupun kereta api dan biasanya dipilih jika perjalanan dinas memiliki jarak antara instansi atau perusahaan dengan tujuan tidak terlalu jauh.
  • Kedua, perjalanan dinas lewat laut, yang dilakukan dengan menggunakan kapal laut jika memang tujuan terpisahkan dengan laut dan memiliki waktu yang panjang dan tidak memasak
  • Dan yang terakhir perjalanan dinas lewat udara, yaitu menggunakan fasilitas pesawat terbang. Perjalanan dinas ini dipilih karena merupakan perjalanan yang mendesak dan tidak memiliki waktu yang longgar. Sehingga dengan menggunakan pesawat akan lebih efektif dan efisien.

Laporan Keuangan Perjalanan Dinas

Setelah melakukan perjalanan dinas, karyawan hendaknya selalu membuat laporan sebagai hasil dari kegiatan yang telah dilakukan dan mempertanggungjawabkan tugas yang telah diberikan dari pimpinan.

Laporan tersebut harus dibuat dengan sebenar-benarnya dan meyakinkan pimpinan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk perjalanan dinas tidak sia-sia, dan memberikan manfaat serta menguntungkan instansi dan perusahaan.

Fungsi dari laporan keuangan perjalanan dinas adalah untuk memberikan penjelasan mengenai hal-hal detail terkait kegiatan selama perjalanan dinas dilakukan.

Dan juga, manfaat laporan keuangan perjalanan bisa digunakan sebagai bukti bahwa kita telah selesai melaksanakan tugas perjalanan dinas.

laporan keuangan perjalanan dinas

Format Laporan Perjalanan

Laporan Keuangan Perjalanan Dinas sebaiknya tidak terlalu panjang dan pertele-tele. Untuk itu, perlu dibuat laporan yang baik dan fokus dengan kegiatannya.

Sehingga perlu diperhatikan format-format laporan atau hal-hal yang harus ada di dalam sebuah laporan.

Berikut ini adalah format laporan dinas yang bisa diperhatikan dalam pembuatan laporan.

1. Pendahuluan

Segala macam laporan pastinya dibuat pendahuluan tentang kegiatan yang dilakukan yang menceritakan latar belakang kegiatan perjalanan dinas.

Pendahuluan bisa berisi tentang jenis perjalanan dinas yang dilakukan, mengapa anda dikirim oleh perusahaan, dan juga sedikit tentang hasil akhir dari perjalanan dinas tersebut.

Selain itu, pendahuluan juga berisi tentang tujuan dari perjalanan dinas.

Contohnya adalah dituliskan tentang perjalanan dinas kunjungan kelompok tani dengan tujuan melihat apakah pupuk bantuan dari dinas sudah sampai ke petani-petani dalam suatu daerah dan sudah tersebarluaskan dengan baik.

2. Isi

Di dalam isi laporan, dijelaskan secara detail tentang proses kegiatan yang telah dilakukan. Isi harus dititik beratkan pada bagaimana target atau tujuan bisa tercapai ketika mengikuti kegiatan tersebut.

Bahkan jika ada tujuan yang gagal terpenuhi, sangat lebih baik jika dimasukkan pula dalam laporan. Karena jika tidak dicantumkan atau berusaha menutupi kegagalan anda, bisa jadi akan berakibat buruk di kemudian hari.

Selain itu, dalam isi laporan, harus dijelaskan secara spesifik tentang aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dan manfaat yang diperoleh dari perjalanan dinas bagi instansi atau perusahaan. Dan sebaiknya untuk tidak menuliskan manfaat pribadi dari kegiatan tersebut.

3. Ringkasan

Selanjutnya adalah ringkasan yang menjelaskan tentang garis besar hasil atau target yang sudah didapatkan dari laporan.

Meskipun tidak tercapai, juga harus dicantumkan dan sebaiknya berikan alasan yang relevan mengapa tujuan tersebut tidak bisa tercapai. Selain itu, biasanya juga dicantumkan tentang saran untuk kegiatan selanjutnya.

Semakin spesifik laporan yang dibuat, maka semakin berguna pula laporan tersebut untuk menghitung seberapa bergunanya perjalanan dinas yang telah dilakukan, dan bahkan bisa menghitung untung-rugi yang didapatkan.

4. Laporan Pengeluaran

Bagian terakhir dari laporan keuangan perjalanan dinas adalah laporan pengeluaran yang dilampirkan.

Dalam laporan pengeluaran, bisa dicantumkan total biaya yang dikeluarkan selama perjalanan dinas, namun jangan sampai mencantumkan biaya pengeluaran yang tidak perlu seperti uang tips, palikir, atau sejenisnya.

5. Contoh Laporan Keuangan Perjalanan Dinas

Selain sesuai dengan format yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa format laporan dinas lain. Karena pastinya setiap instansi atau perusahaan memiliki format laporan keuangan perjalanan dinas yang berbeda-beda.

Namun yang terpenting adalah di dalam laporan keuangan perjalanan dinas terdapat siapa yang bertanggung jawab atas tulisan tersebut dan isi atau hasil dari perjalanan dinas yang telah dilakukan.

Berikut ini beberapa contoh laporan keuangan perjalanan dinas yang baik dan benar.

Nah itulah beberapa penjelasan dan contoh laporan keuangan perjalanan dinas.

Dan bisa disimpulkan bahwa laporan ini sangatlah penting untuk mempertanggungjawabkan kegiatan yang telah dilakukan sehingga bisa meningkatkan dan menguntungkan instansi atau perusahaan.

laporan keuangan perjalanan dinas

Kelola Laporan Keuangan Perjalanan Dinas dengan Mekari Jurnal

Dengan menggunakan fiturĀ aplikasi pajak online Jurnal, yang tentu saja memiliki fitur aplikasi laporan keuangan ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam berbisnis. Nikmati kesempatan free trial selama 14 hari.

Kategori : Keuangan Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo