Analisis pasar merupakan suatu komponen yang sangat penting dalam hal perencanaan pemasaran sebuah produk. Dengan melakukan analisis pasar, diharapkan dapat meningkatkan omzet penjualan dan keuntungan perusahaan. Secara lebih jauh lagi, analisis pasar perlu dilakukan untuk menemukan peluang bisnis dan potensi yang bisa dimanfaatkan.

Analisis pasar merupakan hal paling penting yang tidak boleh dilewatkan untuk menentukan pasar baru. Hasil dari analisis pasar tersebut nantinya yang akan bermanfaat untuk mengetahui potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis dapat bertahan. Ada 6 langkah mudah melakukan analisis pasar yang bisa Anda coba.

Pentingnya Melakukan Analisis Pasar

6 Langkah Mudah Melakukan Analisis Pasar Untuk Menentukan Pasar Baru

Salah satu faktor yang memengaruhi perlunya dilakukan analisis pasar adalah tingkat frekuensi para konsumen atau para pembeli dalam membeli suatu barang. Hal ini ditandai dengan sering tidaknya konsumen membeli barang dan bergantung pada tingkat konsumsi barang tersebut. Analisis pasar memang sangat penting untuk dilakukan, khususnya bagi para pemasar yang berorientasi pada Marketing Concept. Sebuah pemahaman tentang pasar sangat dibutuhkan agar dapat memilih dan menetapkan keputusan-keputusan pemasaran yang efektif atau tepat. Terdapat 5 hal utama yang harus diketahui dalam analisis pasar, yaitu:

  1. Gambaran struktur produk pasar, yaitu mengidentifikasi kumpulan produk-produk yang dapat disajikan untuk memuaskan kebutuhan mendasar kemudian menganalisis tingkat kemampuan saling mengganti atau substitusi produk-produk tersebut.
  2. Batasan pasar yang relevan, yaitu batasan kelompok pesaing yang dianggap paling relevan yang dapat ditetapkan seperti antar merk atau sesama pemasar yang memenuhi kebutuhan pangsa pasar yang sama.
  3. Analisis permintaan industri, yaitu mempelajari siapa, mengapa, dan bagaimana para konsumen atau pelanggan membeli jenis produk yang dipasarkan.
  4. Analisis permintaan terhadap merk, yaitu pemahaman bagaimana para pembeli membuat pilihan antara merk atau penjual pada pasar yang relevan.
  5. Identifikasi, yaitu didasarkan pada penelitian perusahaan terhadap peluang-peluang pasar dan pontensial pasar

Tujuan & Keuntungan Melakukan Analisis Pasar

6 Langkah Mudah Melakukan Analisis Pasar untuk Menentukan Pasar BaruAda beberapa tujuan utama dalam melakukan analisis pasar, antara lain adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang ingin dipenuhi oleh perusahaan, dan menetapkan cara merancang serta menentukan tawaran yang dapat memuaskan kebutuhan tersebut. Berikut ini adalah tujuan analisis pasar secara lebih rinci:

  1. Agar lebih mengenal lingkungan pasar
  2. Lebih mengenal tipe-tipe pasar
  3. Mengetahui karakteristik pasar secara lebih jelas
  4. Siap menghadapi para pesaing
  5. Dapat melaksanakan kebijakan dalam pemasaran
  6. Mampu membuat program dalam bidang pemasaran
  7. Dapat lebih mengenal ciri-ciri pasar

Analisis pasar dilakukan dalam rangka menggiatkan penjualan, sehingga perusahaan akan mendapatkan keuntungan, yaitu dapat meningkatkan omzet penjualan, memperoleh keuntungan yang diharapkan, dan dapat meningkatkan produksinya, Selain itu, produk atau barang-barang yang dipasarkan oleh perusahaan akan menjadi lebih terkenal, hasil produksi perusahaan akan digemari konsumen. Serta perusahaan dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Langkah Mudah Menentukan Analisis Pasar

6 Langkah Mudah Melakukan Analisis Pasar untuk Menentukan Pasar Baru

Suatu perusahaan akan dikatakan berhasil apabila dalam memajukan usahanya, perusahaan mampu melaksanakan analisis pasar. Analisis pasar merupakan konsep pemasaran yang berorientasi pada kepentingan para konsumen atau berorientasi pada pasar sasaran. Dalam melakukan analisis pasar, terdapat 6 langkah atau tahapan yang akan dilakukan yaitu:

1.Menentukan Pasar Relevan (Relevant Market)

Langkah atau tahapan pertama yang harus dilakukan dalam analisis pasar yaitu menentukan pasar yang relevan. Pasar relevan merupakan serangkaian produk atau jasa di dalam struktur pasar produk total (total product market) yang dinilai pihak manajemen sangat penting dan strategis. Penentuan pasar relevan meliputi dua langkah pokok. Yang pertama, manajemen berusaha menggambarkan dan mendefinisikan pasarnya terlebih dahulu. Dan yang kedua, manajemen menggambarkan struktur pasar-produk beserta batas-batas pasar relevan.

2.Menganalisis Permintaan Primer untuk Pasar Relevan

Langkah yang kedua dalam analisis pasar yaitu menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan. Permintaan primer ini mencakup permintaan pada level kelas produk (product class level). Di dalam langkah yang kedua ini, manajemen harus berusaha menggambarkan profil atau karakteristik pembeli dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelian untuk semua merk dan produk dalam pasar relevan. Dengan kata lain, manajemen harus berupaya mendiagnosis siapa pembeli dan non-pembeli dalam pasar relevan dan mengapa mereka membeli atau tidak membeli sebuah produk.

3. Menganalisis Permintaan Selektif Dalam Pasar Relevan

Dalam melakukan langkah-langkah analisis pasar, permintaan selektif adalah permintaan terhadap suatu merk atau pemasok spesifik dalam pasar relevan. Dalam menganalisis permintaan selektif, manajemen lebih berfokus pada pemahaman atas pilihan merk atau pemasok di dalam pasar relevan. Untuk memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan-kebiasaan para pembeli dan pola pembeliannya, maka pihak manajemen pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi pasar. Diantaranya adalah melakukan identifikasi tipe proses keputusan, dan identifikasi atribut determinan.

4. Menetapkan Segmen Pasar

Dalam langkah ini, pihak manajemen harus memahami berbagai cara untuk mengelompokkan konsumen kedalam segmen-segmen yang para anggotan ya memiliki respons yang sama terhadap program pemasaran spesifik. Ada beberapa ketentuan untuk menetapkan segmentasi pasar yang baik, seperti segmentasi pasar harus mudah dijangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. Segmentasi pasar harus mudah diukur, dan sesuai dengan kelayakan pemasar. Sesuai dengan kelayakan pemasar maksudnya bisa mengukur segmentasi pasar sesuai dengan kemampuan pemasaran produk. Jika segmen yang pilih memiliki banyak kendala, maka proses pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar.

5. Menilai Persaingan

Pihak manajemen harus menilai produk/merknya dibandingkan dengan tawaran dari pesaingnya. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan informasi penting mengenai pesaing adalah melalui competitive intelligence.

6. Mengidentifikasi Pasar Sasaran Potensial

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam analisis pasar yaitu mengidentifikasi pasar sasaran. Tujuan akhir dari tahapan ini adalah untuk mengidentifikasi peluang terbaik guna menciptakan pelanggan yang puas dan loyal.

Hingga saat ini, bisnis telah menjamur di masyarakat sehingga dibutuhkan banyak strategi khusus untuk dapat bersaing dan dapat meningkatkan penjualan. Tidak mungkin Anda membangun bisnis kemudian akan langsung memperoleh penghasilan besar secara instan.

Salah satu cara untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis adalah dengan melakukan analisa pasar. Dengan menganalisa potensi pasar terlebih dahulu, maka bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah berkembang. Kelola laporan keuangan bisnis Anda secara lebih mudah dengan software akuntansi online Jurnal. Software akuntansi Jurnal dilengkapi dengan laporan keuangan yang lengkap seperti neraca keuangan, arus kas, laba-rugi, dan lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam mengembangkan bisnis secara lebih handal dan aman.

Setiap data pada software akuntansi online Jurnal juga telah tersimpan di Cloud. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memonitor laporan keuangan bisnis Anda secara real-time. Tertarik untuk mencobanya? Daftar sekarang dan dapatkan free trial selama 14 hari dan lihatlah bagaimana fitur-fitur jurnal akan memberikan Anda kemudahan dan keuntungan. Selamat mencoba!