Mekari Jurnal
Daftar Isi

Pentingnya Peran Operator Produksi dan Staff Produksi dalam Proses Manufaktur

Tayang 22 May 2024
Diperbarui 24 Mei 2024

Dalam tahapan siklus supply chain management tentu akan terdapat beberapa praktisi dan pekerja yang bergerak untuk mengelola setiap harinya, beberapa di antaranya yang bertanggung jawab dalam proses produksi yaitu operator dan staf produksi.

Seperti namanya, operator produksi atau staf produksi memiliki beberapa jobdesk yang cukup penting dalam mempertahankan produktivitas produksi dalam perusahaan manufaktur.

Mereka menjadi kunci penggerak pada sebagian besar proses produksi, mulai dari pengelolaan bahan baku, perakitan, pemeliharaan mesin, pengujian hasil, hingga tahap finishing produksi.

Bagi Anda yang ingin masuk ke dalam prospek kerja supply chain management tentu harus memahami apa saja jobdesk, kualifikasi, serta pentingnya operator dan staf produksi.

Simak selengkapnya secara lebih jelas dalam artikel berikut ini.

Posisi Seperti Apa Itu Staff dan Operator Produksi?

Area lingkup kerja dari seorang staf dan operator produksi berada di ranah proses produksi atau manufaktur perusahaan. Selain itu, jika dilihat secara lebih luas, termasuk juga mulai dari penataan layout pabrik hingga penyimpanan dalam warehouse.

Pada dasarnya, kedua profesi ini memiliki peran kunci dalam pengembangkan sebuah produk yang akan diperjualbelikan perusahaan, sehingga akan menjadi aset terbesar dalam bisnis.

Lalu, apa itu staf produksi dan operasional produksi?

Jika mengutip dari Glints, staf produksi merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam aktivitas bisnis sehari-hari dalam mengelola kualitas dan kuantitas hasil produksi sesuai standar yang ditentukan perusahaan.

Kemudian, mengutip dari Quipper Campus, operasional produksi mengacu kepada seorang praktisi yang memiliki kemampuan dan tanggung jawab penuh terhadap peralatan dan mesin yang membantu dalam proses produksi dan memenuhi permintaan pasar.

Dengan demikian, kedua profesi ini memiliki kaitan yang erat dalam pekerjaannya sehari-hari. Terkait dengan jobdesk-nya, akan menyesuaikan dengan masing-masing kebijakan perusahaan tempat mereka berada.

Peran dan Jobdesk Staff Produksi

Berikut ada beberapa jobdesk yang paling umum dilaksanakan oleh bidang operasional dan staf produksi, di mana keduanya memiliki jobdesk yang hampi sama, yaitu:

  1. Memantau dan mengelola alur kerja proses produksi sesuai dengan aturan dan standar yang telah direncanakan oleh perusahaan.
  2. Mengumpulkan data-data yang menjadi indikator keberhasilan produksi, mulai dari nilai kualitas produk, jumlah hasil, batas produksi mesin, dan bahan baku yang digunakan.
  3. Menyusun dan menjadwalkan jam kerja operasional secara teroganisir dan detail.
  4. Membuat laporan harian yang konstruktif dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Pentingnya Operator Produksi dan Staff Produksi

Peran operator produksi dan staf produksi memiliki posisi yang cukup vital khususnya dalam aspek tahapan manufaktur dan supply chain.

Mereka yang sepenuhnya akan menjadi tulang punggung operasional setiap harinya, bertanggung jawab dalam melaksanakan seluruh rangkaian proses produksi, dan di waktu yang sama juga menjaga standar kualitas dan pemeliharaan mesin produksi.

Ini tentunya agar dapat menjaga produktivitas dan efisiensi dalam mengirim produk secara tepat waktu kepada pelanggan. Jika keberadaan mereka dikesampingkan, bisa saja perusahaan akan merasakan beberapa hal yang negatif, mulai dari penurunan produktivitas, membengkaknya pengeluaran biaya, dan ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan perusahaan.

Selain mendukung produktivitas produksi, adanya operasional dan staf produksi dapat menumbuhkan budaya perbaikan berkelanjutan demi supply chain management yang lebih optimal.

Ini didasari dari wawasan dan feedback yang mereka berikan ketika bekerja, mengoptimalkan alur kerja, meningkatkan kualitas produk, dan menerapkan kritik yang membangun.

Dengan memberdayakan tim produksi dengan baik, secara aktif dan kolaboratif, mereka dapat meningkatkan proses manufaktur, mendorong inovasi, meningkatkan daya saing, dan beradaptasi secara lebih efektif terhadap perubahan permintaan pasar.

Manfaat dan Dampak Kehadiran Operator dan Staff Produksi

Operator produksi dan staf produksi memainkan peran penting dalam siklus produksi pada perusahaan manufaktur.

Adanya kehadiran operator dan staf produksi turut membantu mencapai beberapa kebutuhan perusahaan, seperti:

  • Mengeksekusi proses produksi, dengan prosedur dan pedoman yang telah terstandarisasi, kemudian ditingkatkan berdasarkan feedback di lapangan untuk memastikan output produksi berjalan efektif dan akurat.
  • Quality control, unit bagian produksi akan rutin memantau kualitas produk dan memastikan sesuai dengan standar perusahaan.
  • Membantu mempertahankan produktivitas dan mengoptimalkan alur kerja produksi, di sisi lain juga mengurangi adanya pemborosan dan meminimalkan waktu tunggu yang berkepanjangan.
  • Sebagai pemecah masalah di lapangan ketika menemukan tantangan dan masalah selama proses produksi berlangsung.
  • Sebagai salah satu aspek yang berfungsi untuk mempertahankan kualitas produksi serta pelayanan, agar pelanggan tetap puas dan tetap kembali membeli produk perusahaan.
  • Sebagai bagian dari perusahaan yang turut serta mengelola pengeluaran biaya dari segi proses produksi dan pemanfaatan sumber daya

Kesimpulan

Pada dasarnya, operator produksi dan staf produksi merupakan komponen integral dari operasi manufaktur, berkontribusi terhadap efisiensi, kualitas, keselamatan, dan kepuasan pelanggan.

Peran mereka sangat penting bagi keberhasilan dan daya saing perusahaan manufaktur. Mempertahankan produktivitas, kualitas produksi, dan secara tidak langsung juga mempertahankan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan dan produk perusahaan.

Untuk dapat memantau proses produksi dengan lebih mudah, gunakan software akuntansi Mekari Jurnal sekarang juga! Melalui fitur manajemen produksi, Anda dalam memantau kondisi di lapangan secara realtime walaupun hanya melalui smartphone Anda saja.

Daftarkan bisnis Anda sekarang di sini dan dapatkan free trials selama 7 hari untuk mengeksplorasi berbagai fitur unggulan Mekari Jurnal!

Konsultasi Gratis dengan Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Finance Detik, “Tugas Operator Produksi: Kualifikasi dan Keahlian yang Harus Dimiliki”.

Tempo, “Mengenal Operator Produksi, Tugas, dan Gajinya”.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal