Tujuan Dan Manfaat Dari Production Planning Inventory Control

Production Planning Inventory Control atau PPIC mungkin sudah menjadi istilah yang tidak asing lagi di telinga banyak orang terutama Anda yang bergelut dengan dunia industri. Bidang pekerjaan ini tampaknya semakin dipahami oleh masyarakat publik walaupun tentunya masih ada sebagian orang yang belum tahu benar arti dari istilah ini.

PPIC bisa didefinisikan sebagai suatu pekerjaan yang dimaksudkan untuk mempersiapkan proses manufaktur dan mengelola seluruh stok persediaan bahan baku untuk keperluan proses produksi. Dari pengertian ini tampak jelas bahwa PPIC memiliki kaitan erat dengan proses produksi dalam suatu perusahaan ini memang menjadi bagian yang sangat penting dalam perusahaan. Sebab kegiatannya meliputi seluruh hal yang menjadi bagian dari proses manufaktur.

Tidak berhenti sampai disitu namun PPIC ini juga memberikan pengaruh terhadap proses penyaluran atau pemasaran produk. Dengan adanya PPIC ini maka seluruh aktivitas ekonomi dalam perusahaan bisa berjalan dengan lebih baik.

cara inventory control adalah 2

Tujuan Production Planning Inventory Control

Adapun sebenarnya aktivitas Production Planning Inventory Control atau PPIC ini memiliki beberapa tujuan penting. Diantaranya yaitu berikut ini.

Meningkatkan efektivitas perusahaan

Berbagai tujuan dari PPIC pada dasarnya adalah untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan. Salah satu tujuan dari PPIC tersebut adalah meningkatkan efektivitas perusahaan. Umumnya PPIC akan membantu perusahaan dalam bidang kerjanya yang cenderung mengontrol persediaan bahan baku sehingga dapat mendukung proses produksi agar berjalan lancar.

Dalam hal ini PPIC akan memberikan suatu rencana proses produksi yang sekiranya efektif. Tak hanya efektif namun perencanaan proses produksi juga sebisa mungkin ditekan agar bisa efisien. Untuk memaksimalkan hal tersebut dapat pula menggunakan aplikasi inventory yang tepat.

Memaksimalkan modal untuk produksi

Tujuan selanjutnya yang juga bisa dicapai oleh Production Planning Inventory Control atau PPIC dalam suatu perusahaan adalah untuk memaksimalkan modal yang memang sudah dipersiapkan bagi proses produksi. Penggunaan modal untuk kegiatan produksi ini diusahakan untuk bisa berjalan semaksimal mungkin agar proses perencanaan produksi bisa berjalan dengan baik. Bahkan proses perencanaan ini meliputi pula perencanaan jangka panjang. Tentunya perencanaan jangka panjang dari perusahaan juga diharapkan agar dapat tercapai.

Mengatur proses produksi

Selain itu Production Planning Inventory Control atau PPIC juga memiliki tujuan mengatur proses produksi yang dijalankan pada suatu perusahaan. Dalam hal ini PPIC dapat mengatur berbagai macam langkah yang sekiranya akan dijalankan dalam proses produksi. Dengan adanya pengaturan ini maka nantinya diharapkan agar timbul suatu patokan yang bisa terus digunakan terutama untuk perencanaan proses produksi di masa mendatang. Maka di masa mendatang tentunya proses produksi bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Mengendalikan pendistribusian bahan baku

Masih berkutat dengan proses produksi rupanya PPIC juga turut melakukan aktivitasnya dengan tujuan untuk mengendalikan pendistribusian bahan baku. Jadi PPIC akan mengatur alur pendistribusian bahan baku dalam perusahaan. Pengendalian dan pengaturan dalam alur pendistribusian bahan baku ini nantinya dapat membantu proses produksi agar bisa berjalan dengan lancar dan bahkan tanpa hambatan atau kendala tertentu.

Membantu divisi lain dalam perusahaan

Rupanya apa yang dilakukan oleh bagian PPIC ini tak hanya bertujuan untuk membantu memperlancar aktivitas di bidang produksi saja. Namun secara lebih lanjut rupanya aktivitas PPIC juga bertujuan untuk membantu bagian atau divisi lain yang juga ada dalam perusahaan. Misalnya saja seperti divisi penjualan atau divisi pemasaran.

Sebab aktivitas PPIC ini pada dasarnya juga meliputi berbagai hal yang bisa turut memberikan informasi bagi divisi penjualan dan marketing. Informasi ini antara lain meliputi lama waktu produksi dan jumlah produk. Nantinya bagian penjualan dan marketing bisa menyusun rencana atas informasi yang didapatnya dari PPIC ini.

Manfaat Production Planning Inventory Control

Adapun selain memiliki tujuan di atas, Production Planning Inventory Control atau PPIC juga memiliki beberapa manfaat penting. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

Mengidentifikasi besaran aset

Mengenai manfaat dari suatu PPIC juga sebenarnya cukup besar terutama di dalam suatu perusahaan. Bahkan manfaatnya ini cenderung bersifat menguntungkan bagi perusahaan. Salah satu manfaat dari PPIC adalah untuk mengidentifikasi besaran aset perusahaan. Hal ini sangat berguna terutama untuk proses perencanaan produksi. Sebab hasil identifikasi besaran aset ini bisa digunakan untuk proses pemantauan persediaan pada perusahaan.

Mengurangi keterlambatan dalam alur penyediaan

Selain itu PPIC juga cenderung bermanfaat untuk memperlancar seluruh kegiatan produksi mulai dari proses perencanaan sampai dengan persiapan untuk penyaluran produk. Dalam hal ini PPIC dapat melakukan aktivitas yang nantinya bisa menghindari keterlambatan penyediaan bahan baku dan materi lainnya yang memang berguna untuk proses produksi. Jadi proses produksi akan terus berjalan lancar dan tidak akan terpengaruh oleh berbagai hal yang membuatnya jadi terkendala.

Menghemat pengeluaran perusahaan

Manfaat lain dari PPIC adalah untuk lebih menghemat pengeluaran perusahaan sehingga perusahaan pada akhirnya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Kehadiran PPIC pada dasarnya memang dapat membuat proses produksi jadi lebih terencana dengan matang.

Dengan adanya PPIC maka proses produksi nantinya dapat memilih bahan baku yang lebih tepat. Selain itu sistem teknologi yang digunakan juga nantinya dapat dipilih dengan tepat. Tidak hanya itu saja namun secara lebih jauh rupanya PPIC juga dapat memaksimalkan produktivitas perusahaan dengan lebih efektif dan juga efisien.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Dari semua hal atau tugas yang dilakukan oleh PPIC maka bisa juga disimpulkan bahwa kehadiran PPIC ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Pada dasarnya apa yang dilakukan oleh bagian PPIC dalam suatu perusahaan cenderung membantu proses pengaturan dan pengelolaan produksi sehingga hasil produksi menjadi lebih baik.

Tentu saja apa yang menjadi hasil produksi ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga kepercayaan pelanggan pada perusahaan semakin meningkat. Tidak hanya itu saja namun proses distribusi produk hingga sampai dengan tepat waktu ke tangan pelanggan juga cenderung meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menghasilkan produk tepat

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa hasil produksi yang tepat dan berkualitas tinggi dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Tentu saja hal ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Sebab hasil produksi yang tepat biasanya memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat membuat pelanggan dapat menggunakan produk secara maksimal. Pelanggan akan merasa semakin percaya terhadap produk perusahaan.

Production Planning Inventory Control seperti yang telah kita ketahui bersama pada dasarnya merupakan bagian dari suatu perusahaan yang memiliki manfaat besar bagi perkembangan perusahaan itu sendiri. Dengan adanya tujuan yang ingin dicapai oleh divisi PPIC maka sudah pasti kegiatan di dalam perusahaan bisa menjadi lebih terarah.

Production Planning Inventory Control ini memang memiliki manfaat yang cukup besar bagi kelangsungan perusahaan seperti halnya penjelasan yang telah tertera di atas. Manfaat dari PPIC ini bahkan bisa membantu perusahaan untuk dapat mencapai target dengan lebih mudah. Oleh karena itu sebaiknya PPIC ini tidaklah diabaikan di dalam suatu perusahaan mengingat bahwa tugas dan manfaatnya yang sangat penting.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo