Jika diartikan secara langsung ke dalam bahasa Indonesia, conversation marketing berarti percakapan dalam dunia pemasaran. Istilah ini dimaksudkan untuk menciptakan suatu komunikasi secara langsung dengan para konsumen. Serta untuk mendorong adanya percakapan di antara keduanya, yaitu bagian pemasaran dan konsumen.

Conversation marketing memang ditujukan untuk menciptakan komunikasi secara langsung dengan konsumen dan memicu adanya percakapan diantara keduanya. Kapan sebuah percakapan ini terjadi? Misalnya saat Anda membuat posting-an di media sosial. Pasti Anda menginginkan para followers Anda aktif menyampaikan pendapat atau memberikan pertanyaan. Kemudian ketika Anda membalas pendapat dan menjawab pertanyaan tersebut terciptalah komunikasi secara dua arah.

Peran Penting Conversation Marketing

Di dalam operasional bisnis, conversation marketing memiliki peran yang sangat penting. Seperti memberikan informasi, membujuk, mengingatkan para konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi pemasaran juga memiliki banyak fungsi bagi konsumen, terutama untuk memberitahu dan memperlihatkan bagaimana dan mengapa produk digunakan, mengetahui produk lebih dalam, serta dimana dan kapan produk itu dapat diperoleh.

Conversation Marketing yang Wajib Dikuasai Pebisnis

Dalam menjalankan stretagi communication marketing, kebanyakan pebisnis atau pemasaran akan cenderung fokus pada media sosial. Padahal, conversational marketing tidak hanya mengacu pada media sosial saja. Simak ulasan singkat cara lainnya di bawah ini:

  1. Email marketing, merupakan salah satu strategi yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Caranya adalah dengan mengirimkan informasi kepada pada pelanggan melalui email. Informasi yang diberikan dapat berupa penjelasan produk atau layanan jasa yang ditawarkan, fitur-fitur andalan yang dimiliki, atau pun promo yang sedang berlangsung.
  2. Live customer support. Hal ini juga penting untuk dilakukan dalam menjalankan strategi conversational marketing. Memberikan layanan customer support atau customer care merupakan suatu bentuk bahwa Anda menghargai para pelanggan. Melalui cara ini, Anda juga dapat menerima saran dan kritik yang membangun dari konsumen. Hal tersebut tentu sangat baik untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.
  3. Customer loyalty programs. Cara ini dapat dilakukan untuk membangun hubungan yang baik dengan para pelanggan. Serta menjaga mereka agar tetap setia dengan produk dan merek Anda.

Conversation Marketing melalui Chatbot

Chatbot dapat membantu divisi pemasaran di perusahaan untuk menjalankan kampanye produk secara lebih mudah dan dengan cara yang lebih sederhana. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengotomatiskan beberapa proses dan memudahkan divisi pemasaran untuk menghasilkan penjualan yang lebih banyak. Kira-kira, apa saja yang dapat chatbot lakukan untuk menjalankan strategi conversation marketing?

  1. Dapat meningkatkan prospek. Dengan chabot, maka Anda dapat membuat beberapa pertanyaan dan mengetahui customer journey di dalam siklus penjualan. Selain itu, chatbot juga dapat mempersonalisasi cara Anda dalam mengumpulkan informasi dengan lebih efisien tanpa harus memberikan banyak formulir pertanyaan.
  2. Teknologi chatbot dapat digunakan untuk membantu memasarkan produk dengan mudah. Chatbot jenis ini dapat berinteraksi secara langsung dengan para pelanggan untuk membantu mereka menemukan produk yang dicari hingga membuatnya ingin membeli produk tersebut.
  3. Chatbot dapat menjadi salah satu alat yang tepat untuk mengumpulkan segala bentuk informasi pelanggan.
  4. Teknologi chatbot hadir untuk menyambut dan melayani para pelanggan. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan konfigurasi chatbot untuk dapat berbicara dengan konsumen melalui fitur live chat.

Baca juga: Iklan Advertorial sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

Setiap bisnis menggunakan berbagai bentuk conversation marketing untuk mempromosikan produk atau layanan jasa apa yang mereka tawarkan dan mencapai tujuan finansial. Agar produk Anda lebih dikenal oleh banyak orang, Anda memang harus kuat dalam menjalankan strategi pemasaran. Sementara untuk mengelola keuangan bisnis dan melakukan pembukuan yang rapi dan benar, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Software akuntansi online, seperti Jurnal akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan yang lengkap. Coba Jurnal sekarang juga dan dapatkan free trial selama 14 hari.