Mengenali Ciri-Ciri Aplikasi Keuangan Android yang User Friendly

Perkembangan zaman yang semakin maju menuntut kita untuk semakin modern dalam menjalani sebuah usaha. Penggunaan teknologi dan program-program digitalisasi seperti aplikasi keuangan android menjadi sebuah kebutuhan untuk membantu kegiatan bisnis. Namun tahukah Anda? Bagi sebagian orang, tidak semua aplikasi keuangan memiliki sistem yang user friendly ataupun mudah dimengerti. 

Pengertian User Friendly

User friendly adalah suatu keadaan dimana ketika seseorang menggunakan alat, software, website atau sistem operasi secara mudah. Saat ini, segala sesuatu hal hatus user friendly karena manusia cenderung selalu mencari kemudahan dalam kehidupan mereka. Lalu jika sebuah aplikasi android atau browser user friendly, berarti orang yang menggunakan aplikasi tersebut merasa mudah dan tidak mengalami kesulitan.

Kenyataannya, kenyamanan pengguna aplikasi tidak dapat dianggap sepele. Kemudahan dan menjadikan pengguna aplikasi sebagai rumah saat menjalani aplikasi adalah sebuah keharusan. Sebuah aplikasi tidak boleh terlalu memusingkan serta menyulitkan pengguna karena fitur-fitur atau fungsionalitas yang kurang berguna.

Ciri-Ciri Aplikasi Keuangan Android yang User Friendly

1. Mudah Digunakan

Mudah digunakan adalah salah satu alasan utama mengapa sebuah aplikasi keuangan android bisa disebut user friendly. Kemudahan dalam sebuah aplikasi keuangan bisa dilihat dari berbagai kemudahan bagi pengguna untuk mengakses setiap fitur yang dimilikinya. Jika sebuah aplikasi memiliki fitur yang tidak rumit, namun mampu menghasilkan segala kebutuhan laporan keuangan secara multi-fungsi, maka bisa di katakan aplikasi keuangan tersebut cukup bagus dan mudah digunakan.

2. Mudah Dipahami

Tidak semua pengguna aplikasi keuangan adalah orang-orang yang memahami masalah keuangan atau istilah yang sering digunakan dalam masalah keuangan. Jika sebuah aplikasi keuangan memiliki istilah umum yang bisa dipahami oleh setiap orang dengan mudah, maka aplikasi tersebut bisa digunakan oleh orang awam secara luas dan termasuk dalam kategori user friendly.

3. Praktis

Sebuah aplikasi keuangan yang user friendly bukanlah yang memiliki banyak fitur, tapi juga mampu menghasilkan banyak laporan keuangan melalui satu pencatatan yang diperlukan. Banyak orang menggunakan sebuah aplikasi karena tingkat efektivitas dan kepraktisannya yang tinggi. Aplikasi dapat membantu pengguna menyelesaikan sebuah pekerjaan lebih baik dari sebelumnya dan tidak menimbulkan hambatan bagi pengguna aplikasi.

4. Menarik secara Estetika 

Mengikuti tren sambil mengorbankan kemudahan pengguna adalah salah besar. Pengguna akan mengalami hal yang tidak menyenangkan. Setiap update yang dilakukan tidak harus mengorbankan keramahan user selama menggunakan aplikasi keuangan. Desain menu dan hal lainnya menarik tetapi tetap menggunakan prinsip keep it simple. Sehingga pengguna terus nyaman selama melihat aplikasi.

5. User Merasa Nyaman saat Menjalankan Aplikasi

Ketika keempat ciri-ciri diatas sudah terpenuhi, maka dengan sendirinya pengguna akan merasa senang dan nyaman dalam menggunakan aplikasi. Tidak perlu repot sehingga tidak pindah ke lain hati. Kenyamanan user juga didukung dengan perbaikan dan kemajuan yang dilakukan secara berkala oleh aplikasi sehingga user akan terus nyaman dalam menggunakan aplikasi meskipun bertahun-tahun lamanya.

Baca juga : Nikmati Fitur Pembukuan Lengkap dengan Jurnal

Bayangkan, hanya dengan memasukkan sebuah transaksi dalam kolom pengeluaran, secara otomatis Anda mendapatkan grafik laporan perbandingan pemasukan dan pengeluaran, laporan arus kas, dan laporan keuangan harian sekaligus dari satu pencatatan. Hal ini tentunya memberi kemudahan bagi pengguna aplikasi tersebut.

Sebagai software akuntansi atau aplikasi keuangan dan akuntansi, Jurnal telah memiliki semua ciri-ciri di atas dan dapat dikatakan bahwa Jurnal adalah aplikasi yang user friendly. Saat ini, Jurnal telah tersedia dalam versi mobile, yaitu Jurnal Mobile. Dengan aplikasi Jurnal Mobile pada ponsel, Anda bisa dapat dengan mudah melihat dan mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja. Daftarkan bisnis Anda di Jurnal sekarang dan nikmati kemudahan dalam mengelola keuangan di dalam satu genggaman. Dapatkan segala informasi tentang Jurnal di sini.


PUBLISHED31 Jan 2020
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: