Mengenal Aset Pemerintah Dalam Bentuk Mata Uang Asing atau Devisa

Posisi aset yang dimiliki oleh sebuah negara memberikan pengaruh yang cukup penting dalam keberlangsungan finansial negara. Aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing biasanya disiapkan dengan tujuan untuk membantu kondisi keuangan sebuah negara begitupun Indonesia.

Berbagai hal yang berkaitan dengan tata negara dari berbagai sisi memang seringkali luput dari perhatian masyarakat luas. Alasannya tentu karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap hal-hal tersebut.

Diantara berbagai faktor yang turut mempengaruhi kondisi suatu negara, aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing mulai menarik perhatian beberapa waktu bekalangan ini. Beberapa kalangan cenderung penasaran dengan hal ini dan ingin mengetahui lebih dalam.

aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing berarti

Mengenal Aset Pemerintah dan Fungsinya

Sebelum mengenal lebih dalam aset dalam bentuk mata uang asing yang dimiliki negara, ada baiknya jika Anda mengenal terlebih dahulu apa itu aset pemerintah. Definisi aset sendiri tentu sudah diketahui dengan jelas sebagai sinonim dari harta.

Lantas apa fungsi dan peran harta bagi pemerintah? aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing ataupun aset lainnya tentu berperan sangat penting terhadap keberlangsungan tatanan negara.

Setiap kebutuhan yang ada seperti kebutuhan untuk melaksanakan berbagai kebijakan serta pemenuhan kebutuhan masyarakat. Setiap aset yang dimiliki pemerintah telah memiliki pos tujuan penggunaannya masing-masing yang akan membantu meningkatkan kesejahteraan negara.

Mengenal Aset Pemerintah Dalam Bentuk Mata Uang Asing

Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa setiap aset pemerintah memiliki pos dan tujuan pengeluaran masing-masing yang telah dirancang. Aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing sendiri memiliki peran salah satunya berkaitan dengan hubungan luar negeri.

Bagi Anda yang belum mengenal aset negara yang berbentuk mata uang asing mungkin akan lebih akrab jika mendengar kata devisa. Devisa sendiri merupakan alat tukar yang digunakan untuk bertransaksi secara internasional.

Devisa diperoleh dari berbagai transaksi ekspor baik ekspor barang maupun jasa yang dilakukan di Indonesia. Namun, secara umum tidak termasuk aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing namun memiliki keterkaitan yang cukup erat.

Aset pemerintah yang memiliki bentuk mata uang asing sendiri adalah cadangan devisa. Lantas apa itu cadangan devisa ? berikut ulasannya.

Pengertian Cadangan Devisa

Hal pertama yang perlu diketahui berkaitan dengan cadangan devisa adalah pengertian dari cadangan devisa itu sendiri. Selain itu, cadangan devisa ini memiliki peran yang cukup penting dalam kebijakan moneter sebuah negara.

Cadangan devisa merupakan aset yang disimpan oleh bank sentral dalam hal ini Bank Indonesia berbentuk mata uang asing. Mata uang asing yang digunakan dalam cadangan devisa ini biasanya merupakan mata uang asing yang digunakan oleh sebagian besar negara.

Dollar Amerika Serikat menjadi mata uang asing utama yang disediakan sebagai aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing. Selain dollar Amerika Serikat, berbagai mata uang asing lain seperti Yen Jepang, Poundsterling Inggris, hingga Euro juga sering disediakan.

Cadangan devisa negara berbentuk mata uang asing

Fungsi Cadangan Devisa Sebagai Aset Pemerintah Dalam Bentuk Mata Uang Asing

Meski telah mengetahui pengertian dari cadangan devisa, namun tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi dan peran cadangan devisa masih belum terpaparkan dengan baik. Seperti pemaparan fungsi devisa, cadangan devisa juga memiliki fungsi dan peran yang serupa.

Cadangan Devisa ini digunakan oleh pemerintah untuk mendukung berbagai kewajiban negara serta dapat mempengaruhi berbagai kebijakan moneter. Ada beberapa fungsi dan peran yang dimiliki oleh cadangan devisa diantaranya :

1. Bagian dari Tabungan Negara

Fungsi dan peran pertama yang dimiliki oleh cadangan devisa adalah sebagai bagian dari tabungan negara. Tabungan negara sendiri menjadi salah satu hal yang menandakan posisi kredibilitas kebijakan moneter serta creditworthiness suatu negara.

2. Sebagai Jaminan Pemenuhan Kewajiban

Cadangan devisa memiliki peran sebagai jaminan atas pemenuhan kewajiban suatu negara. Semakin tinggi cadangan devisa suatu negara akan membuat negara lain lebih yakin untuk bertransaksi dengan negara tersebut.

3. Sebagai Alat Kebijakan Moneter

Cadangan devisa juga memiliki peran dan fungsi sebagai alat kebijakan moneter suatu negara. Alat kebijakan moneter sering digunakan untuk meredam gejolak nilai tukar mata uang sehingga posisi mata uang negara lebih stabil.

4. Membantu Membayar Utang Luar Negeri

Cadangan devisa sering digunakan untuk memenuhi kewajiban negara dalam membayar berbagai utang luar negeri yang dimiliki. Berbagai kebutuhan terkait dengan pembayaran utang luar negeri sering dibayar dengan menggunakan cadangan devisa ini.

Selain keempat fungsi dan peran diatas, cadangan devisa nyatanya memiliki berbagai fungsi dan tujuan lainnya. Cadangan devisa sendiri pada dasarnya dibuat untuk berjaga-jaga jika ada transaksi darurat yang perlu diatasi terkait kondisi finansial negara.

Jenis-Jenis Cadangan Devisa

Cadangan devisa sendiri pada dasarnya memiliki beberapa bentuk. Setiap bentuk cadangan devisa juga kerap kali digunakan dalam beberapa hal yang berbeda.

Ada setidaknya 5 komponen yang dikategorikan sebagai jenis cadangan devisa di Indonesia. komponen tersebut diantaranya :

1. Valuta Asing

Komponen aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing pertama yang sebenarnya telah banyak dikenal adalah valuta asing atau foreign exchange. Valuta asing sendiri merupakan mata uang yang sering digunakan dalam transaksi perdagangan internasional.

Valuta asing sendiri memiliki beberapa bentuk lain diantaranya :

  • Simpanan berbentuk deposito atau uang kertas asing
  • Surat berharga
  • Derivatif keuangan

Seperti definisinya, aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing berupa valuta asing ini tidak bisa digunakan dalam transaksi di dalam negeri. Valuta asing hanya menjadi sah jika digunakan sebagai alat pembayaran internasional.

2. Emas Moneter

Selain valuta asing, komponen cadangan devisa lainnya adalah emas moneter. Emas moneter sendiri memiliki beberapa bentuk seperti emas batangan, emas murni, dan mata uang emas yang hanya dikelola oleh bank sentral yaitu Bank Indonesia.

Emas moneter menjadi aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing yang hanya bisa dimiliki setelah memenuhi berbagai persyaratan yang berlaku secara internasional yang nantinya akan menjadi persediaan emas milik negara.

3. Special Drawing Rights (SDR)

Jenis cadangan devisa selanjutnya dikenal dengan nama SDR atau special drawing rights. SDR berbentuk alokasi dana yang hanya bisa diperoleh oleh anggota dari IMF (International Monetary Fund).

Aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing ini bisa mempengaruhi jumlah cadangan devisa yang dimiliki oleh sebuah negara. Tujuan dari adanya alokasi dana SDR ini adalah untuk meningkatkan likuiditas internasional.

4. Reverse Position in the Fund (RPF)

Diantara jenis cadangan devisa yang ada, ada satu jenis cadangan devisa yang penyimpanannya dilakukan di IMF. Cadangan devisa tersebut diberi nama reverse position in the fund atau RPF. RPF sendiri memiliki peran penting menyangkut hubungan IMF dengan suatu negara.

Nilai RPF yang terdapat pada rekening IMF juga akan menunjukkan posisi kekayaan serta posisi tagihan negara tersebut. Posisi pada aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing ini dipengaruhi oleh berbagai transaksi yang dilakukan antara negara dengan IMF.

5. Cadangan Devisa untuk Tagihan Lainnya

Jenis terakhir dari cadangan devisa merupakan tagihan lainnya yang dikhususkan untuk membayar berbagai tagihan negara selain 4 jenis cadangan devisa di atas. Tagihan yang dimaksudkan merupakan tagihan atas transaksi internasional seperti perdagangan.

Kelima jenis aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing diatas merupakan jenis cadangan devisa yang mempengaruhi posisi finansial sebuah negara. Setiap negara memiliki kelima jenis ini secara bersamaan dengan nilai yang fluktuatif setiap tahunnya.

jenis aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing

Cara Pemerintah Memperoleh Cadangan Devisa

Salah satu informasi yang seringkali ingin dipahami masyarakat adalah bagaimana cara pemerintah mendapatkan cadangan devisa? Informasi ini pada dasarnya menjadi tambahan ilmu bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang finansial ekonomi negara.

Cara mendapatkan cadangan devisa ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Asal muasal dana cadangan devisa sendiri diperoleh dari berbagai transaksi internasional seperti ekspor dan impor.

Nilai cadangan devisa dipengaruhi oleh nilai ekspor dan impor yang dimiliki oleh sebuah negara. Secara rinci ada beberapa sumber cadangan devisa yang dimiliki sebuah negara diantaranya :

1. Kegiatan Ekspor

Sumber pertama yang menjadi sumber devisa adalah kegiatan ekspor barang. Semakin besar nilai ekspor yang dimiliki suatu negara baik ekspor barang maupun ekspor jasa, maka semakin tinggi nilai cadangan devisa yang diperoleh.

2. Laba Penanaman Modal Asing

Cadangan devisa bukan hanya diperoleh dari kegiatan ekspor yang dilakukan sebuah negara saja. Laba penanaman modal asing juga menjadi salah satu sumber cadangan devisa yang cukup besar.

Warga atau perusahaan dari negara asing memang memiliki hak untuk menjalankan bisnis di dalam negeri. Keuntungan yang dihasilkan dari kegiatan ini akan menambah nilai aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing berupa cadangan devisa.

Hal ini juga berlaku sebaliknya jika warga Indonesia atau perusahaan Indonesia menjalankan kegiatan bisnis di luar negeri. Kegiatan yang dilakukan di luar negeri tersebut juga mempengaruhi nilai cadangan devisa. Inilah mengapa para TKI disebut pahlawan devisa.

3. Pariwisata

Nilai aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing juga dipengaruhi oleh kondisi pariwisata lokal Indonesia. Semakin banyak turis asing yang mengunjungi lokasi wisata di Indonesia, maka semakin tinggi juga nilai cadangan devisa yang akan dimiliki.

Semakin tinggi cadangan devisa yang dimiliki sebuah negara, maka semakin baik posisi negara di mata internasional. Inilah salah satu alasan mengapa pemerintah terus menerus berusaha meningkatkan minat turis asing untuk mengunjungi pariwisata lokal Indonesia.

Peran meningkatkan antusias terhadap pariwisata lokal juga bisa dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan hal-hal ringan seperti membagikan informasi pariwisata lokal melalui sosial media. Dengan cara ini, cadangan devisa bisa terus bertambah.

Selain ketiga sumber diatas, ada beberapa sumber lain yang bisa mempengaruhi nilai cadangan devisa negara yaitu pinjaman dari negara asing dan hibah serta bantuan dari pemerintah asing dan lembaga seperti PBB. Setiap sumber memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap devisa.

Pengelolaan Cadangan Devisa

Karena pengaruhnya yang cukup besar terhadap posisi finansial sebuah negara, aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing berupa cadangan devisa perlu dikelola dengan pengaturan khusus. Ada berbagai tujuan penting yang perlu dicapai berkaitan dengan pengelolaan ini.

Memastikan nilai cadangan devisa berada pada nilai yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan negara merupakan tujuan pertama dari pengelolaan cadangan devisa. Jika tidak dikelola dengan tepat maka nilai devisa bisa tidak terkendali dan akan merugikan negara.

Selain itu, pengelolaan cadangan devisa ini juga bertujuan untuk mengontrol risiko kredit serta likuiditas negara di tengah kondisi pasar yang fluktuatif. Hal ini juga penting untuk mengetahui kondisi finansial moneter negara.

Pengelolaan cadangan devisa juga bertujuan untuk meningkatkan ketahanan ekonomi suatu negara. Berbagai masalah yang berasal dari pasar global dan sistem keuangan akan teratasi dengan baik jika pengelolaan cadangan devisa dilakukan dengan sangat rapi.

Selama pengelolaan aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing ini, pemantauan pergerakan nilai tukar mata uang domestik juga terus dilakukan. Pemantauan ini perlu dilakukan dengan cara memantau interaksi antara pelaku pasar.

Tujuan terbesar dari pengelolaan cadangan devisa adalah memaksimalkan kemampuan untuk memberikan penghasilan tetap kepada negara dengan tetap memprioritaskan tujuan-tujuan lain. Tentu proses pengelolaan ini juga dilakukan dengan sangat hati-hati oleh lembaga terkait.

Selama proses pengelolaan cadangan devisa, pemerintah juga harus bersiap dengan berbagai kondisi pasar finansial global. Setiap kondisi yang ada akan memberikan pengaruh signifikan meski transaksi pasar tidak berhubungan dengan Indonesia.

Cadangan devisa memang menjadi salah satu aset pemerintah yang memiliki peran cukup penting dalam keberlangsungan finansial negara di mata internasional. Posisi cadangan devisa secara internasional juga akan memberikan dampak yang baik bagi ekonomi lokal.

Meski cadangan devisa sering dikaitkan dengan berbagai transaksi luar negeri, namun aset ini pada dasarnya tetap memiliki peran secara lokal. Semakin tinggi nilai cadangan devisa yang dimiliki, maka semakin baik kondisi suatu negara.

Secara nasional, cadangan devisa ini nantinya bisa digunakan jika negara sedang berada dalam keadaan darurat secara ekonomi. Inilah pentingnya meningkatkan nilai cadangan devisa secara berkala sebelum keadaan darurat tersebut menyerang.

Informasi nilai aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing berbentuk cadangan devisa sendiri seringkali dibagikan pada masyarakat luas melalui berbagai pemberitaan ekonomi. Masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi ini melalui televisi ataupun sosial media.

Bank Indonesia sebagai bank sentral biasanya akan membagikan informasi terkini mengenai posisi cadangan devisa pada minggu pertama setiap bulannya. Pengumuman posisi nilai cadangan devisa ini juga dilakukan setelah bank sentral melakukan konsolidasi data.

Nilai aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing memang cukup penting bagi negara, sehingga seluruh masyarakat diharapkan bisa berkontribusi dengan baik untuk meningkatkan nilai devisa ini. Mendukung berbagai program pemerintah bisa menjadi cara yang tepat.

Meningkatkan minat turis asing terhadap pariwisata lokal juga bisa menjadi cara tepat untuk berkontribusi terhadap cadangan devisa negara. Penting bagi seluruh rakyat mendukung program pemerintah meningkatkan cadangan devisa agar kondisi finansial negara membaik.

Dalam mengelola aset bisnis dan usaha, Anda dapat menggunakan aplikasi inventaris barang yang berfungsi untuk memudahkan pencatatan transaksi keuangan dan akuntansi dengan software akuntansi online dari Jurnal.id yang dapat Anda coba secara gratis.

Mengenal aset pemerintah dalam bentuk mata uang asing dengan lebih baik juga bisa menambah informasi agar bisa lebih mengetahui berbagai faktor yang mempengaruhi suatu negara. Semakin bertambah informasi yang ada, semakin baik kontribusi yang diberikan.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo